Powered by Blogger.

Tips Sederhana Mendapatkan View di YouTube dari @inimasabi

"Hai gais hari ini aku mau unboxing jam tangan baru yang dikasih mamaku, kalian saksikan ya!"

Suatu hari saya melihat sebuah video anaknya teman yang diupload ke social media. Gaya anak perempuan yang masih sekolah di SD ini layaknya seorang youtuber terkenal. Lucu juga ya anak jaman sekarang masih kecil sudah mengerti cara membuat video bahkan ada yang bercita-cita menyadi youtuber segala. 


Akun YouTube saya punya, tapi paling gak pede kalau ditanya berapa subcriber-nya. Gimana mau banyak kalau isi videonya aja masih begitu-begitu aja, belum lagi kalau yang view masih sedikit makin gak semangat lah bikinnya.

Ngomongin soal view di YouTube, beberapa waktu lalu ketika saya menghadiri acara "Blogger & Vlogger Gathering Kota Wisata Cibubur" mendapatkan tips berguna dari @inimasabi untuk mendapatkan view di YouTube.


Kenalan Dengan @inimasabi



Sebelum saya share ilmu yang didapatkan, yuk kenalan dulu dengan @inimasabi. Si pemilik nama asli Achmad Takbiriyantoro ini lebih dikenal dengan panggilan Abi dan menggunakan @inimasabi di semua media sosialnya. Ternyata beliau ini pernah dinobatkan sebagai Duta Youtube Indonesia  2018 lho.



Siapa sangka kalau dulunya Abi ini gak pede juga untuk berbicara di muka umum apalagi membuat video. Tapi berbekal usaha dan keberaniannya bisa menjadi terkenal seperti saat ini bahkan mengisi berbagai acara untuk membagikan ilmu mengenai content creator kepada masyarakat.

Apakah harus mempunyai peralatan keren dan canggih untuk membuat sebuah karya video yang bagus dan menarik? Abi bilang sih gak wajib, karena menggunakan smartphone aja bisa jadi modal membuat video kok dan koneksi internet tentunya untuk mengupload ke internet.


Tahapan Penting Pembuatan Video

Untuk recording YouTube itu gak sesulit yang kita bayangkan lho jelas Abi pagi itu pada kami, tapi Engagement is Queen.

Editing sebuah video sangat menentukan kualitas dari video tersebut.

Ada banyak aplikasi video editing yang dapat kita gunakan salah satunya adalah KineMaster. Allhamdulillah kami dibagikan kode untuk menggunakan aplikasi tersebut gratis selama sebulan untuk mencoba-coba. Pastinya setelah itu bisa bayar sendiri karena aplikasi video editing ini sangat bagus dan berguna.

Sebelum membuat video kita harus melalui 3 tahapan  untuk menghasilkan video yang bagus yaitu :

  1. Tahap pra produksi ide/konsep

  2. Di tahap awal ini tugas kita adalah membuat konsep yang baik dengan menyusun apa sih tema video yang akan kita buat, nanti judulnya apa, sampai setting dan lokasinya juga perlu diperhatikan.

  3. Tahap Produksi/syuting

  4. Di tahap ini pastinya kita harus membawa semua peralatan untuk membuat video baik kamera maupun smartphone.

    Supaya gak goyang saat menggambil gambar sebaiknya menggunakan stabiliser, gimbal, atau tripod. Kalau gak punya alatnya, tenang aja masih bisa pakai cara lain yaitu ketika mengambil video dengan teknik jalan sambil agak membungkuk dengan posisi tangan di samping. Lebih jelasnya bisa melihat video berikut ini yang diperagakan oleh Abi. 


  5. Tahap Post Produksi

  6. Nah di dalam tahap post produksi ini paling penting diperhatikan oleh para pembuat video. 
    Ada beberapa hal yang dibagikan oleh Abi untuk boosting up editing yaitu footage, music scoring, thumbnail dan title serta printilan lainnya.


