Begini Cara Lampu Sinar UV C Mendesinfeksi Ruangan di Rumah

Begini Cara Lampu Sinar UV C Mendesinfeksi Ruangan di Rumah - Sejak pandemi awal bulan Maret lalu kita sudah mulai menerapkan protokol kesehatan di mana pun berada agar terhindar dari virus Covid-19. Kemana-mana selalu memakai masker, membawa hand sanitizer dan menjaga jarak aman ketika berada di luar rumah.

philips UV-C desk lamp





Paparan virus ini ditularkan melalui droplet atau teteas kecil yang berasal dari mulut atau hidung seseorang ketika sedang batuk atau bersin. Makanya saya kesal sekali kalau lihat orang lain gak peduli main batuk sembarangan tidak ditutup apalagi tidak memakai masker. Selain itu penularan juga bisa melalui sentuhan langsung maupun melalui benda yang sudah terkontaminasi droplet tersebut.

Makanya di berbagai tempat secara rutin dilakukan penyemprotan desinfektan supaya mencegah perluasan virus corona. Di lingkungan saya juga sudah beberapa kali dilakukan penyemprotan baik di luar rumah maupun di dalam rumah.

lampu sinar uv c
Bicara soal mendesinfektan ruangan, belum lama ini saya mengikuti webinar mengenai Pemanfaatan Sinar UV-C Yang Benar Untuk Menghindari Efek Samping yang diselenggarakan oleh Signify.

Manfaat Sinar UV C


Mungkin sebelumnya kita sering mendengar mengenai Sinar UV A dan UV B saja. Untuk sinar UV C masih awam di buat saya. Sinar UV C ini merupakan sinar yang memiliki panjang gelombang 100 sampai 280 nm (diukur menggunakan optical spectrum analyzer).


Sinar UV C ini berasal dari sinar matahari juga sama halnya dengan sinar UV B dan sinar UV C, namun sinarnya yang pendek membuatnya tidak sampai ke permukaan bumi karena sinarnya ditutupi oleh lapisan ozon.

Dengan adanya rekayasa sinar UV C bermanfaat untuk mensterilkan suatu benda atau permukaan dan mencegah penyebaran penyakit menular karena mikroorganisme. Meskipun bermanfaat tapi penggunaannya harus hati-hati karena paparan langsung bisa membahayakan mata dan kulit.


Penggunaan Lampu Sinar UV C

Penggunaan lampu sinar UV C sebetulnya sudah digunakan di tempat umum sebelumnya untuk mensterilkan ruangan seperti rumah sakit, perkantoran, bank dan tempat lainnya.

Kali ini Signify juga mengeluarkan lampu meja sinar UV C untuk penggunaan di rumah sebagai upaya mendesinfeksi ruangan dari virus dan bakteri.

lampu uv c



Awalnya saya agak khawatir menggunakan lampu meja UV C tersebut karena takut kena paparan sinarnya terkena mata dan kulit. Tapi setelah membaca petunjuk penggunaan ditambah ada informasi cara menggunakan saat mengikuti webinar jadi tahu cara menggunakannya dengan benar.

Lampu meja sinar UV C bisa mendesinfeksi permukaan dan objek dalam hitungan menit. Efektivitas disinfeksi bergantung pada waktu desinfeksi, jarak, dan permukaan bidang atau objek.

Signify sebagai pemimpin dunia di bidang pencahayaan pastinya sudah membuat keamanan lampu meja UV C ini dengan aman untuk konsumennya. Supaya tidak berbahaya terhadap mata dan kulit, lampu meja UV C ini mempunyai fitur keamanan yang penting yaitu :

  1. Sensor Gerakan
  2. Di saat lampu bekerja mendesinfeksi ruangan akan mati sendiri jika terlihat ada gerakan sehingga aman untuk manusia.
  3. Pengatur Waktu
  4. Lamanya mendesinfeksi ruangan bisa diatur waktunya berdasarkan besarnya ruangan tersebut.
  5. Panduan Suara
  6. Untuk menyetel dan menggunakan lampu UVC bisa mengikuti panduan suara yang ada.
  7. Kontrol Mudah
  8. Untuk orang awam kontrol lampu bisa dilakukan dengan mudah.

