Powered by Blogger.

Pencahayaan Pengaruhi Suasana Hati Dan Kesehatan

"Suka tidur dengan lampu menyala, redup, atau gelap?"

Kalau saya lebih suka tidur dengan lampu padam atau redup dibandingkan lampu yang terang benderang. Tapi kadang-kadang kalau sudah mengantuk sekali, suka malas beranjak dari tempat tidur untuk mematikan lampu dari saklarnya dan menggantinya dengan lampu tidur. Maunya sih dari tempat tidur bisa langsung ganti-ganti warna lampu atau mematikanya tanpa harus bergerak.

Ternyata menurut dunia medis, tidur dengan lampu terang bahkan redup bisa mempengaruhi kesehatan saat tidur.  Cahaya terang di malam hari bisa menghambat terbentuknya melatonin yang bisa menyebabkan gangguan tidur dan menimbulkan berbagai penyakit seperti depresi. Solusinya kalau masih mau ada cahaya saat tidur gunakan lampu berwarna merah.




Ngomongin soal mematikan lampu atau mengganti warna lampu tanpa harus beranjak dari tempat sekarang ini bisa menggunakan Philips Hue lho yang menggunakan infrastruktur digital  berbasis Internet of Things.


Kenalan Dengan Philips Hue 


Philips Hue menghadirkan sistem penerangan nirkabel atau wifi pribadi di rumah di mana penggunanya bisa mengendalikan dan mengatur pencahayaan sesuai suasana yang diinginkan. Jadi untuk mengoperasikannya cukup menggunakan smartphone aja, enak kan praktis dan cepat gak perlu berjalan ke saklar lampu lagi.

Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa diatur pencahayaannya menggunakan aplikasi Hue yaitu :
  • Menciptakan ruangan sesuai dengan keinginan.
  • Membuat suasana ruangan sendiri misalnya suasana romantis, sedang berada di udara bebas, atau party.
  • Mendapatkan ketenangan pikiran karena ada fitur jadwal yang mendukung aktivitas harian kita. Menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis ketika sedang berada di rumah atau pergi
  • Mengatur pencahayaan dengan cepat.
  • Dapat pula diaktifkan melalui Widget + Apple Watch

Philips Hue menawarkan kemungkinan tanpa batas, tidak hanya menerangi saja tapi memberikan pengalaman luar biasa di ujung jari.



Nah ini salah satu ruangan yang sudah menggunakan Philips Hue. Ketika ingin menonton televisi yang membutuhkan cahaya lebih terang tinggal atur saja melalui smartphone, atau saat ingin suasana romantis bisa mengubahnya kembali ke pencahayaan lainnya.


Mudahnya Instalasi Philips Hue



Pasti banyak yang mengira kalau instalasi Philips Hue itu repot dan membutuhkan keahlian khusus di bidang kelistrikan ya? Jangan khawatir cukup meluangkan waktu 15 menit semuanya sudah bisa terpasang kok dengan melakukan 4 langkah mudah di bawah ini:

  • Pasang lampu Philips Hue ke fitting yang sudah ada, gak perlu mengganti dengan fitting khusus. Atur saklar lampu pada posisi ON.
  • Pasang Bridge  dan lampu akan otomatis menyala. Nah ini alat yang bisa menghubungkan gadget dengan Philip HUe melalui WiFi atau internet.
  • Download aplikasi HUE pada App Store atau Google Play Store, kemudian hubungan dengan Bridge dan cari jenis tipe lampu yang digunakan. 
  • Atur pencahayaan yang diinginkan dan temukan cara baru bermain dengan pencahayaan rumah.

Mudah bukan, gak perlu tuh yang namanya bobok-bobok tembok segala untuk instalasi, karena menggunakan instalasi yang sudah ada di rumah. Oh ya ada beberapa tipe lampu HUE yang bisa dugunakan antara lain HUE Single Bulb, HUE GO, HUE Lightstrip Plus 2m, dan HUE Lightstrip Plus 1m Ext.


