Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan. Cari Tahu Jawabannya dari Dokter Indra NC Anwar, Sp.OG

Sebelum menikah ditanya kapan mau nikah? Sudah nikah pun tetap ditanya kok belum hamil. Sudah hamil tetap aja selalu ada komentar atau nasihat yang dilontarkan orang sekitar supaya kita mengikutinya. Mitos dan fakta seputar kehamilan selalu saja ada di sekitar kita baik dari orang teman maupun keluarga sendiri. Apakah kita harus memercayai atau tidak? Kadang membingungkan apalagi jika belum mengetahui mana yang mitos atau fakta.

Mitos dan Fakta Seputar Kehamilan




Ibu Hamil Makan Nanas Boleh Atau Tidak?


Saya suka sekali makan nanas apalagi kalau rasanya manis, hmmmm menyegarkan sekali. Ketika hamil banyak yang melarang saya untuk konsumsi nanas katanya berbahaya karena bisa menyebabkan keguguran. Lho, masa sih nanas kan enak dan sehat juga untuk dimakan?  Ini mitos atau fakta?

Saat hamil, ibu hamil sebaiknya sih harus paham mana informasi yang benar maupun yang salah atau hanya mitos belaka supaya tidak menimbulkan kekhawatiran. 

Salah satu cara mencari informasi yang tepat adalah dengan mengikuti kulwap. Kebetulan sekali MAKUKU LECTURE juga mengadakan kembali Kulwap Series bersama  dr. Indra Nurzam Chalik Anwar Sp. OG. yang kali ini mengangkat tema tentang "Mitos dan Fakta Kehamilan Terkini".

MAKUKU LECTURE



Ternyata masih banyak orang menganggap nanas sebagai salah satu penyebab keguguran pada ibu hamil. Di sini dokter Indra menjelaskan bahwa hal tersebut hanya mitos saja. Buah nanas aman kok dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyehatkan. Penjelasan dokter Indra juga merujuk dari tidak adanya bukti medis mengenai nanas yang membahayakan ibu dan janin.

Meskipun aman dikonsumsi oleh ibu hamil, tapi bukan berarti boleh memakannya secara berlebihan karena adanya kandungan bromelain yang ada di tengan bagian nanas. Saya percaya ibu hamil kalau makan nanas juga paling sedikit, yang penting bisa memenuhi hasratnya untuk makan buah tersebut kok, gak akan makan sampai banyak nanas. 

Dokter Indra juga menambahkan apapun buah yang dikonsumsi ibu hamil tidak akan menganggu janin. Makan secukupnya dan tidak berlebihan dan pastikan tidak ada keluhan setelah memakan buah tersebut maka buah apapun yang ibu hamil sukai boleh dimakan.


Dari Rumput Fatimah Hingga Anjuran Berhubungan 


Pada Kulwap tersebut, peserta antusias sekali bertanya mengenai mitos yang mereka temukan di sekitar. Ada Dessy dari Bekasi yang bertanya mengenai rumput fatimah, yang dipercaya oleh orang-orang tua bisa membuat lancar saat melahirkan.

Pengalaman Dessy pun pernah saya alami, saya sendiri tidak mengonsumsi rumput fatimah tapi di rumah sakit ditanya apakah saya mengonsumsinya ketika akan melahirkan. Apakah ini berbahaya? Sampai diklarifikasi oleh pihak rumah sakit mengenai rumput fatimah.

Dokter Indra pun menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada penelitian mengenai rumput fatimah yang dianggap bisa mempercepat proses persalinan. Beliau menyampaikan bahwa ibu hamil harus hati-hari dalam mengonsumsi obat perangsang kontraksi.

Bicara mengenai proses kelancaran persalinan, peserta Kulwap lainnya pun bertanya mengenai anjuran melakukan hubungan sex  yang lebih sering ketika usia kehamilan besar untuk memperlancar persalinan saat waktunya tiba. Masalah pasutri seperti ini juga sering jadi pertanyaan di banyak pasangan yang sedang menantibuah hati.

Dokter Indra mengungkapkan kalau berhubungan itu sesuai kebutuhan saja tapi harus disadari pada awal kehamilan ibu hamil mungkin mengalami mual atau muntah sehingga bisa mengganggu kemampuan dalam berhubungan. Di saat kehamilan makin besar dan tiba waktunya melahirkan, boleh saja melakukan hubungan asalkan tidak ada kendala karena perut ibu hamil yang makin membesar. Yang perlu digaris bawahi adalah seringnya melakukan hubungan menjelang proses persalinan tidak ada hubungannya dengan kelancaran persalinan.


Bolehkah Ibu Hamil Makan Pedas?


Bagi kita yang menyukai makanan pedas pasti nikmati sekali menyantap makanan tersebut. Di balik rasanya yang pedas, di dalamnya juga mengandung manfaat bagi tubuh diantaranya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun jika makanan pedas dikonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan keluhan pada kesehatan tubuh seperti maag, asam lambung naik, dan iritasi usus.

