Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan, Wujud Nyata Keberhasilan SGM Eksplor Maksimalkan Akses Edukasi dan Nutrisi Generasi Maju

Masih ingat dengan kampanye gerakan #AyoTunjukTangan bersama 2 juta Bunda untuk memajukan Indonesia demi mewujudkan anak generasi maju yang diluncurkan beberapa waktu lalu?  Pastinya dukungan bunda yang sudah tunjuk tangan sudah banyak. Saya sempat melihat jumlah dukungan sebesar 481529 dan pastinya akan terus bertambah. Alhamdulillah saya sudah ikut berpartisipasi lewat program tersebut, bunda juga sudah ikutan kan? Keberhasilan gerakan ini pastinya karena ada dukungan dari para bunda juga adanya kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan dari para mitra yang bekerjasama dengan SGM Eksplor.

anak generasi maju




Buat bunda yang penasaran sejauh mana SGM Eksplor telah menyalurkan dukungan yang sudah masuk pada masyarakat, pada hari Kamis, 9 Desember 2021 lewat webinar yang diselenggarakan oleh SGM Eksplor dengan tema "Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan Maksimalkan Akses Edukasi & Nutrisi Generasi Maju" saya mendapatkan informasi tersebut.

kolaborasi ayo tunjuk tangan



Latar Belakang Diluncurkannya Gerakan Ayo Tunjuk Tangan


Anak-anak adalah penentu keberhasilan dari sebuah negara dan bisa dikatakan harapan bangsa. Supaya mereka berhasil dan bisa memajukan bangsa haruslah dipersiapkan sedini agar menjadi generasi maju. Semua itu bisa terwujud jika anak-anak bisa mendapatkan askes edukasi dan nutrisi yang baik bagi tumbuh kembang anak demi tercapainya anak Indonesia #GenerasiMaju

Sayangnya 9 dari 10 anak Indonesia saat ini masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan edukasi yang optimal, apalagi saat ini ditambah dengan kondisi pandemi. Anak-anak ini kesulitan mendapatkan makanan dan pendidikan terutama ketika orangtuanya harus kehilangan pekerjaan.

Dari situlah Danone Indonesia melalui #SGMEksplor dan bekerjasama dengan para mitra mempunyai inisiatif untuk meluncurkan gerakan sosial #AyoTunjukTangan untuk menciptakan anak Anak Indonesia Maju. 

Menurut Ibu Astrid Astrid Prasetyo - Marketing Manager SGM Eksplor hasil kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan ini merupakan bagian dari Misi SGM Eksplor di mana semua anak Indonesia haru bisa bergerak maju.

Dari dukungan yang diberikan maka akan menciptakan SDM yang baik untuk Indonesia di kemudian hari. Melalui kolaborasi ini yang menjadi kunci suksesnya program Ayo Tunjuk Tangan.



Keberhasilan Penyaluran Dukungan Gerakan Ayo Tunjuk Tangan


Dari kolaborasi yang terjalin antara mitra dengan SGM Eksplor sudah berhasil memberikan akses pendidikan dan nutrisi anak di 41 Kabupaten/Kota di Indonesia untuk mendukung kemajuan mereka menjadi generasi maju.
gerakan ayo tunjuk tangan




Bentuk dukungan yang sudah disalurkan sejauh ini berupa akses pendidikan dan nutrisi yang meliputi:
  • 75.000 Dukungan Nutrisi dengan membagikan produk nutrisi untuk anak di atas umur 1 tahun
  • 1.500 Beasiswa Pendidikan Online berupa pemberian gawai dan kuota Internet selama 1 tahun untuk mendukung pembelajaran daring
  • 10 Rehabilitasi Sekolah untuk 406 siswa yang membutuhkan di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia


Apresiasi Pemerintah Terhadap Kolaborasi Gerakan Ayo Tunjuk Tangan


Apa yang sudah dijalankan oleh Danone Indonesia melalui SGM Eksplor, pemerintah juga lewat Bapak Jumeri, S.TP., M. Si., - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek) memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya.  Menurut beliau hal tersebut adalah upaya untuk mencerdaskan kehidupan anak-anak bangsa Indonesia.

Adanya kolaborasi dari Danone Indonesia dan mitranya dalam gerakan Ayo Tunjuk Tangan untuk mendukung akses pendidikan anak Indonesia juga sejalan dengan program Merdeka Belajar dari Kemendikbud.

Kolaborasi Mitra Untuk Mendukung Keberhasilan Gerakan Ayo Tunjuk Tangan


Pada kesempatan ini, Gerakan Ayo Tunjuk Tangan didukung oleh mitra yang bekerjasama dengan SGM Eksplor diantaranya ada Telkomsel dan Cakap.

