Tidak Mau Gigi Berlubang? Begini Cara Merawatnya

"Anak-anak jangan makan cokelat, nanti giginya bolong!"

Benar gak sih kalau cokelat bikin gigi berlubang?

Kalau diingat-ingat, saya suka banget makan cokelat, begitu pula dengan anak-anak apalagi si sulung. Gak pernah tuh yang namanya beli cokelat awet berhari-hari, pasti saat itu juga langsung habis, soalnya enak banget sih.

Selama di rumah aja menjalani social distancing, anak-anak juga doyan banget makan termasuk camilan yang rasanya manis-manis.

Suka makanan manis, apakah anak-anak gak pernah mengeluh sakit gigi karena berlubang? Alhamdulillah sejauh ini gak pernah ada keluhan dengan gigi. Kalau pun ke dokter gigi ya cuma untuk scaling atau membersihkan karang gigi dan cabut gigi anak yang mulai goyang dan gigi barunya sudah tanda-tanda muncul.

Bahkan gigi susu pertamanya Pascal tanggal itu saat dia sudah SD berumur 7 tahun, sampai dokter giginya juga kaget kok giginya masih bagus. Awalnya saya sempat mikir apa gak normal ini umur segini baru copot gigi susu pertamanya? Tapi dokter gigi bilang wajarnya memang umur segitu, tapi banyak anak yang berumur lebih muda sudah kikis giginya. 

Sebelum saya kasih tips cara merawat gigi supaya tidak berlubang, sebaiknya cari tahu dulu yuk penyebab gigi berlubang itu karena apa sih?

Penyebab Gigi Berlubang


Gigi berlubang bisa menyerang siapa saja gak cuma anak-anak tapi pada orang dewasa pun bisa. Gigi yang berlubang harus segera dirawat dan diperbaiki supaya lubangnya tidak membesar dan menyebabkan infeksi pada gigi.

Saya dulu waktu masih sekolah pernah kok berlubang dan sudah ditambal, tapi gak sampai merasakan sakit gigi makanya ke anak-anak jadi ketat banget deh urusan perawatan gigi.

Lubang pada gigi awalnya terjadi karena adanya plak atau sisa makanan yang mengandung gula dalam mulut. Plak inilah yang kemudian berubah menjadi bakteri, jika tidak dibersihkan dapat menyebabkan lubang pada gigi

Nah, sekarang tahu bukan kalau makan cokelat atau permen gak menyebabkan gigi berlubang secara langsung, melainkan kalau sisa-sisa makanan tersebut yang tidak dibersihkan akan bercampur dengan bakteri di mulut dan mengakibatkan gigi berlubang.

Jadi, gak ada larangan kok makan cokelat atau makanan manis lainnya, asalkan dalam batas wajar dan membersihkan serta merawat gigi setelahnya. Bagaimana cara merawat dan mencegah gigi supaya gak berlubang?

Cara Mudah Merawat Gigi


Merawat dan membersihkan gigi itu sebernarnya mudah, tapi diperlukan kedispilinan dan dilakukan secara teratur, gak boleh terlewat sekali pun kalau gak mau giginya sakit.

đź’—Sikat Gigi sesudah makan

Pastinya sudah sering mendengar informasi mengenai sikat gigi dua kali sehari yang dilakukan pada pagi dan malam sebelum tidur. Betul banget kok ini, tapi saya selalu menyuruh anak-anak untuk sikat gigi setelah makan juga apalagi kalau habis makan yang manis-manis seperti cokelat.



Di pagi hari sebelum berangkat sekolah, wajib banget untuk sikat gigi setelah sarapan. Saking parnonya dulu waktu anak-anak masih kecil, mau tidur siang aja saya suruh sikat gigi dulu hihihi. Sampai-sampai setelah minum susu pun saya suruh kumur-kumur atau minum air putih untuk menetralisir rasa manis di mulut.

Trus, kalau makannya di sekolah apakah harus sikat gigi juga? agak susah sih kalau ini dilakukan di sekolah, paling tidak berkumur aja dengan air supaya sisa-sisa makanan di mulut hilang. Kalau waktu saya kerja, selalu menyimpan sikat gigi di kantor jadi bisa dibersihkan setelah makan siang.

