3 Olahraga Favorit Selama Pandemi Ini Mudah Dilakukan

Punya olahraga favorit selama pandemi yang biasa dilakukan di rumah? Satu tahun sudah kita hidup di masa pandemi. Dari yang awalnya ketakutan hingga akhirnya harus bisa hidup berdampingan dengan virus Covid-19 di era new normal dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Selain menjaga kesehatan dengan memelihara pola hidup sehat yang meliputi konsumsi makanan sehat, cukup istirahat serta rutin berolahraga.





Manfaat Olahraga Selama Pandemi


Di awal-awal masa pandemi ini banyak orang yang bergaya hidup SEDENTARI di yaitu aktivitas di luar waktu tidur yang mengeluarkan kalori sedikit atau kita mengenalnya dengan istilah mager alias malas gerak.  Jika tidak dikurangi kegiatan sedentari akan menyebabkan penyakit terutama obesitas.

Ada yang tau dengan istilah PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)? Nah, olahraga rutin termasuk salah satu indikator dari PHBS tersebut. Seharusnya sih PHBS ini tetap dilakukan setiap saat bukan saat pandemi saja.

Dengan rutin berolahraga kita bisa mendapatkan manfaat yang banyak diantaranya menghindari dari penyakit seperti jantung, diabetes, darah tinggi dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Buat saya olahraga juga membuat happy dan mencegah gangguan kecemasan yang sering dialami di awal pandemi. Selain itu kualitas tidur juga menjadi jauh lebih baik setelah rutin melakukan aktivitas olahraga.


3 Olahraga Favorit Saya

Tiap orang punya olahraga favorit, bebas aja yang penting menyenangkan dan sesuai dengan kemampuan masing-masing, karena satu olahraga belum tentu cocok untuk semua. Kalau saya punya 3 olahraga favorit yang sering dilakukan di rumah, dalam satu minggu bergantian saya lakukan. Kalau suruh pilih ya gak bisa juga, karena ketiganya saling mendukung.




🎀 Ternyata Saya Bisa Berlari

Manfaat olahraga lari ini selain baik untuk kesehatan juga bisa memperbaiki mood atau suasana hati serta termasuk olahraga yang mudah dilakukan, tapi belum tentu cocok buat semua orang. Saya aja awalnya masih mikir kuat atau gak ya. Beruntung ada suami yang sudah terjun lebih dahulu di olahraga ini jadi bisa memberikan tips cara berlari dan mengatur napas yang benar supaya tidak kelelahan.

Senangnya bukan main setelah saya bisa melalui tahapan yang dipakai agar bisa berlari 5 KM mulai dari berjalan hingga berlari bergantian. Kalau suami bilang jangan memikirkan pace atau kecepatan terlebih dahulu tapi tingkatkan endurance atau daya tahan aja dulu. Sejauh ini selalu mengalami peningkatan pace dan waktu serta bisa berlari full tanpa harus berjalan lagi.


🎀 Tetap Sehat Jiwa dan Raga dengan Yoga

Yoga adalah olahraga lain yang jadi favorit saya juga. Awalnya dulu saya mengikuti kelas lalu mulai dilakukan rutin di rumah dengan melihat tutorial video. 

Manfaat yoga pastinya bermanfaat bagi kesehatan yang bisa membuat badan kita tetap segar bugar. Selain itu pikiran juga menjadi fresh setelah berlatih karena bisa menenangkan pikiran dan kita menjadi rileks.

Banyak gerakan yoga mudah yang dapat dipraktikkan sesuai kemampuan, kalau belum terbiasa dengan pose-pose rumit.

🎀  Bersepeda Juga Menyenangkan Lho

Saya bisa naik sepeda, tapi belum pernah niat olahraga sepeda sebelum pandemi. Paling yang saya lakukan olahraga sepeda statis. Selama pandemi ini saya malah jadi rutin gowes keluar rumah di waktu weekend. Jangan ditanya pegalnya seperti apa waktu awal, tapi lama-lama terbiasa dan mampu menaklukkan tantangan yang ada seperti melewati tanjakan dan menempuh jarak yang sejauh 50 KM.


