Sudah Vaksin? Begini Cara Cek Sertifikat Vaksin Online

Sering banget ditanya oleh keluarga dan teman-teman sudah vaksin belum? Akhirnya sekarang saya bisa menjawab "sudah vaksin". Maklum lah usia belum masuk lansia dan bukan pekerja kantoran jadi bukan prioritas utama dan hanya bisa menunggu jadwal saja. Setelah selesai vaksinasi hal yang dilakukan banyak orang adalah cek sertifikat vaksin, di mana buktinya harus disimpan untuk keperluan penting.

Cek Sertifikat Vaksin






Alhamdulillah tanggal 8 Juli 2020 lalu saya sudah menyelesaikan vaksinasi dosis pertama di GOR Candrabaga Bekasi. Vaksinasi massal yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Kota Bekasi ini bisa diikuti oleh masyarakat Kota Bekasi dengan pendaftaran melalui RT, RW dan Kelurahan masing-masing. Selesai suntik vaksin, saya heran gak mendapatkan bukti apapun, ternyata petugasnya bilang untuk sertifikat vaksin bisa diunduh di halaman PedulilLindungi.

Untuk cek sertifikat vaksinasi 1 secara online pastinya membutuhkan koneksi internet. Kalian bisa lho memakai Smartfren Gokil Max yaitu kartu perdana prabayar yang mempunyai kuota tergokil bisa digunakan di kotamu. Di dalamnya terdapat kuota lokal 24 jam untuk digunakan di lokasi sesuai dengan kota yang sudah ditentukan serta ada extra kuota hingga 70GB (01.00-05.00). Jangan lupa juga untuk download aplikasi MySmarftren di smartphone kamu ya supaya bisa ikutan Rejeki WOW Periode 2, hadiahnya banyak lho.

cek sertifikat vaksin online



Pengalaman Vaksin 


Pendataan vaksin melalui RT masing-masing, saat itu hanya saya dan suami saja yang mendaftar, tapi setelahnya Alhamdulillah semua warga ikut mendaftar vaksinasi gratis ini. 

Setelah mendapatkan kepastian tanggal untuk vaksin, saya pun menyiapkan segala sesuatunya supaya pelaksanaannya lancar. Ada rasa syukur akhirnya kebagian juga vaksin, tapi ada rasa takut juga apalagi banyak komentar negatif mengenai hal ini. Tapi, Bismillah ini sebagai ikhtiar saya dalam menghadapi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini. Vaksinasi juga dilakukan sebagai bagian dalam herd immunity atau kekebalan kelompok. Dengan vaksinasi kita juga ikut membantu melindungi generasi selanjutnya.

cek sertifikat vaksin online





🎀 Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksin

Berdasarkan pengalaman teman-teman yang sudah vaksin terlebih dahulu, ada beberapa orang yang gak bisa langsung diberikan vaksin karena berbagai alasan seperti tensi darahnya tinggi. Makanya saya menghindari betul hal-hal yang bisa menghambat vaksinasi.

Sebelum hari H saya pun lebih menjaga kesehatan lebih dari biasanya supaya tetap fit dan gak ada pengunduran jadwal vaksin. Selain menjaga pola makan dan tetap melakukan olahraga saya pun menjaga kualitas tidur lebih baik supaya gak kurang tidur. Kurang tidur bisa menyebabkan tekanan darah pun meningkat. Meskipun gak ada riwayat tekanan darah tinggi tapi saya maunya menjaga aja.

Satu minggu sebelum vaksin, saya sengaja memakai smartwatch untuk memantau kualitas tidur harian serta heart rate. Padahal biasanya saya pakai smartwatch di saat olahraga saja, padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan memakainya secara rutin.


🎀 Hari Yang Ditunggu Datang Juga

Oh ya, untuk masyarakat Kota Bekasi yang sudah mendapatkan jadwal vaksin di GOR, satu hari sebelumnya wajib screening test terlebih dahulu di kelurahan tempat tinggal masing-masing. 

Pra test yang dilakukan seperti mengukur tensi dan mengisi formulir mengenai riwayat kesehatan, di sini kita harus jujur ya demi kebaikan diri sendiri. Gak menyangka, ternyata di sini juga kami harus melakukan SWAB-Antigen terlebih dahulu sebelum vaksinasi. Setelah mendapatkan hasil negatif, kami pun diberikan surat pernyataan yang harus dibawa saat pelaksanaan vaksin.