Footage


Footage merupakan materi atau hasil rekaman yang masih memerlukan pengeditan.

Gunakan footage hasil karya sendiri yang diambil dengan posisi landscape perbandingan 16:9 supaya hasil yang diupload pada YouTube cantik. Video yang diambil juga harus bebas copyright dan tidak goyang. Seperti yang sudah diperagakan oleh Abi di atas ya cara mengambil gambar supaya stabil.

Music Scoring


Music scoring merupakan backsound yang dimasukkan pada video yang kita buat agar suara yang dihasilkan menjadi lebih dramatis sesuai dengan tema video.

Di dalam sebuah keutamaan suara yang bagus dan jernih adalah modal awal karena pada video suara lebih baik dari visual. Untuk mendapatkan suara yang bagus bisa menggunakan mic VR, mic Shotgun atau dari ponsel.

Penambahan musik di dalam video juga penting supaya penonton ga bosen cuma mendengarkan suara kita aja. Gunakan musik yang gratis supaya tidak mendapatkan warning dari YouTube saat video diupload. Untuk free music bisa didapatkan di youtube.com/audiolibrary/m atau teman-teman juga bisa mencari musik gratis lainnya melalui channel audio library - music for content creator.


Thumbnail dan Title


Dalam menuliskan judul ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain judul tidak terlalu panjang juga tidak terlalu pendek, tidak terjadi misleading dan penuliannya yang menarik/clickbait. Namun, hati-hati juga jika menuliskan judul clickbait tapi isiya tidak sesuai.

Penambahan thumbnail pada video juga penting. Abi menjelaskan untuk thumbnail sebaiknya menggunakan foto yang bersih dan sesuai dengan isi videonya. Untuk hasil terbaik jangan gunakan thumbnail dengan cara capture dari video dan ukurannya landscape supaya hasilnya bagus di YouTube. Jika video sudah detil gak perlu lagi thumbnail clear karena kita bisa menambahkan title ke dalamnya.

Untuk membuat thumbnail bisa menggunakan photoshop, tapi kalau terlalu berat teman-teman juga bisa menggunakan aplikasi yang bisa diundang melalui smartphone seperti LogoMaster.

Di akhir materi Abi memberikan contoh apa aja yang harus ada di dalam sebuah video. Misalnya video  yang berdurasi 1 menit maka harus mengandung :

  • Intro : 10 detik dengan adegan 2-3 video
  • Isi : 40 detik dengan adegan 5-6 adegan video
  • Closing : 10 detik degan 2-3 adegan video
  • Bisa ditambahkan bumper di awal atau akhir video

Agar menjadi YouTube yang banyak dikenal orang syaratnya adalah konsisten sesuai dengan algortima YouTube saat ini.

WATCH TIME lebih penting daripada VIEW saat ini di Youtube

Jadi, penting banget ya membuat konsep video supaya orang mau melihat lebih video yang kita upload daripada banyaknya view, walaupun itu juga penting ya :) Setelah mendapatkan watch time dan view bisa loh kita mendaftarkan adsense dengan syarat 1000 Subcribers dan 4000 watch time.

Teman-teman mau buat video apa nih sekarang? yuk praktekkan tips dari Abi di atas.

Setelah mendapatkan ilmu mengenai konten video YouTube, kami pun diajak berkeliling ke Kota Wisata Cibubur. Mau tahu fasilitas apa aja yang ada di sana, yuk meluncur ke Kota Wisata Cibubur - The City of Million Enchantments.


