Powered by Blogger.

Mau Wisata Kuliner di Singkawang? Rental Mobil Pontianak Lebih Praktis

Mau Wisata Kuliner di Singkawang? Rental Mobil Pontianak Lebih Praktis buat pencinta kuliner yang gak mau repot. Traveling ke manapun selain tempat wisata sebagai tujuan utama, kuliner pun selalu dicari banyak orang. Rasanya tidak afdol kalau belum mencicipi makanan khas daerah tersebut.


rental mobil pontianak




Beberapa waktu lalu. saya pernah posting sebuah artikel mengenai tempat wisata yang perlu dikunjungi saat singgah di Singkawang. Walaupun belum pernah menginjakkan kaki di sana, tapi saya banyak mendengar cerita atau membaca postingan teman-teman yang tinggal di sana maupun  yang pernah berkunjung.

Saya selalu penasaran dan ingin mencoba makanan khas suatu daerah yang sedang saya datangi. Ketika berada di Singkawang enaknya kulineran apa ya? Sudah googling untuk mencari tahu makanan khas yang enak, siapa tau saja saya bisa segera mencicipi langsung di kota tersebut termasuk rental mobil Pontianak yang bisa mengantar. Tenang aja rental mobil pontianak murah dan terjangkau bisa kita dapatkan dengan mudah saat traveling ke sana.


Choi Pan - Chai Kue Rumah Marga Tjia Singkawang

choi pan



Waktu dikasih tau teman ada satu makanan yang enak di Singkawang namanya choi pan saya sempat bingung juga dengan penampakan dan rasanya. Sebelum mencicipi rasanya saya dikasih lihat fotonya dulu, eh bikin ngiler ternyata.

Choi pan atau chai kue ini merupakan makanan Tionghoa, di Singkawang memang banyak orang Tionghoa tinggal di sana jadi wajar saja makanan khasnya pun mengikuti. Bentuk choi pan agak mirip dengan pastel atau kroket hanya saja cara memasaknya tidak digoreng melainkan dikukus. Tapi kalau diperhatikan lebih jelas lagi sih choi pan bentuknya dengan dumpling dan berbentuk seperti bulan sabit. kue yang satu ini terbuat dari tepung beras dan mempunyai berbagai pilihan isinya diantaranya talas, bengkuang atau kucai.

Berkunjung ke Singkawang, jangan lupa mencicipi choi pan di Rumah Keluarga Tjia. Menurut informasi yang saya dapatkan di tempat inilah syuting film Aruna dan Lidahnya yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra.

Rumah Keluarga Tjia dengan bentuk rumah ala China dan Barat lokasinya ada di Jl. Budi Utomo. Cukup terkenal juga keberadaan rumah ini sampai-sampai sering dipenuhi pengunjung yang ingin bersantap di sini. Uniknya choi pan disini dibuat setelah pengunjung memesannya jadi tidak ready stock katanya sih begitu.


Rujak Thai Phui Tji Singkawang

Rujak Thai Phui Tji Singkawang


Di Singkawang juga punya rujak lho, sama halnya seperti di Pulau Jawa namanya Rujak Thai Phui Ji. Bedanya rujak ini menggunakan bumbu yang di dalamnya terdapat kacang dan ebi untuk dicampurkan pada potongan buah. Kalau sewa mobil pontianak setelah mencicipi satu kuliner bisa minta diantar mencoba makanan khas lainnya di Pontianak maupun Singkawang.

Pembeli juga bisa memilih rujak mangga yang isinya hanya mangga dan bumbunya saja. Selain itu juga ada rujak pecel yang isinya terdiri dari kacang panjang, kangkung, pakis, rebung, dan bihun serta ditambah dengan emping. Mirip dengan pecel yang berasal dari Jawa Timur hanya isinya saja yang berbeda.

Konon pembuatan rujak ini diwariskan dari generasi sebelumnya sehingga selalu dilestarikan dan tidak hilang oleh zaman.


Bubur Gunting


Unik ya nama buburnya ada tambahan kata gunting. Saya pikir ini bubur yang terbuat dari beras, ternyata bubur yang satu ini terbuat dari kacang hijau yang kulitnya sudah dikupas. Mirip dengan bubur kacang hijau, tetapi ada tambahan tepung kanjinya saja.

