Tuesday, April 5, 2016

# reportase

Blogger Gathering #ExploreCNI



Walaupun saya ngeblog sudah cukup lama dari tahun 2008, tidak ada salahnya dong kalau terus update dan upgrade ilmu di dunia blogging. Harus bisa move on tidak stuck di situ-situ saja. Dari tulisan postingan yang geje, setidaknya sekarang harus mulai membiasakan ada yang di share di tiap tulisan.

Senang sekali saya punya kesempatan menghadiri Blogger Gathering dan kunjungan ke kantor CNI yang bertempat di C3 Building (CNI Creative Center) di Puri Indah, Jakarta Barat. Ini bukan sekedar gathering biasa atau melihat ada apa saja sih di kantor CNI, tetapi ada ilmu juga yang bisa saya dapatkan disana. Ya karena pada Blogger Gathering ini pun  kami akan menerima beberapa materi menarik yang bisa membantu saya di dalam dunia blogging dengan mengusung tema Content Management Sharring.


Sebelum sharing materi blogger diajak berkeliling ke ruangan yang ada di CNI, yang bisa disebut juga dengan galeri atau museum CNI karena isinya tentang produk yang ada di CNI. 

Ini dia sesi yang paling ditunggu-tunggu yatu sharing para ahli dibidangnya masing-masing.

Internet & Social Media Marketing - Best Practices yang dibawakan oleh Marselinus Ferdinan, MM, MBA, CIMP - Head of Marketing Suppor CNI. Menurut Pak Marselinus sebuah blog itu harus berhubungan dengan media sosial, gunanya untuk meningkatkan exposure . Dalam menulis artikel pada sebuah blog juga sebaiknya kita tahu siapa sih pembaca blog. Di sarankan tidak melakukan komuikasi satu arah dengan pembaca untuk meningkatkan engagement.

Kalau blog saya awalnya pembacanya kebanyakan perempuan tapi sejak menulis tentang gadget atau tutorial apalagi bergabung di komunitas jadi bervariasi pembacanya ada laki-laki juga. Dengan berkunjung ke blog mereka juga otomatis saya mendapatkan engagement.

CNI tahun ini akan berumur genap 30 tahun. Core bisnis CNI adalah MLM tetapi memposisikan bisnis ini dengan cara yang berbeda yaitu dengan sistem friendly dan tidak membudayakan pemaksaan. Gak pernah tuh saya dipaksa teman untuk mendaftar di CNI, tapi saya juga sudah menjadi member sejak masih kerja kira-kira tahun 2004.

Ada pertanyaan dari teman blogger mengenai apakah ada ketakutan yang melalukan bisnis CNI pembeli akan beralih dengan belanja online? Justru dengan adanya GeraiCNI membantu mereka yang biasanya berjualan secara offline dan mempermudah juga karena bisa mengambil barang di mellaui Pick Up Order di lokasi CNI yang sudah ditentukan.

Pak Marselinus juga menyampaikan tentang berdirinya Gerai CNI yaitu sejak tahun 2014. Gerai CNI ini mempunyai Tim Digital Marketing sendiri, tetapi juga menggandeng blogger untuk bekerja sama yaitu dengan program affiliasi. Program Affiliasi ini keuntungannya adalah blogger bisa mendapatkan penghasilan melalui pemasangan link atau banner affiliasi. Dengan sistem CPA (Cost Per Action) pemasang link akan mendapatkan penghasilan atau komisi jika ada yang berbelanja produk CNI  di Gerai CNI melalui link tersebut.

Pak Marselinus juga memberikan info tentang cara berbelanja produk CNI di GeraiCNI.com yang bisa di baca di postingan Kemudahan Belanja Produk CNI Secara Online Di GeraiCNI.com


Rizki Siwu, Vice President Merchant Business DOKU, menjelaskan tentang pembayaran yang bisa dilakukan menggunakan DOKU, penyedia online payment terkemuka di Indonesia sejak tahun 2007 yang memberikan solusi pembayaran elektronik yang aman dan nyaman. DOKU solusi terbaik untuk  Enterprise, UKM & Start up, dan pengeluaran pribadi.