đź’—Minum air putih yang cukup

Minum air putih tidak hanya untuk mengatasi dehidrasi saja tapi juga baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kalau yang satu ini sih pastinya gak akan lupa ya, apalagi selesai makan pasti kita minum air putih untuk mengatasi dahaga serta membersihkan gigi dan mulut dari sisa-sisa makanan.

đź’—Periksa ke dokter gigi secara rutin

Ternyata ke dokter gigi itu jangan waktu sakit gigi aja, tapi rutin memeriksakan kondisi gigi lebih baik sehingga bisa terdeteksi jika ada keluhan misalnya gigi berlubang. Lakukan juga scaling atau membersihkan karang gigi secara teratur. Karang gigi ini merupakan plak yang dibiarkan lama dan tidak dapat dibersihkan oleh sikat gigi, makanya perlu melakukan scaling.

đź’—Menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride

Fluoride di sini fungsinya untuk melindungi gigi dari kerusakan gigi termasuk gigi berlubang dan mencegah bakteri pada mulut.

Ngomongin soal fluoride, memang jaman dulu udah ada ya? trus orang-orangnya sikat gigi pakai apa? Kalau Nabi sih dulu membersihkan gigi dan mulutnya pakai siwak.

Siwak merupakan  akar pohon salvadora persica. Manfaat siwak adalah untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut serta mengandung mineral alami dan fluoride untuk mencegah gigi berlubang.


Kalau sekarang gak usah susah-susah cari kayu siwak buat membersihkan gigi soalnya sudah ada pasta gigi berlubang dari Sasha yang mempunyai produk terbaru yaitu Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang.





Pasta Gigi Sasha merupakan pilihan keluarga muslim yang bisa digunakan sehari-hari untuk keluarga di rumah dan mencegah gigi berlubang.

Kenapa Harus Pilih Sasha Pencegah Gigi Berlubang


Sasha Pencegah Gigi Berlubang mengandung siwak asli, fluoride dan kalsium



Sebagai umat muslim tentunya wajib banget pakai produk yang halal, bersih, dan suci menurut syariat untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Nabi Muhammad SAW. Nah, pasta gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang ini selain mengandung siwak asli, fluoride, dan kalsium juga memiliki sertifikat halal serta tidak mengandung alkohol dan bahan lain yang berasal dari hewani.

Siwak merupakan salah satu bahan produk syariah dan aman digunakan sehari-hari untuk semua anggota keluarga muslim di rumah. Sasha ini merupakan pasta gigi pertama di Indonesia dengan Siwak asli, dan bahan alami yang dianjurkan secara syariah.

Keunggulan pasta gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang yaitu

  • Untuk melawan bakteri penyebab plak dan bau mulut
  • Memiliki perlindungan ganda untuk gigi dan rongga mulut
  • Merawat kekuatan gigi dan bantu tangkal gigi berlubang

Harga pasta gigi Sasha ini dijual dengan harga Rp10.500 untuk kemasan tube 150gr dan Rp4.500 untuk tube 65gr. Bisa didapatkan dengan mudah di minimarket terdekat atau melalui Kino Store.




Buka puasa nanti mau makan menu pembuka apa nih? pastinya yang manis-manis untuk mengembalikan energi yang hilang setelah berpuasa. Kalau sudah tahu cara merawat gigi dengan baik, gak takut lagi makan cokelat kesukaan ya sekarang asalkan setelahnya gosok gigi menggunakan pasta gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang.








Post a Comment

57 Comments

  1. SASHA ini produk pasta gigi yg langsung menghentak pasar ya Mak.
    Karena emang sebagus itu kualitasnya

    ReplyDelete
  2. itu bajumu bisa matching gitu dengan warna pasta giginya, Lidya.... hehehe. Kalo saudaraku yang dokter gigi ngajarin juga sih, kalau abis makna permen dan jarak buat gosok gigi masih jauh dan gak bawa sikat gigi juga di tas, kita bisa kumur-kumur dengan teh pahit.... jadi rasa manis yang nempel di gigi keangkut ama teh

    ReplyDelete
  3. Aku juga penggemar coklat nih Mba.. Enyaknya bikin ketagihan emang.Masih penasaran nih sama sasha yg ini.. Rasanya di mulut lebih pedas gak Mba?

