Powered by Blogger.

Cobain Makanan Khas Daerah Favorit Saya Yuk!

Cobain Makanan Khas Daerah Favorit Saya Yuk! Indonesia itu unik, setiap daerah punya kuliner khas daerah masing-masing, begitu pula dengan Jawa Barat tempat saya dilahirkan dan dibesarkan. Meskipun saat ini masih tinggal di Jawa Barat, di Bekasi tepatnya, tapi ada beberapa makanan khas yang jarang bisa saya temui. 

makanan khas daerah







Saat pulang ke rumah orang tua atau mereka berkunjung ke rumah kami, saya pasti akan membeli makanan favorit tersebut. Kalau ada yang bertanya pada saya sebutkan 5 contoh makanan khas daerah jawa barat? Meskipun ada banyak kuliner khas daerah Jawa Barat, tapi kali ini saya akan tulis beberapa saja yang menjadi favorit.

Kupat Tahu Bandung

kupat tahu

Di beberapa kota di Jawa Barat kita bisa menemui Kupat Tahu Bandung, tapi di sekitar rumah belum pernah melihat penjualnya. Makanya bikin dong!

Padahal kalau bikin mudah lho kupat tahu ini, tapi saya lebih suka beli karena lebih praktis. Hanya saja belinya gak bisa sering harus pulang kampung dulu istilahnya baru bisa menikmati kelezatan kupat tahu kegemaran saya ini.

Kupat tahu ini terdiri dari lontong atau ketupat, tahu kuning yang digoreng, dan tauge rebus kemudian disiram dengan bumbu kacang yang teksturnya agak encer. Untuk menambah rasa biasanya akan ditambah bawang goreng, kecap manis dan kerupuk.

Kalau di Jakarta kita biasa mengenalnya dengan ketoprak, hanya saja kalau kupat tahu tidak memakai bumbu bawang putih melainkan kencur dan santan. Sedangkan di kota Magelang pun punya makanan kupat tahu juga hanya agak beda dikuahnya saja. Entah ya kupat tahu Magelang asli seperti apa, tapi saya pernah mencicipi makanan tersebut di sini pada kuahnya terdapat tetelan.

Baca juga : 

Seblak


Buat pencinta makanan pedas dan gurih, boleh lho mencoba seblak makanan khas dari Bandung yang dibuat dari kerupuk dan dimasak dengan sayuran, telur, daging dan lainnya sesuai dengan selera. Ciri paling khas dari seblak ini ada pada bumbunya yaitu menggunakan kencur dan kerupuk berwarna orange.

seblak



Ada dua macam seblak yaitu seblak kering dan seblak basah. Seblak kering ini juga masih varian kerupuk dengan rasa pedas, bentuknya mirip dengan bakso goreng. Yang paling saya suka seblak basah, nah kalau ini saya sering membuatnya di rumah. Toping atau campuran seblak bisa ditambahkan bebas sesuai selesa ada ceker ayam, bakso, sosis, udang dan lainnya.

Ada cara paling praktis cara membuat seblak ala saya nih, siapa tau mau dipraktikkan di rumah.

