Powered by Blogger.

Ini Yang Bisa Dipelajari Secara Online Dan Tipsnya

"Aa kok dari tadi main hp trus sih?" Tanya saya pada Pascal. Ternyata dia sedang mengerjakan tugas secara online dan mencari tambahan materi lewat hpnya. Duh, saya salah sudah menuduhnya main-main :)

Sebenarnya sejak kelas 1 SD saya pun sudah mengajarinya untuk belajar secara online melalui rangkuman yang saya buat di blog khusus, tapi seiring bertambah umur dan kelas, Pascal sudah bisa merangkum sendiri untuk dibaca di manapun walaupun lagi gak ada di rumah melalui ipad atau ponsel.




Ngomongin belajar online apa saja sih yang biasanya dipelajari anak-anak di rumah selain mencari materi pelajaran sekolah?


Mempelajari Tutorial Gambar






Awal mulanya suka gambar pakai sketchbook, lalu lama-lama mulai belajar menggambar secara digital. Kami sebagai orangtua memberikan dukungan dengan membelikan Wacom (pen tablet). Allhamdulillah melalui belajar online sendiri sudah bisa menggunakan beberapa aplikasi menggambar seperti Adobe Photoshop CC 2019, Pixelmator, Affinity, Skecth, dan lainnya.

Gambar-gambar yang dibuat masih sekitar tokoh komik superhero. Saya pernah menantangnya untuk membuat tokoh perempuan, karena selama ini hanya tokoh laki-laki saja yang dibuatnya. Ternyata dia bisa membuktikannya dengan menggambar Captain Marvel.

Oh ya, tiap kali selesai nonton film superhero, pasti Pascal akan menggambarkan tokoh tersebut baik secara digital atau sketch.


Belajar Not Balok dan Keyboard




Alat musik yang dimiliki pertama kali di rumah adalah pianika, itu juga untuk keperluan sekolah. Lalu saya juga iseng membelikan angklung dan keyboard. Belum sempat kursus, anak-anak sudah mempelajari terlebih dahulu bagaimana membaca not balok dan belajar keyboard melalui tutorial online dari internet.

Judul lagu yang sedang dipelajari Pascal saat Ode to Joy dari Ludwig van Beethoven dan Rondo Alla Turca dari Wolfgang Amadeus Mozart. Nah kalau Alvin, sang Adik pastinya belajar yang lebih mudah biasanya memainkan lagu Hikaru Nara - Goose House opening dari anime Shigatsu wa Kimi no Uso

Sama halnya dengan menggambar, hal lain yang dilakukan setelah menonton film adalah mencari soundtrack musiknya untuk didengarkan dan kadang-kadang dimainkan juga menggunakan alat musik. Walaupun belum sempurna tapi tetap semangat terus belajarnya. Bagi mereka itu bukan belajar lho, itu kegiatan senang-senang saja.


Kursus Online Pelajaran


Sejak kelas 6 lalu menjelang Ujian Nasional Pascal ikut Bimbingan Belajar di salah satu tempat kursus dekat rumah. Tapi, belakangan ini dia minta didaftar di kursus online saja supaya gak buang waktu untuk keluar rumah katanya, sehingga bisa menikmati waktu luang dengan menggambar dan bermain alat musik.

Itulah beberapa kegiatan yang biasa dilakukan online oleh anak-anak di rumah. Ternyata mereka bisa cepat menangkap hal-hal baru secara cepat.


Tips Belajar Online



Supaya belajar online bisa berjalan dengan lancar dan baik pastinya harus memperhatikan hal-hal berikut ini :


  • Disiplin dan Konsisten

Buat skala prioritas mana yang harus dilakukan terlebih dahulu, apakah pelajaran sekolah atau belajar hal lainnya. Apapun yang dipelajari jika dilakukan dengan disiplin dan konsisten InsyaAllah bisa menghasilkan yang terbaik.

Ketika belajar cobalah fokus di satu materi tersebut, jangan mentang-mentang belajar online jadi bisa melakukan hal lain secara online juga. Ada baiknya belajar online dari laptop atau komputer di rumah agar lebih konsentrasi. Sebagai orangtua juga ikut membantu dan memantau ketika anak belajar online. Saya tidak menempatkan komputer di kamar anak-anak supaya saya bisa ikut memperhatikan.


  • Membuat Jadwal Dengan Baik
Dengan membuat jadwal belajar online, maka anak-anak bisa menangkap materi dengan baik. Jadwal disesuaikan juga dengan kegiatan sekolah agar tidak bentrok, apalagi kalau sedang ada ujian sekolah. 

