Cara Mudah Belajar Matematika Untuk Anak di Rumah

Cara Mudah Belajar Matematika Untuk Anak di Rumah.   "Ma minggu depan aku ikutan lomba Matematika GeoGebra dipilih dari sekolah ya!" Info Alvin si bungsu kami beberapa waktu lalu. Wah, ternyata anak SD lomba matematikanya sudah pakai GeoGebra Segala ya. Kalau biasanya sering ikutan lomba matematika KMNR (Kompetisi Matematika Nalaria Realistik) saja. Kedua  jagoan kami ini memang sering mewakili sekolahnya untuk mengikuti berbagai kompetisi matematika, gak selalu menang kok tapi untuk pengalaman dan mengasah kemampuannya cukup membantu dalam keseharian dalam belajar matematika dasar. Ada yang penasaran bagaimana cara mudah belajar matematika untuk anak di rumah? Kuncinya adalah belajar matematika dengan menyenangkan.

Cara Mudah Belajar Matematika




Tips Suka Matematika Ala Jerome Polin


Keseharian kita sebenarnya tidak jauh dari aktivitas berhitung yang merupakan bagian dari Matematika. Tapi banyak orang yang menganggap Matematika itu sulit. 

Meskipun banyak materi dari pelajaran Matematika yang tidak digunakan dalam kehidupan, namun banyak alasan kalau matematika itu berguna di masa depan karena akan digunakan juga untuk mempelajari pelajaran lainnya seperti IPA, IPS dan lainnya. Dengan mempelajari matematika, kita juga mempunyai pola pikir yang kreatif dan sistematis.

Ngomongin soal Matematika, saya jadi inget dengan Jerome Polin Sijabat seorang youtuber yang masih kuliah di Waseda University, Jepang jurusan Matematika Terapan. Hebatnya Jerome kuliah dengan beasiswa full.

Senang banget melihat konten Youtubenya yang berisi edukasi tentang matematika juga membagikan tips belajar matematika dengan mudah. Jerome bilang untuk memahami matematika itu anak-anak perlu menyukai dulu pelajarannya supaya bisa paham.

memahami konsep matematika itu sendiri, jangan asal menghapal rumus nanti bisa bingung sendiri saat menemukan soal lain kalau konsepnya belum mengerti.

Tips lainnya dalam belajar matematika adalah rajin mengerjakan soal-soal untuk berlatih. Banyak cara mendapatkan soal-soal saat ini, tidak hanya dari buku tapi juga dari dunia maya termasuk dari permainan games.

Belajar Matematika Dari Games


Siapa sih yang gak suka main games? Hampir semua suka permainan games apalagi saat ini teknologi sudah semakin maju, aneka games pun makin menarik dengan tampilan visual yang bikin semangat bermain.

belajar matematika dasar



Bermain games itu gak hanya menyenangkan tapi juga bisa mengembangkan kecerdasan otak kanan anak asalkan dimainkan dengan bijak tentunya. Lewat games juga anak-anak dapat melatih kesabaran, daya juang, dan sifat optimis untuk dapat memenangkan pertandingan tersebut dalam games.

Jangan salah lho lewat games, kita juga bisa belajar segala hal termasuk matematika. Lewat games kita juga bisa mengasah ilmu matematika yang kita miliki. Games matematika yang ada saat ini gak cuma bisa dimainkan oleh anak-anak tapi oleh orang dewasa pun bisa.

Bermain Games Matematika di Plays.org


Buat kalian yang ingin meningkatkan skill matematika secara menyenangkan lewat permainan games cobain deh bermain di Plays.org yaitu situs game online yang menyediakan ratusan game yang dapat diakses secara gratis.

Pada Plays.org terdapat kategori games yang dapat kita pilih sesuai keinginan. Ada kategori Math juga lho, ayo siap-siap aja belajar matematika menyenangkan di sini. Salah satu games matematika yang sudah saya coba adalah Math Sign Game : Time Mixed Operations Game for Kids.

cara belajar matematika agar tidak membosankan



Games ini cocok dimainkan oleh anak-anak yang baru saja belajar penjumlahan, pengurangan, pembagian atau perkalian. Tampilan pertanyaan berupa angka-angka, pemain diminta memasukan simbol matematika yang benar dengan mengklik tanda +, -, x atau ÷.

Setiap kali benar menjawab pertanyaan poinnya akan bertambah sedangkan ketika salah menjawab akan mengurangi poin yang ada. Asah kemampuan matematika anak selama 1 menit dalam permainan ini.

Selain games yang sudah saya coba tersebut, masih banyak lagi jenis games matematika lainnya yang bisa dimainkan bersama anak dan orangtua. misalnya Grocery Cashies : Customer Check out register simulator Practice Game. Seru sekali seolah-olah kita menjadi petugas kasir supermarket yang menghitung belanjaan pembeli. Memasukkan jumlah belanjaan sesuai harganya dan menjumlahkan keseluruhan belanjaan termasuk kembalian dari uang yang dibayarkan pembeli, seolah-olah sedang menggunakan kalkulator.


Ada banyak cara belajar matematika agar tidak membosankan yang dapat dilakukan oleh anak dan orangtua di rumah, salah satunya melalui Plays.org. Temukan berbagai games menarik dan mengedukasi lainnya pada laman tersebut. Selamat bermain dan belajar.




Post a Comment

0 Comments