Nikmati Keindahan Pulau Lemukutan Singkawang Dengan Beragam Aktivitas Seru

Pulau Lemukutan Singkawang merupakan salah satu pulau kecil yang berada di desa Lemukutan, Kalimantan Barat. Di provinsi ini juga kita mengenal Kota Pontianak sebagai Kota Khatulistiwa karena letaknya dilalui garis lintang nol derajat bumi. Pasti sudah tahu dong dengan informasi ini sebab sering dipelajari waktu sekolah dulu pada pelajaran Geografi atau IPS di SD. Waktu Sekolah Dasar belum ada pikiran ingin ke kota ini karena jauh mikirnya apalagi harus menyeberang pulau ke Kalimantan. Tapi seiring perkembangan zaman semua semakin dekat jaraknya saat ini. Meskipun saya belum pernah ke sana tapi sudah bisa melihat keindahan kota Pontianak termasuk Singkawang melalui dunia maya. 

Pulau Lemukutan Singkawang
source pic : www.disporapar.bengkayangkab.go.id



Baca juga :

Saya suka sekali kalau diajak berkunjung dan wisata ke pulau-pulau. Maunya sih bisa mengunjungi banyak pulau di Indonesia apalagi negara kita dikenal sebagai negara kepulauan. Dulu saya sering membaca buku Lima Sekawan, di salah satu serinya ada yang bercerita tentang keseruan di pulau terpencil. Seru juga ya kalau menjalani aktivitas seperti itu.

Masih dalam seri tulisan tentang Pontianak dan Singkawang kali ini saya mau menulis tentang wisata pulau lemukutan kalbar atau Kalimantan Barat. Melalui tulisan-tulisan ini semoga menjadi doa suatu saat bisa menjadi kenyataan Aamiin.

Oh ya semua informasi tulisan mengenai Pontianak dan Singkawang ini saya dapatkan dari teman yang tinggal di sana dan berbagai sumber.

Tentang Pulau Lemukutan Kalbar


Sebuah pulau pasti tidak bisa dipisahkan dengan pantai. Menurut Wikipedia sih di Singkawang ada beberapa pulau kecil salah satunya Pulau Lemukutan.

Pulau lemukutan terletak di dekat dengan Pantai Pasir Panjang sebuah tempat rekreasi pantai yang terkenal di Kalimantan Barat dengan hamparan pasir putihnya.

Yang bikin cantik pulau ini karena hutan tropisnya yang indah ditambah dengan birunya air laut seolah seperti melihat pemandangan alam dalam lukisan. Desa Pulau Lemukutan juga dijadikan kawasan konservasi laut di wilayah Kalimantan Barat. 


Wisata Pulau Lemukutan Kalbar


Di Pulau Lemukutan wisatawan bisa menikmati olahraga air mulai dari snorkeling, berenang atau sekedar bermain air dan pasir di pantai. Kamu juga bisa menguji kekuatan lengan dengan bermain kano. Kayuh dayung untuk membawa kano hingga ke tengah laut sambil sesekali disapu gelombang ombak di lautan, seru sekali.

Pengunjung juga bisa ikut memancing ikan di pulau ini atau melihat-lihat penduduk yang sedang menjemur ikan asin. Wah asyik banget ya kalau makan ikan asin dengan nasi panas ditambah lalapan dan sambal yang pedas. Bisa betah saya tinggal di sini.

Menurut informasi jika ingin snorkeling sebaiknya menyiapkan semua keperluan dan peralatannya sendiri sebelum menyebrang ke Pulau Lemukutan. Jaga-jaga aja sih di lokasi gak ada penyewaan peralatan snorkeling, Sayang bukan kalau harus melewatkan keindahan bawah laut karena lupa membawa peralatan. Oh ya kamu juga perlu menyiapkan semua kebutuhan sendiri supaya lebih nyaman seperti sunblock, kacamata renang maupun kacamata hitam dan pakaian ganti walaupun fasilitas Pulau Lemukutan juga sudah memadai.

Buat yang ingin merasakan suasana malam hingga pagi hari di pulau ini bisa menyewa penginapan di pualu lemukutan. Kamu bisa memilih pengunapan di homestay atau villa yang tersedia di sana. fasilitas pulau lemukutan

Sedangkan untuk harga makanan di Pulau Lemukutan masih terjangkau kok mulai harga single maupun paket. Gak afdol rasanya kalau gak mencicipi hidangan laut di sini.


Paket Wisata Pulau Lemukutan

Kalau saya lebih suka wisata menggunakan jasa tour travel saja karena gak perlu repot mencari kendaraan dan menyewa perahu menuju ke Pulau Lemukutan Singkawang Kalbar.

Katanya saat menuju Pulau Lemukutan kita juga bisa minta singgah terlebih dahulu di beberapa spot menarik seperti spot dermaga Telum Melanau. Asyik dong buat spot foto-foto di sini.

Oh ya ada paket lemukutan 2020 biasanya sudah termasuk penyeberangan pulang pergi, menginap, makan, snorkeling, pemandu wisata dan foto underwater.

Oh ya untuk ke Pulau Lemukutan, kita harus menyebrang terlebih dahulu dari Teluk Suak. Nah buat kamu yang gak tau cara menuju ke teluk tersebut bisa menyewa kendaraan saja karena lebih mudah dan praktis. Ada rental mobil pontianak singkawang yang dapat kamu andalkan selama wisata di sekitar Pontianak dan Singkawang. Untuk pemesanan kendaraan bisa melaui whatsapp berikut ini 


rental mobil pontianak

Gimana? kalian tertarik untuk liburan Pulau Lemukutan Singkawang juga? Semoga saya juga bisa segera berkunjung ke sana.






Post a Comment

0 Comments