Coba Belajar Teknik Feynman Yang Praktis Supaya Cepat Paham

Coba Belajar Teknik Feynman Supaya Cepat Paham. "Aa belajar dong,  bentar lagi kan mau tes penjurusan di sekolah!" Pinta saya pada si sulung beberapa waktu lalu. Dia pun menjawab "Memangnya aku ngapain ini di kamar?". Ternyata memang dia lagi belajar di depan laptop, tapi telinganya selalu disumpal oleh airpod gitu hihihi. 

Belajar Teknik Feynman






Kalau saya sih gak bisa nyimak materi sambil dengar musik gitu. Tapi cara orang belajar itu beda-beda sih ya, yang penting nyaman dan ga merasa tertekan. Si sulung ini paling suka belajar di kamar depan laptop lalu merangkum di buku catatan. 

Oh ya manfaat belajar ini bukan semata untuk mengejar nilai aja lho, tapi meningkatkan wawasan juga serta bisa menambah rasa percaya diri. Gak, mau kan kalau dibilang kudet?

Selama pandemi ini, semua pelajar mulai dari tingkat TK hingga perguruan tinggi kebanyakan menerima pelajaran secara online. Karena negara kita belum siap dengan proses pembelajaran jarak jauh, makanya gak ada standar yang sama dari satu sekolah dengan sekolah lainnya.

Tidak semua guru dapat menjelaskan seperti biasanya di depan kelas, makanya anak juga dituntut untuk bisa belajar mandiri. Mungkin untuk siswa SMP ke atas bisa diterapkan, sedangkan anak sekolah dasar maupun TK pastinya masih butuh bantuan orang tua.



Coba Belajar Teknik Feynman

Di masa pandemi ini, siswa-siswa juga dituntut untuk belajar mandiri di rumah selain menerima materi yang diberikan oleh gurunya.

Ada banyak metode atau teknik belajar efektif yang bisa digunakan. Kali ini saya tertarik bercerita mengenai belajar teknik Feynman.

Feynman technique adalah metode yang digunakan dalam mempelajari sesuatu dengan menggunakan cara penyederhanaan materi sambil berpura-pura mengajarkannya pada orang lain.

Feynman atau lengkapnya Richard Phillips Feynman ada yang kenal? 

Saya juga awalnya gak tau kok siapa beliau.  Feynman ini seorang fisikawan asal Amerika yang dikenal dengan karyanya teori elektrodinamika kuantum. Beliau juga pernah menerima hadiah Nobel Fisika pada tahun 1965.

Feynman juga dijuluki sebagai The Great Explainer atau seseorang yang bisa menjelaskan dengan hebat. Wah boleh juga nih saya ikut mempelajari metodenya, jadi gak hanya bermanfaat untuk pelajar saja tapi bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Ada 4 teknik belajar Feynman yang bisa digunakan yaitu :

📌 Pemilihan Topik Yang Ingin Dipelajari

Yang harus dilakukan pertama kali adalah memilih topik mana yang ingin dipelajari terlebih dahulu. Kita ga bisa sekaligus mempelajari semuanya kalau ingin lebih menguasai suatu materi.

Tulis saja poin-poin penting yang mau dipelajari tersebut pada selembar kertas atau buku catatan khusus untuk belajar.

📌 Mengajarkan pada orang lain

Mengajarkan materi yang sedang kita pelajari pada orang lain. Kalau di rumah ada orang lain lebih baik nih sekaligus belajar berbicara. 

Sebenarnya tanpa orang lain pun, kita bisa berpura-pura sedang mengajarkan materi tersebut dengan mengeluarkan suara atau menceritakan kembali pada diri sendiri. Lebih enaknya ada orang lain sih mereka bisa ditanya apakah mengerti atau tidak penjelasan yang diberikan dan ada interaksi berupa pertanyaan dari mereka yang harus dijawab. Berlatih terus supaya materi yang kita ajarkan dimengerti. 

📌 Pelajari Terus Bagian Yang Belum Dimengerti

Saat menerangkan materi yang sedang kita pelajari ada kalanya kita lupa, gak masalah kok. Coba pelajari lagi bagian-bagian tersebut lebih dalam dengan membaca ulang catatan atau mencari referensi lain di internet maupun buku.

📌 Tuliskan Dalam Bentuk Catatan


Menuliskan kembali apa yang dipelajari ternyata bermanfaat lho. Catatan bisa berupa gambar, mindmap atau lainnya yang bisa dimengerti oleh diri sendiri.