Agar Aman Berolahraga di Masa Pandemi

SSaat ini kita selalu diingatkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan ketat di mana-mana termasuk ketika berolahraga.

Sebaiknya tetap menggunakan masker dengan benar ketika olahraga di luar ruangan, bawa juga masker cadangan jika diperlukan. Sering mencuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Serta menjaga jarak dan menjauhi kerumunan, dalam berolahraga bisa mencari lokasi atau waktu yang tepat supaya tidak terlalu ramai.

Ada kalanya saya juga melepas masker ketika berolahraga di luar rumah. Contohnya saat lari atau bersepeda dengan kecepatan agak kencang sehingga napas pun menjadi terganggu. Gak masalah sih karena biasanya saya berlari sendiri atau bersama suami. 

Penggunaan masker menjadi wajib di masa pandemi dan efektif mencegah kuman dan bakteri. Nah, ketika masker dilepas saat saya paling gak tahan dengan debu yang bikin alergi sampai bersin-bersin dan hidung tersumbat. Ini tandanya ada kuman atau bakteri di udara yang terhirup sehingga menyebabkan alergi hidung atau Rinitis alergi.


Ada gak sih cara melindungi hidung dari paparan udara kotor, debu atau kuman dan bakteri?

Salah satu cara yang dapat membantu meredakan alergi hidung adalah dengan menggunakan QUIXX nasal spray sebelum memakai masker.





Saya baru dikasih tahu teman nih kalau alergi hidung yang saya alami bisa dicegah dengan semprot hidung QUIXX Nasal Protection, langsung saya cobain deh.

QUIXX Nasal Protection


QUIXX Nasal Protection ini merupakan produk pelindung hidung berasal dari Inggris yang sudah dijual lebih dari 30 negara dan saat ini hadir juga di Indonesia.






QUIXX adalah nasal protection yang bentuknya bubuk Hypercellulosa (Hydroxypropyl Methylcellulose) untuk membantu kita melindungi saluran pernapasan dari udara kotor, cocok banget buat saya ya yang suka mengalami bersin-bersin, tersumbat maupun hidung berair karena debu. Aroma peppermint bikin kita nyaman dan hidung terasa lega.

🎀  Cara Kerja dan Keunggulan QUIXX


Bentuknya bubuk atau powder, setelah QUIXX Nasal Protection digunakan akan berubah menjadi gel  di dalam hidung gunanya sebagai pelindung hidung dari serangan partikel udara kotor. 

Cukup satu kali semprot QUIXX Nasal Protection bisa melindungi hidung kita selama 6 hingga 8 jam dan bekerja cepat dalam waktu 2 menit setelah penyemprotan.





🎀  Langkah Menggunakan QUIXX


Cara pakainya juga mudah, setelah dikocok botolnya jangan lupa untuk menghembuskan napas lalu arahkan bagian atas botol ke dalam lubang hidung dan pencet QUIXX Nasal Protection 1 sampai 2 kali hingga powder keluar dan masuk ke lubang hidung. Tanda produk sudah bekerja adalah sudah tercium aroma peppermint.





Pengalaman menggunakan QUIXX Nasal Protection, awalnya saya agak takut-takut gitu untuk menyemprotkan powder QUIXX Nasal Protection ke dalam hidung. Bismillah untuk kebaikan saya coba juga dan gak ada yang perlu ditakutkan ternyata.

Oh ya setelah menggunakan QUIXX Nasal Protection saya juga bisa langsung mengendarai kendaraan soalnya aman karena tidak menyebabkan kantuk. QUIXX Nasal protection ini juga aman kok digunakan untuk anak-anak, hanya saja satu botol tidak untuk dikenakan bersama-sama, jadi masing-masing satu!


🎀  QUIXX Bisa Dibeli Di mana?

Produk ini bisa beli di official store Menarini di Tokopedia, tapi kalian juga bisa memesannya di Shopee. Beberapa waktu lalu saya membeli 1 QUIXX Nasal Protection ukuran 800 mg dapat bonus masker lho harganya 95 ribu hingga 120 ribu.

Selain di dua marketplace tersebut, QUIXX juga bisa dibeli di apotek terdekat seperti Guardian, Century, Kimia Farma, K24, dan Viva Health.