Selama ini sih untuk belajar online yang berkaitan dengan pelajaran sekolah dilakukan ketika pulang sekolah atau malam hari. Sedangkan belajar menggambar dan bermain alat musik dilakukan di waktu luang atau sesudah mengerjakan semua tugas sekolah.


  • Cek Device dan Peralatan Belajar


Supaya kegiatan belajar online tepat bisa berjalan dengan baik, jangan lupa juga untuk mengecek device yang digunakan, misalnya butuh software atau alat lainnya. Belum lama ini anak-anak minta dibelikan sketch book untuk menggambar, berhubung biasa membeli secara online, saya pun langsung mencarinya di iPrice. Enaknya di sini kita bisa mencari berbagai produk yang dicari yang sedang online di berbagai marketplace sekaligus.


Beberapa anak memang cocok belajar secara online, tetapi ada juga yang memerlukan bantuan guru secara khusus. Apapun pilihannya asal dilakukan dengan happy dan nyaman sama saja, karena kebutuhan tiap anak berbeda dan tidak bisa dipaksakan selalu sama.

Selamat Hari Pendidikan.




28 comments

  1. Aa pinter dab rajin banget yaaa. Bakatnya memang gak jauh dari mempelajari sesuatu untuk ketrampilannya ya, Mbak.

    ReplyDelete
  2. Kemajuan teknologi nggak selamanya buruk ya, Mbak. Harus kita yang pintar-pintar memanfaatkannya utk kebaikan kita sendiri. Salah satunya yah untuk autodeduct ilmu-ilmu yang mau kita pelajari.

    ReplyDelete
  3. Contoh yang bagus untuk diterapkan bagi orang tua yang tak paham anaknya mesti ngapain jika belajar secara daring. Palung hanya butuh info untuk tugas sekolahnya seperti ngerjain PR yang kami tak punya bukunya. Belum merambah hal lain. Sudah saya ajak belajar gambar tapi tak minat. Mvngkin harus saya belikan alat musik juga agar seperti anak-anak Teteh, bisa main musik klasik. wah, saya harus nabung agar bisa belikan Palung pianika juga. Pencet-pencet asyik, he he. Soal belajar dia mah butuh bimbingan langsung. Nyaman interaksi dan bersosialisasi. Sekalian main dengan teman-teman di tempat les, dekat rumah, he he. Sayang saya belum bisa menyediakan sarana memadai seperti gawai. Semoga besok bisa beli tablet.

    ReplyDelete
  4. Mbak Lid konsen banget ya sama kemamouan anak-anak. Ini jadi contoh untukku. Mumpung anakku masih kecil.

    Sejak sekarang kuamati dulu dia sukanya ke arah mana. Semoga, kelak saat dia butuh aktualisasi diri lebih dari biasanya, kami ada rezeki untuk mendukungnya.

    ReplyDelete
  5. Asyik juga ya mba bisa beli barang terpercaya melalui iprice.
    Jadi punya banyak option buat milih-milih produk yang diinginkan.

    Dan emang sih, belajar online juga bisa banget dilakukan selama disiplin dan konsisten ya :)

    ReplyDelete
  6. kece amat Captain Marvel-nya. Kalau belajar sesuai minat dan dapat dukungan orang tua jadi makin lancar belajarnya, deh. Aku pun belajar via online seputar parenting, kan udah banyak MOOC yang gratis. Makin banyak referensi untuk belajar.

    ReplyDelete
  7. Setuju banget mba Lid, bahwa setiap anak memiliki caranya masing-masing untuk belajar, dan jangan memaksa anak belajar seperti maunya orangtua.. aku belajar dari pengalaman masa kecil, karena ngga ingin belajar karena dipaksa.. kita sebagai orangtua mencari apa yang menjadi potensi dan bakat anak, lalu mengarahkannya.

    ReplyDelete
  8. Aku jadi kepikiran anak2 ku nanti cocoknya belajar online apa gimana ya nanti hheheh , yang jelas harus siap ya mbak Lid sama pilihan , trus pendampingan juga. Makasih udah ulas ini. salam buat kk Paskal

    ReplyDelete
  9. Jangankan untuk pembelajaran anak, kuliah online pun sekarang udah banyak. Bahkan kita bisa ikut kuliah online antar negera, untuk skg sy jg masih mikir apa yg bagus utk anak nih mba mengingat dia msh 1 thn lbh hehe, tkx for sharing

    ReplyDelete
  10. Anak-anakku juga banyak pakai referensi dari internet, mulai dari menggambar, DIY sampai belajar bahasa Indonesia hehehe