Dengan menerapkan protokol kesehatan, kami pun pergi ke GOR pagi-pagi sekali karena mendapatkan jadwal vaksin jam 06.00-09.00 dan tak lupa juga sudah sarapan terlebih dahulu. Pelaksanaan vaksin massal berjalan lancar dan cepat, kami pun gak harus antri lama di sana karena sudah melakukan screening test terlebih dahulu.

🎀 Paska Vaksin

Tujuan vaksin Covid-19 ini adalah untuk pembentukan antibodi dalam melawan infeksi virus corona. Setelah vaksinasi kita juga perlu tetap menjaga protokol kesehatan.

Beberapa efek akan muncul setelah vaksin, tapi tiap orang akan mengalami hal yang berbeda bahkan ada yang tidak merasakan gejalanya sama sekali. Alhamdulillah saya tidak sampai demam, hanya saja sampai rumah terasa mengantuk, mungkin bisa jadi karena saya bangun tidur terlalu dini. Selanjutnya tinggal menunggu jadwal vaksin dosis kedua saja nih.


Cara Cek Sertifikat Vaksin


Memang apa pentingnya sertifikat vaksin sih? Awalnya saya pikir yang penting saya sudah mendapatkan vaksin aja sudah cukup. Ternyata nantinya sertifikat ini juga dibutuhkan di beberapa kegiatan seperti perjalanan atau syarat masuk kerja misalnya.

Data-data kita yang sudah divaksin akan dimasukkan ke sebuah sistem berdasarkan NIK (Nomor Induk Kependudukan), makanya waktu pendaftaran kami diminta menyertakan fotokopi KTP dan KK untuk dokumentasi.


Ada dua cara mengecek sertifikat vaksin melalui pedulilindungi, yaitu :

🎀 Melalui Website

Caranya gampang kok buka aja website PeduliLindungi.id lalu daftarkan diri di sana dengan membuat akun terlebih dahulu. Masukkan saja nama lengkap dan nomor ponsel yang kita miliki. Setelah login kita bisa mendapatkan dan mengunduh sertifikat vaksin pada halaman yang tersedia.

🎀 Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Download aplikasi PeduliLindungi melalui AppStore maupun Google PlayStore. Masuk pada aplikasi menggunakan nomor ponsel yang sudah didaftarkan sebelumnya.


Gimana kalian sudah vaksin juga? Sudah tau dong cara cek sertifikat vaksin? Yuk, buat yang belum vaksin ikut mendaftar juga. Enaknya sekarang sudah banyak dibuka pendaftaran vaksinasi dimana-mana, jadi harus dimanfaatkan juga. Saat ini saya mau mendaftarkan vaksin buat anak. Sehat selalu untuk kita semua ya dan tetap berdoa agar pandemi segera berakhir.

Post a Comment

5 Comments

  1. Alhamdulillah udah divaksin yaa, setidaknya tenang buat perlindungan diri, keluarga dan kita semua.Jadinya lebih aman. Jangan lupa juga buat ngeshare pegalaman pas di vaksin butuh kuota kaan, untung deh ada smartfren.
    Alhamdulillh ku udah lengkap juga, ayo buat yang belum, manfaatkan vaksin ini buat kesehatan kita semua, agar pandemi cepat beres yaa, kita bisa jalan2 lagii eeaa..

    ReplyDelete
  2. udah vaksin dong eyke Lid!
    Minimalisir resiko itu perlu, pake masker double itu wajib, nah sekarang tinggal tunggu ke dua dan mau print kartunya biar bisa dibawa ke mana mana ah

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, legaaaa ya Mba udah divaksin.
    Aku seneng baca cerita temen2 yg udah menjalani vaksin covid.
    trus sertifikatnya jg udah sip markosip bgt!
    Kalo pakai SmartFren memang mantab jiwa ya mba

    ReplyDelete
  4. Suamiku tuh yang langsung cari tau sertifikat vaksin begitu kami nyampe rumah abis vaksin sinovac 8 Juli 2021 lalu. OOooooooh ternyata gampang banget dari website PeduliLindungi ya mbak. Seru juga ya rasanya kok bisa ounya sertifikat vaksin hihihi berasa sekolah aja :) Senang pastinya. Semoga kita semua terlindungi dngan baik, yang penting ikhtiar 5M dan berdoa yang kenceng.

    ReplyDelete
  5. Akhirnya sudah divaksin ya mbak. Syukurlah. Aku belum nih, ternyata kalau disini masih ada syarat KTP. Jarang banget yang nggak pakai syarat ktp gitu, kalau adapun langsung diserbu oleh sesama perantau. Kayaknya emang kudu sabar dulu sih.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)