    ReplyDelete
  4. untungnya di sekolah anak saya di ajarkan untuk sikat gigi sebelum tidur jadi anak saya terbiasa hehee karena di sekolah di ingatkan, di rumah di ingatkan juga

    ReplyDelete
  5. Pascal kereeen. Seumuran Pascal aku susah disuruh merawat gigi dengan baik dan benar hihihi *tutup muka*
    Aku ga terlalu suka makanan manis tapi cokelat tuh sukaaaa. Makanya emang wajib buru-buru gosok gigi kalau udah banyak makan apalagi kalau udah malem

    ReplyDelete
  6. Nah aku nih yang suka lupa kalo gosok gigi malam , heuheuuee..
    Sementara suka makanan yang manis2, ini juga lagi nyemil pudiing, bhuhahaaa.
    Mau nyomot coklat aah, sekalian nyobain Sasha nyaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau malamnya begadang, beneran gak inget gosok gigi yaa, teh..
      Aku puun...mendadak uda bangun lagi...Alhamdulillah.

      Delete
  7. Aku tuh keder mba kalau gigi sakit trus berlubang. Makanya slalu berusaha agar menjaga kondisi gigi tetap baik. Sasha pilihan baget

    ReplyDelete
  8. Aduh paling gak enak banget deh kalau ada gigi yang berlubang, apalagi kalau pas makan yang manis suka nyelekit gitu. Pernah soalnya ini kejadian sama aku, udahlah aku langsung ke dokter gigi langganan.

    ReplyDelete
  9. Kebiasaan anak anak itu emang konsumsi makanan dan minuman yang manis dan inis edihnya berpotensi bikin gigi anak berlubang. Makasih tipsnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ada kontrol yang ketat dari orangtuanya. Yang penting rajin sikat gigi, ga bakalan deh gigi berlubang.

      Delete
  10. udah kadung berlubang gigi gerahamku mba, anakku yang belum, makanya aku sering bawelin buat rajin sikat gigi

    ReplyDelete
  11. Soal gigi ini emang harus dirawat banget ya mba, jangan sampai berlubang dan menyebabkan infeksi. Makanya memilih pasta gigi yang tepat bisa menjadi langkah awal dalam perawatan gigi supaya maksimal..

    ReplyDelete
  12. Aku juga pakai SASHA mbak...bikin nafas terasa segar sepanjang hari. Aku paling takut ke dokter gigi dari sejak kecil dulu....pernah punya gigi berlubang tak biarin sampai lepas sendiri hahaha....tapi skrg aku selalu merawat gigi dg rajin gosok gigi menggunakan para gigi SASHA ini....sakit gigi pun hampir tidak pernah semenjak rutin memakai SASHA ini.

    ReplyDelete
  13. Saya udah cobain 2 varian pasta gigi Sasha yang pertama. Sekeluarga cocok sama pasta gigi ini.Pengen juga cobain yang baru ini

    ReplyDelete
  14. I guess the key is cleaning up your teeth regularly and use tooth paste. Don’t forget to come to the dentist as well

    ReplyDelete
  15. Aku juga pakai Sasha ini Mbak. Emang bener makan manis gpp asalkan langsung gosok Gigi ya.

    ReplyDelete
  16. Duh gigi berlubang memang ngga enak banget ya.. pengalaman anak kedua aku mbak lid, ternyata giginya berlubang huhu kasian liatnya pas ditambal.. sebelumnya demam dan gusinya bengkak huhu ngga mau kejadian lagi deh.. saat ini rutin sikat gigi pagi dan malam sebelum tidur dan memang harus cari pasta gigi yang bisa mencegah gigi berlubang.. dan seneng akhirnya sasha mengeluarkan pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang

    ReplyDelete
  17. Jangan main2 sih soal gigi,
    saya sendiri udah mengalami pembongkaran gigi dan lain2 gara2 gak merawat gigi sejak kecil. sedihhh....

    ReplyDelete
  18. Aku juga mulai ketat mbak untuk menjaga gigi si kecil apalagi giginya udah mulai berlubang kalau lagi sakit enggak tega lihatnya. Saya belum pernah nih cobain Sasha ini, boleh juga melindung gigi mbak.

    ReplyDelete
  19. Keren banget Pascal.
    Anakku yang kedua gitu kak Lia...tapi yang pertama terlalu dini tanggalnya. Jadi sekarang mulai membiasakan anak-anak minum air putih.