Nah, yang bikin beda itu di atas bubur kacang hijau tersebut diberikan toping berupa cakwe yang digunting-gunting makanan disebut bubur gunting. Cukuplah bubur ini dimakan sebagai menu sarapan.

Selain tiga kuliner khas Singkawang di atas sebetulnya masih banyak lagi makanan khas lainnya yang perlu dicoba seperti bubur tahu, bubur paddas, bakso sapi Singkawang, dan lainnya. Tidak hanya makanan, di Singkawang juga mempunyai berbagai minuman khas contohnya es tahu, es limun sasi, kopi Singkawang, Es Tiga Asam dan lainnya. Baru dikasih lihat gambarnya saja saya sudah ngiler bikin haus jadinya.

Kulineran Di Singkawang Pakai Esqiu Rent Car


Tapi bingung juga ya ketika singgah di Singkawang mau kulineran belum tau lokasi di mana makanan tersebut dijual. Gak usah khawatir nyasar kalau kita rental mobil Pontianak Singkawang karena bisa minta diantar berkeliling mencari kulineran sambil berwisata oleh driver.

Buat kalian wisatawan yang datang ke Singkawang melalui jalur udara bisa minta jemput di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak melalui rental mobil Esqiu Rent Car


Berikut ini beberapa keunggulan Esqiu Rent Car rental mobil di pontianak untuk rekomendasi teman-teman :

🚙 Driver Profesional


Gak tahu jalan, takut nyasar, atau mau santai dalam perjalanan enaknya sih semua itu diserahkan pada driver profesional dari Esqiu Rent Car aja, kita tinggal duduk manis deh trus sampai ke tempat wisata dan kuliner yang diinginkan.

🚙 Harga Sesuai Kendaraan Yang Dipilih


Harga sewa kendaraan bervariasi mulai dari Rp400.000 sampai Rp650.000 yang dihitung per 12 jam lamanya. Harga tersebut tergantung jenis mobil yang dipilih selama menyewa. Armada yang disediakan juga banyak dan mempunyai tingkat kenyamanan yang berbeda seperti Avanza, Grand Inovar, Alphard dan lain-lain. Pilih yang menurut kalian paling nyaman dan sesuai dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki.

🚙 Titik Penjemputan Disesuaikan


Selama menyewa kendaraan 12 jam itu kita bebas mau diantar ke mana saja sesuai perjanjian baik ke tempat wisata, kuliner, hotel maupun kembali ke bandar udara ketika akan meninggalkan Singkawang.

🚙 Pemesanan Mudah


Ketika akan memesan kendaraan kita cukup melakukan order melalui nomor whatsapp 082218555888 saja, praktis bukan. Untuk informasi detailnya juga bisa ditanyakan pada nomor tersebut.


Selain 3 kuliner di atas yang sudah direkomendasikan teman saya ketika berkunjung ke Singkawang, ada rekomendasi kuliner lainnya gak dari teman-teman? Share aja, pasti bermanfaat bagi saya atau teman lainnya yang sedang mencari kuliner di Singkawang apalagi gak perlu repot kalau menggunakan jasa rental mobil Pontianak untuk menemukan tempat kuliner tersebut.

22 comments

  1. Sekarang main2 kemana juga ga usah repot bawa mobil ya mbak, ada banyak rental mobil

    ReplyDelete
  2. Sekarang main2 kemana juga ga usah repot bawa mobil ya mbak, ada banyak rental mobil

    ReplyDelete
  3. Naah kulineraannya asing2 semua inii, tapi yang unik bubur gunting, bubur kacang ijo pake kanji, aahh jadi pen nyobain bikin.
    Nah akutu belom pernah explore Pontianak, asik nih bisa wisata kuliner dan mengunjungi tempat wisata, tinggal rental aja ya.
    Gampang banget jaman now tuh, tinggal dalam genggaman.Cuzzz ke Pontianak!!

    ReplyDelete
  4. Pembahasan yang sangat lengkap dan bermanfaat mba. Apa kabar mba Lidya?

