Teman Kreasi Pekalongan Dengan Platform Pasar Sayoor

"Ma besok mau sarapan pakai mashed potatoes sama omelet sayuran ya!" Kata anak-anak pagi tadi. Sarapan pagi ini aja belum mulai sudah minta menu sarapan buat besok. Mereka tau banget deh kalau mamanya gak suka kalau minta makanan dadakan, apalagi kalau stok bahan masakannya belum ada.

Langsung aja saya buka kulkas, betul aja stok bahan masakan mulai kosong nih, tandanya harus belanja lagi. Mau ke pasar kok mager, saya pun langsung mengambil smartphone untuk memesan belanjaan lewat online aja. 

teman kreasi indonesia




Gimana kalau teman-teman ada yang punya pengalaman berbelanja kebutuhan dapur lewat platform online?

Platform belanja sayuran dan kebutuhan pokok ini sebetulnya sudah lama ada di Indonesia terutama di kota-kota besar tapi belum banyak yang memanfaatkannya secara rutin. Tapi, sejak pandemi ini masyarakat mulai banyak yang berbelanja online termasuk sayuran lho. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan keluar rumah dan berinteraksi dengan banyak orang, maklum lah virus covid-19 masih merajalela nih.

Dari situlah para pengusaha mengambil peluang usaha dan membantu para ibu atau siapa pun yang ingin berbelanja kebutuhan dapur tanpa harus keluar rumah. Platform belanja juga mulai ada di berbagai daerah yang kembangkan oleh pengusaha lokal atau UMKM seperti di Pekalongan dengan Platform Pasar Sayoor. 


Teman Kreasi Pekalongan Dengan Platform Pasar Sayoor


Pasar Sayoor sebagai startup aplikasi belanja rumahan ini digawangi oleh Syaroful Azka yang sekaligus Leader smartfren Community Pekalongan. Tuh kan, di daerah juga sudah ada platform belanja sayuran, harus diapresiasi lho, mudah-mudahan di daerah lain juga bisa mengikutinya nih. 

Pasar Sayoor ini gak cuma menjual kebutuhan dapur begitu saja, tapi di platform ini juga sekaligus menghubungkan lokal produsen seperti petani, peternak atau UMKM lainnya ke lokal konsumen dalam hal ini pembeli personal, rumah makan, industri dan lainnya. Lewat platform online konsumen dapat memesan kebutuhannya lewat aplikasi pesan antar Pasar Sayoor.

teman kreasi pekalongan



Mas Syaroful Azka sebagai leader Smartfren Community Pekalongan bekerja sama dengan Teman Kreasi Indonesia juga mengajak para produsen sekitar Pekalongan yang tergabung dalam Pasar Sayoor untuk lebih maju lagi. Para wirausaha muda ini lewat program Teman Kreasi diajak supaya lebih berani lagi dalam mengembangkan bisnisnya dan berkelanjutan sehingga bisa berkembang lebih luas lagi.

Contohnya pada salah satu Green House Hidroponik yang ada di Pekalongan, dibantu mengembangkan usahanya supaya ke depannya gak cuma punya 1 green house saja. Support dari Teman Kreasi Pekalongan ini dalam bentuk pemberian pelatihan manajemen wirausaha, manajemen keuangan, SDM hingga pemasaran.

Teman Kreasi Pekalongan ingin para pengusaha lokal di sana bisa lebih berkreasi dan berkembang kreativitasnya. Tahu sendiri kan masih banyak petani yang tidak bisa menjual hasil panennya dengan harga yang standar karena terikat harga dari para tengkulak sehingga harga tidak stabil. Hal tersebut mempengaruhi penghasilan petani.

Para UMKM yang tergabung di Teman Kreasi Pekalongan juga ikut aktif menyisihkan hasil penjualannya dengan memberikan bantuan sembilan bahan pokok (Sembako) bagi warga sekitar yang kena dampak pandemi.


Tentang Teman Kreasi Indonesia

Oh ya Teman Kreasi Pekalongan ini berada di bawah naungan Teman Kreasi Indonesia yaitu tempatnya teman-teman kreator dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul.

Teman Kreasi Indonesia ini didirikan oleh Smartfren pada bulan Maret 2021 yang bekerjasama dengan Smartfren Community sebagai bentuk kepedulian Smartfren dalam mengembangkan kewirausahaan sosial bagi generasi muda khususnya di sektor UMKM kreatif dan digital agar bisa membuka peluang.

Di masa pandemi ini Teman Kreasi sangat dibutuhkan untuk mendukung dan berkolaborasi dengan para UMKM supaya bisa menghasilkan produk unggulan yang inovatif dan memiliki daya jual tinggi. Yang paling utama  100% Lokal 100% Indonesia.

