5 Kriteria Camilan Baik Dukung Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

5 Kriteria Camilan Baik Dukung Optimalkan Tumbuh Kembang Anak - "Mah, ada camilan apa? Aku lapar nih!" kata anak-anak suatu hari sekitar jam 9-10 di saat waktu istirahat proses Pembelajaran Jarak Jauh. Untungnya saya masih punya stok es krim, mereka pun rebutan menuju ke lemari es sambil berlari untuk memilih varian rasa yang ada di freezer. Loh kok mereka ngemil es krim? Memang gak takut nanti jadi gemuk  atau batuk pilek ya? Sering gak mendengar percakapan seperti ini? Padahal ada juga lho camilan manis yang baik dan bisa dikonsumsi asalkan tidak berlebihan.





Walaupun kami suka makan es krim, tapi selalu pilih-pilih dulu produknya kok. Lagi pula es krim gak selalu menyebabkan penyakit batuk dan pilek kok asalkan daya tahan tubuh anak terjaga dan makannya gak berlebihan. Penyakit batuk dan pilek penyebabnya banyak, jadi bukan karena makan es krim. Bisa aja si anak memang kondisi kesehatan anak sedang menurun, saat makan es krim jadi pemicu batuknya tersebut.

Saya jadi penasaran camilan yang baik itu seperti apa sih? Akhirnya pertanyaan saya tersebut terjawab sudah setelah mengikuti webinar mengenai Cemilan Baik Untukmu yang bertepatan dengan Hari Gizi Nasional 25 Januari 2021 lalu yang diselenggarakan oleh Paddle Pop bekerja sama dengan Kumpulan Emak Blogger.



Pada event virtual tersebut dihadiri oleh Hernie Raharja (Food & Refreshment Director Unilever Indonesia), Dra. Rita Endang., Apt., M.Kes., (Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM). dr. Attila Dewanti Sp. A(K), dan Sophie Navita (Presenter dan ibu dari dua anak).


Pentingnya Camilan di Sela Makanan Utama


Camilan atau juga disebut dengan snacking adalah makanan yang biasa dimakan dalam porsi kecil dan dimakan di sela-sela makanan utama yaitu sebelum makan siang dan makan malam.

Siapa bilang kita gak boleh ngemil? Padahal ngemil itu sama pentingnya dengan makanan utama untuk menjaga metabolisme tubuh sebelum makan besar. Selain itu, camilan juga dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan gizi harian kita termasuk pada anak-anak.




Memilih camilan juga harus sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) anak untuk bantu tumbuh kembangnya, jadi gak asal makan snack apa aja sesuka hati.

Menurut informasi dari webinar tersebut, ternyata masyarakat Indonesia juga suka banget ngemil makanan dan minuman dalam kemasan daripada sayuran dan buah-buahan.

Ngemil itu penting tapi juga harus sesuai dengan aturan ngemil bijak yaitu gak berlebihan dan tetap memperhatikan makanan utama yang memenuhi nilai gizi dan nutrisi di dalamnya.




Catat Kriteria Camilan Baik Berikut!

🎀 Baca Kandungan Pada Kemasan

Sebagai orangtua sebisa mungkin memberikan makanan yang bergizi buat anak-anak termasuk pemberian snack. Alhamdulillah kalau bisa membuat makanan tambahan ini sendiri. Tapi, kalau pun harus membeli makanan ringan dalam kemasan kita harus selalu membaca kandungan gizi dalam kemasan tersebut. Setidaknya kita tahu apa saja yang terkandung di dalamnya, apakah sesuai dengan AKG atau tidak.

🎀 Perhatikan Kalori, Gula, Lemak, dan Garam

Makanan ringan yang dimakan sehari-hari harus sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG). Menurut World Health of Organization (WHO) kita harus membatasi konsumsi gula tidak lebih dari 50 gram, garam tidak lebih dari 5 gram, dan lemak jenuh tidak lebih dari 18 gram. Sedangkan untuk kalori pada anak-anak usia 7 hingga 9 tahun camilan yang dikonsumsi tidak melebihi 330 kalori.


🎀 Mengurangi Perisa Gurih

Saya lebih suka makan snack yang rasanya gurih. Ternyata konsumsi camilan yang mengandung perisa gurih berlebih harus dibatasi karena bisa menimbulkan risiko penyakit tertentu contohnya obesitas pada anak.

