Cara Perpanjang Sim di Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi Tanpa Ribet Cuma 30 Menit

Biasa perpanjang SIM di mana? Ini pengalaman saya perpanjang SIM di Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi. Berapa lama waktu prosesnya? Apakah ribet? lanjut aja baca postingan ini yuk! Siapa tahu ada yang membutuhkan, boleh juga dibagikan.

Perpanjang Sim di Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi


Tempat Perpanjang SIM Bekasi

Bisa mengendarai SIM wajib banget punya SIM (Surat Izin Mengemudi) gak bisa ditawar-tawar lagi. Sudah sejak duduk di bangku sekolah informasi mengenai SIM disampaikan juga lho, pasti masing pada ingat dong.

Nah, SIM yang kita miliki ini jangka waktunya cuma 5 tahun aja, setelahnya harus dilakukan pembaruan atau perpanjangan. Tempat perpanjangan SIM di Kota Bekasi itu ada 3 tempat yaitu 

SIM Keliling


Untuk perpanjang sim keliling Bekasi kamu harus aktif mencari informasi lokasi internet maupun twitter, karena masing-masing tempat punya hari dan waktu pelayanan yang berbeda. Misalnya di Bekasi Cyber Park pelayanan hanya ada di hari Kamis pukul 08.00-10.00 WIB. Cari saja waktu yang cocok dan lokasi yang dekat dengan tempat tinggal.

Polres Kota Bekasi

Untuk perpanjangan SIM di Polres Kota Bekasi hanya dapat dilakukan pada malam hari saja, cocok bagi pekerja yang tidak bisa izin di siang hari. Pendaftaran perpanjangan SIM dapat dilakukan secara online pada web https://antrianku.polresmetrobekasikota.com untuk mendapatkan nomor booking.


Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bekasi


5 Tahun lalu saya perpanjang SIM di Polres Kota Bekasi, tapi tahun ini saya mencoba perpanjang SIM di MPP Kota Bekasi yang lokasinya ada di BTC Mal Jl. HM. Joyo Martono, Bekasi Timur.

Sebelum datang ke MPP di BTC Mal silakan booking antrian MPP Kota Bekasi booking terlebih dahulu pada tautan http://mpp.bekasikota.go.id/pelayanan/mpp-18/perpanjangan-surat-izin-mengemudi dan jangan lupa melakukan registrasi akun sebelum login. Kode booking akan masuk ke email, kalau tidak ada di email dapat dilihat di web pada bagian List Booking.



Cara Perpanjang SIM di Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi

Setelah melakukan booking antrian pada website siapkan KTM & SIM asli untuk dibawa serta 5 lembar fotokopian masing-masing. Sayangnya saya lupa menyiapkan foto kopi jadi harus mencari dulu tempat foto kopi, untungnya di dekat Mal BTC lama ada tempat foto kopi.

cara perpanjang sim online



Berikut ini alur perpanjangan SIM di MPP BTC Mal sesuai dengan pengalaman yang sudah saya jalani:

1. Cetak Nomor Antrian di Mesin

Untuk mendapatkan nomor antrian di lokasi, kamu wajib memasukan kode antrian yang didapatkan pada web ketika melakukan booking antrian secara online kemudian pergi menuju Loket Tes Psikologi.

2. Loket Tes Psikologi

Di loket Tes Psikologi Dikenakan biaya sebesar Rp60.000 lalu mengisi Tes Psikologi SIM Online. Di sini saya mengerjakan 3 bagian tes masing-masing 10 soal. Seharusnya sih kita dapat mengisi pertanyaan tes psikologi ini kok karena mudah.

3. Loket Asuransi/Tes Kesehatan

Setelah selesai melakukan Tes Psikologi dan mendapatkan hasilnya, saya pun lanjut ke Loket Tes Kesehatan. Di sini ditanya tinggi badan, berat badan, dan golongan darah serta melakukan tes buta warna. Alhamdulillah lolos lagi di bagian ini. Oh ya di loket ini dikenakan biaya sebesar Rp35.000

4. Loket Pembayaran PNBP

Loket ini tertulis Bank BRI, di sini saya membayar biaya perpanjangan SIM A sebesar Rp80.000. Cukup singkat proses di sini karena tidak terlalu antri. Kemudian setelah itu lanjut ke Loket Polres (SIM)

5. Loket Polres (SIM)

Di loket ini untuk memproses berkas sebelumnya dan melakukan pembayaran Asuransi Kecelakaan Diri Pengemudi (AKDP) sebesar Rp.50.000

6. Loket Polres (SIM) - Penyerahan Berkas

Setelah itu beralih ke Loket di sebelahnya untuk menyerahkan berkas yang sudah diisi. Setelah diisi dapat dikembalikan pada petugas untuk dilakukan entri data dan menunggu dipanggil lagi.

7. Loket Polres (SIM) - Verifikasi Data & Foto

Di loket ini saya dilakukan verifikasi data, sidik jari, dan tanda tangan digital serta foto. Tidak lama menunggu SIM baru pun sudah jadi.


Review Perpanjang SIM 30 Menit Selesai


Dari awal saya datang ke MPP hingga SIM baru terima kurang lebih 30 menit lamanya proses sudah selesai. Wah senangnya saya karena tidak perlu menunggu berjam-jam dan tempatnya pun ber-AC jadi tidak kepanasan meskipun harus berpindah-pindah loket.

Tempat Perpanjang SIM Bekasi



Ini pertama kalinya saya perpanjang SIM di MPP Kota Bekasi, so far respon petugasnya baik dan membantu sekali meskipun baru pertama kali, yang penting semua berkas dilengkapi. Keseluruhan biaya yang saya keluarkan untuk perpanjangan SIM A adalah sebesar Rp225.000.



Post a Comment

1 Comments

  1. alhamdulillah kmrn perpanjang sim online, baru taun ini berhasil perpanjang sim online tanpa ke satpas

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)