Cara Menggunakan Lampu Meja UV C

Penggunaan lampu meja bisa ditempatkan pada tengah ruangan dan disimpan di atas lantai atau meja kemudian sambungkan kabel ke sumber listrik. Perangkat masih terkunci dan belum bekerja serta menyinari ruangan. Terdapat 3 indikator lampu LED yang akan menyala satu persatu. Ikuti saja panduan suara yang ada.

lampu uv c



Pada tombol power kita cukup menekan selama 3 detik lalu memilih durasi penyinaran sesuai besarnya ruangan. Kemudian tutup pintu dan tinggalkan ruangan selama lampu bekerja.
  • Untuk ruang keluarga membutuhkan waktu 45 menit dengan luas ruangan kel 28m2 jarak 3m.
  • Ruang tidur waktu yang dibutuhkan 30 menit dengan luas 20m2 jarak 2.5m
  • Kamar mandi cukup 15 menit saja dengan ukuran 13m2 dan jarak 2m
  • 15 kamar mandi 13m2 jarak 2m
Lampu akan padam sendiri jika waktu yang disetel sudah habis. Begitu pula jika terdeteksi ada gerakan maka lampu akan mati dan terkunci kembali.

Gimana, kalian tertarik menggunakan lampu sinar UV C untuk mendesinfeksi benda dan permukaan ruangan dalam hitungan menit? Boleh aja asal digunakan dengan aturan yang sudah ditentukan ya!


Post a Comment

30 Comments

  1. Wah mau banget nih punya lampu ini, Philips ini memang juwarak loh. Lampu di rumah pakai Philips semua dan terbukti tahan lama sekarang mau coba yang jenis ini

    ReplyDelete
  2. Inovasinya keren banget ini.Jadi pengen cobain juga..Disinfeksi pake lampu jadi pilihan paling praktis dan efektif kayaknya ya..

    ReplyDelete
  3. Cara kerja sinar UV seperti itu ya, dan manfaatnya bagus buat kita, meski juga sama sih mbak daku baru engeh tentang lampu sinar UV C ini

    ReplyDelete
  4. kece banget ini lampunya ih, jadi pengen punya juga deh buat di rumah, besok mau coba cari aaah bleli online aja hehehhe

    ReplyDelete
  5. Keren banget inovasinya nih philips, ku jadi pengen coba :)

    ReplyDelete
  6. Sejak dulu aku tu penggemar Philips. Inovasinya beneran keren. Nggak kebayang bakal ada lampu disinfektan kaya gini loh.. praktis dan gak ribet banget yang jelas

    ReplyDelete
  7. Desain lampunya cantik, udah gitu bukan sembarang lampu pula yaa. Tapi ini lampu sinar uv, yang berfungsi sebagai disinfektan juga.

    ReplyDelete
  8. Mbaaaa, aduh boneka mungil berhijabnya itu bikin gagal fokus. Mirip banget ama dirimu, wkwkwkw
    Iya nih, lampu disinfektan ini yg dibutuhkan keluarga jaman now.
    Supaya hidup makin nyaman ye kaann

    ReplyDelete
  9. kayaknya aku harus punya si lampu sinar uv-c ini ya kak, apalagi manfaatnya bagus banget ini. Jadi gak perlu lagi deh semprot-semprot disinfektan lagi ya.

    ReplyDelete
  10. Tertarik sama Lampu Sinar UV C ini .. bisa buat disinfeksi ya? Tapi sepertinya harganya lumayan ya Mbak Lidya?

    ReplyDelete
  11. Aku juga pakai lampu disinfektan ini untuk disinfeksi rumahku mbak. Pilih Philips krn emang di rumah lampunya pakai Philips udah terjamin oke lha kualitasnya ya.
    Praktis pula gak perlu semprot2 lagi sekarang.