🎀 Porsi Yang Sesuai

Meskipun camilan itu penting tapi sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Makan snack cukup dua kali saja per hari itu pun gak lebih dari 20 persen dari total energi harian.

🎀 Ada Kandungan Susu dan Buah

Memberikan camilan yang bernutrisi perlu dilakukan oleh orang tua untuk membantu tumbuh kembang anak-anak. Pilih snack yang mengandung susu dan buah. Susu yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulang pada anak dan buah baik untuk daya tahan tubuh anak serta mengandung kebaikan serat.

camilan yang baik juga harus sudah memiliki ijin edar BPOM serta tidak mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berbahaya seperti asam salisilat, asam borat, dietilpirokarbonat, dulsin, kalium klorat, kloramfenikol, minyak nabati yang dibrominasi, nitrofurazon, formalin, hingga pewarna tekstil Rhodamin B.

Baca juga :


Untuk memudahkan masyarakat memilih camilan sesuai kriteria camilan baik di atas, Paddle Pop mengenalkan logo "Camilan Baik Untukmu". Hal ini sebagai wujud nyata Paddle Pop dalam menerapkan standar camilan yang baik sesuai dengan angka kecukupan gizi melalui program edukasi yang diberikan pada para orang tua.

cemilan baik untukmu



Oh ya, Paddle Pop ini merupakan pionir es krim yang sudah ada di Indonesia lebih dari 28 tahun ikut serta menyediakan makanan yang mendukung pola makan sehat. 

Logo "Cemilan Baik Untukmu" ini membantu orang tua dalam memilih camilan untuk keluarga terutama anak-anak sesuai dengan kriteria camilan baik. Cukup melihat logo tersebut pada kemasan dan memastikan sudah mengandung kriteria camilan baik termasuk di dalamnya ada kandungan susu dan buah. Untuk kandungan Kalorinya hanya 110 kkal, 12 gram gula dan 3 gram lemak jenuh sesuai dengan standar dari WHO.

Bermain Itu Juga Penting Lho!


Untuk bantu tumbuh kembang anak bukan hanya menyediakan makanan bergizi dan bernutrisi saja tapi juga harus diberikan stimulasi secara fisik dan mental. Lewat bermain anak-anak dapat menstimulasi tumbuh kembangnya.

Dari permainan banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak-anak. Sebagai orang tua juga harus meluangkan waktu agar bisa bermain bersama mereka.

Untuk mendukung tumbuh kembang anak, Paddle Pop gak cuma menyediakan camilan yang baik saja, tetapi juga punya program #PaddlePopMainYuk karena sesuatu yang baik dapat dimulai dengan bermain.

Pada kotak Paddle Pop yang saya dapatkan ada aneka permainan yang bisa digunakan bersama anak-anak seperti ular tangga, teka teki silang, mencari kata dan lain-lain. Dari permainan-permainan ini anak gak hanya merasakan kesenangan saja tapi juga mendapatkan banyak manfaat dan menambah wawasan mereka.



Dari hampers yang didapatkan, jadi ada ide juga membuat jadwal camilan apa saja yang akan dimakan oleh anak-anak setiap harinya sesuai dengan kriteria camilan baik. Yuk optimalkan tumbuh kembang anak dengan menyediakan "Cemilan Baik UntukMu"!

Post a Comment

37 Comments

  1. Memilih cemilan anak perlu perhatikan porsi dan komposisinya yah, max 20% aja supaya tetap lahap makan makanan utama.
    Kalau udah ada logo Cemilan baik Untukmu, belanja jajan buat anak jadi gampang deh.

    ReplyDelete
  2. Hihi, saya juga kalau disodori camilan dalam kemasan dan buah, pasti pilih camilan dalam kemasan mbak.

    Es krim paddle pop ini kesukaan anak-anak, sudah kenal sejak balita, alhamdulillah nggak pernah batuk pilek setelah makan esk krim

    ReplyDelete
  3. Pe er terbesarku dalam memberikan cemilan yang baik dan sehat untuk Darell yaitu mengandung buah-buahan nih hahahha masih suka lolos aja

    ReplyDelete
  4. Ahhh, senangnyaaa, karena WALL'S sangat concern dengan tips serta memberikan kriteria camilan baik buat anak yaa.... Ini beneran deh, makin memudahkan ortu untuk memilih cemilan yang baik buat anak.