Bahan-bahan:
  • Krupuk orange mentah
  • Bakso Diiris atau dipotong bebas
  • Makaroni
  • Telur
  • Sawi atau bisa diganti dengan sayuran lain sesuai selera
  • Bumbu kobe nasi goreng
  • Bawang putih diulek atau dicincang
  • Kencur 2 ruas jari digeprek atau bisa diulek bersama bawang putih
  • Bumbu nasi goreng Poll Pedassss dari Kobe (bukan iklan tapi menurut saya ini praktis dan rasanya sudah mirip dengan seblak asli yang dijual)
  • Air secukupnya
Cara membuat :
  • Rebus makaroni terlebih dahulu lalu tiriskan.
  • Karena saya menganut kepraktisan (beda tipis dengan malas hihihi) jarang sekali membuat seblak menggunakan bumbu ulek. Tumis bawang putih dan kencur hingga wangi.
  • Lalu masukkan air tunggu hingga mendidih kemudian masukkan kerupuk yang masih mentah.
  • Masukkan bumbu Kobe Poll Pedassss sesuai selera banyaknya, kalau saya sih bumbunya saya masukkan semua satu sachet.
  • Masukkan bakso dan telur yang sudah dikocok. Selera juga sih kalau mau telurnya bisa langsung dimasukkan ke dalam penggorengan atau panci yang berisi kuah tadi baru diaduk.
  • Setelah kerupuknya terlihat matang atau tidak keras lagi proses selanjutnya adalah memasukkan sayuran dan makaroni yang sudah matang.
  • Aduk rata, seblak pun bisa disajikan disantap.
Saya bisa makan seblak sampai dua porsi lho, tapi tanpa makan nasi lagi pun sudah kenyang. Ada yang minat membuat seblak sendiri juga.

Untuk isi dari seblak ini bebas sih mau pakai apa aja sesuai dengan selera masing-masing. Makanan khas daerah yang dimodifikasi adalah makanan yang disesuaikan dengan lidah tiap orang jadi gak ada benar atau salah kalau memang suka

Colenak

Colenak ini singkatan dari dicocok enak yaitu makanan khas jawa barat dari singkong tepatnya tapai singkong atau biasa disebut dengan peuyeum. Di atas colenak tersebut diberikan kuah yang terbuat dari gula jawa yang diencerkan dengan serutan kelapa. Mudah kok cara buatnya, tinggal beli saja tapai singkong di pasar, trus tambah kuah gula jadi deh, praktis bukan. 

Kalau makanan yang manis begini saya gak bisa makan terlalu banyak karena agak blenger tidak seperti dua makanan khas lainnya yang rasanya gurih. Tapi makanan yang satu ini juga selalu dikangeni.

Tahu Sumedang

tahu sumedang



Keluarga kami suka sekali dengan aneka tahu, baik tahu sumedang, tahu kuning, tahu susu Cihuni dan tahu lainnya kecuali tahu bulat. Kalaupun harus makan tahu bulat saya akan membeli mentahnya saja. Nah, tahu sumedang merupakan tahu yang paling sering dibeli apalagi makannya pakai cabe rawit dan lontong isi dijamin kenyang.

Minuman Khas Jawa Barat


Gak afdol kalau membahas penganan khas daerah tapi gada minumannya. Jawa Barat punya beberapa minuman khas antara lain cendol Bandung, es doger, bajigur, es goyobod, es oyen, es sekoteng dan lainnya.

hidangan khas daerah dan ciri khasnya perlu juga kita kenal dan cicipi. Caranya gimana? Tiap kali berkunjung ke suatu daerah coba usahakan untuk mencobanya supaya mengenal berbagai rasa kuliner khas tersebut. Atau kamu juga bisa berkunjung ke festival kuliner daerah, biasanya banyak stand yang menyajikan berbagai makanan khas yang berasal dari daerah yang ada di Indonesia.

Nah, ini masakan khas daerah favorit saya yang berasal dari Jawa Barat. Makanan khas dari daerah lainnya juga ada yang saya gemari. Kalau makanan khas daerah di indonesia favorit kamu apa dan berasal dari daerah mana?


