Powered by Blogger.

Belajar SEO, Belajar Jadi Mandiri

Apa sih yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang jika membutuhkan informasi? Kalau saya pastinya akan memulainya dari mesin pencari di internet.

Sebagai contoh, ketika saya ingin mencari tahu mengenai Mandiri Online, saya ketikan kata tersebut pada mesin pencari. Dan hasilnya pun bisa dilihat pada halaman pertama google. Itu karena adanya teknik SEO sehingga pengunjung bisa langsung menemukan informasi yang dicari dengan mudah.


SEO atau Search Engine Optimazation adalah proses yang dilakukan untuk meningkatkan trafik kunjungan melalui mesin pencari ke situs ke dengan algoritma tertentu yang sudah ditentukan oleh Google.




Teknik seperti ini seringkali digunakan untuk meningkatkan peringkat situs atau web tertentu baik perusahaan ataupun toko online. Banyak situs-situs yang menggunakan jasa SEO agar web mereka muncul di halaman depan, tentunya ada biaya tertentu yang harus dikeluarkan.

Untuk blog juga bisa kok menggunakan teknik ini asal tahu caranya. Beruntung sekali saya bisa mengikuti workshop SEO atas undangan dari Medialogy dan Bank Mandiri yang diadakan di Mandiri Inkubator Bisnis, Jakarta pada hari Senin, 7 Agustus 2018. 

Sebelum masuk acara inti yaitu belajar SEO, sebagai tuan rumah Ibu Maristella Triharyanti (Assistant Vice President Corporate Communication Bank Mandiri) memberikan sambutannya pada blogger yang hadir. Hadir pula Ibu Fushiko Binar Ardani (Transaction Banking Retail Binsnis) yang menjelaskan mengenai Mandiri Online.

Mandiri Online adalah layanan integrasi dari mandiri Internet dan mandiri Mobile dengan wajah baru untuk menghadirkan kenyamanan serta kemudahan dalam memperoleh informasi dan melalukan aktivtas transaksi financial.


Terdapat perbedaan antara Mobile Banking dan Internet Banking lama yaitu :
  • Hadir dalam 2 layanan yaitu Mandiri Online Web dan Mandiri Online Apps
  • Tampilannya lebih nyaman baik untuk mendapatkan informasi maupun melakukan transaksi keuangan
  • Tidak perlu mendaftarkan rekening tabungan untuk dijadikan sumber dana transaksi karena sudah otomatis
  • Adanya metode otentikasi baru untuk keamanan
  • Mandiri Online bisa diakses di semua smartphone

Keunggulan lain Mandiri Online adalah nasabah bisa melakukan top-up e-cash atau e-money, asyik kan gak perlu lagi ke ATm atau ke merchant mengusinya. Mau buka deposito juga sudah bisa dilakukan secara online, nanti pencarian uangnya pun dilakukan secara otomatis ke rekening nasabah.
Syarat menjadi pengguna Mandiri Online adalah user Mandiri Internet Aktif dan sudah mendaftarkan nomor ponselnya pada SMS Banking untuk transaksi financial.

Nah, yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul juga yaitu Mas Rendy Doroii Herison yang akan membagikan ilmu yang dimilikinya mengenai artikel SEO Friendly versinya, karena teknik SEO itu ada banyak. Oh ya, Mas Rendy ini adalah Chief Operations Officer PT Medialogy Digital Indonesia.

Menurut Mas Doroii setiap web mempunyai spesifik target sendiri dan dalam sebuah konten diperlukan tindakan yang kreatif. Dalam menerapkan teknik SEO  beliau menggunakan plug-in Yoast yang dipasang pada platform Wordpress, sehingga memudahkan pengecekan. Bagi teman-teman yang menggunakan platform Blogspot, tidak usah khawatir karena tidak dapat memasang plug-in, karena tetap bisa menggunakan trik dasar SEO pada tiap postinganya, seperti dibawah ini :




Penggunaan Keyword Pada Sebuah Artikel


Yoast akan memberikan suggestion untuk tiap keyword yang digunakan pada tiap artikel diantaranya harus memenuhi prosedur :
  • Letakkan focus keyword di paragraf pertama. Bukan berarti harus ada pada kata pertama lho, jadi buatlah paragraf pertama se-kreatif mungkin agar keyword dapat diletakkan.
  • Keyword density 2% (jangan terlau banyak pengulangan dalam menyebutkan keyword). Banyaknya keyword disesuaikan dengan banyak kata dalam sebuah artikel.
  • Berikan internal link pada tiap artikel.
  • Pada Subheading ada focus keyword.
  • Harus ada outbound link. 
  • Keyword juga bisa diletakkan pada heading dalam sebuat artikel.


Perhatikan Meta Descripstion


Saat orang lain mencari informasi di Google bisa mengklik link artikel kita, ini lah yang dimanakan dengan meta description. Munculnya description ini pada google untuk menguatkan sebuah  informasi dari sebuah artikel. Panjangnya meta descrition normalnya adalah 4 baris. Oh ya, dalam satu artikel yang ingin menerapkan teknik SEO minimal memiliki 300 kata.


Jangan sembarangan memberikan outbound link


Berikan outbound link pada situs yang memiliki high engagement yaitu  yang memiliki konten terpercaya seperti Wikipedia atau Quora.  Situs tersebut bisa ditulis oleh siapa saja dengan gratis juga bisa dijawab oleh siapapun yang mengetahuinya.


Jangan Percaya Yoast Sepenuhnya, karena yoast dibuat untuk konten berbahasa Inggris. Usahakan membuat semua suggestion berwarna hijau tapi tidak merusak ruh tulisan itu sendiri.


Nah itu sedikit ilmu mengenai SEO yang mungkin bisa diterapkan dalam postingan blog teman-teman. Yuk share informasi yang bermanfaat dan bisa digunakan juga oleh orang lain.

Bagi ingin menguji kemampuan SEO bisa mengikuti lomba blog yang diadakan oleh Bank Mandiri, infonya ada di bit.ly/lombaseomandiri.

No comments