    Makin hepiii karena didukung dengan logo baru "cemilan baik untukmu", mantab jiwaa! Terobosan dan inovasi yang keren banget! Apresiasi buat WALL'S!

    ReplyDelete
  5. Persis deh kayak anak-anak saya. Menjelang makan siang sama sore suka pada nanya cemilan. Pokoknya harus selalu sedia camilan di rumah. Sebetulnya kebiasaan bagus, ya. Karena anjurannya kan memang 2x sehari. Tetapi, tetap wajib memperhatikan asupan nutrisinya.

    ReplyDelete
  6. Alviin, minta dong Paddle Popnya, Tante juga suka. Apalagi sekarang sudah masuk kategori camilan yang baik Paddle Pop.

    ReplyDelete
  7. Nah iya klo ada logo #cemilanbaikuntukmu kan kita terbantu banget ya mba lid saat harus memilih cemilan yang baik dan sehat buat anak2. krn bisa mengurangi waktu untuk mengecek satu2 label kemasan produk cemilan...cukup diinget logonya

    ReplyDelete
  8. Hampersnya seruuuu. Isinya banyak dan macam-macam ya. Pasti hepi tuh dapetnya.

    ReplyDelete
  9. Dulu saya juga selalu berpikir kalau anak-anak makan es takutnya mereka batuk dan pilek. Kadang khawatir juga dengan rasa manis dari cemilan, takutnya bisa bikin obesitas. Sekarang lebih tenang ngasih cemilan dari paddle pop, deh!

    ReplyDelete
  10. Lucuuuu bantalnya Paddle Pop!
    Emang yang legend nih yang Rainbow yaaa kesukaan anak anak di seluruh dunia kayaknya!

    ReplyDelete
  11. Memang kita sebagai ortu harus cermat memperhatikan cemilan buat anak2 ya, mba.. bukan buat anak saja kali ya. Tapi buat kita pribadi juga harus. Kalau ada logo cemilan baik untukmu macam punya paddle pop enak nih.. kita ga perlu repot memperhatikan komposisi di kemasan. *ketauan deh emak malesnya.. xixixi

    ReplyDelete
  12. Sepakat banget untuk memilih yang punya kandungan susu dan buah ya buat cemilan mba. Makasih infonya

    ReplyDelete
  13. Paddle Pop memang enaaak, susunya terasa dan harganya murah ya Harus lebih hati-hati ya mbak memiih camilan untuk anak nggak sekadar enak saja tapi juga harus sehat..banyak camilan yang mengandung pengawet, gula buatan dan terlalu banyak MSG yang tidak baik untuk kesehatan keluarga huhu...

    ReplyDelete
  14. Salut pada Paddle Pop yang membantu memudahkan masyarakat memilih cemilan baik dengan logo cemilan baik untukmu di kemasannya. bikin enggak ragu kasih ke anak kita es krim yang pas komposisi dan enak banget rasanya ini,

    ReplyDelete
  15. Jadi kapan atulah kita nyemil bareng es kriim, mojok yuk di Indomaret hahhaa.
    Btw aku suka sama logo barunya, memudahkan para orang tua untuk memberikan cemilan baik buat anak2nya. Apalagi dengan kecukupan nutrisi dan gizinya makin rajiin nyemil es krim.
    Mauuuu donk rasa strawberrynya Alviiin.

    ReplyDelete
  16. Bahkan pemilihan cemilan pun mempengaruhi tumbuh kembang anak ya mbak?
    Makanya gak bisa banget diremehin nih. Kudu pilih cemilan yang aman dan baik dikonsumsi oleh anak2.
    Bisa dilihat dari kandungan kalori, gula, lemaknya gtu ya salah satu caranya,

    ReplyDelete
  17. Paddel Pop kesukaan kita semuaa..
    Eh, maksudnya gak hanya anak-anak, tapi juga sekeluarga kalau lagi pengen makan es krim, pasti pilihnya Paddle Pop.
    Segeerr karena sari buah asli.