50 comments

  1. Aaaah.. bermanfaat banget ini ilmunya. Sarat padat bergizi..ini pasti aku bolak balik ke sini buat belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bebera[a hal yang baru aku ketahui setelah dapet tips dari masabi

      Delete
  2. Lah perasaan tadi udah komen hahahha. Aku ulang ajalah. Saking kerennya ilmu bikin video kayaknya bakalan dibintangi eh bookmark biar bolak balik ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada tuh komennya mbak hihihi, kangen ya sama aku

      Delete
  3. Wahh mantap ilmunya...Youtube sekarang jadi sumber income banget ya buat yang hobi ngevlog...PR juga nih buatku yang sudah menelantarkan akun Yutub hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy anih aku harus belajar pede buat ngomong supaya bisa jadi vlogger :-D

      Delete
  4. Wah makasih ilmunya, teman-teman blogger udah pada jago bikin video, aku masih gini-gini aja pilu aku tuh mbaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalag aku mbak hihih jalan di tempat, yuk semangat belajar lagi

      Delete
  5. Aku kalau bikin video atau ngerekamnya sih rajiiiin, Mba. Tapi ngeditnya ampuuun deh, udah mager duluan, wkwk. Akhirnya itu video cuma nganggur aja di HP. Hamdallah sekarang suami kok ya lagi seneng banget ngedit2. Mayan jadi bisa keupload meski viewnya masih memprihatinkan XD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ngedit aku kasih asistenku deh, anakku hihihi

      Delete
  6. Ahhh ini pe er banget sih bikin video, hahahaa. Koleksi video banyak, tapi ngeditnya kadang terbentur waktu dan kemalasan. Soalnya ngedit dan dijadikan konten itu butuh waktu tersendiri. Tapi kalo wajib bikin untuk mendukung artikel di blog ya akhirnya mau gak mau harus bikin yaa. Tips nya sih aku setuju, tinggal diaplikasikan aja langsung dan jadi satu video yang tayang di youtube

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya waktu kurang aja ya mbak buat ngedit, dan berujung aku minta tolong anakku aja

      Delete
  7. Duh, bikin video di Youtube itu mesti konsisten dan komitmennya tinggi. Beda tipislah sama pernikahan. Beneran deh, kalo gak bisa konsisten dan komitment bikin video setiap minggu, udahlah bye aja itu akun youtube

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus kreatif mikirin kontennya ya, nanti bikin apa trus sibuk deh gak sempet itu yang sering aku alami

      Delete
  8. Waah ilmu baru nih buat aku Mbak, aku jug ada youtube tapi nggak keurus. Belum pede untuk ngisi youtube.😅 Apalagi edit video dan sebagainya, tapi sesegera mungkin aku coba deh kan udah baca artikel ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku harus belajar bikin videonya dulu deh ya soalnya masih asal-asalan sebisanya aja

      Delete
  9. Saya paling ga PD nih, bikin konten di youtube. Harus banyak belajar dan praktik. Materi dari mbak Lidya ini bagus dan runtut. Mau nyoba praktik ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku harus belajar pede juga nih supaya bisa nerapin ilmu dari masabi

      Delete
  10. Tips bermanfaan banget ini mba. Aku lho, klo ambil gambar masih kayak sambil naik perahu alias goyang2. Dan ternyata mas abi punya tips mudah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku juga gak kepikiran loh bisa pakai cara seperti itu, gak perlu alat juga bisa ternyata ya buat video supaya ga goyang

      Delete
  11. Aku udah lama ngk pegang youtube, bulukan kali. Tapi memang penting juga sih youtube,biar tambah bagus berkonten. Apalagi video butuh kepercayaan diri buat cuap-cuap di depan kamera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus maubelajar ya mbak kita demi konten yang bagus juga

      Delete
  12. Makasih banyak Mbk sharingnya, aku ikutan belajar nih baca liputannya. Keren banget. Iya pengen fokus juga ngisi youtube tahun ini, semoga bisa lancar rencanaku, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga lancar ya mbak rencananya untuk ngisi youtube, Aamiin

      Delete
  13. Wah, ternyata harus jinjit jinjit gitu ya biar aku goyang.
    Belajar banyak dari postingan ini.aku sih kalau cari konten seneng, ngedit ngeditnya yang agak mager hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak aku juga baru tahu pas dikasih tau kemarin