    Dan sikat gigi, pakai Sasha jugaa...kita sekeluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merawat lebih baik daripada mengobati.
      Setuju banget kak Lia. Sedini mungkin di jaga agar tidak lekas tanggal atau rusak.

      Delete
  20. Mba Lid, toss aku udah cobain varian shasa dari siwak sama yang ini emang yah jaga gigi itu penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merawat gigi itu susah2 gampamg ya mba tapi sejak shasa ada aku paje ini mba manta hadulna

      Delete
  21. Hadeuuhh gigi berlubang itu bermasalah kemudian hari kaya belum lama aku OP Kista gigi dan ini salah satu penyebab dari gigi berlubang huhu. Makanya sekarang rajin gosok gigi.

    ReplyDelete
  22. anakku udah bolong gignyaa haha. aku belom pernah cobain sasha ini, mbak, kayaknya memang perlu dicoba ya.. cocok untuk dipakai seisi keluarga dan dari siwak juga

    ReplyDelete
  23. Iya, bukan salah makanannya ya, tapi lebih kepada perilaku menjaga kebersihan, termasuk kebersihan gigi. Kalau rajin sikat gigi tentu saja gigi enggak akan mudah berlubang.

    ReplyDelete
  24. Waah Shasa sudah ada pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang ya. Kemarin-kemarin tahunya hanya yang siwak aja.

    ReplyDelete
  25. Bener banget mbak kalau gigi tuh harus banget di rawat soalnya kalau ga di rawat kalau bolong biayanya mahal banget pokoknya

    ReplyDelete
  26. Di rumah juga pakai Sasha tapi masih pakai yang Gold. Anak2 juga pakai yang Gold krn gak pedes. Jadi penasaran ini sama Sasha yang kemasan baru ini mbak :D Jd baus utk menjaga gigi supaya tetap kuat dan gak lubang yaa

    ReplyDelete
  27. Aku blum pernah coba ini mba pakai pasta Gigi shasa bagusby formula nya Aman Dan Halal lagi ya

    ReplyDelete
  28. Sebenarnya caranya gampang banget ya.. kita tinggal rajin2 aja menerapkannya.. Apalagi ada pasta gigi yang bagus gini...

    ReplyDelete
  29. Kita sama nih, waktu kerja dulu aku juga nyimpan sikat gigi di laci meja kerja.
    Kalo anak-anak sejak dini udah dapat edukasi dari tantenya, adiknya suami seorang dokter gigi. Jadi keponakannya udah sering dapat pencerahan merawat gigi kalo nggak pengen merasakan sakit gigi

    ReplyDelete
  30. Aku pakai Sasha juga Mbak Lid, beda memang dengan pasta gigi lainnya, mungkin kandungan siwaknya ya...

    ReplyDelete
  31. Anakku sih nggak terlalu suka makanan manis. Jadi sejauh ini giginya masih baik2 aja. Malah emaknya nih yang doyan banget makanan manis. Kayaknya perlu nyoba beli sasha juga deh

    ReplyDelete
  32. Bener nih.. Anakku giginya kemarin jg berlubang.. Heu.. Hrs dicoba caranya nih. Btw, kemarin aku jg coba pake sasha ini loh. Menyegarkan ya.

    ReplyDelete
  33. Jadi bukan salah coklatnya kan yaa kalau gigi jadi berlubang, lebih pengaruh pada kebiasaan untuk rajin gosok giginya tuh. Kalau rajin gosok gigi ya ga bakalan mengalami gigi berlubang gitu.

    ReplyDelete
  34. Pasta gigi sasha ini enak ada siwaknya jadi nyunah juga. Kami pakai loh mba

    ReplyDelete
  35. Terima kasih tipsnya Mak. Bener, gigi berlubang tu bikin gak nyaman pokoknya. Selain makanan bisa nyangkut di situ, kalo sudah terlanjur sakit juga bisa bikin gak bisa tidur.

    ReplyDelete
  36. Belum pernah pakai odol Sasha.
    Boleh juga nih jadi referensi.

    Btw,
    Putriku Yasmin juga sama seperti Pascal, gigi susunya, bagus.
    Dokter giginya juga takjub.

    Ini buah dari kebiasaan Yasmin yang rajin sikat gigi sesuai rutinitas, dua kali sehari, di pagi hari dan menjelang istirahat malam.