Kerjasama Signify Dengan Erajaya


Siapa sih yang gak kenal dengan Erajaya, sebagai distributor nasional gadget berteknologi tinggi, sedangkan Signify sebagai pemimpin dunia di bidang pencahayaan. Karena adanya kesamaan visi perusahaan yang ingin membangun ekosistem digital seputar gaya hidup, untuk itu Erajaya menampilkan Philips Hue Experience Zone yang memberi pelanggan kesempatan untuk merasakan pengalaman langsung dari sistem  pencahayaan terkoneksi Philips Hue.



Keduanya melakukan penandatangan kerjasama di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta (5/4) lalu yang menghadirkan Ramy Hajar (Country Leader Signify Indonesia) dan Hasan Aula (CEO Erajaya.

Keduanya berharap kerjasamanya bisa memudahkan masyarakat yang menerapkan konsep smart living sebagai gaya hidup digitalnya. Philips Hue ini akan hadir di lebih 80 gerai Erajaya di seluruh Indonesia . Tidak hanya itu saja Signify dan Erajaya juga akan menambah Philips Hue Expericne ZOne di lebih 25 gerai di kota besar dalam 1 tahun ke depan.

Warna Lampu Yang Mempengaruhi Suasana Hati




Menggunakan lampu Philips Hue gak perlu membeli banyak warna lampu lagi karena semuanya bisa diatur menggunakan aplikasi.


Penasaran kan warna-warna lampu apa saja yang bisa mempengaruhi suasana hati di rumah? Saat menonton TV menggunakan warna lampu kuning bisa membantu kita lebih rileks. Atau Saat akan belajar pastinya pencahayaan putih yang paling cocok untuk membantu konsentrasi. Kalau saya suka warna biru kesannya dingin dan menenangkan. Kalau kamu sukanya warna apa? Ganti aja ke Philips Hue :)

24 comments

  1. Konon, orang-orang yang TIDUR SIANG di ruangan dengan lampu kamar tidur bercahaya biru tampak lebih santai dan tenang ya, hanya butuh waktu 1 menit terlelap. Tapi kalau malam, malah engga.
    Soalnya tubuh manusia ditemukan paling lemah terhadap spektrum cahaya biru, yang terdapat di kebanyakan lampu kamar tidur.

    nah kalo pake philips hue kita bisa ubah, saat siang dan pengen bobo bentar, gunakan warna biru ya Lia

    ReplyDelete
  2. Luar biasa nih inovasi Philips, bisa diatur lewat aplikasi. Keren banget. Warna pencahayaan ya juga bagus, aku kl tidur nyalain lampu sendu xixi

    ReplyDelete
  3. Wahhhh
    Ini keren banget.
    Cocok buatku yg kalo udah posisi pw, dah males buat sekadar matiin atau ganti lampu

    ReplyDelete
  4. duh ini keren banget mba Lid, aku pisan sama kayak mb Lid kalau udah ngantuk berat suka males matiin lampunya hahaha padahal mah tetep ga boleh yah tidur dengan cahaya benderang.

    JAdi pengen punya philips hue ini :)

    ReplyDelete
  5. waaah...keren banget yaambak lidya. solusi utk mager saat sudah nguantuuuk hehehe. tentunya ruangan jg jadi cantik karena bisa berubah2 warna. bahkan satu ruang dg ruang lainnya bisa dikasih warna beda ya?

    ReplyDelete
  6. Philips ini andalan banget buat lampu di rumah, hemat energy jadi biaya yang dikeluarkan juga lebih kecil dibanding kalau beli lampu merk lain. Aku naksir si philips hue ini, tapi bingung mau dipake dimana yaaa, soalnya pasti dimainin terus sama bocil2 :D

    ReplyDelete
  7. Oooh jadi satu lampu warna nya bisa diganti2 wah asik ya. Di kamar gaperlu pakai lampu meja atau niKin rumah2an lampu buat lampu tidur.

