Powered by Blogger.

Merawat Mesin Cuci Agar Tahan Lama

Pilih mencuci baju pakai tangan atau mesin? Jawaban setiap orang pasti berbeda tergantung dari situasi dan kebutuhan.   saya lebih memilih mencuci pakaian dengan mesin, soalnya bisa multitasking sambil mengerjakan pekerjaan lain. Apalagi kalau pakai mesin cuci satu tabung, selesai mencuci tinggal jemur deh. 


Tapi biasanya pakaian yang berwarna gelap dan terang saya pisah waktu mencucinya supaya gak kotor. Untuk pakaian berwarna putih atau yang perlu dikucek dulu pun biasa saya lakukan. Ada teman yang tanya, memangnya mencuci pakai mesin gak rusak nanti bajunya? Saya jawab sambil bercanda kan bisa beli lagi bajunya kalu rusak hehehe. Intinya semua alat rumah tangga untuk membantu dan mempermudah saja, mau pilih manual atau otomatis kembali lagi ke pribadi masing-masing.

Nah, yang perlu diperhatikan supaya cucian bisa tetap bersih dan mesin tetap terawat perlu dilakukan beberapa hal dasar agar mesin tidak cepat rusak.  Karena perusakan mesin cuci kadang-kadang bukan disebabkan dari kualitas mesinnya itu sendiri, tetapi kebiasaan buruk dari pemakainya. Misalnya mencuci dengan suhu yang salah atau menggunakan detergen tidak sesuai aturan, dan hal-hal lainnya.

Berikut ini yang perlu dilakukan agar mesin cuci bisa tahan lama :

Jangan terlalu banyak memasukkan baju ke dalam mesin cuci

Maksud hati supaya sekalian dan lebih cepat waktu mencuci pakaian, jadilah semua pakaian dimasukkan semua ke mesin cuci. Ternyata kebiasaan ini bisa merusak mesin cuci karena setiap mesin mempunyia daya tampung sendiri. Coba deh lihat berapa kapasitas mesin yang dimiliki.

Selain mesin cepat rusak, juga pekerjaan mencuci jadi tidak efisien karena proses mencuci akan boros air dan pakaian pun tidak bersih.

Tidak berlebihan menggunakan detergen

Tiap detergen yang digunakan mempunyai takaran berapa banyak pakaian yang bisa dicuci. Jika berlebihan dalam menggunakan detergen bukan tidak mungkin membuat meisn cepat rusak lho. Oh ya saya biasa menggunakan detergen dengan busa yang lebih sedikit, ini bisa mempercepat pembilasan.

Selesai mencuci segera dikeluarkan dan dijemur

Hayo siapa yang pernah melakukan hal ini? habis mencuci selesai tapi menunda mengeluarkan pakaian dari mesin? Hati-hati loh nanti bisa bau pakaiannya kalau terlalu lama, bisa-bisa harus dicuci ulang. Mau cepat malah buang waktu, listrik, dan air malah jadi boros bukan.

Jangan lupa membersihkan filter mesin cuci

Pada mesin cuci ada filter yang menamnpung kotoran saat mencuci. Filter ini harus dibersihkan dengan rutin supaya meisn cuci tidak cepat rusak. Kalau tidak dibersihkan alhasil pakaian yang akan dicuci akan kotor kembali.

Bersihkan mesin cuci dari kotoran

Membersihkan bagian dalam dan luar mesin cuci secara rutin juga bisa memperpanjang umur mesin. Saat mencuci ada sisa detergen, pelembut, atau pemutih bisa dilap atau dicuci pada bagian dalamnya.


Gak susah bukan merawat mesin cuci asalkan tau caranya. Oh ya jangan lupa untuk meletakkan mesin cuci di tempat yang kering, tidak lembab dan pada permukaan yang datar. Selamat mencuci :)

2 comments

  1. Pengin ganti mesin cuci yang langsung kering :))

    ReplyDelete
  2. "Jangan terlalu banyak memasukkan baju ke dalam mesin cuci"

    Rasanya saya jadi inget waktu kecil bantu-bantu ibu nyuci baju. Namanya anak kecil, masukin bajunya sembarangan. Saya masukin sebanyak mungkin, sambil ditekan-tekan biar masuk semua. Akhirnya, ambrol lah mesin cuci di rumah hahaha

    ReplyDelete