    ReplyDelete
  12. Saya udah pakai lampu ini. Udah percaya aja lah ma produk Philips. Eh, ternyata memang bagus produknya

    ReplyDelete
  13. Wah, lagi musim virus kayak gini jadi tertarik banget ingin mencoba sinar UVC ini buat disinfektan deh mbak, biar berasa lebih tentram dan gak parno lagi hehehe

    ReplyDelete
  14. Wah Philips ini sangat inovatif ya...
    Produk ini sesuai dgn kebutuhan masyarakat saat ini

    ReplyDelete
  15. Wah menarik banget Mbak. Jadi nggak ada bau atau aroma disinfektan yang buat penciuman nggak nyaman kalau mendisinfeksi menggunakan teknologi sinar UV C ini.

    ReplyDelete
  16. Keren ya desinfeksi sinar UV C bisa mendesinfeksi benda dan permukaan ruangan dalam hitungan menit!

    Ini tuh kayak saingan dengan para oil yang sekarang sedang happening

    ReplyDelete
  17. Wah, sinar UV ini tetap aman ya, Mba asal penggunaannya benar. Boleh nih buat di rumah agar virus pada mati.

    ReplyDelete
  18. Baru tahu nih kalau ada lampu UV yang bisa mendesinfeksi ruangan dari berbagai virus. Dan baru tahu juga kalau di RS juga pakainya lampu UV, saya kira hanya lampu biasa saja. Hehe.

    Jadi pengen beli juga nih, buat dipasang di kamar.

    ReplyDelete
  19. Senangnya menemukan lampu terbaik begini yang bisa melindungi seluruh keluarga ya mba, philips emang the best deh.

    ReplyDelete
  20. Salah fokus sama bonekanya. Mirip banget sama Mbak Lidya hahaha.Naksir nih sama lampu meja sinar UV C dari Signify, penting banget untuk masa pandemi gini kayanya.

    ReplyDelete
  21. Salah fokus sama bonekanya. Mirip banget sama Mbak Lidya hahaha.Naksir nih sama lampu meja sinar UV C dari Signify, penting banget untuk masa pandemi gini kayanya.

    ReplyDelete
  22. Lampu sinar UV C ini memudahkan kita untuk mendesinfeksi ruangan. Pekerjaan bersih-bersih jadi lebih mudah dan cepat.

    ReplyDelete
  23. Philips UV C ini otomatis berarti ya. Dia akan mati sendiri ketika dinyalakan di satu ruangan. Mupeng euy, pingin punya satu

    ReplyDelete
  24. Aku tertarik bangettt menggunakan lampu ini. Apalagi bisa buat mendesinfeksi ruangan dari virus dan bakteri. Manfaat yang luar biasa, Bund.

    ReplyDelete
  25. Aku tertarik bangettt menggunakan lampu ini. Apalagi bisa buat mendesinfeksi ruangan dari virus dan bakteri. Manfaat yang luar biasa, Bund.

    ReplyDelete
  26. Keren banget, nggak usah repot-repot mencuci, menyemprot dan steril pakai sabun dan air, langsung nyalakan saja lampunya, tinggalkan, bersiiih..

    ReplyDelete

  27. wow, it's good to have this so that the house is healthier and free from viruses and bacteria. how long is it turned on so that the effect is felt.

    ReplyDelete
  28. Tertarik mba, tapi pricey banget yaa 😁 kerkeren inovasi dari Philips bermanfaaybermanfaat bangey buat jaga ksehatn keluarga

    ReplyDelete
  29. Tertarik banget..
    Baca review nya sahabat blogger makin yakin, kalau lampu UV C ini langkah untuk tetap sehat di masa pandemi walau dirumahaja.

    ReplyDelete
  30. Aku punya juga lampu ini dirumah teh, dan memang bermanfaat sih untuk mendisinfeksi semua perabot rumah tangga. Tinggal atur waktunya dan praktis.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)