    ReplyDelete
  8. Aku kalau tidur sukanya gelap-gelapan. Tp sekarang karena ada bayik, kalo pas malam ganti popok suka nyalain tv buat terang2. Eeh ini ada philips hue yaa, bisa jadi solusi buat aku

    ReplyDelete
  9. Aku suka tidurnya gelap2an. Tapi semenjak punya bayi suka galau pas ganti popok malam2. Kudu nyalain tv buat lampu gitu. Ternyata ada philips hue buat solusiku

    ReplyDelete
  10. Ya ampun..canggihnya, lampu kamar aja sekarang bisa diatur/disetel via aplikasi... Hebat inovasinya philips memang.

    ReplyDelete
  11. Kalo tidur aku sukanya gelap-gelapan, kalo terpaksa lampu nyala pas ikut event staycation gitu ya udah tutup mata pakai scarf. Aku penasaran dengan Philips Hue, bisa berubah warna lampunya gitu ya, ngikutin suasana hati kalo bahagia jadi warna apa ya mba

    ReplyDelete
  12. Baru tahu sama teknologi canggih Philips Hue ini. Ya ampun! Keren banget. Berarti kalo kita mau ganti penerangan bisa lewat app-nya aja kan? Enggak perlu gonta-ganti bohlam lampunya. Dan ini juga bisa on-off lewat app-nya? Canggihh.. Fiks, ini lampu yg kubutuhkan. Etapi, berapa ya harganya.. Hihihi

    ReplyDelete
  13. Wow.... aku baru tahu Philip punya produk sekeren ini, mba. Nyari ah.

    ReplyDelete
  14. Waw, satu kata: AMAZE. Beneran canggih dan aku yakin ini Phillips adalah brand pertama yang mengusung ide dan teknologi secanggih ini. Bener2 menjawab kebutuhan manusia dari segi teknologi, fungsi, dan kemudahan dalam mengoperasikan perangkat. Salut buat Phillips!

    ReplyDelete
  15. Saya selau pake lampu nya terang kalo tidur Mak. Tapi katabya tidak bagus, jadi kudu berlatih nih.

    Keren ya Phillips. Terus berinovasi.

    ReplyDelete
  16. Keren ya lampunya, selalu percaya dan kagum sama inovasi Philips
    Aku noted banget ini, entar klo udah rumah sendiri pengen punya ini lampu

    Btw aku sebaliknya, tidur ga bisa gelap atau remang2, sukanya teranggg, klo enggak ga bisa2
    -bisa tidur aslinya :D

    ReplyDelete
  17. Ada purple hue ngga? Hehehehe.. my favorite color! Aku suka gelap kalau bobonya ngga sendirian Liaaa

    ReplyDelete
  18. Bagus Mbak model lampunya 😍
    Bakalan betah deh kalau mau tidur ditemani lampu Philips Hue macam itu.

    ReplyDelete
  19. Keren ini terobosan baru. Makin hari makin canggih. Aku jadi pengen masang instalasinya loh Mbak. Iya kalau udah baring di kasur dan ngantuk berat, malas banget beranjak buat matikan lampu.

    ReplyDelete
  20. Di rumah saya selalu membiasakan tidur dalam keadaan gelap, karena kami kurang bisa tidur nyenyak kalau ruangannya terang.
    Asyik juga ya kalau punya lampu Philips Hue, bisa diatur sesuai selera kita.

    ReplyDelete
  21. Philips ini tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Di rumah juga selalu pakai lampu philips.tahan lama dan tenang juga.

    ReplyDelete
  22. Whoaaa lampunya bikin mupeng. Lampu di rumahku semuanya Philips yang awet dan hemat menurutku. Lagi nyari lampu gantung nih biat ganti lampu ruang tamu

    ReplyDelete
  23. Walalala...
    Kudet aku.

    Walaupun sering lihat di drama Koriya...tapi untuk masang lampu Philips begini...baru tahu ada di Indonesia.
    Hahhaa~

    ReplyDelete
  24. Sama Mbk aku lebih suka lampu mati kalau mau tidur ayau redup, lebih nyaman deh

    ReplyDelete