    ReplyDelete
  37. Aaa samaan kita mba aku dan keluarga selalu pakai sasaha malah sebelum ada yng terbaru kami semua pak yang herbal nya dan ini yang baru kamipun pakai , insya allah selalu memilih pilihan yng tepat buat kebersihan gigi keluarga 🤗

    ReplyDelete
  38. salah satu cara merawat gigi dengan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi ya.. Mbak Lidya... berhubung sedang pandemi banyak praktik drg yang tutup, merawat gigi dg rajin sikat gigi pakai pasta gigi Sasha insyaallah jadi salah 1 ikhtiar kita agar gigi tidak berlubang ya

    ReplyDelete
  39. aku juga pakai ini ka, gara-gara direkomendasiin sama teman aku terus beli eh cocok, enak banget di mulut sampai sekarang deh belom habis-habis dan aku terusin, semoga giginya ga berlubang juga niy, aamiin

    ReplyDelete
  40. Aku juga pakai Sasha pasta gigi di rumah mba, yang warna putih tapi. Alhamdulillah sekeluarga cocok~

    ReplyDelete
  41. gigiku ada lobang kecil satu... dan kapok bgttttttt rasanya..

    ReplyDelete
  42. Wah,kalausaja aku ketemu Sasha dari dulu geraham belakangku belum bolong nih.

    ReplyDelete
  43. Syukur aku gak ada gigi berlubang. Tapi adikku dua2nya punya gigi berlubang dan setiap kali makan makan yang sweet pasti kumat. Boleh banget referensi merawat gigi berlubang.

    ReplyDelete
  44. Kapok karena pernah punya gigi berlubang dan sakt gigi membuatku lebih ati ati jaga kesehatan gigi Mak. Gak mau juga anak anak sakit gigi karena sumpah pasti rewel gak ketulungan. aku dulu gitu soalnya hahaha. Untung ada Sasha ya, udah terbukti bisa mencegah gigi berlubang.

    ReplyDelete
  45. Coba kalau jaman aku kecil udah ada pasta gigi Sasha, mungkin lubang gigiku gak parah. Dan sekarang sudah saatnya jaga gigi biar tetap sehat dengan sasha. Pasta gigi yang mengandung siwak, fluoride dan kalsium. Bisa banget nih langsung ganti pasta gigi.

    ReplyDelete
  46. Setelah anak-anak konsimsi yang manis-manis, biasanya mereka aku suruh langusng minum air putih. Kata dokter gigi mereka, salah satu yang bikin nggak plak ya ini. Tapi ya, seringlupanya juga hahaha. jadi sikat gigi hukumnya wajib

    ReplyDelete
  47. Saya juga pakai pasta gigi sasha. Biasanyabsaya pakai yg herbal, tapi kmrn banyak ygvinfo sasha gigi berlubang jadi nyoba deh. Alhamdulillah bisa dipakai buat keluarga. Jadi ga oisah2 pasta giginya antara anak dan dewasa.

    ReplyDelete
  48. Di rumah sudah pakai Sasha sejak 6 bulan lalu, biasa deh, suamiku kan pakai siwak buat bersihin mulut, tau Sasha ada siwaknya, trus suruh kita juga pakai kalau nggak mau pakai siwak langsung :)
    Sekarang pakai Sasha Pencegah gigi Berlubang, anak-anak terutama si bungsu Tio, jadi lebih rajin sikat giginya. Takut gigi berlubang dan ke dokter lagi :)

    ReplyDelete
  49. Belum pernah nyoba Sasha yang ini, biasanya pakai yang siwak. Dimulut seger banget.. Gigi berlobang itu emang nyebelin sih, biasanya muncul karena males sikatan di malam hari, kalau di gigiku

    ReplyDelete
  50. Produk ini sudah tersedia di daerah daerah belum. kayaknya bisa jadi alternatif buat yang punya gigi sensitif kayak aku

    ReplyDelete
  51. Aku dah make ini mba. enak anak-anak sekalian make juga pasta giginya jadi hemat
    kita semua jadinya ga takut gigi berlubang

    ReplyDelete
  52. Gigi berlubang itu sesuatu banget ya Mak... sangat perlu rutin merawat gigi dengan menggosoknya... tentu dengan pasta gigi halal.

    ReplyDelete
  53. Cokelatnyaa pengen banget dicomot. Aku juga suka makanan dan minuman manis nih. Alhamdulillah sudah sedia Sasha di rumah.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)