Setelah tahu ada QUIXX Nasal Protection yang bisa meredakan alergi hidung, saya pun bisa lebih menikmati olahraga favorit selama pandemi ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Jangan lupa juga untuk mandi setelah beraktivitas dari luar rumah dan mendesinfektan barang-barang menggunakan cairan khusus. 




Post a Comment

70 Comments

  1. saya selama pandemi malah nggak pernah olah raga mba :( padahal penting banget kan ya olah raga tuh, tapi ga tau kenapa mager banget rasanya

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka banget bersepeda mbaa ^^ wah jadi pengen coba Quixx nassalnya sebelum bersepeda, kebayang ya polusi yang kita hirup selama bersepeda itu kaya apa.

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka banget bersepeda mbaa ^^ wah jadi pengen coba Quixx nassalnya sebelum bersepeda, kebayang ya polusi yang kita hirup selama bersepeda itu kaya apa.

    ReplyDelete
  4. Kok kayaknya berasa enteng ya ngangkat badan sama tangan doang hahaha.. selama ini sy nggak pernah nyobain yoga, kalau lari kapan ya terakhirnya.. sampe lupa wkwkwkw.. bersepeda apalagi 😂. Quixx unik juga namanya :D

    ReplyDelete
  5. Olahraga paling mudah itu lari ya, kalau saya cukup jalan aja :D
    Sama yoga itu bagus banget :D

    Kalau sepedaan saya udah lamaaa banget ga pernah sepedaan :D
    Btw, QUIXX Nasal Protection ini favorit banyak orang banget ya, memang amat berguna di masa pandemi gini :)

    ReplyDelete
  6. Olahraga saya paling main bulu tangkis dihalaman rumah mba belum berani jauh-jauh dari sekitar rumah

    ReplyDelete
  7. olahraga yang saya kangenin lari nih mba. Btw bagus produk NASAL bisa meredakan hidung yang alergi bagus banget nih, makasih infonya mba

    ReplyDelete
  8. Makin enjoyyy olahraga kalo ada spray ini ya Mba
    Aku pun sukaaa yoga, mba.
    bisa bikin bodi makin lentur, efeknya relaxing juga

    ReplyDelete
  9. Mbak itu yang yoga kenapa tangannya bisa menahan keren banget kakinya sampai ke angkat lagi. Bukan hanya olahraga ya wajib banget hidup terlindungi dari debu dam kotoran.

    ReplyDelete
  10. wah jadi ngerasa makin aman nih sebelum berolahraga pakai QUIXX Nasal Protection. Kalo aku juga suka lari mba, :D karena gampang dilakukan asal ada niat. Asal jangan lari dari masalah *eh :p

    ReplyDelete
  11. aku suka banget aroma peppermint yang dirasakan setelah semprot QUIXX Nasal Protection ke hidung, trus bisa melindungi juga terlebih di masa pandemi

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafas juga jadi lega ya mba selama aktivitas di masa pandemi sebelum menggunakan masker, semprot aja QUIXX Nasap Protection

      Delete
  12. Ayo sedia Quixx di rumah!

    Pas awal pandemi, aku ikutan sepedaan meski hanya sekitar rumah aja. Sekarang milih jalan kaki. Kalau lari suka drama sih. Lari dari masalah, hahaha

    ReplyDelete
  13. haaaa kaka Lidya, kece amat itu bisa pose yoganya kaya gitu, aku mah di tahap jalan sehat or jogging laah. Nah, buat aku yang sering alergian kayanya boleh ya dicoba pake quixx ini yaa

    ReplyDelete
  14. Informatif sekali kak Lia.
    Aku dari kemarin baca-baca mengenai QUIXX Nasal Protection, tapi gak bener-bener tahu kalau bisa digunakan untuk anak-anak juga.
    Alhamdulillah, aman yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi sebelum beraktivitas, sebaiknya menggunakan QUIXX Nasal Protection yaah..Semoga semakin terjaga dan jauh dari virus.
      Bismillah~

      Delete
  15. Aku cuma olahraga sepeda nih. Kalo lari udah ga kuat. Oya Aku juga pakai QUIXX bermanfaat banget untuk jaga hidung.

