3 Ide Olahan Nasi Sisa Yang Lezat dan Praktis

3 Ide Olahan Nasi Sisa Yang Lezat dan Praktis. Pernah gak masak nasi terlalu banyak, lalu masih ada sisa? Kalau saya sih pernah, biasanya karena anak-anak minta dibuatkan atau beli makanan lain, jadilah nasi yang dimasak gak habis. Nasi sisa ini jangan dibuang karena masih bisa dimanfaatkan menjadi makanan yang lezat. Yang paling penting nasinya belum basi dan jangka waktu memasaknya juga belum berhari-hari. Ada yang mau berbagi ide olahan nasi sisa yang lezat dan praktis bisa dibuat dirumah dan dinikmati bersama keluarga? Berikut olahan nasi yang biasa saya buat di rumah

Olahan Nasi Sisa



Kalau dalam bentuk nasi putih saja, kadang anak-anak juga bosan makannya apalagi itu nasi sisa. Makanya saya harus membuat nasi sisa itu terlihat lebih menarik dengan mengolah kembali nasi tersebut sehingga menjadi makanan yang lezat. Dari pengalaman saya selama ini memanfaatkan nasi sisa yang diolah kembali, hasilnya nasi tersebut akan habis tanpa sisa.

Berikut ini beberapa makanan yang enak terbuat dari nasi sisa yang sering dibuat di rumah.


Nasi Goreng atau Nasi Panggang

Paling sering memanfaatkan nasi sisa dengan membuat nasi goreng, ini sih paling praktis banget apalagi kalau sudah sedia bumbu instan atau menyetok bumbu dasar di kulkas. Tinggal sreng-sreng jadi deh nasi goreng tinggal ditambah topping saja seperti telur, bakso, atau bahan lainnya yang sudah tersedia di rumah. 

Kalau bosan makan nasi goreng, nasinya tinggal dicampur saja pakai butter atau mentega lalu dikasih keju mozarella atau melted di atasnya kemudian dipanggang, Hmmmm ini juga rasanya lezat sekali, kalian harus cobain deh.


Onigiri


Buat penggemar makanan Jepang pasti udah gak asing lagi dong dengan onigiri yaitu nasi yang dipadatkan dan dibentuk bisa berupa segitiga , bulat atau bentuk lainnya. Kalau menurut saya, onigiri ini praktis dimakan dan bisa dibawa dalam perjalanan.

Membuatnya juga gampang kok, tinggal siapkan rumput laut aja, untuk membungkus nasi. Sedangkan untuk isiannya bisa disesuaikan dengan ketersediaan bahan makanan yang ada di rumah. Tanpa isian pun anak-anak menyukainya karena ada rasa gurih dari rumput lautnya.


Rujak Cireng Nasi


Ada yang tahu makanan cireng? Ini sih salah satu makanan kesukaan saya nih, singkatan aci digoreng. Makanan khas dari Sunda ini memang lezat dan cocok di lidah saya. Kalau biasanya cireng terbuat dari aci atau tapioka, gimana kalau coreng terbuat dari nasi?

rujak cireng nasi



Nasi sisa bisa juga dibuat jadi cireng lho, caranya juga gampang banget, cukup menyiapkan Kobe Tepung Bumbu Putih saja.

Kobe sebagai tepung bumbu pertama di Indonesia ini sudah dikenal sebagai Ahlinya Tepung Bumbu dan mengawali produksinya pada tahun 1979 di Semarang.

Membuat cireng nasi pakai Kobe Tepung Bumbu Putih hasilnya lebih krispi dan tebal, selain itu dalamnya juga terasa juicy karena tepungnya berbentuk kristal dengan butiran tepung renyah. Kobe Tepung Bumbu Putih ini juga gluten free dan tanpa campuran pengawet serta bahan pewarna sehingga aman dikonsumsi.

Berikut ini cara membuat Cireng Nasi Kobe yang bisa kalian praktikkan di rumah.