Jadi intinya menurut dokter Indra, baik ibu hamil atau tidak makan pedas itu boleh-boleh saja tergantung selera. Yang penting makan secukupnya agar tidak menimbulkan gangguan secara fisik. Yang berbahaya ketika ibu hamil makan pedas dan mengalami keluhan seperti heartburn atau ras perih dan panas pada dada inilah yang akan membahayakan kehamilan. Makanan pedas juga bisa memicu morning sickness pada sebagian ibu hamil, namun jika tidak mengalaminya ibu hamil gak perlu khawatir mengonsumsi makanan pedas.

Konsultasi Dengan dr. Indra


Waktu satu jam rasanya tidak cukup untuk membahas tentang mitos-mitos seputar kehamilan. Mudah-mudahan masih ada series tentang kehamilan selanjutnya yang dibawakan oleh dokter Indra.

Bagi teman-teman yang ingin berkonsultasi dengan dokter Indra bisa melalui aplikasi Halodoc, beliau praktik dari hari Senin-Minggu pukul 07.00 - 09.00 WIB dan 15.00 - 21.00 WIB.

Sedangkan untuk konsultasi secara langsung dokter Indra praktik di Morula IVF Jakarta setiap hari Senin - Sabtu pukul 10.100-14.00 dan di RSIA Bunda Jakarta pada hari Senin - Rabu pukul 14.00-16.00.

Dokter Indra juga kerap membagikan informasi seputar kehamilan di akun instagram @indrancanwar silakan bagi yang membutuhkan bisa di-follow. Dari akun ini kalian juga bisa mengetahui jadwal Kulwap selanjutnya.

Jadi jika mom masih bingung mengenai seputar kehamilan termasuk tentang mitos bisa juga dikonsultasikan dengan dokter Indra lho supaya makin Siap Jadi Ibu Hebat.


Post a Comment

25 Comments

  1. Nah, mitos seputar kehamilan ini banyak banget ya. Aku yg suka makan pedas, selama kehamilan jadi takut dan hampir gak pernah makan pedas karena katanya kalo makan pedas2 ntar mata anaknya 'belekan' haha. Btw aku baru tau tentang rumput fatimah itu :)

    ReplyDelete
  2. Mitos-mitos seputar ibu hamil emang banyak banget ya Mbak Lidya. Mulai dari makanan sampai aktivitas tertentu. Dulu juga ada mitos ibu hamil gak boleh makan ikan, takut cacingan..Hahaha..Kalau menyangkut makanan yang jelas-jelas kita tahu sehat dan ada mitos yang melarang agar tak dimakan semasa hamil, sebaiknya emang kita harus cari informasi lebih lagi ya

    ReplyDelete
  3. Nah terjawab pertanyaanku selama ini, "Orang hamil boleh makan nanas?", aku pernah berdebat loh tentang ini. Karena nanas'kan enak banget ya, asem-asem manis segar gitu.Yang penting tidak berlebihan ya mbak

    ReplyDelete
  4. kayaknya kalau urusan kehamilan dan sejenisnya, mitos yang beredar memang banyak banget ya Lia. Harus tau persis mana yang benar nih

    ReplyDelete
  5. Yah, emnag bumil, busui perlu diberikan pemahaman dan informasi yang benar ya sebab kadang suka banyak info yang kurang jelas dan akhirnya dianggap menjadi sebuah alasan untuk nggak melkaukan hal tersebut. mislanya yah makan nanas tadi, mandi pagi, hehehe

    ReplyDelete
  6. emang sih banyak banget mitos seputar kehamilan yang belum pasti juga kebenarannya. tapi setelah baca ini saya semakin tahu mengenai mitos dan fakta seputar kehamilan. intinya sih apapun itu lakukan sewajarnya dan secukupnya saja jangan berlebihan dalam melakukan sesuatu.

    ReplyDelete
  7. Baca ini ingat masa kehamilan yang penuh kekhawatiran. Pasalnya mitos itu begitu melekat di masyarakat sehingga dipercaya kebenarannya. Para ibu hamil pun jadinya percaya aja. Kalau ada edukasi fakta dari dokter ahli begini kan jadi ngerti mana yang mitos dan mana yang fakta. Apalagi kini makin mudah konsulatsi ya, online di aps Halodoc pun bisa

    ReplyDelete
  8. Wah, baru tau nih kalau masalah pasutri ini bisa dikonsultasikan dengan cara asyik bersama dr. Indra :) IYa dong, kita mesti paham dengan logika ya, ga cuma kata si dia, mereka dan mitos2 yang beredar. Adik aku belum memiliki keturunan nih, bisa yach berkonsultasi kepada beliau? Makasih infonya, Lidya :D

    ReplyDelete
  9. dr. Indra Nurzam ini Obgyn senior ya kayaknya mba Lidya, mukanya ramah bikin emak2 yg datang ke dia lebih tenang kayaknya hahaha. Obgyn cowok kadang lebih menenangkan sih ketimbang yg cewek ya

    ReplyDelete
  10. Rumput Fatimah paling sering disarankan buat dikonsumi karna katanya melancarkan lahiran. Bahkan aku juga dikirimin minyak kelapa asli katanya biar licin rahim sehingga anak lahir cepet. Jadi kebayang anak kepleset di kandungan kan kasiah. 😂😅

    ReplyDelete
  11. Iyaaa memang mitos seputar kehamilan bener adanya mb lid. Apalagi di pedesaan banyak lagi anjuran tidak boleh buat bumil.

