"Suka tidur dengan lampu menyala, redup, atau gelap?"

Kalau saya lebih suka tidur dengan lampu padam atau redup dibandingkan lampu yang terang benderang. Tapi kadang-kadang kalau sudah mengantuk sekali, suka malas beranjak dari tempat tidur untuk mematikan lampu dari saklarnya dan menggantinya dengan lampu tidur. Maunya sih dari tempat tidur bisa langsung ganti-ganti warna lampu atau mematikanya tanpa harus bergerak.

Ternyata menurut dunia medis, tidur dengan lampu terang bahkan redup bisa mempengaruhi kesehatan saat tidur.  Cahaya terang di malam hari bisa menghambat terbentuknya melatonin yang bisa menyebabkan gangguan tidur dan menimbulkan berbagai penyakit seperti depresi. Solusinya kalau masih mau ada cahaya saat tidur gunakan lampu berwarna merah.




Ngomongin soal mematikan lampu atau mengganti warna lampu tanpa harus beranjak dari tempat sekarang ini bisa menggunakan Philips Hue lho yang menggunakan infrastruktur digital  berbasis Internet of Things.


Kenalan Dengan Philips Hue 


Philips Hue menghadirkan sistem penerangan nirkabel atau wifi pribadi di rumah di mana penggunanya bisa mengendalikan dan mengatur pencahayaan sesuai suasana yang diinginkan. Jadi untuk mengoperasikannya cukup menggunakan smartphone aja, enak kan praktis dan cepat gak perlu berjalan ke saklar lampu lagi.

Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa diatur pencahayaannya menggunakan aplikasi Hue yaitu :
  • Menciptakan ruangan sesuai dengan keinginan.
  • Membuat suasana ruangan sendiri misalnya suasana romantis, sedang berada di udara bebas, atau party.
  • Mendapatkan ketenangan pikiran karena ada fitur jadwal yang mendukung aktivitas harian kita. Menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis ketika sedang berada di rumah atau pergi
  • Mengatur pencahayaan dengan cepat.
  • Dapat pula diaktifkan melalui Widget + Apple Watch

Philips Hue menawarkan kemungkinan tanpa batas, tidak hanya menerangi saja tapi memberikan pengalaman luar biasa di ujung jari.



Nah ini salah satu ruangan yang sudah menggunakan Philips Hue. Ketika ingin menonton televisi yang membutuhkan cahaya lebih terang tinggal atur saja melalui smartphone, atau saat ingin suasana romantis bisa mengubahnya kembali ke pencahayaan lainnya.


Mudahnya Instalasi Philips Hue



Pasti banyak yang mengira kalau instalasi Philips Hue itu repot dan membutuhkan keahlian khusus di bidang kelistrikan ya? Jangan khawatir cukup meluangkan waktu 15 menit semuanya sudah bisa terpasang kok dengan melakukan 4 langkah mudah di bawah ini:

  • Pasang lampu Philips Hue ke fitting yang sudah ada, gak perlu mengganti dengan fitting khusus. Atur saklar lampu pada posisi ON.
  • Pasang Bridge  dan lampu akan otomatis menyala. Nah ini alat yang bisa menghubungkan gadget dengan Philip HUe melalui WiFi atau internet.
  • Download aplikasi HUE pada App Store atau Google Play Store, kemudian hubungan dengan Bridge dan cari jenis tipe lampu yang digunakan. 
  • Atur pencahayaan yang diinginkan dan temukan cara baru bermain dengan pencahayaan rumah.

Mudah bukan, gak perlu tuh yang namanya bobok-bobok tembok segala untuk instalasi, karena menggunakan instalasi yang sudah ada di rumah. Oh ya ada beberapa tipe lampu HUE yang bisa dugunakan antara lain HUE Single Bulb, HUE GO, HUE Lightstrip Plus 2m, dan HUE Lightstrip Plus 1m Ext.


Kerjasama Signify Dengan Erajaya


Siapa sih yang gak kenal dengan Erajaya, sebagai distributor nasional gadget berteknologi tinggi, sedangkan Signify sebagai pemimpin dunia di bidang pencahayaan. Karena adanya kesamaan visi perusahaan yang ingin membangun ekosistem digital seputar gaya hidup, untuk itu Erajaya menampilkan Philips Hue Experience Zone yang memberi pelanggan kesempatan untuk merasakan pengalaman langsung dari sistem  pencahayaan terkoneksi Philips Hue.



Keduanya melakukan penandatangan kerjasama di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta (5/4) lalu yang menghadirkan Ramy Hajar (Country Leader Signify Indonesia) dan Hasan Aula (CEO Erajaya.

Keduanya berharap kerjasamanya bisa memudahkan masyarakat yang menerapkan konsep smart living sebagai gaya hidup digitalnya. Philips Hue ini akan hadir di lebih 80 gerai Erajaya di seluruh Indonesia . Tidak hanya itu saja Signify dan Erajaya juga akan menambah Philips Hue Expericne ZOne di lebih 25 gerai di kota besar dalam 1 tahun ke depan.

Warna Lampu Yang Mempengaruhi Suasana Hati




Menggunakan lampu Philips Hue gak perlu membeli banyak warna lampu lagi karena semuanya bisa diatur menggunakan aplikasi.


Penasaran kan warna-warna lampu apa saja yang bisa mempengaruhi suasana hati di rumah? Saat menonton TV menggunakan warna lampu kuning bisa membantu kita lebih rileks. Atau Saat akan belajar pastinya pencahayaan putih yang paling cocok untuk membantu konsentrasi. Kalau saya suka warna biru kesannya dingin dan menenangkan. Kalau kamu sukanya warna apa? Ganti aja ke Philips Hue :)