3 Cara Mudah Membuat Wordwall Quiz Untuk Pembelajaran Sekolah

3 Cara Mudah Membuat Wordwall Quiz Untuk Pembelajaran Sekolah - Jam belajar anak-anak di rumah selama Belajar Dari Rumah (BDR) biasanya berlangsung dari jam 7 hingga jam 11 siang setiap hari Senin sampai Jumat. Suatu hari masih di jam pelajaran saya lihat kok Alvin heboh di depan laptop sambil menggerakkan mouse. Saya sempat mengintip kok dia seperti sedang main games ada balon udara terbang di layar. Saya pun menegurnya untuk fokus dulu untuk mengerjakan tugas pagi itu bukan main games, eh dia malah komplain katanya itu bukan games kok tapi wordwall quiz dari wali kelas. Karena penasaran saya lihat lebih dekat, eh iya kok betul ternyata di layar yang terpampang ada soal-soal pelajaran tapi bentuknya memang seperti games.

Wordwall Quiz

Baca juga : 


Saya pikir selama ini quiz atau soal-soal yang berhubungan dengan pelajaran sekolah hanya diberikan dalam bentuk google form saja. Ternyata guru-guru di sekolah Alvin mencari cara supaya anak-anak tetap bisa berlatih dan belajar dengan fun melalui berbagai cara mudah salah satunya melalui games. Kebanyakan anak pasti suka games jadi dengan cara ini mereka bisa lebih mudah mengerti pelajaran yang sedang diajarkan.

Games yang dimaksud tapi adalah Wordwall Quiz, tapi ada beberapa website edukasi yang menarik dan sering digunakan sebagai media pembelajaran juga seperti quizizzpeardeck dan lain-lain.

Karena menarik, saya pun mencoba mempelajarinya bisa digunakan untuk membuat contoh-contoh soal sebagai bahan latihan Alvin belajar di rumah supaya tidak bosan. 

Sebelum membuat pertanyaan atau aktivitas di Word wall games sebaiknya kita menyiapkan terlebih dahulu pertanyaan maupun keperluan lainnya. Sebagai contoh saya mau membuat pertanyaan seputar tarian daerah dan asal daerahnya yang termasuk ke dalam pelajaran Seni Budaya dan Prakarya atau SBDP. Caranya mudah kok, buat teman-teman yang mau ikutan belajar membuatnya, yuk saya kasih tutorialnya!


Tutorial Membuat Wordwall Quiz


Oh ya, Wordwall Quiz ini bisa digunakan untuk berbagai aktivitas lho termasuk semua pelajaran di sekolah maupun aktivitas lainnya.

Sebelum masuk ke langkah utama wordwall quiz create, kita buka dulu website https://wordwall.net/ untuk membuat games tersebut. Kemudian pilih wordwall quiz login  pada laman tersebut, kalau belum punya akun bisa menggunakan akun gmail yang sudah kita miliki supaya lebih mudah.

Setelah berhasil login maka kita bisa langsung membuat aktivitas yang diinginkan dengan memilih menu Create Activity.

💗 Pilih Template


wordwall quiz create

Untuk membuat aktivitas banyak template gratis yang bisa dipilih selain template lainnya yang berbayar. Saya akan memilih template Airplane.


💗 Memasukkan Konten

wordwall quiz login


Karena ini hanya contoh aja, saya akan memasukan 4 pertanyaan beserta jawabannya ke dalam menu konten yang ada. Beri tanda checklist pada jawaban yang benar ya! 

Pada pengaturan kita bisa mengatur timer yang terdiri dari Count Up dan Count  Down. Gak cuma itu ada pula pengaturan lives atau nyawa yang dimiliki serta kecepatan berjalannya games. Lives di sini berguna ketika kita mengerjakan aktivitas dan melakukan kesalahan masih bisa tetap bermain selama nyawanya masih ada. Atur saja semuanya di option pengaturan yang letaknya ada di bagian bawah konten.

💗 Mulai Aktivitas


Setelah memasukkan konten dan mengaturnya selesai deh tinggal memulai aktivitasnya secara online. Untuk beberapa aktivitas kita juga bisa di-print lho.

Wordwall template plane yang sudah dibuat ini nantinya akan menampilkan pertanyaan yang sudah dimasukkan. Ada gambar awan-awan yang berisi jawaban, lalu pemain menggerakan plane tersebut ke awan dengan jawaban yang benar. Ingat ya dalam bermain games ini kita punya berapa nyawa supaya tetap bisa bermain hingga akhir. Nanti ada score akhir berapa banyak kita menjawab soal-soal dengan benar.

Buat yang penasaran dengan hasil pembuatan aktivitas tadi bisa klik link ini ya untuk ikut memainkan dan menjawab pertanyaan yang sudah saya buat https://wordwall.net/resource/6897056


Di website banyak kok contoh-contoh aktivitas sebagai bahan rekomendasi untuk membuat aktivitas lainnya dengan konten yang kita miliki.

Bagaimana? Mudah bukan membuat Wordwall Quiz ini. Cobain deh buat sendiri aktivitasnya lalu kasih ke anak-anak siapa tau lebih semangat belajarnya selama menjalani Belajar dari Rumah. Tetap sehat dan semangat buat kita semua.