Anak sekarang lebih banyak mengetik dibandingkan dengan menulis tangan apalagi di masa PJJ. Padahal membiasakan diri menulis tangan akan lebih kreatif lho. Menurut Ibu Melly Kiong (Praktisi Mindful Parenting) kebiasaan menulis tangan ini akan meningkatkan daya ingat anak karena dengan menulis anak akan mencerna tulisannya terlebih dahulu sebelum diucapkan.


Oh ya informasi mengenai teknik Feynman ini saya dapatkan pada website Brain Academy waktu mencari bimbel online terbaik di Indonesia sebagai salah satu cara saya mendukung anak dalam proses pembelajaran jarak jauh kali ini.




Tentang Brain Academy


Alasan saya mencari tempat bimbel online adalah untuk membantu anak-anak dalam memahami pembelajaran selama PJJ. Apalagi si bungsu juga sedang menyiapkan diri agar bisa masuk di PTN dan si bungsu akan lulus SD tahun depan.

Buat yang belum kenal Brain Academy dari Ruangguru ini adalah tempat belajar online dengan metode live interaktif. Murid-murid yang belajar di sini akan diajarkan secara live oleh Star Master Teacher.

teknik belajar



Keunggulan Brain Academy Online


BAgi orangtua yang khawatir memasukkan anaknya pada bimbingan belajar tatap muka atau offline selama pandemi ini, Brain Academy Online bisa menjadi solusi tepat. Tenang saja meskipun online tapi pembelajaran dilakukan dengan menarik sehingga mudah dipahami oleh anak-anak. Beberapa keunggulan dari Brain Academy Online ini antara lain :

🎀 Bimbingan kelas online interaktif

Di sini siswa akan diajarkan secara live teaching oleh star master teacher lewat aplikasi maupun desktop. Dalam satu minggu akan ada 6  hingga 12 sesi live teaching tergantung paket yang dipilih.

🎀 Klinik PR

Ketika ada tugas sekolah atau PR yang kurang dimengerti, siswa dapat memanfaatkan Klinik PR menggunakan video call bersama Master Teacher khusus paket Premium dan Elite.

🎀 Konseling Pendidikan

Seperti di sekolahan, di sini orang tua juga bisa mengetahui perkembangan anaknya melalui konseling online

🎀 Modul Belajar

Pastinya ada modul belajar yang bisa dipelajari sesuai dengan tingkatan kelas. Modul belajar berupa digital dan cetak tergantung pilihan paket.

🎀 Kelas Pengembangan Diri

Untuk murid SMA fokusnya pasti ke PTN, di sini siswa bisa mengikuti kelas tambahan yang ada.

🎀 Tryout Ujian

Untuk melatih kemampuan siswa bisa mengerjakan soal-soal melalui Tryout Ujian.

Selain keunggulan tersebut siswa juga bisa mengikuti Komunitas Diskusi Soal, Klub Hobi dan mengakses RuangBelajar dari Ruangguru secara full.


Gimana tertarik ga ikutan bimbingan belajar online Brain Academy Online? informasi lebih lengkap mengenai paket atau mencoba kelas gratis, lewat website. Web Brain Academy juga dapat diakses untuk mendapatkan infromasi bermanfaat lainnya selain bimbingan belajar dan info tentang belajar teknik Feynman.










Post a Comment

21 Comments

  1. Iya sih. Menuliskan kembali apa yang sudah kita baca membantu sekali untuk diingat. Jadi, lebih mudah paham gitu deh.

    Apalagi kalau belajar dibantu sama Brain Academy. Pasti lebih mudah.

    ReplyDelete
  2. Aku dulu pernah baca dimana gitu ya.. kurang lebih gini: cara mudah untuk mengetahui jika kita memahami sesuatu adalah ketika kita bisa menjelaskannya kepada orang lain dengan bahasa yang sederhana. Ternyata mirip mirip ya dengan teknik feynman hehe

    ReplyDelete
  3. Aku dulu pernah baca dimana gitu ya.. kurang lebih gini: cara mudah untuk mengetahui jika kita memahami sesuatu adalah ketika kita bisa menjelaskannya kepada orang lain dengan bahasa yang sederhana. Ternyata mirip mirip ya dengan teknik feynman hehe

    ReplyDelete
  4. Baru tahu kalau namanya feymen mba. Emang kalau pake metode ini lebih cepet ngerti yaa, aku pernah sih kek gini. Tapi gatau kalo namanya feynman.

    ReplyDelete
  5. Wiwin | pratiwanggini.netJuly 6, 2021 at 6:17 AM

    Brain Academy adalah sesuatu yang sangat baru nih, mba, buat saya. Bakalan kueksplor deh untuk mengetahui lebih jauh. Coz butuh banget buat anakku.