34 comments

  1. Tahu Sumedang itu yang paling bisa diterima lidah. Enak aja buat camilan. Kalau Seblak, aku belum nemu yang betulan enak. Pernah beli eh rasanya kurang bumbu. Aneh pokoknya

    ReplyDelete
  2. Di Bandung nih, entahlah kok semuanya terasa uenaaaakkkk
    apa karena daku nginepnya di rumah sodara daerah Gerlong
    Jadi cuacanya dingin, bawaannya laper mulu ihhh:D

    ReplyDelete
  3. waaah, makanan khas daerah jawa barat kok enak-enak sekali iniii.. paling suka olahan aci (cireng, cilok, cimol), seblak, dan olahan tahu nya (tahu sumedang, tahu susu lembang) ^^ kok malah jadi pengen ke Bandung, haha

    ReplyDelete
  4. Kalau buat lauk masih rendang favoritku Mak, klo buat cemilan wajik. Hihi. Makanan aku suka soto, pokoknya masakan nusantara mah doyan semua karena enaak :p

    ReplyDelete
  5. Mbak, Kupat Tahu Bandung kalau di Kediri, kampungku namanya Tahu lontong. Memang pakai lontong tapi mirip ini. Terus ini kusuka semua, terutama seblak dan colenak...wah, beneran enak!

    ReplyDelete
  6. Dari semua makanan di atas yang sudah kucobain adalah tahu sumedang, lainnya belum pernah. Anakku malah sudah sering makan seblak di kostnya, enak katanya, dia suka. Kalau minumannya yang pernah kucoba es doger, krn ada yg jual di jember, ada tape ketannya. Sama gak ya dg es doger di jawa barat?

    ReplyDelete
  7. Wow makanan dan minuman khas Bandung yang menggoda ini. Beruntung disekitar rumah banyak orang Bandung, jadi kalau pas nongkrong bareng bisa icip-icip seblak buatannya. Kalau di Bali ada tipat cantok dan tipat tahu. Tipat itu kata lain dari ketupat. Tahu Sumedang juga ada beberapa yang jual....sementara untuk minuman: bajigur, bandrek atau es oyen saya juga pernah merasakannya...segeer pokoknya.


    ReplyDelete
  8. Kuliner Jawa Barat beragam ya dan bikin penasaran. Kupat tahu ... saya pernah ke Bandung tapi kayaknya gak nyicip ini. Pakai bumbu kacang ya.

    ReplyDelete
  9. Sejak pandemi, saya suka bikin berbagai makanan jajanan favorit. Soalnya gak berani banyak jajan. Kupat tahu termasuk yang belum pernah saya coba. Kangen banget dan pengen segera ke Bandung aja kayaknya

    ReplyDelete
  10. Langsung ngiler tahu Sumedang. Yaampun dimakan pakai cabe rawit hijau, duh enaknyaaaa

    ReplyDelete
  11. Adik saya juga tingggal di Bekasi, Mbak. Dia kalau pulang ke Bandung pasti berburu kupat tahu, seblak dan bakso.

    ReplyDelete
  12. wahini masak seblaknya beneran praktis...lagi pengen cobain bikin seblak..ternyata malah pake bumbu nasi goreng pedasnya Kobe yak..

    ReplyDelete
  13. waaa semenjak pandemic udah lama banget nggak makan kupat tahu niiih, jadi pengen makan kupat tahu juga deh, besok mau cari ah di aplikasi gojek ehehehe

    ReplyDelete
  14. Kalau makanan khas jawa barat, banyak banget yang jadi favorit saya, bingung kalau disuruh milih, hihihi...

    ReplyDelete
  15. Ada lagi minuman yang kini terkenal di Kuningan dan Cirebon Jawa Barat yaitu Jeniper. Jeruk nipis peres haha. Lucu juga istilahnya. Btw saya familiar banget dengan nama-nama makanan di atas. Makanan yang seringkali dicicipi saat kecil.

    ReplyDelete
  16. Aih itu makanan favorit saya semua ih hahaha, tapi colenak sudah jarang nemu nih, sekalinya nemu malah di hotel. Eh pernah sih di pinggir jalan ada tapi gak sempat beli karena kagok mau berhentinya... Kupat tahu endess tuh apalagi kupat tahu Mangunreja ..duh enak banget itu...