Telkomsel sebagai sebuah perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia juga punya komitmen dalam mendorong pertumbuhan SDM di Indonesia dan ingin memajukan digital talent untuk pertumbuhan Indonesia. Dari 4 pilar yang dimiliki oleh Telkomsel, salah satunya adalah pendidikan.

Oleh karena itu Gerakan Ayo Tunjuk Tangan ini sejalan dengan komitmen yang dimiliki oleh Telkomsel. Perusahaan ini mendukung proses belajar jarak jauh selama pandemi dengan memberikan bantuan paket kuota belajar yang ringan untuk dunia pendidikan di Indonesia.

Sedangkan Cakap yang merupakan platform online pembelajaran dua arah membuat belajar bahasa asing bisa dilakukan dari mana pun juga ikut mendukung pembangunan SDM yang maju.

Pada gerakan Ayo Tunjuk Tangan ini, Cakap pun ingin mengoptimalkan pendidikan anak Indonesia selama proses pembelajaran daring. Salah satu program yang diusung selama pandemi ini adalah Bahasa Inggris Gratis goes to School.

Support System Untuk Mendorong Anak Generasi Maju


Kesehatan anak dan pendidikan merupakan poin penting yang menjadi perhatian pemerintah. Pastinya pemerintah tidak dapat bekerja sendiri dalam meningkatkan kualitas pendidikan dalam menjamin seluruh anak Indonesia bisa mendapatkan akses pendidikan yang baik. Pemerintah memerlukan bantuan dari berbagai pihak, salah satunya dukungan dari Danone Indonesia lewat gerakan Ayo Tunjuk Tangan.

Dalam membangun anak generasi penerus, kita dihadapkan pada tantangan yang menghadang diantaranya adalah ketidaksetaraan terhadap komponen hidup sehat di masyarakat. Selain itu kurangnya keterlibatan publik terhadap peningkatan kesehatan dan nutrisi anak menjadi faktor yang perlu diperhatikan pula.

Dukungan dari mitra saja tidaklah cukup. Menurut Ibu Daisy Indira Yasmine, S.Sos., M.Soc. Sci. seorang - Pengamat sosial anak dan Sosiolog dari Universitas Indonesia diperlukan support system yang baik dari masyarakat agar bisa terbentuk kebiasaan baik dan menjadikan anak generasi maju. Kita sebagai warga masyarakat pun bisa berpartisipasi dan berperan sebagai support system.

Bagaimana supaya kita bisa terlibat dalam mendukung gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan? Caranya mudah kok, kita perlu mengetahui isu yang sedang berlangsung lalu melakukan inisiatif dan aksi. Setelah melakukan aksi boleh loh untuk mengajak siapapun untuk ikut berpartisipasi dan memviralkannya. Dan yang terakhir adalah melanjutkan kebiasaan baik tersebut.

Kolaborasi Ayo Tunjuk Tangan ini masih berlangsung, ayo bunda ikut terus partisipasinya dengan memberikan dukungan agar lebih banyak lagi anak Indonesia yang bisa dibantu demi terciptanya anak generasi maju.


Post a Comment

10 Comments

  1. Semoga makin banyak jumlah dukungan yang diberikan ke depannya untuk kemajuan anak Indonesia

    ReplyDelete
  2. Dukungan untuk generasi maju gak cuma dari penerintah aja tapi kita pun bisa ikut mendukungnya lewat program yang diadakan oleh SGM eksplor

    ReplyDelete
  3. Bantuan kuota berguna banget apalagi untuk pembelajaran daring di masa pandei

    ReplyDelete
  4. Jadi program ayo tunjuk tangan terus dilanjutkan ya meskipun dukungan sudah disalurkan pada anak-anak di beberapa kota dan kabupaten

    ReplyDelete
  5. Bagus juga dukunagan yang dikasih oleh SGM Eksplor untuk merehabilitasi sekolah, semoga ke depannya lebih banyak lagi sekolah yang direhabilitasi

    ReplyDelete
  6. Mitra yang bekerjasama dengan SGM Eksplor untuk gerakan ayo tunjuk tangan semoga makin banyak lagi

    ReplyDelete
  7. Berharap dari gerakan sosial ayo tunjuk tangan bisa mendukug anak generasi maju yang bisa memajukan bangsa ke depannya

    ReplyDelete
  8. Jadi dari aplikasi Cakap memberikan kursus bahasa Inggris gratis ya, bagus banget apalagi bahasa ini sangat diperlukan untuk sehala hal

    ReplyDelete
  9. Gerakan Ayo Tunjuk Tangan juga memberikan 1.500 Beasiswa Pendidikan Online ya. Semoga di tahun2 mendatang juga bisa dilaksanakan.

    ReplyDelete
  10. Berharap semoga segera terbentuk support system yang baik di seluruh Indonesia.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)