    ReplyDelete
  16. aku menikmati jogging dan juga yoga nih.. asli enak bangeet dan bikin segar ya

    ReplyDelete
  17. aku paling jogging mba, stretching pelan2 di rumah ngikutin dari Youtube, lumayan dapet keringat tipis2 hehe

    ReplyDelete
  18. Makasih Kak infonya.

    Kami olah raganya ya gak cuma banyakin jalan aja sekitar rumah, sambil ngemong anak

    ReplyDelete
  19. Salah satu olahraga favorit saya jalan cepat nih mba. Sejak covid, mau ga mau olahraganya menggunakan masker. Btw, aku juga pakai QUIXX mba, jadi makin merasa aman nih kalau setiap keluar rumah.

    ReplyDelete
  20. Saya mulai berolahraga lagi di 1 bulan ini. Setelah melihat timbangan rasanya semakin ke kanan jarumnya hehehe.

    Olahraga saya tetap jalan kaki. Pengennya sih berenang. Udah lama banget gak berenang. Tetapi, gak berani kalau masih pandemi

    ReplyDelete
  21. Awal-awal pandemi sempet jalan keliling komplek nyampelah 5000an langkah. Tapi lama-lama mager mbak sampe sekarang haha. Sekarang malah diganti ngasuh ponakan selama WFH. Sepertinya aku perlu juga QUIXX Nasal protection, biar rileks.

    ReplyDelete
  22. Kado kangen yoga aku Mbak, sudah lama banget nggak yoga.. Paling sekarang olahraganya jalan kaki dan zumba via YouTube huhu. Masalah Quixx nih enak di hidung terasa lebih bersih

    ReplyDelete
  23. Aku baru lari doang yang weekend dilakukan mba. Yoga pengin, tapi males lihat video. Hehe
    Wah, jadi pengin nih obat alergi hidungnya.

    ReplyDelete
  24. aku olahraga paling favorit di rumah aja ya zumba pake lagu-lagu kpop kesuakaan, sehat dan senang jadinya. Btw kalo nassal gini pakenya perih ga sih di hidup, pengen pake juga kalo habis dari RS vaksinin anak tapi ga berani

    ReplyDelete
  25. Penasaran ingin cobain juga nih buat menjaga kebersihan hidung juga yah. Aku kalau olahraga paling cuman sepedaan doang.

    ReplyDelete
  26. Nasal protection ini bikin saya penasaran ingin cobain juga deh, apalagi dimasa pandemi gini ya perlu bnaget jaga kondisi.

    ReplyDelete
  27. olahraga dimasa pandemi ini penting bnget ya untuk menjaga kesehatan.

    ReplyDelete
  28. Dimasa pandemi gini harus banget jaga kesehatan ya termasuk rajin olahraga.

    ReplyDelete
  29. Waaah pantesan MBAK Lidya langsing ternyata Olah raganya kuat.Saya Nggak kuat lari Mbak. Waah quixx ini bentuknya powder

    ReplyDelete
  30. Asyik, olahraga favoritnya ada yang sama. Aku cuma belom nyoba Yoga. Abisnya latihan sendiri gak bisa2. Kudu bareng instruktur kayaknya. Aku palingan zumba aja, ngikut di Youtube. Btw, kudu punya juga deh Quixx ini. Hidungku sensitif banget di masa pandemi. Gampang banget alergi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyari Quixx di sini. Belom nemu aja deh. Kayaknya kudu beli online ya. Cus ah

      Delete
  31. wah iya, meski pandemi tetap harus rajin olah raga ya mbak
    aku klo pandemi olah ragany sih di rumah, yoga atau klo g lari diatas treadmill
    btw aq juga pakai Onixx ini, biar menjaga hidung terlindungi dari kuman dan bakteri

    ReplyDelete
  32. eh mksdnya pakai QUIXX untuk menjaga hidung, maaf typo 🙏🙏👍

    ReplyDelete
  33. aku pengen banget ikutan yoga mba Lid tapi di sini jauh jadinya mager pisan hahah

    ReplyDelete
  34. aku nggak pernah olahraga mbak,
    Aku kalau kelamaan pakai masker, pasti hidungnya juga jadi nggak enak, setelah masker di lepas jadi sering bersin dan juga pusing. Mau coba pakai quixx ah

    ReplyDelete
  35. Aku suka lari selama pandemi ini. Btw ity bagus ya buat hidung gatal karena gejala flu? Kemarin hidungku gatal banget efek flu

    ReplyDelete
  36. Aku baru tau Quixx mba Lid, butuh nih aku buat jaga kesehatan. Apalagi sering ke pasar belanja. Untuk olahraga aku paling jalan kaki, di rumah ngga ada sepeda.