    ReplyDelete
  18. iya banget mba Lid suka ada komen nanti batuk atau kalau pas anak2 mau makan es krim suka ditanya boleh ga sama bundanya padahal mah gpp yah mba Lid apalagi kalau es krim paddle pop begini legend dah uda pasti dari kemasannya aja baik

    ReplyDelete
  19. iyes, selain harus ngasi cemilan yang baik, jangan lupa juga untuk mengajak anak anak bermain supaya tumbuh kembangnya mereka lebih maksimal ya maaaak

    ReplyDelete
  20. Salah satu camilan favorit anak-anak nih... gak ada bosen-bosennya.. Alhamdulillah ternyata juga camilan yang baik ya karena kandungan nutrisinya disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak

    ReplyDelete
  21. Seneng banget sekarang Paddlepop ada label "Camilan Baik Untukmu". Es krim favoritku dari dulu, hampir tiap weekend selalu beli jatah buat Aqla. Selain rasanya enak ebak, variannya lumayan banyak

    ReplyDelete
  22. Anak-anak ku kalau ketemu paddle pop udah deh anteng ga cukup satu hahaha. Dan paddle pop juga bisa jadi pilihan juga nih buat cemilan emaknya

    ReplyDelete
  23. Setuju nih aku.

    Cemilan baik unttuk anak itu, selain enak dan beraih, juga harus bergizi dong. Apalagi untuk anak yang gak doyan sayur dan buah. Harus selektif banget soal cemilan supaya kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi

    ReplyDelete
  24. Kalau daku meski gampang pilek Alhamdulillah menyantap es krim Paddle Pop nggak bikin pilek atau batuk karena manis susu dan gulanya asli ya

    ReplyDelete
  25. Sekarang semakin mudah mencarikan camilan untuk anak ya, Mbak. Dengan logo Cemilan Baik untukmu.
    Soalnya kadang anak-anak suka jajan sendiri, padahal tidak ketahuan sehat apa tidak. Dan Paddle Pop ini favorit krucil saya juga.

    ReplyDelete
  26. Milih cemilan anak memang nggak bisa sembarangan ya kak. Harus dilihat dulu komposisinya. Kalau aman, kayak si Paddle Pop ya baru ibunya senang anaknya bahagia. Soalnya Paddle Pop juara banget sih rasanya

    ReplyDelete
  27. Aku kira ice cream engga baik lho untuk camilan. Ternyata Paddle Pop kandungan nutrinya beda ya, jadi cocok aja untuk camilan. Cus ah nyetok di freezer...

    ReplyDelete
  28. gimana caranya mendapatkan kotak permainan paddle pop-nya mbak? dijual secara umum gak sih? atau syarat musti beli es krim brp biji gitu?

    ReplyDelete
  29. Tapi sejak dulu sebelum yuni mengerti tentang logo cemilan baik, yuni dan adik lebih milih paddle pop sih kalau beli es krim. Hehehe

    ReplyDelete
  30. Mainan dalam hampersnya lumayan banget karena bisa jadi pengalihan dari gadget. Biasanya kami mainkan saat malam-malam begitu, menjelang jam tidur. Jadi pengin dapat lagi hamper #PaddlePopMainYuk kayak gini. Pasti bakalan serulah kalau ada jenis lainnya.

    ReplyDelete
  31. Pas banget ini buat nemenin santai sambil nonton youtube. Klo ada logo cemilan baik mah bikin kita para emak gak khawatir lagi ya

    ReplyDelete
  32. Membaca kandungan pada kemasan itunudah hal mutlak. Cari yang protein tinggi, rendah karbo dan lemak.

    ReplyDelete
  33. Semenjak libur karena pandemi anak-anak selalu snacking. Memang yang paling favorit adalah es krim. saya tidak khawatir karena sudah ada label cemilan baik untukmu. Apalagi es krim itu kan terbuat dari susu. Selain anak-anak suka gizinya juga baik loh.

    ReplyDelete
  34. dengan gizi yang baik dan bagus pasti camilan anak harus bisa mendapatkan asupan penuh dengan manfaatnya. Dan perutnya juga tidak mudah sakit perut

    ReplyDelete
  35. Andai kita tetanggaan, barangkali tiap hari aku makan Paddle Pop bareng dirimu kalau sore. Hitung-hitung melenyapkan penat seharian.

    ReplyDelete
  36. Ngemil bijak itu yg gak berlebihan dan tetap memperhatikan pentingnya makanan utama ya Mbak,, noted. Gak bagus juga kl anak² cm makanin camilan sampe gak mau makan lg ya. Btw saya juga sering beliin anak² Paddle Pop ini, jelas kandungan nutrisinya dan disukai bocil bangeet, hehe... Emaknya juga ikutan makan ^^

    ReplyDelete
  37. Cemilan sepanjang masa ini yah, rasanya tetap enak banget . cemilan favorite saya nih.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)