Tips Selesaikan Pekerjaan Rumah Tangga Lebih Ringan Tanpa ART

"Rumahnya kok rapi bener sih, anaknya pada gampang diatur ya?" Kalimat seperti ini sering kali terucap dari mulut teman-teman saya yang datang ke rumah. Rapi apanya sih pikir saya? Oh jadi menurut mereka ini sudah rapi, padahal buat saya masih kurang. Memang kriteria rumah rapi bagi tiap orang itu berbeda, tapi lebih baik dibawa santai aja ya jangan karena memikirkan kondisi rumah jadi stres sendiri. Pernah ada yang bertanya gimana sih tips selesaikan pekerjaan rumah tangga sehari-hari saya walaupun tanpa ART?

Tips Selesaikan Pekerjaan Rumah Tangga




Jangan pikir saya ini orang yang sempurna, jauh...jauh sekali dari sempurna. Kadang saya juga moody dalam melakukan pekerjaan rumah. Sesekali malas-malasan juga pernah terutama kalau anak-anak libur sekolah. Tapi ada kalanya seharian saya bisa membereskan rumah sampai melupakan ponsel.

Dari awal menikah memang belum pernah menggunakan jasa ART. Pernah terlintas sih tapi masih mundur maju hingga saat ini. Kalau pun repot sekali, sekarang bisa menggunakan jasa bersih-bersih yang dipesan secara online. ini pun baru 2 kali saya lakukan. Kami kurang nyaman jika ada orang lain selain keluarga ada di dalam rumah.

Baiklah kalau begitu saya mau sharing tentang bagaimana cara mengerjakan pekerjaan rumah agar lebih ringan meskipun tanpa ART


Pembagian Tugas Dalam Menyelesaikan Pekerjaan Rumah

Alhamdulillah sejak menikah untuk urusan pekerjaan rumah suami mau membantu. Tidak ada pembagian secara tertulis kok, semua dilakukan sesuai kondisi saja hingga saat ini tapi lama-kelamaan sepertinya sudah menjadi habit.

Mencuci piring contohnya, semua dari kami di rumah pasti melakukannya tanpa jadwal pastinya. Contohnya setelah saya memasak, suami dengan sukarela membantu mencuci peralatan masak yang sudah digunakan. Atau saya yang mencuci piring sementara suami memasak makanan kesukaan anak-anak. Pokoknya saling bergantian aja. Anak-anak pun sudah terbiasa selesai makan harus mencuci peralatan makannya masing-masing.

Kadang anak-anak pun memasak telur bahkan memasak kue sendiri terutama si sulung. Nah, ini wajib banget mereka yang mencuci peralatan masaknya. Kalau ditanya apakah bersih hasil cucian mereka? Semua butuh proses, saya mengajarkannya Alhamdulillah sudah bisa diandalkan.

Begitu pula dengan pekerjaan rumah lainnya, kami saling berbagi tugas. Kamar masing-masing pastinya mereka merapikannya sendiri. Gak apa-apa jauh tidak terlalu sempurna terutama buat si kecil, tinggal dipoles sedikit langsung mengingat cara yang benar.

Walaupun kedua anak kami laki-laki tapi mereka juga mau menyapu atau mengepel bahkan bisa juga memasak. Kalau semua pekerjaan dilakukan secara bersama dan tolong menolong maka akan terasa ringan.


Buat Simple Pekerjaan Rumah


Pekerjaan rumah itu tiap hari gak ada habisnya, kalau pun selesai pasti akan ada pengulangan. Memang monoton ya pekerjaannya dari waktu ke waktu. Kalau semua pekerjaan rumah gak dibuat simple kapan bisa istirahatnya dong?

Buat teman-teman yang gak pernah datang ke rumah pasti banyak yang mengira saya punya ART yang membantu pekerjaan rumah, kenapa bisa begitu? Karena mereka tahu saya masih bisa nonton drakor misalnya, naik sepeda bareng teman atau aktif di dunia blogging.

Nah, itu semua karena saya buat simple sesuai kondisi. Andai besok saya ada jadwal menulis blog atau mengikuti webinar contohnya, maka sejak pagi sudah saya siapkan terlebih dahulu. Kalau ga sempat masak, saya akan membeli makanan matang d warung atau pesan katering dari teman. Lho nanti jadi boros kalau gak masak? Ya ini dia yang saya katakan simple. Pilihannya mau keluar uang lebih untuk membeli makanan atau meringankan pekerjaan? Semua pilihan pada kita, pastinya teman-teman juga punya cara tersendiri dan berbeda untuk mengatasi pekerjaan rumah tangga cepat selesai dan bisa segera melakukan me time.


Menggunakan Peralatan Teknologi 


Zaman sudah makin canggih, pekerjaan rumah pun bisa selesai lebih ringan dan cepat dengan memanfaatkan teknologi.