Post a Comment

24 Comments

  1. Lucu nih, bikin kuis pakai games, ya. Aplikasinya berbayar enggak? Jadi pingin coba, deh.

    ReplyDelete
  2. Wah aku baru tau nih tentang worldwall quiz, kayanya seru buat bahan belajar anak anak sambil bermain gt yaaa.. nanti cobain ah! makasi infonya maaaak

    ReplyDelete
  3. Wordwall Quiz ini menarik karena ga cuma berupa tulisan aja ya tapi ada gambarnya juga. Pantesan anak mantenginnya ga bosen. Enak ya jadi belajar plus bermain plus lagi makin pintar deh :)

    ReplyDelete
  4. Ini ilmunya bermanfaat banget terutama untuk para guru-guru juga ya, jadi biar anak murid belajarnya nggak bosen pakai metode quiz. Thanks infonya mbak, bisa juga dicoba nih bikin Luiz sendiri 😁

    ReplyDelete
  5. Thank you a loooooot ya Mba, aku sebagai guru online bahasa Inggris langsung pingin nyobain ini. Pas banget lagi cari cari aktivitas online yang bikin anak nggak bosen gini. aku juga lagi mau belajar yang pake google slide ditambah peardock itu. Semangat mengajar ya Mba Lidya

    ReplyDelete
  6. Anakku tuh setiap hari suka dikasih game edukasi sama gurunya, jadi selain cepet-cepetan dan jadi banyakin skornya. Nanti poinnya dikumpulin dan setiap minggu dikasih reward.

    ReplyDelete
  7. Simpan ah ini artikelnya. Bagus nihh buat kelas online ku

    ReplyDelete
  8. Kalo sudah punya anak yang usia sekolah, harus kreatif cari cara belajar yang asyik gini ya mbak. Biar gak monoton. Apalagi era School From Home gini.

    ReplyDelete
  9. Sekolah anakku sering nih pakai wordwall quiz. Belajar jadi menyenangkan mba. Tapi jujur aku ga paham cara buatnya. Hehehe

    ReplyDelete
  10. Wah, boleh juga nih bikin Wordwall Quiz biar anak belajar tapi kaya main. Aku suka yang model gini. Kadang soal gampang aja gak tahu. Akhirnya belajar lagi

    ReplyDelete
  11. Asik nih kalau gurunya pada kreatif. Anak-anak juga akan tetap semangat belajarnya. Meskipun sedang BDR

    ReplyDelete
  12. Wah, kalau quiz mingguan bentuknya seperti game, pasti anak anak suka ya. Mau nggak mau main game quiz yg isinya materi sekolah. Kreatif banget gurunya... Wali muridnya. Keren mbkk

    ReplyDelete
  13. menarik ya pembelajaran daring seperti ini malah lebih interaktif jadinya. guru bisa melakukannya di rumah. kalau sekarang kan pakainya google dokumen, anak anak pada bosen belajar di rumah

    ReplyDelete
  14. Anak saya harus tau Wordwall Quiz, nih, jadi anak bisa belajar sambil main. Pasti dia senang sekali.

    ReplyDelete
  15. Wah bisa nih ditunjukkan ke guru bocah mbak buat jadi inspirasi bikin latihan soal yang lebih fun ya

    ReplyDelete
  16. Haaa gemes banget ini gamesnya. Biar anak-anak belajarnya jadi fun, ya. Semoga jadi makin semangat. Kira-kira kalau mau dibanyakin bisa sampai berapa pertanyaan ini, Mbak Lid?

    ReplyDelete
  17. baru tahu nih wordwall quiz, langsung ta bookmark, pas banget lagi cari ide buat anak saya, biar belajarnya bisa semangat, belajar serasa maen games jadi gak terasa belajarnya ^_^

    ReplyDelete
  18. Wah, bs dicoba nih mba. Makasih banget loh tutorialnya. Krn anak aku udah jenuh banget belajar di rumah. Kalo bikin ini mungkin bs berkurang jenuhnya

    ReplyDelete
  19. Wow, this great idea, I can recommend it to the teacher, Athifah, so that children also have variety in learning, so they don't get bored

    ReplyDelete
  20. wahwah..perlu dicoba nih...Buat tambahan aktivitas menyenangkan buat anak-anak... Apalagi caranya juga mudah ya...

    ReplyDelete
  21. Ga ngebosenin buat anak2 nih, ada selingan sambil belajar. Ku malah baru tahu juga soal Wordwall ini

    ReplyDelete
  22. Seru banget main Wordwall Quiz.
    Aku cobain besok aah...anak-anakku suka banget ngerjain Quiz.
    Tapi kalau mentok, suka ask Mama.
    Padahal Mama pan gak selalu tau yaa..hiiks~

    ReplyDelete
  23. Wah, keren ini mba. Aku baru tahu ada situs buat bikin quiz. Jadi pengin coba buat belajar anak. Bisa di print lagi ya, Mba.

    ReplyDelete
  24. Duh aku kok baru tahu ya mb ada situs nikin quiz. Terima kasih infonya dan patut dicoba ini karena anak pasti ga bosen deh

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)