    ReplyDelete
  37. Selama pandemi ini aku maksa harus jalan kaki selama 30 menit biar gak rebahan terus mbaak hehe

    Pengennya sih lari, tapi bawaannya suka males duluan trus jadinya malah gak tiap hari deh huhu

    Wah belum pernah cobain Quixx nih, lumayan juga hidungku suka tiba2 mampet aja padahal gak lagi pilek tuh

    ReplyDelete
  38. Gak akan bikin perih hidung atau bersin-bersin, ya? Kalau gak ada, saya berani deh buat cobain

    ReplyDelete
  39. Aku jadi nyari nih buat hidungku juga supaya aman keluar rumah sebelum pakai masker

    ReplyDelete
  40. Aku suka zumba dan jogging mbak lidya, pas banget kalau mau keluar rumah buat olahraga pakai quixx dulu untuk melindungi hidung dan pernapasan ya

    ReplyDelete
  41. Rasanya gimana mbak pas disemprotin Quixx ini di hidung? Saya pengen cobain juga tapi masih agak takut-takut, hehe.

    ReplyDelete
  42. waaah mba Lid sehat banget niih...olahraganya teratur ya selama pandemi..aku baru belakangan mulai "jalan" lagi nih..iya jalana ja blom bs lari nih...kakiku kan agak bermasalah sekarang...sehat2 mbaa

    ReplyDelete
  43. Kayaknya aku butuh deh mbak Lid, tapi rada ngeri cara pakainya. Harus masuk ke hidung gitu...

    ReplyDelete
  44. Jadi kalau mau mulai olahraga lari, jangan pikirkan kecepatan dulu ya mbak, melainkan daya tahan. Noted!

    Saya masih SEDENTARI nih mbak, alias mager hehehe

    ReplyDelete
  45. Aku sempat semangat banget sepedaan, sekarang sedang agak drop semangatnya semenjak pindahan, haha. Oh iya, Quixx ini penting digunakan bagi yang mempunyai alergi ya, praktis pula untuk dibawa kemana-mana.

    ReplyDelete
  46. Ya ampunn udah jadi pelari beneraaan. Udah ngga perlu jalan lagiii. Btw, banyak aktivitas di luar butuh bangett QUIXX yaa, Bund.

    ReplyDelete
  47. Wah olahraga favoritku juga nih sepedaan.. Apalagi bareng anak-anak.. Makin happy deh ...sekalian refreshing...

    ReplyDelete
  48. Dulu aku suka olahraga senam aerobic. Seiring dengan pertambahan usia aku sekarang lebih memilih olahraga yoga pernafasan karena memang lutut dan sendi sudah mulai bermasalah, gak bisa lari dan ajrut-ajrutan lagi hehe..

    ReplyDelete
  49. Iya selama pandemi ini kegiatan olahraga jadi keharusan ya teh biar tubuh sehat. Aku biasanya jalan kaki, lari sama sepeda. Sayang sepeda dan lari saat ini berhenti dulu.

    ReplyDelete
  50. Kecemasan berlebihan, gak baik.
    Tapi terlalu santuy juga gak boleh yaa...
    Jadi kudu banget tetap memperhatikan prokes ditambah perlindungan ganda menggunakan QUIXX Nasal Protection.

    ReplyDelete
  51. Bawa bekal Nasal Protection saat olahraga jadi penting ya Mba. Aku kalo olahraga jalan kaki, pakai masker tapi sesekali kalo jalan sepi ya aku buka. Mending beli Nasal aja ya, dari pada buka tutup masker

    ReplyDelete
  52. Aku juga suka Yoga mbak. Toss ya kitaa. Oh iya, aku baru tau ada produk semacam Quixx ini, berarti fungsinya untuk menjaga sekitar hidung tetap bersih dan terhindar dari kuman.