    ReplyDelete
  17. Makanan khas daerah, terutama yang sebarannya sudah nasional, dicintai oleh lidah. Mungkin selera sudah terekam dalam jejak rasa kita ya Mbak :)

    ReplyDelete
  18. Makanan khas Jawa Barat nih lumayan banyak yang aku suka tapi kalau buat ngemil gitu aku suka beli tahu Sumedang sebenarnya karena aku penyuka tahu. Kupat tahu aku juga banget, favorit malahan ini.

    ReplyDelete
  19. Kupat Tahu Magelang yang original harusnya ga ada tetelannya Mbak dan menggunakan bumbu kacang encer, kalau ada tetelan mengingatkanku pada tahu campurnya Surabaya, duh jadi ngiler saya.... Dua-duanya menu favorit saya hihihi....

    ReplyDelete
  20. Kupat tahu Bandung dan seblak tuh makana kesukaan akuhhh buangettt :) Kangen sama seblak asli Bandung dengan bumbunya yg asli, terasa plus pedasnya nampwol. Colenak juga doyan sih cuma daku lebih suka kedua makanan itu.

    ReplyDelete
  21. Pengin gitu bisa ngerasain seblak yang enak, yang kerasa kencurnya. Rata-rata di penjual sini rasanya cuma pedes doang. Kalau makanan daerah favoritku kok malah cotto yaaa.. tapi yang daging, ga mau klo jerohan. :)) Cita rasa rempahnya itu seneeeng banget deh.

    ReplyDelete
  22. Aku sampai sekarang gak bisa makan seblak haha, tapi kalau tahu2an itu aku sukaaa. Apalagi kupat tahunya, mirip sama masakan di Surabaya ada yg kek gtu namanya "Tahu tek" hehe
    Seblak ini aku msh penasaran pengen nyobain lg yg sesuai lidahku xixix

    ReplyDelete
  23. Dan...dari daftar di atas, belum ada yang pernah saya cobain dong~
    huhuhu penasaran deh jadinya.. apa kita kopdaran sambil kulineran aja nih? meeting pointnya di mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku diajakin doong klo mau ada kopdaran kuliner gini 😁 wajib banget ah untuk kumpul yaaa

      Delete
  24. Aku baru sekali loh makan seblak. Hahaha. Dkasih tetangga. next mau nyoba lagi ah :)

    ReplyDelete
  25. Ibuku pertama kali cobain colenak langsung gak beli lagi..
    Manis, mirip lupis Jawa Barat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seblak ini endeeuuss..
      Tapi mama pas aku masakin ini bilangnya, "Laa...makan kerupuk melempem, Leen.."
      Hihii...mama mertua ini orang Surabaya juga.

      Delete
  26. Kupat tahu Padalarang itu endoool banget mba Lid. Jujur aku lebih suka makanan jabar tapi tetep ga nolak sama aneka wisata kuliner lainnya, untungnya aku ga picky eater, makan apa aja asal halal hayooo aja hehe

    ReplyDelete
  27. yeaayy aku udah nyobain semua mba hehehhe... enak banget apalagi kalo makannya di malam hari, udara pas dingin banget

    ReplyDelete
  28. Aku kalau makan tahu Suedang apalagi yang asin banget dan lg banyak cabe rawitnya tu kyk gak bisa berhenti makan deh mbak hihihi

    ReplyDelete
  29. Wah, i think seblak new product. I like it. Unique

    ReplyDelete
  30. Dari makanan diatas aku paling suka seblak sama tahu Sumedang nih mbak Lidya. Kalau seblak di sekitar sini banyak yang jual. Kalau Tahu Sumedang seringnya beli di rest area.

    ReplyDelete
  31. waaa malem2 liat postingan makanan begini, rasanya cacing2 langsung tereak2 ni mba Lidya. Pengen kupat tahunya..

    ReplyDelete
  32. Makanannya da nyoba semua, minumannya juga...
    Kecuali es goyobod
    Es goyobod itu spt apa mbak

    ReplyDelete