Bahan-bahan:
  • 200 gram nasi putih
  • 100 ml air 
  • 1 bungkus Kobe Tepung Bumbu Putih 75 gr
  • Daun bawang diiris 
  • Minyak Goreng Secukupnya

Cara Membuat Cireng Nasi Kobe
Aduk semua bahan tersebut hingga merata. Lalu panaskan minyak dalam wajan dan ambil setengah sendok makanan adonan yang sudah tercampur rata kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan.

Begini saja rasanya sudah maknyus banget kalau Pak Bondan bilang. Tapi buat kalian yang menginginkan makan Cireng Nasi Kobe menggunakan cocolan bumbu rujak bisa membuatnya sendiri dengan cara yang mudah.

Bahan bumbu rujak :
  • 1 sendok makan kacang tanah digoreng
  • 100 gr gula merah
  • Terasi secukupnya
  • 50 ml air hangat
  • 1 sachet BonCabe Level 10 rasa Original
  • 1 sendok makan air asam

Cara membuat bumbu rujak:

Haluskan kacang tanah, gula merah, terasi dan air hangat kemudian tuangkan BonCabe dan dicampur dengan air asam. Setelah diaduk merata cocolan cireng pun sudah siap dimakan.

kobe tepung bumbu putih



Gak nyangka kan kalau dari nasi sisa bisa diolah jadi Cireng Nasi Kobe yang lezat banget dan dibuat dengan praktis. Bakal jadi camilan favorit di rumah nih.




Post a Comment

24 Comments

  1. Nah rujak cireng itu aku sering bikin juga mbaaa
    endeus banget dah, apalagi klo pakai tepung bumbu ciamik ini
    makin enaaakk maemnya ye kan.

    ReplyDelete
  2. Kobe ini sudah lama banget ada ya ...seingat saya masih SMP atau SMA .. tahun 90-an awal sudah ada. Dan memang lezaat.

    ReplyDelete
  3. Cireng dari nasi putih? aku belum pernah merasakannya. Pasti lebih gurih dan enak ya apalagi olahannya ditambahkan Kobe Tepung Bumbu Putih. Aku juga dirumah pake tepung ini untuk olahan makanan, rasanya nikmat sekali euy

    ReplyDelete
  4. Naah bener banget nih MbaLid, aku suka bikin nasi cireng ini, simple tapi enak buat cemilan apalagi kalo dicocolin ke sambal kacang/ rujak. Nah tar mo nyobain pake sambal rujak nih belom pernah.
    Trus suka juga bikin Pizza nasi/Nasi Dog (nasi dan endog) tinggal pake toping saos.
    Duh, apalagi sekarang puasa, suka banyak sisa nasi , sayang..

    ReplyDelete
  5. Nasi sayang kalau di buang untung emak-emak kreatif bikin masakan dari tepung kobe

    ReplyDelete
  6. Wah, asli gak kepikiran lho nasi bekas diolah jadi cireng pake tepung kobe lho mbak. Aku paling banter dibikin nasi goreng atau kayak nasi omelete gitu lho, kayak telor dadar tapi isinya nasi bekas.

    Boleh juga nih nanti dicoba resepnya di rumah hehe

    ReplyDelete
  7. nasi sisa emang sayang kalo ga diolah lagi. bisi mubazir :D
    semuanya aku udah coba. kecuali nasi panggang pake keju. kalo dalemnya sekalian dicampur bakso n sosis kayaknya enak nihh

    ReplyDelete
  8. Rujak cireng nasi ini aku baru tau loh mak Lid, wah ternyata bisa dijadikan cireng juga ya? Kalau bikin nasi goreng atau onigiri sudah pernah, boleh nih dicoba nanti resepnya.