Jujur kok saya juga memanfaatkan teknologi dalam mengerjakan berbagai pekerjaan rumah. Ada lemari es, ini sih sudah wajib banget untuk menyimpan stok bahan masakan supaya gak cepat rusak. Alat panggang roti, microwave, oven bahkan blender untuk menghaluskan makanan pun saya gunakan.

Untuk mencuci, saya menggunakan mesin cuci front loading, tinggal masukan pakaian kotor sekali tekan selesai deh tinggal dijemur saja. PRnya hanya menyetrika saja, ini pun gak berat karena kadang saling bantu kok.

Kalau urusan menyapu tiap orang bisa melakukannya begitu juga dengan suami dan anak-anak Tapi urusan ini saya yang mengerjakan khusus untuk di dalam rumah, sedangkan menyapu dan mengepel di teras dilakukan oleh anak sulung. 

Untuk membersihkan lantai saya menggunakan sapu biasa, tapi satu atau dua kali dalam satu minggu membersihkan menggunakan vacuum cleaner. Untuk mengepel saya lebih suka pakai kanebo, jadi lantai terasa kesat, sedangkan anggota keluarga yang lain menggunakan kain pel bergagang.

Pembagian Tugas Dalam Menyelesaikan Pekerjaan Rumah



Menyapu dan mengepel memang gak berat, tapi kadang memakan waktu apalagi kalau ada hal lain yang perlu dikerjakan. Belum lagi kalau ada bagian lantai yang basah, gak bisa langsung disapu dong karena harus dikeringkan terlebih dahulu. Paling enak sih menggunakan alat yang praktis tanpa harus mengelap bagian lantai yang basah terlebih dahulu, jadi bisa langsung disapu saja. Syukur-syukur ada alat yang bisa sekaligus mengepel lantai.


Menyapu dan Mengepel Lebih Praktis Dengan Avaro Evocs


Jawaban dari permasalahan saya ada pada AVARO EVOCS, iya kita bisa menggunakannya secara bersamaan menyapu lantai sekaligus mengepel lantai.

Perlu diingat AVARO EVOCS bukan vacuum cleaner karena dapat membersihkan kotoran kering dan basah secara bersamaan dan mampu melakukan tugas mengepel karena adanya system scroll mop dan automatic washing station.

Kelebihan Menggunakan AVARO EVOCS

cara mengatur pekerjaan rumah tangga tanpa pembantu


Menyapu dan Mengepel Secara Bersamaan Tanpa Debu


AVARO EVOCS sebagai alat teknologi canggih pertama di Indonesia yang bisa menyapu dan mengepel secara bersamaan, sehingga bisa menghemat waktu dalam membersihkan lantai di rumah. Gak perlu membilas kain pel yang sudah kotor untuk mengepel bagian lantai lain di rumah.

Oh ya, kita juga bisa memasukan cairan pembersih lantai pada AVARO EVOCS karena memiliki wash station yang bisa menampung air kotor dan air bersih.

Buat kalian yang punya masalah alergi, gak perlu khawatir karena AVARO EVOCS bebas debu.


Tidak Mengeluarkan Suara Bising


Pada umumnya vacuum cleaner akan mengeluarkan suara yang berisik ketika kita menggunakan alat tersebut. Beda halnya dengan AVARO EVOCS yang tidak mengeluarkan suara berisik. Sambil bersih-bersih masih bisa mendengarkan musik atau murottal misalnya karena suaranya tidak kalah dengan mesin pembersih.

Bisa Membersihkan Alat Sendiri dan Fleksibel


AVARO EVOCS ini juga bisa membersihkan dirinya sendiri sehingga tangan pun tidak menjadi kotor. Cukup menekan tombol self-cleaning otomatis kotoran akan keluar dari alat tersebut. Di dalamnya pun sudah tersedia wash station dan tray untuk memisahkan kotoran cair dan kotoran kering.

Untuk membersihkan bagian kolong, alat ini juga fleksibel digunakan karena memiliki desain gagang yang fleksibel yang bisa menjangkau area sulit. 

Waktu cari tahu soal harga ternyata masih terjangkau yaitu Rp2.999.000 apalagi bisa membantu meringankan pekerjaan ibu rumah tangga.


Cara mengatur pekerjaan rumah tangga tanpa pembantu itu mudah kalau kita bisa bekerja sama dan teratur dalam mengerjakan pekerjaan tersebut dan dapat memanfaatkan teknologi seperti halnya menggunakan AVARO EVOCS sebagai salah satu tips selesaikan pekerjaan rumah tangga.  Tinggal dan beraktivitas di dalam rumah jadi makin nyaman dan menyenangkan, rumah adalah tempat kita berkumpul dengan keluarga.

Post a Comment

0 Comments