SEO Moms Community Tempat Perempuan Belajar SEO

Seo Moms Community Tempat Perempuan Belajar SEO. Awal mula suka ngeblog tahun 2007 untuk mengisi waktu luang aja di rumah supaya ada kegiatan. Padahal tulisan yang di-publish di blog juga gak jelas seputar aktivitas sehari-hari dan milestone anak. Saya pun gak mengerti bagaimana cara menulis yang benar dan baik, pokoknya mengalir aja sebisanya. Alhamdulillah dari kegiatan yang satu ini saya bisa mendapatkan banyak teman di dunia maya.

SEO Moms Community





Mengenal SEO


Pelan-pelan saya pun belajar mengutak-atik blog bermodalkan informasi yang didapatkan dari internet. Caranya gimana? Tentu saja melalui mesin pencarian Google, mudah bukan! Dari halaman-halaman yang tampil di Google tersebut saya klik lalu dibaca, dipahami, dan dipraktikkan. Sempat terlintas sih bagaimana caranya informasi yang saya butuhkan tersebut ada di Google. Waktu itu saya belum mengenal apa itu SEO.

Yang paling diingat sih ada pembaca yang menghubungi saya dan bertanya tentang lokasi sebuah pabrik pakaian anak yang saya tulis pada postingan blog. Heran juga sih kenapa si mbak ini bisa menemukan artikel tersebut. 

Akhirnya saya pun mengerti kalau hal tersebut bisa terjadi karena adanya teknik SEO atau Search Engine Optimization.

Mungkin sedang beruntung atau entah apa itu postingan saya bisa muncul di Google padahal belum mengoptimasi web, caranya aja belum tahu.

Ternyata sebuah postingan blog kalau dioptimasi menggunakan teknik SEO bisa berapa di posisi pencarian teratas lho. Saya pun berusaha membaca dan mencari tahu bagaimana caranya supaya bisa. Dasar-dasarnya pun saya praktikan, tetapi masih jalan di tempat karena gak tahu ilmu lanjutannya. Setau saya dulu bayarnya cukup mahal untuk bisa mendapatkan ilmu tentang SEO.

Senangnya kalau ada event atau pelatihan yang membahas mengenai SEO, saya pokoknya mau mendaftar. Tapi seringnya sih kecewa karena tetap belum bisa menjawab rasa penasaran saya bagaimana caranya sebuah postingan bisa nangkring di halaman Google.

Alhamdulillah dari beberapa komunitas saya mendapatkan tambahan ilmu dan belajar SEO sedikit demi sedikit hingga lebih paham. Akhirnya saya pun berkenalan dengan komunitas Seo Moms Community tempat belajar SEO hingga saat ini.


Seo Mom Community Tempat Perempuan Belajar SEO

Masuk ke dalam wag SEO Mom ini secara gak sengaja, saya diceburkan langsung oleh founder-nya untuk ikutan belajar di dalam Whatsapp Grup waktu itu.


📌 Alasan Terbentuk SEO Mom Community


SEO Mom Community yang dibentuk pada 25 Januari 2020 oleh Qbenk seorang blogger yang biasa dipanggil Bang Q dari Kubu Raya-Kalimantan sengaja mendedikasikan komunitas ini untuk para perempuan sebagai rasa sayangnya kepada almarhumah ibunda tercintanya. 

Pemilihan tanggal 25 Januari ini juga ditetapkan untuk pengingat tanggal dan bulan wafatnya ibunda tercinta dari Bang Q yaitu Mudiyah binti Sangaran pada tahun 2019 lalu.


📌 Materi Belajar Yang Didapatkan


Pada kelas belajar SEO di SEO Moms Community ini kami mendapatkan materi berupa Onpage Seo, Offpage Seo, dan pastinya melakukan uji materi dengan menulis postingan blog.

Setelah tulisan tersebut selesai, gak bisa artikel tersebut langsung nongol di halaman depan Google. Kami pun harus melakukan optimasi, caranya juga sudah dijelaskan oleh couch.


📌 SEO Moms Regional


Awalnya SEO Moms hanya memiliki satu grup Whatsapp saja, namun saat ini sudah dibagi menjadi beberapa regional sesuai dengan wilayahnya masing-masing antara lain Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi, Sumatera, Jawa Tengah, dan Bali. Setiap wilayah ada koordinator yang ditunjuk oleh Bang Q untuk membantu




📌 Kesabaran Yang Membuahkan


Ketakutan awal untuk belajar SEO adalah khawatir tidak dapat mengikuti ritme belajarnya, maklum lah mama-mama di rumah dengan berbagai kesibukan pastinya harus membagi waktu antara belajar dan mengurus rumah tangga.

Syukurlah Bang Q gak terlalu mem-push kami para moms, diberikan waktu juga untuk memahami dan bertanya. Sebagai angkatan pertama gak ada member di grup yang dikeluarkan. Tapi di angkatan lainnya ada sistem gugur juga bagi mereka yang tidak mengerjakan tugas.

Jujur aja waktu awal saya juga ga mengerjakan tugas membuat tulisan mengenai salah satu kampus di Kalimantan. Selain karena mepet waktunya juga lupa DL (alasan hihihi).

Tapi sejak ada yang dikeluarkan dari grup, saya pun berusaha untuk mengikuti pelajaran dengan cepat supaya bisa. Beruntunglah saya agak terpecut sehingga bisa membuktikan kalau tulisan blog saya juga bisa menduduki halaman awal Google. 

Memang belajar SEO itu harus sabar, tekun, dan meluangkan waktu. Kesabaran tersebut bisa membuahkan waktu. Self reminder bagi saya sih jangan banyak-banyak malas pokoknya.


📌 Tantangan Mengikuti Lomba Blog SEO

Materi yang sudah diberikan kalau tidak dipraktikkan tidak akan terlihat hasilnya. Makanya kami pun ditantang untuk membuat postingan dengan keyword tertentu dan diminta melakukan optimasi. Dari tantangan intern hingga akhirnya memberanikan diri mengikuti lomba blog SEO atau Semi SEO yang diselenggarakan oleh pihak luar.

Senangnya melihat ada member SEO Moms yang bisa menjuarai lomba yang ada. Bang Q juga ikut mengawal kami yang mengikuti lomba tersebut, tak jarang juga memberikan trik supaya tetap bertahan di halaman Google.

Alhamdulillah saya pun bisa merasakan kemenangan tersebut meskipun kurang maksimal hasilnya menurut saya. Yang perlu diperbaiki adalah melawan rasa malas dan tidak mengerjakan segala sesuatu di akhir waktu alias mepet deadline.

Yang perlu diingat meskipun menulis postingan blog dengan teknik SEO tetap saja kita bisa mempertahankan ciri khas penulisan blog masing-masing kok.


Apakah belajar SEO hanya sampai di sini? Jawabannya tidak karena SEO terus berkembang dan masih banyak hal yang perlu saya pelajari. Jangan cepat puas dengan suatu hasil yang didapatkan sekarang. Lewat SEO Moms Community perempuan dapat terus belajar SEO hingga mengerti dan dapat bersaing dengan kaum adam.

Post a Comment

2 Comments

  1. Belajar SEO tidak akan pernah habis-habisnya ya mbak selalu ada yang baru dan tantangannya benar-benar luar biasa.

    ReplyDelete
  2. Wah ini tema yang sangat menarik, mbak!

    Kalau boleh tahu Bang Q nama aslinya siapa ya?

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)