Indonesia sebagai pengguna internet no-13 di dunia dan terus meningkat setiap tahunnya. Dengan perkembangan ini makin banyak masyarakat yang berbelanja online dan bertransaksi secara online pula. Kalau dulu masyarakat lebih suka berbelanja offline karena ingin memegang dan melihat langsung barang yang akan dibelinya. Apalagi untuk pembelian produk fashion yang tidak jelas sizenya kalau dilihat secara online. Tapi tidak perlu  takut lagi sih menurut saya sekarang, saat ini toko online sudah mencantumkan data lengkap mengenai barang yang dijualnya. Mulai dari ukuran, warna, jenis bahan dan lain-lain. Berbelanja online juga punya keuntungan seperti menghemat waktu. Saya juga sudah mulai beralih untuk berbelanja online dan melakukan transaksi online dengan ebanking atau E-Money.

Awalnya sih masih banyak yang takut untuk melakukan transaksi pembayaran secara online karena faktor keamanan data pribadi yang akan di hack orang yang tidak bertanggung jawab. Cara aman sih dengan menggunakan sistem COD (Cash On Delivery), tapi masih ada kendalanya juga sih, saat barang akan dikirim bisa jadi kiat sebagai pembeli tidak sedang berada di rumah.  Solusi praktisnya bisa menggunakan DOKU.

Aplikasi DOKU bisa diunduh pada Google Play dengan berbagai keuntungan dan fasilitas yang bisa digunakan oleh penggunanya. Dalam satu bulan kita bisa top up sampai hingga 5 juta rupiah dan dalam satu bulan bisa top up sampai 4 kali dengan total 20 juta rupiah. Berbagai merchant sudah bekerja sama dengan DOKU salah satunya adalah Gerai CNI.



Menggali Potensi dari Digital Konten - Ani Berta. Sebagai kontributor tetap KPPA adalah salah satu prestasi Teh Ani. Beliau selalu menekankan pada konten, konten, dan konten. Ya karena konten adalah kunci dari sebuah blog.

Konten bisa didapatkan dari mana pun dan dari kehidupan sehari-hari. Teh Ani sharing saat melakuan interview narasumber dengan menggali inspirasi dari nara sumber tersebut. Dalam melakukan interview bisa dengan berbagai cara yaitu bertemu langsung, melalui email dan lainnya. Ketika melakukan interview sebaiknya berempati dengan membuat situasi senyaman mungkin. Awali dengan obrolan ringan.

Menurtu Teh Ani berapa pun jumlah blog yang kita miliki yang terpenting adalah konsisten dalam mengisi kontenya. Kalaupun cuma punya satu blog tidak masalah, karena bisa dimaksimalkan penggunaan label. Dalam menuliskan postingan sebaiknya tidak ikut-ikutan tetapi sesuai dengan passion kita. Bukan berarti kita dilarang menuliskan niche baru yang belum dikuasai ya, tetapi dengan belajar dan belajar hingga kita bisa menuliskan hal diluar kebiasaan itu tidak masalah.

Pelajaran penting yang dishare Teh Ani adalah tentang membuat konten Campaign untuk twitter dan facebook. Pada twitter dengan jumlah karakter 140 kita harus menuliskan hal informatif yang dipadatkan dengan tetap memasukkan unsur 5W1H. Di dalam satu twit selalu ada satu key message dan tidak ada pengulangan. Sambil sesekali menyapa follower agar tidak kaku dan ada interaksi selama melakukan twit.

Yang akan saya terapkan selanjutnya dari sharingnya Teh Ani adalah tentang breaking down tema. Dari kegiatan ini saya bisa membuat 4 tulisan. yaitu :

  1. Blogger Gathering #ExploreCNI
  2. Yang Menarik Di Kantor CNI #ExploreCNI
  3. Kemudahan Belanja Produk CNI Secara Online Di GeraiCNI.com #ExploreCNI
  4. Mengunjungi Kantor CNI #ExploreCNI

Peluang berbanding lurus dengan apa yang kita bagikan- Ani Berta




5 comments:

  1. Enaknya kalau baca postingan ulasan kopdar yg pertema itu dapet banyak banget ilmunya. Jadi optimal juga ilmu yg didapet dari tulisan.

    ReplyDelete
  2. Seharian ya mba, lelah tapi banyak ilmu yang kita dapat ya mba

    ReplyDelete
  3. Aku udah install doku jg, sama ya saldo masih nol. Hehe

    ReplyDelete