      Delete
  14. aku sudah catat semuaaa nih..semoga makin mantap ngevlog kayak Mas Abi heheh. Walaupun memang niatnya adalha santai beibeih di YouTube

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak indah sih udah pede ngomong di video lah, tinggal ditekunin aja videonya :)

      Delete
  15. Apapun teorinya buat aku mah nggak mempan kecuali segera action buat video. Huhu. Video udah bejibun ratusan masih juga belum diedit dan diupload ke youtube. Aku lemah aku sebel. Wkwkwk. Pengen ngucek² diri sendiri rasanya.

    ReplyDelete
  16. Saya seringnya buntu ide sehingga bingung untuk membuat konsep video yang bagus seperti apa
    Mau coba lakukan tahap di atas pelan-pelan

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belajar pede aja kali ya dikir2 biar bisa bikin video

      Delete
  17. Kalau gak punya stabilizer bisa dibantuin kursi xixixi
    Wah keren nih dapat Ilmu bikin video. AKu dah lama banget gak upgrade ilmu bikin video. Kebentur di editing gk ada waktunya xixixi. Pengen sih ngomong banyak depan kamera gtu, moga2 ntr ada aja waktunya bisa beneran ngisi konten YTku :D
    Duh kapan ya bisa 1000 subs...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di luar dan butuh video yang jalan itu ya gak bisa pake kursi mau gak mau butuh stabilizer tapi untung ada cara mudah ya

      Delete
  18. Naahhh ngeditnya itu yang masih peer banget buat aku. Ada tipsnya nggak sih biar pas ngedit video hasilnya bisa smooth gitu. trua kalo aplikasi edit video yang gratisan selain kine master apalagi ya yg bagus?

    ReplyDelete
  19. Waah 1000 subscriber masih jauuuh. Aku sementara buat seneng2 aja dulu lah yutub. Pengen jd artis ga kesampean, coba jd artis di channel sendiri dulu 😁😁

    ReplyDelete
  20. Aku belum sanggup kerja di youtube karena harus konsisten bikin vidio dengan tema, klo ga ya..penonton ga bakal datang karena gada yang dicari dan dibutuhkan di akun youtube kita. Sebanding sih ya, hasilnya klo kita konsisten

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku harus belajar bikin konten yang menarik dan unik ya

      Delete
  21. oh cara jalannya itu bungkuk trus kek agak jinjit gitu ya supaya lebih stabil. Coba deh soalnya aku shoot ya biasa aja. Masih kurang ilmu buat tekniknya.

    ReplyDelete
  22. bikin video dan upload di youtube emang kudu konsisten kalau tergantung mood bisa ditinggal sama subcriber maupun algoritma Youtube

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantesan aku subscribernya dikit ternyata gak pernah ngisi konten hehehe

      Delete
  23. Ealah baru tau loh cara jalan berjingkat gitu bisa meredakan getaran. Boleh boleeehh... bisa ditiru nih semasa belum bisa beli stabilizer ;)

    Kemarin pas acara bareng Kominfo, narasumbernya yang seorang youtuber juga cerita soal music scoring. Penting banget biar match dengan videonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak kemarin masabi juga bahas music scoring itu ternyata penting banget

      Delete
  24. Sampai sekarang kenapa males buat youtube edit video itu lebih berat mending di suruh nyetrika wkwkwk. Edit video harus telaten dan sabar

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku males dua2nya malah apalagi nyetrika hahaha

      Delete
  25. Sharingnya cakep niih...
    Buat yang baru menjajaki dunia per-youtube-an.
    Langsung bisa jadi jurus jitu bikin video kita menarik viewer dan watch time.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih skr lebih diutaman yang watch timenya lama yadibandingkan banyaknya view

      Delete
  26. Wah materinya bagus banget nih mbLid. Aku juga lagi nyari trik nya biar yutub ku banyak yang mampir

    ReplyDelete