    ReplyDelete
  6. Teknik belajar ala Feynman ini bisa ditiru juga ya. Apalagi untuk anak jaman now. Belajar dengan variasi soal yang sulit dimengerti sampai akhirnya paham

    ReplyDelete
  7. Memang ya, cara belajar tiap orang memang berbeda-beda. Biasanya cocok-cocokan aja gitu pakai teknik yang mana, tapi menggunakan teknik feynman ini juga cukup ampuh sepertinya. Misalnya dengan cara mengajar kembali apa yang dipelajari.

    ReplyDelete
  8. Brain academy nya kece banget apalagi bagian ngerjain PR dan try out. Pasti ngebantu banget buat prang tua untuk mengarahkan anak belajar dengan baik

    ReplyDelete
  9. Nah, kalau belajarnya model feynman gini dijamin hapal terus. Apalagi setelah belajar diterusin dengan rangkuman. Wah, manteb metode belajarnya

    ReplyDelete
  10. aku nemu teori feynmen ini pas akhir akhir kuliah. menarik banget caranya, pernah tak praktikkan juga. Bagus banget cara ini untuk membuat anak lebh paham karena harus menjelaskan kepada orang lain jg ya

    ReplyDelete
  11. Kebiasaan sejak dulu waktu masih sekolah nih, menghafal dengan cara menuliskan kembali, saat menulis dengan sendirinya otak menyimpan dan mengingat. Sekarang aku terapin juga ke anak, tapi ya gitu anaknya males bener nulis haha. Kalau anakku pakai teknik mendengar, anaknya tipe audio. Jadi teknik menghafalnya dengan mendengar lebih sering

    Baru tahu klo cara menuliskan kembali ini disebut Teknik Feynman

    ReplyDelete
  12. Aku juga baru tahu Feynman, Mbak. Tahunya Snowman, pulpen andalan anak 90-an, hehe. Aku berarti pernah dong praktekin gaya Feynman, yaitu bikin catatan lalu pura-pura jelasin ke entah siapa sambil ngoceh sendiri. Iya sih itu bisa bikin ilmu nancep. Apalagi yang berbau rumus, bisa ga sengaja ngafalin. Salut dg Ruangguru yg makin inovatif, keren juga itu ada live video jadi bikin anak ga bosan. Apalagi dilengkapi kelas pengembangan diri, itu wajib buat anak gen Z.

    ReplyDelete
  13. Metodenya sangat bagus ini, saya mau coba juga agar cepat paham

    ReplyDelete
  14. Wah lengkap ya mbak layanan di Brain Academy ini
    Ada klinik PR yang bisa membantu anak anak mengerjakan PR nya
    emak nggak pusing lagi deh

    ReplyDelete
  15. Metode belajar yang perlu dipraktikkan nih. Brain academy sepertinya bisa jadi andalan juga nih buat belajar anak di masa pandemi ini. Naik kelas, tapi gak tahu ilmu apa yang didapat karena lewst-lewat saja belajarnya. Harusnya diulang-ulang.

    ReplyDelete
  16. Waaahhhh berarti praktik dari metode Feynman ini seperti pura pura jadi guru untuk diri sendiri agar lebih mudah memahami ya.

    Iya sih ya. Kalau dipikir pikir, ketika mengajarkan sesuatu pada orang lain, ujungnya jadi ingin ngulik lebih banyak lagi biar lebih paham.

    ReplyDelete
  17. Aku termasuk yang lebih nyaman belajar full musik sih, bahkan sampe kerja online gini, musik kudu nyala, jadi lebih fokes. Btw, metode Fenymann ini kayaknya efektif juga ya untuk dicoba

    ReplyDelete
  18. saya baru tahu tentang teknik belajar ala Feynman ini, padahal saya suka menerapkan ini, kalau belajar kayak pura-pura lagi ngajarin orang lain atau presentasi gitu

    ReplyDelete
  19. Wah keren banget kak, Saya tertarik nih mau suruh ponakan belajar di belajar online brain academy ini biar tambah pinter hehehe

    ReplyDelete
  20. Setuju banget mba Lid, kalau teknik belajar masing-masing orang berbeda ya
    ada yang dengan dengerin musik malah masuk, ada yang nggak.
    Seru belajar dengan brain academynya Ruangguru.

    ReplyDelete
  21. Wah, model belajar baru buat saya di era pandemi. Keren ini Om Feynman yang dijuluki The Great Explainer alias seseorang yang bisa menjelaskan, jadi saya nangkapnya kita belajar seolah olah menjadi seorang guru kepada muridnya dan mesti paham materi pelajaran karena kalau ditanya sama yang kita ajari mesti bisa menjawabnya. Wow...metode belajar yang keren, dan rasanya bisa off line atau on line kalau begini caranya. terima kasih infonya dan selamat beraktifitas, semoga selalu sehat.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)