    ReplyDelete
  5. bisa lebih mudah mau jalan2 dan kulineran di Singkawang yaa..udah ada jasa rental mobil

    ReplyDelete
  6. Aku sedang di kalimantan tapi di samarinda, nama2 makanannya unik ya di sana...

    ReplyDelete
  7. Belum pernah cobain satu pun kuliner Singkawang. Besokbesok kalau ada kesempatan gak perlu khawatir lagi bakal repot cari kendaraan yaa..udah ada nomor kontak di atas~

    ReplyDelete
  8. Nah ini, ke mana pun pergi, kalo mau kulineran atau berwisata, nyewa mobil di sana lebih enak ya ketimbang naik kendaraan umum di sana. Kita jadinya bisa langsung menuju tkp yang kita pengeni. Gak tahu rute pun kita gak perlu cemas nyasar. Duh, jadi kangen jalan-jalan. Semoga setelah pandemi, bisa segera jalab-jalan :D

    ReplyDelete
  9. Nah...iya nih...
    Kalau travelling lebih nyaman sewa mobil aja yaa..
    Karena drivernya yang tau wisata terbaik yang bisa dikunjungi di kota tersebut.
    Selain kulinerannya jugaa..

    ReplyDelete
  10. Waaah ini mah ga bakal bingung lagi klo mau kulineran ya, drivernya dah paham betul tempat2 terkenal.

    ReplyDelete
  11. Waduh masakannya ini asik banget mbak di Singkawang dan pernah kemari. Btw rental mobil Pontianak ini buat perjalanan makin aman dan nyaman ya mbak.

    ReplyDelete
  12. Noted!nanti kalo ke Pontianak aku bisa dapet rekomendasi sewa mobil di sini. Makasih reviewnya ya mba. Jadi ga bingung lagi deh. Hehehe

    ReplyDelete
  13. waah udah lama banget nggak makan Choi Pan jadi pengen nyari Choi Pan jugaaa, hihihi btw itu rujaknya juga menggoda banget, jadi pengen rujak juga hihhi

    ReplyDelete
  14. Wiiih..jadi pengen nyicip makanan2 itu euy..bikin ngiler lihat foto & penjelasan mba Lia..

    ReplyDelete
  15. Duh choipan lid kesukaan aku banget, bulan puasa kemarin seringkali beli itu jadi ngiler aku haha. Btw kapan kita ke Pontianak bareng pasti seru rental mobil jadi lebih murah 😊

    ReplyDelete
  16. penasaran deh Mbak dengan bubur gunting itu, unik, pasti ini banyak yang nyari ya.
    jadi pengen ke Singkawang juga terus pakai Esqiu Rent Car aja ya biar praktis dan anti nyasar pastinya :D

    ReplyDelete
  17. Huhuhu bikin kangen jalan jalan deh. Icip kuliner berbagai daerah itu menyenangkan sekaligus mengenyangkan. Apalagi bisa sewa mobil biar bisa puas jalan-jalannya

    ReplyDelete
  18. Aku setuju bangeeeet, ke Pontianak enaknya memang rental mobil dan bawa sendiri. Hihihi soalnya terakhir ke sana beberapa tahun lalu kendaraan umumnya masih repot ya.... Taxinya juga mahal.... Makasi rekomennya ya Mbaaa....

    ReplyDelete
  19. Waahh penasaran nih pengin nyobain Choi Pan. Kulinernya semua enak-enak nih. Hayuk kapan ajak aku keliling Singkawang, Lia.

    ReplyDelete
  20. Pontianak kulinernya bikin menggoda. Karena masyarakatnya dinamis, banyak makanan-makanan China yang bikin mupeng.

    Sekarang jalan rame-rame ke manapun nggak mikir transportasi ya Mbak. Ada google map, dan sewa kendaraan jatuhnya jadi hemat

    ReplyDelete
  21. Whenever we go somewhere, particularly outside of our homeland and Jakarta, we always try to find good rental cars

    ReplyDelete
  22. aku belum pernah ke Singkawang nih, MBa. Tapi lihat kulinerannya kok pengen ya, kayaknya enak banget

    ReplyDelete