    ReplyDelete
  11. Senengnya zaman sekaramg tuh belajar apapun jadi lebih mudah ya mba, tapi kudu lebih selektif juga memilah sumber. Btw, aku pernah pakai iPrice juga untuk membandingkan beberapa harga gadget hihi

    ReplyDelete
  12. Wahhh Pascal hebat, bisa langsung belajar secara online walau tanpa bimbingan khusus. Internet bila digunakan secara baik akan memberi hasil yang positif yaa, Mba :)

    ReplyDelete
  13. Aku juga termasuk tim orang tua yang ga melarang anak menggunakan gadget sih kak, selama dipakai untuk hal yanh bermanfaat ya kenapa ga kan...

    ReplyDelete
  14. Saya setuju banget dengan kalimat, kebutuhan tiap anak berbeda dan tidak bisa dipaksakan. Baru-baru ini saya berdiskusi juga dengan adik saya yang memilihkan sistem sekolah untuk anaknya sesuai dengan kebutuhan dan bakat anak. Menurutnya, lebih baik mendukung anam sesuai bakat dan kemampuan anak daripada memaksa anak belajar sesuatu yang bukan bidangnya.

    ReplyDelete
  15. Belajar jaman sekarang bisa dimana saja. Akan tetapi kenyamanan dan ketenangan juga di perlukan karena kalau bising ruangan bikin belajar online terganggu.


    Apalagi emak emak yang suka nyuruh anaknya ke warung. Bubar konsentrasi

    ReplyDelete
  16. Mendidik anak geberasi alpa memang susah susah gampang, sulit banget buat mereka terlepas dari gadget, tinggal kita yang harus pandai mengalihkan supaya mereka gak mengakses konten negatif ya

    ReplyDelete
  17. Anak2 laki2 ku generasi milineal banget minat n bakatnya ke yg online2 gitu deh..hehe..

    ReplyDelete
  18. Ternyata belajar online menyenangkan juga ya bagi anak-anak, seneng ya kalau anak-anak kak Lidya udsh keliatan hobi dan minatnya sejak kecil, orangtua tinggal mendukung, mereka pun nggak berasa belajar tapi melakukan hal yang mereka sukai

    ReplyDelete
  19. Iya ya, kalo dimanfaatkan dengan baik, ada banyak hal online yang bisa nambah pengetahuan dan nambah skill. Di Youtube tuh terutama. Akunya aja nih yang pemalas. Huhuhu... malu deh sama anak-anak.

    ReplyDelete
  20. Samaan banget mba Lid, aku juga belajar apa aja dari online
    dulu jaman jadi tkw di Hongkong belajar nulis juga via google hehehe
    tergantung niat dan keinginannya pasti insyaAllah bisa

    ReplyDelete
  21. Kak Lid..
    Aku suka musik-musik klasik.
    Hobi dengerin aja..ga bisa main alat musik, soalnya.

    Kalau cari refrensinya dimana kah?

    Keren banget anak sekarang yaa..
    Otodidak dan orangtua memfasilitasi.

    MashaAllah~

    ReplyDelete
  22. Kalau anak2 biasanya manfaatin gadget buat belajar bahasa Inggris mbak. Nanti kalau dah lancar baca kyknya aku ajrin ngetik aja wkwkwk. Emang yang penting kita awasin aja ya mbak...

    ReplyDelete
  23. Konsisten itu penting ya mbk apalagi pas belajar online kadang suka Bad mood.

    ReplyDelete
  24. Keren sekali nih para keponakan Bekasi ini, udah pada pinter belajar online sendiri. Anak2 sekarang memang canggih ya. kadang kitanya ga paham, eh mereka bisa nyari solusinya sendiri.
    Faris juga seneng loh belajar online : mencari hack utk solusi rubih dan hack2 game lainnya hahahaa... dasar tu bocah.

    ReplyDelete
  25. Selalu salut dan kagum ama Aa dan Ade.
    Mandiri gitu ya mereka, gak pake acara disuruh2 belajar segala malah mereka sendiri yg inisiatif yah.

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah sekarang makin banyak fasilitas belajar termasuk secara online ya.. semoga makin mendukung terwujudnya generasi muda yang berkualitas

    ReplyDelete
  27. contoh keren bagaiaman bersahabat dengan gadget, jadi orang tua di era sekarang memang baiknya mengajarkan anak bijak dan smart memakai gadget ya mba, bukannya melarang dengan saklek, malah anaknya sendiri yang rugi

    ReplyDelete
  28. Salah satu contoh yang positif dalam menggunakan gadget

    ReplyDelete