Uji Keberanian di Borneo Wild Adventure

Salah satu impian saya ingin mengunjungi Pulau Kalimantan adalah karena disana menyimpan banyak keindahan dan petualangan liar yang menakjubkan. Salah satu tempat yang ingin sekali saya kunjungi adalah Maratua. Apalagi sejak baca postingan Cumi Lebay yang berjudul MARATUA Lebih dari Sekedar Maladives, makin kuat keinginan saya berpetualang di sana.

Indonesia itu indah loh ternyata banyak tempat yang perlu di explore dan tidak kalah dengan objek wisata yang ada di luar, salah satunya ya Maratua ini. Terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Menurut teman saya Julia yang menetap di Berau, perjalanan menuju Maratua bisa lewat Tarakan sekitar 5 jam perjalanan laut. Jika lewat Berau melalui perjalanan darat ke Tanjung Baru kurang lebih 2 jam dan menyebrang sekitar 2--30 menit.


(Maratua pic milik Cummy )
Menurut Cumi Lebay, hamparan pasir putih dengan warna air laut hijau tosca menjadikan pemandangan yang indah memuat klepek-klepek. Wah saya mau juga dong ikutan klepek-klepek gitu :). Bukan cuma Cumi aja dong yang bisa menikmati keindahan Maratua, tapi saya juga bisa.

Yang saya tahu di Maratua memiliki biota laut yang sangat indah. Ingin deh mencoba diving untuk pertama kalinya disana. Ini tantangan besar untuk saya loh, yang agak takut dengan air laut tapi berani untuk memulai tantangan. Pasti bisa...pasti bisa kalau diberi kesempatan. Aamiin. Gimana gak tertarik coba,nanti saya akan melihat pemandangan bawah laut yang indah juga bisa melihat secara dekat terumbu karang, pastinya tetap menjaganya ya. Bertemu dan bersilaturahmi dengan ikan-ikan cantik di bawah laut sana hmmm sudah tidak sabar lagi rasanya saya ingin diving disana. Siapa tahu saja bisa bertemu dengan Nemo ikan badut yang cute itu loh.


Alasan Ingin Menguji Keberanian di Borneo Wild Adventure

Alasan saya yang paling utama adalah, selama ini dianggap wanita rumahan yang jauh sekali dengan alam, ini semata-mata belum ada kesempatan saja sih. Teman-teman menganggap saya terlalu lembut untuk mengikuti tantangan ini. Sama halnya ketika pertama kali saya naik flying fox kebanyakan underestimate tapi saya bisa membuktikan saya berani dan bisa.

Baca juga : 

Peta Kalimantan (pic source)

Kebetulan sekali nih Daihatsu dan viva.co.id sedang mengadakan kontes yang pemenangnya akan merasakan penjelajahan seru untuk melihat keindahan alam liar di Kalimantan. Ada 7 destinasi pada "Borneo Wild Adventure" yaitu :
  1. Palangkaraya. Belum pernah menginjakan kaki di Pulau Kalimantan. Di Palangkaraya saya ingin melihat secara dekat kehidupan orang utan. Di sini ada rehabilitasi dan perawatan bagi orang utan yang terusir. Jangan sampai punah deh Orang utan ini.
  2. Di Kruing ingin mencicipi wisata kulinernya, katanya duriannya enak. Dan saya penasaran dengan makan di rumah makan Lontong Orari yang terkenal di Banjarmasin itu. Kalau biasanya kita menikmati lontong yang berbentuk panjang, di sana lontong disajikan dalam bentuk segitiga.
  3. Pulau Kaget dan Kandangan. Bagaimana ya rasanya berada di hutan anggrek, pastinya saya akan takjub dengan kebesaran Allah tentang flora yang biasa hidup menumpang pada tumbuhan lain ini. Saya harap keberadaan hutan anggrek ini tidak punah.
  4. Amuntai dan Balikpapan. Saya yang tinggal di kota penyanggah Jakarta tentu saja jarang bahkan hampir tidak pernah melihat kerbau berkeliaran. Di Amuntai katanya kita akan melihat kerbau rawa atau kerbau air yang hidup bebas. Kita juga akan melihat penangkaran buaya teritip katanya ini mempunyai buaya paling banyak di sana.
  5. Samarinda. Kita akan di bawa ke desa Pampam Dayah Kenyah, ini merupakan kawasan wisata budaya yang juga dijadikan sebagai kawasan cagar budaya suku Dayak
  6. Tn. Kutai. Disini kita akan melihat daerah yang terkenal dengan kayu ulin yang biasa dipergunakan sebagai bahan bangunan. Bagi orang awam seperti saya kesempatan baik untuk mengenal lebih dekat pohon kayu ulin ini. Pohon kayu ulin ini juga dijadikan habitan orangutan. Dengan menjaga kelestarian pohon ulin ini juga bisa mempertahankan air tanah sehingga tidak menimbulkan banjir dan longsor.
  7. Maratua. Seperti yang saya tulis diatas, pingin sekali melihat hamparan pasir putih dan air laut yang jernih dan melihat penyu-penyu yang berkeliaran.

Post a Comment

17 Comments

  1. Waah, aku jg blm pernah ke Borneo nih, pingiin... Ikoot mba Lid

    ReplyDelete
  2. 'Teman-teman menganggap saya terlalu lembut untuk mengikuti tantangan ini.'

    Duh kalo ampe kepilih, ini bakalan keren bangeeet. Aku aminin banget yaaa. AMIIIIIN :D

    ReplyDelete
  3. Nanti aku diajak ya mbak kalo menang... aku juga ngidam berat pengen ke maratua

    ReplyDelete
  4. Tanah Borneo memang indah Mba Lidya. Jadi kangen sama suasana pantai dan birunya langit di sana. Keren tulisannya, semoga menang ya!

    ReplyDelete
  5. Iyaaa..memang kamu terlalu lembut Lia. Justru yg lembut2 begini ini yg dibutuhkan oleh Borneo. Berangkaaatttt....

    ReplyDelete
  6. kaya'y seru nih jln2 ke borneo,smg menang ya mak :)

    ReplyDelete
  7. Aaah, aku juga mupeng. Apalagi kalau ditantang nyetir sendiri, wuaaah ... pengiiin. Btw, Lidya memang lembut banget. Aku aja yang nyetir ya. Hahaha ... good luck ya, say. :)

    ReplyDelete
  8. Orin jg berani flying fox Teh, jadi nanti ajakin ya ke Borneo hihihihi

    ReplyDelete
  9. semoga menang mba
    kemaren mau ikutan, tp karena harua ikut gathring kalo ke pilih jadi finalis makanya ga jadi

    ReplyDelete
  10. ke borneo cuma ke balikpapan sama samarinda,, huwaaa pengin juga ke palangkaraya :)

    ReplyDelete
  11. Borneo keren...jadi kepengen adventure kesana

    ReplyDelete
  12. cantiiiik tempatnyaaa....pasti betah di sana deeh mak :)

    ReplyDelete
  13. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Uji Keberanian di Borneo Wild Adventure
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)