Jadi, Teman Kreasi ini ingin mengkampanyekan sustainability bagi para UMKM agar usaha mereka bisa berkelanjutan dengan tetap memperhatikan lingkungan.

Sebelum Teman Kreasi Indonesia diluncurkan Smartfren juga sudah aktif dalam CSR di bidang industri kreatif salah satunya untuk Komunitas Topi Bambu Tangerang pada bulan Juni 2019. Barulah pada bulan Januari 2020 Smartfren Community mendirikan Rumah Kreatif pertamanya di Kabupaten Bandung Barat dan sebagai cikal bakal dari Teman Kreasi Indonesia.

Inovasi yang diberikan oleh Teman Kreasi ini ada dua unsur yang terdiri dari :
  1. Program inkubator dengan basis komunitas pelanggan dan dijadikan kunci sustainable CSR oleh Smartfren.
  2. Spirit digital sociopreneurship atau kewirausahaan berbasis digital.  Selain profit yang bisa diambil para UKM juga harus bisa memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

Para UMKM yang mengikuti program Teman Kreasi Indonesia juga akan mendapatkan pendampingan secara digital dengan tema pemgembangan bisnis serta occasion hybrid untuk promosi usahanya sesuai protokol kesehatan di masa pandemi ini.

Selain Teman Kreasi Pekalongan dengan produk unggulannya aplikasi belanja rumahan, di daerah lain juga sudah ada Teman Kreasi Indonesia yang aktif membantu warga sekitar untuk mengembangkan produk-produknya. Misalnya Teman Kreasi Natuna dengan produk unggulan kerajinan dan kuliner khas Natura, atau Teman Kreasi Mamake di Cilacap dengan produknya Jajan khas Cilacap dan masih banyak lagi Teman Kreasi lainnya di Indonesia. 


IDX Award Kategori Sustainable Innovative SME Development


Apa yang sudah dilakukan oleh Teman Kreasi Indonesia ini gak sia-sia ternyata karena sudah dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik hingga mendapatkan award kategori khusus : Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. 


IDX Award
Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren Menerima penghargaan


Informasi aja kalau IDX Channel Anugerah Inovasi  ini diberikan oleh IDX Channel atau Indonesia Stock Exchange Channel ini adalah stasiun televisi berita bisnis yang menyiarkan berita bisnis dari Bursa Efek Indonesia. 

Pada tahun 202 Smartfren juga sudah meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community dan mengacuhkannya sebagai operator telekomunikasi terbaik yang memberikan dampak sosial berkelanjutan pada masyarakat.

teman kreasi indonesia

Dengan diberikannya award tersebut pada Smartfren bisa memacu lagi semangatnya dengan Buka Peluang untuk menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia. Ke depannya semoga Teman Kreasi Indonesia diharapkan bisa terus membantu dan mendukung keberlangsungan UMKM lebih banyak lagi.

Post a Comment

6 Comments

  1. Wah inovatif sekali. Teman2ku di Pekalongan sudah tau belum ya? Ini memudahkan teman2 yg mau belanja karena Pekalongan itu panas, padat & macet. Teman2 umkm juga pasti terbantu sekali. Banyak yg beralih usaha sendiri krn industri garmen terdampak pandemi.

    ReplyDelete
  2. Di Serang belum ada mba, belanja sayur atau daging secara online seperti ini. Padahal enak ya, kalau kita malas keluar apalagi pandemi seperti ini, membantu banget ya mba...

    ReplyDelete
  3. Keren ya Teman Kreasi ini bisa bantu UMKM
    Dan aku senang lihat logo Sayoor ini
    Andai saja di Surabaya ada juga
    Bisa kolaborasi

    ReplyDelete
  4. Menarik ya, aplikasi pasar sayoor ini, selain memudahkan masyarakat untuk mencari kebutuhan sayur mayur, sekaligus membantu petani juga meningkatkan penjualan. Keuntungan menjadi bagian Teman Kreasi yang digagas Smartfren antara lain pelatihan digital dan marketing untuk memperluas jaringan penjualan bersama Teman Kreasi lainnya serts akses internet yang kenceng.

    ReplyDelete
  5. keren ya smartfren ini, menjembatani penjual sayur dan konsumen, teman kreasi juga ga kalah keren hehehee

    ReplyDelete
  6. Kerennya Teman Kreasi Pekalongan, mengajak berbisnis sambil berbagi. Pasar Sayoor online inovasi yang bagus karena selama ini sayur identik dengan pasar, dan pasar identik dengan kotor. Siapa tak sangka sayur bisa dijadikan idr bisnis online, bekerjasama dengan petani dijamin sayurannya segar

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)