BloggerDay 2022 Perayaan HUT Ke-7

BloggerDay 2022 Perayaan HUT Ke-7 Bloggercrony ada keseruan apa saja? Event yang sudah direncanakan matang oleh komunitas BCC untuk para membernya ini berlangsung melalui aplikasi Zoom 27 Februari 2022 lalu. Apakah teman-teman termasuk dari 100 orang yang beruntung mengikuti acara ulang tahun komunitas ini? Kalau tidak masuk di dalamnya, gak usah khawatir karena saya akan menceritakannya lewat tulisan pada postingan ini. 

BloggerDay 2022 Perayaan HUT Ke-7




Mengenal Komunitas Bloggercrony Community


Sejak awal saya menuliskan tentang BCC, apa sih sebenarnya BCC?

BCC merupakan kependekan dari Bloggercrony Community yang saat ini sedang berulang tahun ke-7. Angka 7 memang sudah seharusnya sebuah komunitas makin berkembang dan memberikan banyak manfaat pada membernya. Ya, itulah yang diberikan oleh Bloggercrony pada membernya selama ini.

Bloggerday 2022 kali ini masih dirayakan dalam suasana pandemi yang masih berlangsung sehingga event pun harus dilaksanakan secara hybrid yaitu offline dan online. Jauh hari sebelum hari H, para pengurus BCC sudah menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan event penting ini. 

Oh ya, buat teman-teman yang belum mengenal BCC harus berkenalan dulu nih siapa sih founder dan co-founder komunitas blogger yang satu ini. Pada event virtual itulah mbak Wardah Fajri atau sering dipanggil dengan Mbak Wawa selaku founder dan Mas Satto Raji sebagai co-founder sekaligus suami dari Mbak Wawa mengenalkan tentang BCC dan menginformasikan program-program yang ada pada komunitasnya.

bloggerday 2022



FYI aja kalau Bloggercrony ini ternyata sudah terdaftar di Kemenkumham lho pada tahun 2018 lalu sebagai perkumpulan dan mempunyai akta notaris. Bloggercrony juga punya kode etik bagi anggota dan pengurusnya serta ada AD/ARTnya sendiri.

Di antara 100 peserta BloggerDay 2022 ini pasti sebagian sudah ada yang mengikuti program dari Bloggercrony. Jadi, ada 4 program utama Bloggercrony yang terus dijalankan dan dikembangkan oleh komunitas tersebut yaitu:
  • Bloggercare - Program yang dikhususkan untuk saling berbagi terhadap makhluk sosial. Di sini Bloggercrony menampung partisipasi teman-teman lewat dana yang dikumpulkan untuk kepedulian terhadap bencana maupun untuk teman-teman blogger yang terkena musibah.
  • Blogger Hang Out - Program ini cocok untuk member yang ingin mengembangkan diri terutama sebagai blogger yang ingin meningkatkan skillnya. Bloggercrony menyiapkan berbagai workshop gratis untuk anggotanya.
  • Bloggerview - Bloggercrony juga membuka kesempatan untuk blogger dalam bekerjasama dan menghasilkan uang lewat banyak brand. Untuk kita kita pun harus bisa menghasilkan konten yang berkualitas.
  • Bloggerpreneur - Bloggercrony juga ingin mengangkat pelaku UMKM terutama untuk membernya. Dengan adanya fasilitas yang diberikan untuk para UMKM diharapkan bisa mengembangkan usahanya dan mempromosikannya.

Buat saya ini adalah kali kedua mengikuti event virtual bersama Bloggercrony. Yang pertama adalah ketika awal pandemi berlangsung. Waktu itu Bloggercrony mengadakan perayaan 17-an online via zoom juga. Meskipun hari kemerdekaan Republik Indonesia dirayakan secara virtual tapi keseruannya tidak kalah dengan event offline kok, apalagi kami juga kangen dengan perlombaan yang biasa dilakukan di hari kemerdekaan.

Beberapa kali Bloggercrony mengadakan acara HUT, saya selalu melewatkannya karena bentrok dengan kegiatan saya yang lain. Baru kali ini mencoba mendaftar dan mengikuti perayaan ulang tahun Bloggercrony. Karena pengalaman yang membekas saat mengikuti perayaan kemerdekaan online itulah saya mendaftar event BloggerDay 2022 kali ini dan Alhamdulillah terpilih.


Ada Rasa Yang Tertinggal di BloggerDay 2022 


Ayoooo, pada penasaran dengan BloggerDay 2022 ya? Rasanya gimana sih ikutan acara ulang tahun Bloggercrony ini?

100 peserta terpilih mendapatkan hak yang sama di perayaan BloggerDay 2022 kali ini yaitu mendapatkan hadiah, souvenir, dan ilmu.

Sponsor Pendukung Kasih Kebahagiaan Untuk Peserta


Sejak awal acara dimulai, sudah ada bagi-bagi hadiah nih. Menurut kalian gimana rasanya dapat hadiah? hehehe jawab sendiri sudah tau kan jawabannya. Sebelum acara vortual dimulai kami ada kompetisi posting Instagram feed, nah disinilah informasi pemenangnya diumumkan. Tenang aja, untuk peserta lainnya juga kebagian hadiah juga kok ada yang berupa e-money dan produk UMKM.

sebagai sponsor pendukung BloggerDay 2022 yang memproduksi souvenir dan kaos BCC Squad untuk selebrasi virtual 7th Komunitas Bloggercrony Indonesia.

