3 Ide Olahan Nasi Sisa Yang Lezat dan Praktis

3 Ide Olahan Nasi Sisa Yang Lezat dan Praktis. Pernah gak masak nasi terlalu banyak, lalu masih ada sisa? Kalau saya sih pernah, biasanya karena anak-anak minta dibuatkan atau beli makanan lain, jadilah nasi yang dimasak gak habis. Nasi sisa ini jangan dibuang karena masih bisa dimanfaatkan menjadi makanan yang lezat. Yang paling penting nasinya belum basi dan jangka waktu memasaknya juga belum berhari-hari. Ada yang mau berbagi ide olahan nasi sisa yang lezat dan praktis bisa dibuat dirumah dan dinikmati bersama keluarga? Berikut olahan nasi yang biasa saya buat di rumah

Olahan Nasi Sisa



Kalau dalam bentuk nasi putih saja, kadang anak-anak juga bosan makannya apalagi itu nasi sisa. Makanya saya harus membuat nasi sisa itu terlihat lebih menarik dengan mengolah kembali nasi tersebut sehingga menjadi makanan yang lezat. Dari pengalaman saya selama ini memanfaatkan nasi sisa yang diolah kembali, hasilnya nasi tersebut akan habis tanpa sisa.

Berikut ini beberapa makanan yang enak terbuat dari nasi sisa yang sering dibuat di rumah.


Nasi Goreng atau Nasi Panggang

Paling sering memanfaatkan nasi sisa dengan membuat nasi goreng, ini sih paling praktis banget apalagi kalau sudah sedia bumbu instan atau menyetok bumbu dasar di kulkas. Tinggal sreng-sreng jadi deh nasi goreng tinggal ditambah topping saja seperti telur, bakso, atau bahan lainnya yang sudah tersedia di rumah. 

Kalau bosan makan nasi goreng, nasinya tinggal dicampur saja pakai butter atau mentega lalu dikasih keju mozarella atau melted di atasnya kemudian dipanggang, Hmmmm ini juga rasanya lezat sekali, kalian harus cobain deh.


Onigiri


Buat penggemar makanan Jepang pasti udah gak asing lagi dong dengan onigiri yaitu nasi yang dipadatkan dan dibentuk bisa berupa segitiga , bulat atau bentuk lainnya. Kalau menurut saya, onigiri ini praktis dimakan dan bisa dibawa dalam perjalanan.

Membuatnya juga gampang kok, tinggal siapkan rumput laut aja, untuk membungkus nasi. Sedangkan untuk isiannya bisa disesuaikan dengan ketersediaan bahan makanan yang ada di rumah. Tanpa isian pun anak-anak menyukainya karena ada rasa gurih dari rumput lautnya.


Rujak Cireng Nasi


Ada yang tahu makanan cireng? Ini sih salah satu makanan kesukaan saya nih, singkatan aci digoreng. Makanan khas dari Sunda ini memang lezat dan cocok di lidah saya. Kalau biasanya cireng terbuat dari aci atau tapioka, gimana kalau coreng terbuat dari nasi?

rujak cireng nasi



Nasi sisa bisa juga dibuat jadi cireng lho, caranya juga gampang banget, cukup menyiapkan Kobe Tepung Bumbu Putih saja.

Kobe sebagai tepung bumbu pertama di Indonesia ini sudah dikenal sebagai Ahlinya Tepung Bumbu dan mengawali produksinya pada tahun 1979 di Semarang.

Membuat cireng nasi pakai Kobe Tepung Bumbu Putih hasilnya lebih krispi dan tebal, selain itu dalamnya juga terasa juicy karena tepungnya berbentuk kristal dengan butiran tepung renyah. Kobe Tepung Bumbu Putih ini juga gluten free dan tanpa campuran pengawet serta bahan pewarna sehingga aman dikonsumsi.

Berikut ini cara membuat Cireng Nasi Kobe yang bisa kalian praktikkan di rumah.

Bahan-bahan:
  • 200 gram nasi putih
  • 100 ml air 
  • 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih 75 gr
  • Daun bawang diiris 
  • Minyak Goreng Secukupnya

Cara Membuat Cireng Nasi Kobe
Aduk semua bahan tersebut hingga merata. Lalu panaskan minyak dalam wajan dan ambil setengah sendok makanan adonan yang sudah tercampur rata kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan.

Begini saja rasanya sudah maknyus banget kalau Pak Bondan bilang. Tapi buat kalian yang menginginkan makan Cireng Nasi Kobe menggunakan cocolan bumbu rujak bisa membuatnya sendiri dengan cara yang mudah.

Bahan bumbu rujak :
  • 1 sendok makan kacang tanah digoreng
  • 100 gr gula merah
  • Terasi secukupnya
  • 50 ml air hangat
  • 1 sachet BonCabe Level 10 rasa Original
  • 1 sendok makan air asam

Cara membuat bumbu rujak:

Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi dan air hangat kemudian tuangkan BonCabe dan dicampur dengan air asam. Setelah diaduk merata cocolan cireng pun sudah siap dimakan.

kobe tepung bumbu putih



Gak nyangka kan kalau dari nasi sisa bisa diolah jadi Cireng Nasi Kobe yang lezat banget dan dibuat dengan praktis. Bakal jadi camilan favorit di rumah nih.




Post a Comment

0 Comments