    Di era modern saat ini kita harus bijak yaa semua info bisa di cari di google.

    ReplyDelete
  12. Selama ini aku juga bertanya-tanya soal nanas, fakta atau mitor, akhirnya terjawab di sini kalau itu mitos. Sebetulnya memang apa-apa itu jangan berlebihan ya, biarpun nanas aman untuk ibu hamil, maupun pedas juga aman, kalau berlebihan ya bahaya juga. Btw, aku penasaran soal kandungan bromelain yang ada di tengan bagian nanas, dapat menyebabkan apa mbak?

    ReplyDelete
  13. Mitos seputar kehamilan dan ASI selalu jadi bagian drama rumah tangga, dan kita harus pinter-pinter cari info agar valid ya mba. Kalau aku dulu mitos yang enak-enak yg aku ikuti, misalnya makan kacang ijo dan minum air kelapa biar rambut anak tebel dan air ketuban jernih, toh kata obgyn oke, hehehe…

    ReplyDelete
  14. Ya Allah..
    Aku dulu sempet anaknya gak lahir-lahir padahal sudah minggu ke 42, kak Lia.. Jadilah ikhtiar menggunakan rumput fathimah. Selang beberapa jam setelah minum, mules.

    Namun dari segi medis, ini tentu berbahaya karena gak ada dosis dan kandungannya yang gak ada manfaatnya untuk kontraksi ibu hamil.

    Terima kasih atas penjelasannya, kak Lia.
    Bisa jadi ilmu untuk para Ibu hamil.

    ReplyDelete
  15. Saya tuh waktu hamil engga dibolehin makan pedes sama ibu mertua, akhirnya makan diem-diem di kamar, hihihi...

    ReplyDelete
  16. Mitos seputar kehamilan dan ASI selalu jadi bagian drama rumah tangga, dan kita harus pinter-pinter cari info agar valid ya mba. Kalau aku dulu mitos yang enak-enak yg aku ikuti, misalnya makan kacang ijo dan minum air kelapa biar rambut anak tebel dan air ketuban jernih, toh kata obgyn oke, hehehe…

    ReplyDelete
  17. Noted nih, selama ini ya aku percaya aja kalau makan nanas membahayakan janin, rumput Fatimah dan sering berhubungan jelang kelahiran bisa memperlancar kelahiran. Emang ya, sebagai perempuan tuh wajib banget ikut kulwap kayak gini.

    ReplyDelete
  18. Aku Tau nih klo hoaks ternyata emang bener Buah nanas aman dikonsumsi oleh ibu hamil soalnya buah kesukaan banget... Harus Tau sebenri ya motos Dan fakta biar kekitanya Aman apalagi seputar kehamilan

    ReplyDelete
  19. Wah iya banget, pas hamil banyak ya mitos mitosnya
    Harusnya yg paling baik ya nanya ke ahlinya ya mbak
    Seperti ke dokter SpOG

    ReplyDelete
  20. Ini mau hamil lagi ya mblid, eh hahaha. Tapi btw artikelnya bermanfaat banget nih untuk para mamah muda

    ReplyDelete
  21. Zaman aku hamil suka aja makan nanas tapi gak bisa banyak karena aku punya asma hehe... kalau ada ilmunya gini, mitos lainnya lewat aja ya.

    ReplyDelete
  22. Banyak memang mbak mitos mitos kehamilan yaa. Saya juga pernah disuruh bawa gunting sama bawang putih sama ibu mertua. Katanya buat menjaga janin dari makhluk halus. Hadeuh, saya gak nolak sih, tapi saya meyakini bahwa itu ga ada hubungannya karena sebaik baik penjagaan tentu saja penjagaan Allah. Btw untuk akhir kehamilan banyak intercourse saya juga sering mbak sama suami dan memang bikin lancar sih. Mungkin untuk kebenarannya harus dilakukan penelitian yang lebih mendalam kali yaa.

    ReplyDelete
  23. Memang nih banyak mitos ya tentang kehamilan, aku yang sebel kalau ada hubungannya ma makanan, pdhl kan lg pengen haha, tp ternyata sepanjang gak berlebihan gak masalah ya mbak... apalagi makanan pedes itu secara aku gak bisa makan kalau gak pedes
    Dr. Indra ini udah terkenal sebagai dokter ahli promil ya, udah banyak pasangan yg berhasil hamil

    ReplyDelete
  24. Berhubungan badan biar persalinan lancar untunglah hanya mitos. Trimester ketiga ini perut sudah besar banget. Mau gerak sudah susah. Kalau harus hubungan badan tuh rasanya sudah males banget hehe.

    ReplyDelete
  25. Nah iya perlu cari dulu fakta nya pada orang yang terpercaya di bidangnya juga. Karena selama ini banyak yang mitos

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)