Selain hadiah yang diberikan saat acara, peserta juga dikirimkan souvenir dari Cera Production sebagai sponsor pendukung BloggerDay 2022 berupa pin dan sticker.  Cera Production ini juga yang memproduksi kaos BCC Squad yang gambar Bloggercrony selebrasi virtual 7th Komunitas Bloggercrony Indonesia. Gak salah memang dengan hadiah yang diberikan karena Cera Production adalah perusahaan yang memberikan layanan produksi untuk instansi dan kantor swasta dengan memproduksi Premium Gift Set, Souvenir kantorseminar kit kantor, seragam kerja dan kebutuhan percetakan. Sudah lebih dari 10 tahun produk Cera Production dipercaya oleh lebih dari 350 kantor dan kantornya ada di 13 kota di Indonesia.

Cera Production



Tingkatkan Skill Lewat BloggerDay 2022


#ScaleUpYourSkill adalah tema dari BloggerDay 2022 kali ini. Rangkaian #7thBloggercrony tahun ini juga diisi dengan materi yang bermanfaat untuk para peserta.

#ScaleUpYourSkill



1. Metaverse


Sesi pertama ini membahas tentang Metaverse di mana materinya dibawakan oleh Mas Tunu Nugraha dan Mas Anwar Natari.

Saat ini dunia mulai memasuki Metaverse, nah sebagai blogger juga harus bersiap. Memang sih hidup di dunia Metaverse itu ada potensi risiko yang terjadi apalagi semua orang bisa berinteraksi tanpa harus belajar banyak bahasa sebagaimana di kehidupan nyata. Mau ngobrol dengan orang lain yang berasal dari negara lain secara otomatis di dunia Metaverse bahasanya akan ditransfer oleh AI Artificial Intelligence.

Di dalam Metaverse seseorang itu bisa menjadi dirinya yang lain tanpa harus malu, namun potensi kriminal juga ada di dalamnya. Maka dari itu kita harus memperhatikan tantangan yang ada di dunia Metaverse antara lain:
Budaya yang berbeda akan kita hadapi karena penghuninya berasal dari banyak negara
Harus berhati-hati dengan segala informasi karena semuanya tersimpan pada blockchain dan informasi tersebut bisa terekam selamanya.

Di balik risiko yang ada dari Metaverse ternyata juga memiliki potensi yang berdampak positif juga kok seperti kita bisa saling berinteraksi dengan orang di dunia menggunakan AI. Sebagai blogger kita juga bisa belajar lebih kreatif untuk membuat tulisan yang lebih story telling untuk bisa membangun metaverse yang baik.



2. Pilih Menulis Blog Organik Atau Monetizing?


Tidak bisa dipungkiri kalau blogger saat ini juga sudah bisa menghasilkan makanya pembahasan sesi kedua ini juga menarik sekali. Memang pilihan masing-masing blogger mau menulis organik atau monetizing.

Ada Mas MT atau Matahari Timoer yang memberikan pandangannya mengenai artikel organik yang sering dibuat oleh beliau. Sejak dulu mas MT ini juga rajin sekali mengikuti berbagai lomba blog. Sejak tahun 2003 beliau menulis blog di cybersastra.net. Bukan hanya menulis blog saja yang digeluti oleh mas MT tapi juga aktif menulis buku.

Sedangkan Joe Chandra memaparkan tentang monetizing blog dari kacamata dan pengalamannya selama ini mendapatkan penghasilan dari blog.

Keduanya memberikan pandangannya dan keputusannya pastinya diserahkan pada blogger masing-masing dan sama-sama selalu membuat konten menarik untuk menciptakan peluang.

3. Pentingnya Memiliki Growth Mindset


Di sesi terakhir ada mbak Tsurayya Syarif yang memberikan materi tentang pengembangan diri yaitu tentang growth mindset.

Nah, mbak Tsurayya Syarif  di sini mengatakan sebagai blogger kita harus punya minat dan bakat. Apakah minat dan bakat tersebut sudah terasah di masa pandemi?

Sebagai blogger punya pilihan untuk menjadi blogger monetizing atau tidak. Jika ya maka harus mulai belajar financial management untuk blogger.  

Di sinilah kita sebagai blogger penting untuk terus mengembangkan diri dan mempunyai growth mindset supaya bisa beradaptasi terhadap perubahan zaman. Banyak pekerjaan atau skill yang zaman dulu tidak ada, tapi di saat ini menjadi pekerjaan.

Kita mau jadi prang yang mempunyai growth mindset atau fixed mindset? Silakan ditentukan sendiri ingin melihat situasi dan perubahan itu sebagai tantangan atau tetap seperti semula tidak mau ikut berkembang.


Pesta Tak Meriah Tanpa Hiburan


Sebuah pesta sepertinya tidak meriah tanpa ada hiburan. Unik juga nih perayaan HUT ke-7 Bloggercrony yang menampilkan hiburan. Ada Uwan dan Melly yang bernyanyi duet untuk menghibur kami para peserta BloggerDay 2022. Beberapa lagu dinyanyikan oleh mereka termasuk lagu koplo.

Selama 5 jam kurang lebih virtual event BloggerDay 2022 akhirnya selesai juga. Semoga next event gak kalah meriah lagi dan dipenuhi hadiah yang menarik untuk semua pesertanya. 



Post a Comment

0 Comments