Vihara Tertua di Singkawang Sebagai Simbol Ikon Kota Singkawang

Tahukah kamu bahwa Vihara Tertua di Singkawang Sebagai Simbol Ikon Kota Singkawang yang terkenal di kota ini? Beberapa kota di Indonesia mempunyai ikon masing-masing yang menunjukkan sebuah eksistensi kota tersebut maupun latar belakang sejarahnya. Di Singkawang ikon kotanya adalah Vihara Tri Dharma Bumi Raya. Saya pun mencari tahu kenapa vihara ini dijadikan sebuah ikon kota.

Ikon Kota Singkawang



Vihara Tri Dharma Bumi Raya


Konon dulunya banyak orang Tionghoa yang menambang emas di Monterado, yaitu sebuah tempat yang lokasinya ada di Kabupaten Baengkayang, Kalimantan Barat yang beristirahat di vihara yang sudah berdiri sejak tahun 1878.

Di sekitar vihara dulunya hanyalah hutan belantara. Vihara ini dipercaya sebagai penjaga orang sekitar dari roh jahat. Vihara Tri Dharma Bumi Raya sempat dirobohkan dan dibangun vihara yang lebih permanen. Sayangnya bangunan vihara juga pernah mengalami musibah kebakaran.

Sebelum dijadikan ikon kota, dulunya pemerintah kolonial Belanda tidak menyetujui jika vihara ini dibuat di pusat kota. Namun karena permintaan warga sebagai tempat untuk menjaga kota Singkawang akhirnya keputusan pun diberikan.


Ikon Kota Singkawang


Buat kamu yang menyukai wisata sejarah, ketika berkunjung ke Singkawang jangan lupa untuk singgah ke ikon kota Singkawang ini yaitu Vihara.....

Di masa pandemi ini, menurut informasi vihara ini juga sudah dibuka untuk umum dengan menerapkan protokol kesehatan sebelum pengunjung masuk ke dalam klenteng. Kamu sudah tahu dong apa saja yang harus ditaati yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Klenteng yang dikenal sebagai ikon kota ini merupakan cagar budaya di Singkawang, makanya pas sekali jika kamu berkunjung ke sini untuk melihat vihara tertua di kota Singkawang. 

Di tempat ini, kamu bisa mengenal lebih dekat dengan sejarah dan budaya kota Singkawan mulai dari bentuk bangunannya, hingga upacara adat maupun keagamaan yang biasa dilakukan.


Festival Cap Go Meh



Ada satu perayaan yang terkenal hingga ke mancanegara biasa diadakan di Vihara Tri Dharma Bumi Raya yaitu Festival Cap Go Meh. 

Seperti umumnya sebuah festival akan ada iring-iringan atau pawai yang akan diadakan di sekitar vihara. Festival Cap Go Meh ini sendiri mempunyai ciri khas pada pawai dan atraksi Tatung yaitu akan ada orang tertentu dan terpilih yang akan dimasuki roh halus. Uniknya, orang ini akan kebal akan benda-benda tajam. Walaupun mengerikan tapi festival ini selalu dinanti, bahkan banyak orang datang dengan sengaja untuk menyaksikan festival.

Wisatawan juga dapat melihat festival di sepanjang kota Singkawang untuk menyaksikan arak-arakan Tatung yang melakukan atraksi. Oh ya mungkin buat anak-anak yang menyaksikan atraksi ini harus diberikan penjelasan oleh orangtua agar tidak meniru.

Dari Festival ini, wisatawan datang tidak hanya untuk menyaksikan keseruan festival saja, tapi juga mengabadikan momen langka bahkan mungkin baru pertama kali mereka saksikan.


Di tahun 2021 ini buat kamu yang berniat menyaksikan Festival Cap Go Meh dapat datang ke Singkawang pada bulan Februari nanti. Jangan lupa untuk memesan hotel di Singkawang terlebih dahulu sebelum berangkat, karena biasanya banyak wisatawan yang datang khawatir hotel yang kamu inginkan sudah full booked.

Datang ke Singkawang untuk menyaksikan Festival, tidak afdol rasanya kalau tidak mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitarnya. Buat kamu yang ingin menikmati alam dapat menikmati indahnya Pulau Lemukutan Singkawang.  Kamu juga bisa mencicipi aneka kuliner khas Singkawang yang lezat lho

Banyak tempat makanan yang dapat kamu pilih, kalau kamu menggunakan jasa Rental Mobil Pontianak Singkawang tinggal minta diantar saja ke lokasi yang diinginkan kepada driver. Untuk kamu yang belum menyewa kendaraan dapat menghubungi nomor whatsapp berikut ini!

rental mobil pontianak singkawang

Jadi, buat kamu yang tertarik melihat Festival Cap Go Meh, tepat sekali jika berkunjung ke Vihara tertuar di Singkawang yang juga sekaligus dijadikan simbol ikon kota Singkawang.

Post a Comment

0 Comments