Trip 3 Provinsi Dalam Satu Bulan di Masa Pandemi

Suatu pagi di bandara Soetta, akhirnya bisa menginjakkan kaki lagi di bandara dan naik pesawat setelah 2 tahun lamanya. Gak terbayang sebelumnya di masa pandemi ini bisa kembali traveling. Terakhir traveling November 2019 ke Belitung sebelum pandemi. Bulan November bisa trip 3 provinsi dalam satu bulan adalah hal yang tidak terduga buat saya. 

Trip 3 Provinsi Dalam Satu Bulan





Siapa sih yang gak kepingin liburan dan jalan-jalan apalagi setelah 2 tahun ini aktivitas hanya di rumah saja walaupun keluar rumah ada rasa was-was karena pandemi belum berakhir. Mungkin ini sudah takdir atau jalannya, saya diberikan kesempatan untuk bisa jalan-jalan sekaligus 3 lokasi dalam satu bulan. Karena kondisi sudah terkendali, makanya memberanikan diri untuk menerima ajakan traveling tersebut. Syarat utama untuk bepergian saat itu adalah sudah melakukan vaksin dan tes PCR, Alhamdulillah semua lancar.


Trip 3 provinsi



Kembali ke Lampung Untuk Lampung Familiarization Trip 2021


Lampung Familiarization Trip 2021 ini merupakan bagian dari ajang tahunan Lampung Krakatau Festival 2021 yang biasa diselenggarakan oleh pemerintah Kota Lampung.

Meskipun sudah beberapa kali ke Lampung, rasanya kok saya ingin kembali lagi apalagi pada trip kali ini ada beberapa lokasi budaya dan sejarah yang menarik dan belum pernah saya kunjungi. Salah satunya adalah berkunjung ke Lamban Gedung Kuning yaitu rumah adat budaya Lampung yang didirikan oleh Irjen Pol DR.Hi. Ike Edwin, SIK, SH, MH. Di tempat ini saya bisa melihat langsung tentang sejarah dan kebudayaan Lampung secara lebih dekat. Uniknya waktu kami datang disambut bak tamu kerajaan dengan diiringi tari-tarian .

Saya juga berkesempatan untuk berkunjung ke penangkaran lebah untuk melihat bagaimana proses madu terbuat. Bisa mengetahui ragam motif batik khas Kota dan Kabupaten di Lampung yang penuh warna. Dan yang terakhir pastinya ke laut di Pulau Pahawang. Rasanya kurang afdol kalau ke Lampung tanpa snorkeling dan bermain-main di lautan.


Jelajah Tulungagung Yang Tak Terlupakan


2 hari tiba dari Lampung, saya pun lanjut trip lagi ke Tulungagung untuk mengikuti event Travel Video Competition 2021 - Capture The Spirit of Tulungagung.

Ini adalah kali pertama saya menginjakkan kaki di kota belahan Jawa Timur. Banyak pengalaman menarik dan unik saya rasakan di sini. Bukan hanya tempatnya saja yang bisa membuat kami yang hadir terkesima, tapi sambutan dari para panitia yang begitu hangat dan humble membuat kami betah dan ingin kembali lagi ke sana. Mereka bilang Tulungagung itu buka tempat untuk singgah tapi tempat untuk pulang. Pantas saja kalau ingin kembali lagi ke sana untuk menjelajah lokasi lainnya.

Saya menggunakan kereta api jarak jauh dalam melakukan perjalanan menuju Tulungagung. Sudah lama juga saya tidak naik kereta api jarak jauh.

Banyak momen tak terlupakan selama di Tulungagung yang saya rasakan. Bisa camping di gunung dan pantai ini merupakan pengalaman pertama. Perjalanan menuju gunung yang harus dilalui dengan pendakian seru sekali. Perjalanan camping ke pantai yang harus dilalui dengan naik perahu di laut Selatan juga tak terlupakan.

Segala lelah terbayar semua dengan kebahagiaan selama traveling, meskipun kami juga harus mengambil gambar sebagai tugas yang harus diselesaikan.