    ReplyDelete
  9. Jadi solusi kalau punya sisa nasi, pakai Kobe Tepung Bumbu Putih saja deh ya, bisa dibikini Cireng nasi Kobe. Anak-anak doyan banget nih cireng, mantap pakai sambal rujak

    ReplyDelete
  10. Saya juga gitu sih kalau ada nasi sisa dibuat seperti menu yang ada di artikel ini dan kalau lagi nggak ada aktivitas biasanya saya bikin krupuk dari nasi. Krupuk nasi ini biasanya didaerah saya menyebutnya krupuk puli nah ini bisa dijadikan buat temen makan dan juga bisa dinikmati sambil nonton tv.

    ReplyDelete
  11. Kenapa nggak kepikiran buat onigiri dan kreasi makan mba Lidya ya. Suamiku yang paling sering bikin olahan nasi sisa dan selama ini paling sering memang nasi goreng. Hehhee

    ReplyDelete
  12. Lezatnyaa~
    Olahan nasi putih doank memang sering bikin gak pingin makan, apalagi kalau lauknya itu-itu aja..
    Kreasi Cireng Nasi Kobe bisa dicoba.. Kreatif banget, kak Lia.
    Jadi tinggal tambahin cocolan yaa..

    ReplyDelete
  13. Wah baru tahu aku Mbak, nasi sisa bisa dijadikan cireng juga ya dengan tepung bumbu Kobe rasanya pasti endeus ya lebih mudah dibuatnya daripada pakai aci...

    ReplyDelete
  14. Cireng nasi andalanku juga nih kalau ada sisa nasi.. Dan emang yang paling pas pake tepung KOBE putih ini ya..rasanya jadi cireng banget

    ReplyDelete
  15. Cireng nasi kobe, favorite saya nih. Kalau ada nasi sisa anak tuh happy soalnya saya suka buatkan cireng kobe ini. cocolin saus nambah enak.

    ReplyDelete
  16. Iya, nasi sisa semalam KLO buat sarapan enaknya dibuat nasi goreng
    KLO buat camilan enaknya ya bikin cireng nasi ya mbak

    ReplyDelete
  17. Waah tepung bumbu kobe bisa juga yaa untuk membuat cireng, saya sukanya buat lapisan tempe mak sejak jaman SMa dulu. Kobe sudah lama banget ada sekarang banyak variannya

    ReplyDelete
  18. Wah,, ternyata bisa juga sisa nasi dibikin cireng dengan tepung Kobe. Mantul banget nih. Bakal juga jadi cemilan favorit keluarga nih

    ReplyDelete
  19. Sama mbak, aku juga nasi sisa suka dijadiin nasi goreng. Tapi belum pernah bikin cireng pakai nasi bekas, kayaknya enak ya dan mudah. Makasih resepnya mbak.

    ReplyDelete
  20. kalau di sini ada mbak nasi kering namanya cangkarok. ya menang buat dimakan gitu digoreng. sebelumnya dijemur sampai kering. khas orang2 sini cangkarok

    ReplyDelete
  21. Aduh ini favoritku banget. Memanfaatkan nasi sisa hahaha. Maklum emak penyayang sayang kalau ada makanan sisa hahaha. Save ah resep cirengnya

    ReplyDelete
  22. Paling sering tuh saya pakai bikin nasi goreng. Kalau sama ibu, dijemur, terus digoreng deh nanti, jadi crunchy gitu. Buat camilan. Nah, saya penasaran nih sama olahan rujak cireng nasi di atas. Kapan-kapan coba ah, .... di rumah Mbak Lidya tapi wkwkwk

    ReplyDelete
  23. Asli baru tahu kalau nasi sisa bisa jadi rujak cireng. Pasti enak banget tuh, lembut2 melar di dalam, kriuk-kriuk di luar. Apalagi kalau sambalnya pas manis pedesnya. Makin endes dah.

    ReplyDelete
  24. Jaman dulu nasi sisa ingetnya cuma dibuat kerupuk Puli pake borax. Wkwkwkwk.

    Pengen nyobain cireng bumbu rujak kayaknya cocok untuk cemilan buka puasa.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)