    ReplyDelete
  53. Iyess penting banget sih olahraga, apalagi di tengah pandemi kaya gini yang belum tau kapan selesainya. Kalo aku paling seneng ngezumba Mbak, modal nonton youtube. hehe

    ReplyDelete
  54. makin rajin olahraga yaa mbak selama pandemi dan tetap menjalankan protokol kesehatan. Kalau aku masih nunggu kolam renang buka, udah setahun enggak renang. Palingan olahraga tipis-tipis di sepeda statis atau jalan pagi aja sekalian ke pasar.

    ReplyDelete
  55. Waitt, itu gerakan Yoga keren banget Mbak Lid. Pernah ikut Yoga sekali, beberapa gerakan dasar, trs udah deh gak ikutan lagi.

    ReplyDelete
  56. Sama, Mbak Lidya. Saya juga suka sepedaan, bahkan jauh sebelum pandemi, bahkan saat masih sekolah juga naik sepeda. Tapi walau begitu, tetap saya menjaga protokol kesehatan dan terus menjaga kesehatan. Dan Quixx ini keren ya, Mbak, karena bentuknya praktis dan bisa dibawa ke mana-mana. Termasuk saat sepedaan.

    ReplyDelete
  57. Aku belum bisa Yoga dengan baik dan benar. Kalau sekadar yoga-yogaan aja bisa hehe.
    Eh iya pakai QUIXX itu untuk penderita Asma bisa nggak ya kak?

    ReplyDelete
  58. Iya sih kak. Rasanya makanan sehat saja nggak cukup jika nggak dibarengi dengan olahraga dan perlindungan tambahan di masa pandemi saat ini. Perlindungan tambahan bisa berupa vitamin dan quixx nasal protection.

    ReplyDelete
  59. Pengen nyoba make Quixx Nasal ini deh. Aku gampang banget bersin kalo kena debu. Dan bersinnya sampe bikin badan capek saking seringnya.

    ReplyDelete
  60. wah ini udah terbukti kak, temenku ada yang pake untuk ngebantu dia alergi debu, dan selalu dibawa kemana mana. Ternyata juga bisa menjadi penjaga untuk protokol kesehatan ya

    ReplyDelete
  61. Olahraga di rumah bisa lakukan yang simple ya, karena dengan bergerak tubuh juga lebih fit, apalagi di masa pandemi ini kudu ada olahraganya juga

    ReplyDelete
  62. Selama pandemi, aku biasnaya y lari diatas threadmill sekaligus latih yoga
    klo mau lebih terlindungi ya pakai Quixx Nassal Protection ini ya mbak

    ReplyDelete
  63. Wah bener juga ya pas lari dan bersepeda pakai quixx dulu biar makin aman. Jadi lebih tenang dan nyaman olahraga di luar rumah nya

    ReplyDelete
  64. Memotivasi banget sih ini gaya hidup sehatnya Mbak Lidya. Oh aku iri sama rajinnya Mbak Lidya berolahraga. Semoga saya bisa konsisten berolahraga juga deh kayak Mbak Lidya

    ReplyDelete
  65. Aku juga yoga ini yang jadi andalan banget. Tapi kalau lari masih belum kuat. Biasanya jalan cepat aja, 10 ribu langkah. Cuma emang kalau buatku terdebest itu Yoga. Berasa badan ketarik semua. Seger. Btw, semenjak rutin pakai quixx nasal saya gak bersin2 lagi lho. Nyaman banget.

    ReplyDelete
  66. Paling simpel dan bisa dilakukan itu ya yoga mbk. Gak perlu keluar rumah juga bisa tetep sehat dan rutin olahraga

    ReplyDelete
  67. Kalau aku suka aerobic di rumah sambil ngikutin panduan dari YouTube hehe. Pengen sepedaan, sayangnya nggak punya sepeda di rumah hihi.Btw aku mau infokan Quixx ini ke suami ah. Kebetulan dia punya alergi debu. Wajib punya nih doi.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)