Silaturahmi Keluarga ke Semarang


Di bulan yang sama juga, kami memutuskan untuk mudik ke Semarang bertemu dengan mertua serta keluarga lain. Terakhir ke Semarang tepat 1 tahun lalu juga di bulan November. Perjalanan ke Semarang ini memang mendadak dan tanpa rencana sebelumnya.

Karena momennya pas, anak-anak belum mulai ujian dan kondisi pandemi juga masih dibilang aman makanya kami memutuskan untuk silaturahmi terlebih dahulu. Kalau harus menunggu liburan anak-anak dari sekolah khawatir ada PPKM lagi. Perjalanan ke Semarang kali ini menggunakan kendaraan pribadi, jadi bisa lebih santai dalan perjalanan dan gak bertemu dengan banyak orang serta gak harus melakukan antigen maupun PCR.

Selama kami di Semarang, gak banyak bepergian untuk jalan-jalan hanya fokus di keluarga saja. Tapi saya sempatkan waktu untuk olahraga lari di pagi hari di GOR Tri Lomba Juang. Lumayanlah bisa ada catatan di strava pernah berlari di Semarang. Niatnya ingin wisata sepeda juga di Semarang, tapi tidak terlaksana.


Trip Aman Selama Pandemi

Trip 3 provinsi dalam satu bulan selama pandemi harus taat dengan aturan yang ada. Berikut ini persiapan yang harus dipenuhi ketika traveling di saat pandemi.

Patuhi Protokol Kesehatan


Memang gak ada larangan untuk traveling selama pandemi belakangan ini asalkan memenuhi protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker menjaga jarak dan sudah melakukan vaksin lengkap.

Untuk perjalanan darat maupun laut ada syarat lain yang harus dipenuhi yaitu membawa surat pernyataan negatif dari virus covid-19 baik itu melalui antigen maupun PCR. syukurlah harga tes ini sekarang sudah turun harga dan lebih terjangkau.


Smartphone Yang Dilengkapi Dengan Mobile Internet


Ke mana-mana gak bawa smartphone sepertinya ada yang kurang. Jangan lupa bawa smartphone yang sudah dilengkapi dengan mobile internet supaya dalam perjalanan tetap bisa berinteraksi dan menggunakan aplikasi sesuai yang dibutuhkan. 

smartfren unlimited



Dalam perjalanan pastinya kita butuh beli makan, melihat map, atau mau share foto maupun video di sosial media kan? Makanya butuh banget kuota unlimited. Untungnya Smartfren punya paket Smartfren Unlimited yang bisa diakses selama 24 jam setiap harinya pada semua aplikasi. Bukan cuma internet unlimited saja yang bisa kita gunakan, tapi juga ada gratis nelpon sepuasnya ke sesama Smartfren dan Extra Unlimited Malam (full speed pada jam 01.00 - 05.00).

Waktu perjalanan pulang dari Semarang, ternyata kartu Flazz kami sudah berkurang, untungnya bisa top up menggunakan smatrphone yangs udah didukung dengan NFC dan pastinya kuota internet dari Smartfren jadi dalam sekejap saldo pun menambah kembali.

Oh ya, Smartfren juga selain memenuhi kebutuhan masyarakat akan mobile internet, juga mempunyai wadah inovasi dan kolaborasi bagi generasi muda dan selalu membuka peluang para UMKM di seluruh Indonesia lewat smartfren Community. Buat saya Smartfren juga bisa menjadi #TemanBukaPeluangmu  dengan membagikan konten menarik dan bermanfaat bagi para pembaca.

Demikian perjalanan trip 3 tempat saya di bulan November. Semoga pandemi segera berakhir dan bisa traveling lagi ke tempat-tempat menarik lainnya yang ada di Indonesia. Selama liburan akhir tahun dan tahun baru ini memang dihimbau untuk tidak bepergian terlebih dahulu, bukan berarti kita tidak bisa menikmati waktu libutan lho. Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan seperti membuat konten atau refreshing nonton film terbaru di Netflix.  Untuk tahun 2022, maunya sih lebih banyak trip lagi, ini bagian dari resolusi saya sambil berdoa pandemi segera berakhir




Post a Comment

0 Comments