Manfaat Virtual Reality Bukan Hanya Untuk Game Saja, Apalagi Didukung 5G

Manfaat Virtual Reality Bukan Hanya Untuk Game Saja, Apalagi Didukung 5G. Beberapa tahun lalu mungkin tidak banyak orang yang mengenal Virtual Reality atau biasa disebut dengan VR. Kalau pun tahu, kebanyakan menggunakannya untuk games saja, padahal banyak manfaat lainnya yang berguna dari VR dalam kehidupan nyata.

Manfaat Virtual Reality



Mengenal Virtual Reality


Awal mula kami punya VR di rumah bukan karena niat membelinya kok, tapi sudah bundling saat pembelian smartphone beberapa tahun lalu. Anak-anak sih taunya kalau VR ini buat main games atau nonton. Meskipun mereka dikenalkan dengan fungsinya, tapi kami masih membatasi pemakaiannya supaya tidak terlalu sering.

Buat yang penasaran dengan Virtual Reality (VR), saya kasih tahu gambarannya ya! Jadi Teknologi VR ini adalah teknologi di mana penggunanya bisa berinteraksi dengan objek imajinasi yang ada di layar dalam bentuk 3 dimensi dengan bantuan simulasi menggunakan komputer.

Contoh mudahnya misalnya kita menonton video roller coaster, saat video aktif, kita yang menggunakan VR seolah sedang menaiki roller coaster tersebut. Meskipun dalam dunia maya, tapi kita bisa merasakan hal yang nyata dengan VR.


Manfaat Virtual Reality Untuk Berbagai Bidang


Sebenarnya saat ini VR gak cuma dimanfaatkan dalam games saja tapi beberapa bidang juga sudah menggunakannya sebagai alat latihan. Pernah nonton film kedokteran? Saya pernah melihat adegan di salah satu film di mana seorang dokter sedang melakukan latihan sebelum melakukan operasi. Di dunia militer VR juga bisa digunakan misalnya untuk berlatih pertempuran atau simulasi militer.

Sedangkan di dunia pendidikan juga VR bisa dimanfaatkan untuk membantu proses belajar mengajar di kelas, apalagi saat ini sedang pandemi yang mengharuskan siswa belajar secara daring. Siswa bisa ikut berperan aktif dalam melakukan pembelajaran.


Dukungan 5G


Teknologi yang canggih dari VR ini jika didukung oleh oleh teknologi 5G pastinya akan makin maksimal penggunaannya dalam berbagai bidang dalam kehidupan kita. 

5 G atau Fifth Generation (Generasi Kelima) merupakan fase lanjutan dari telekomunikasi seluler sebelumnya yaitu 4G. Teknologi 5G ini mempunyai keunggulan dalam kecepatan data yang dikirimkan lewat gelombang radio. Dengan adanya 5G maka akan mengurangi latensi dan peningkatan fleksibilitas layanan nirkabel.


Uji Coba 5G oleh Smartfren


Bicara soal 5G 17 Juni 2021 lalu Smartfren baru saja melakukan pengujian 5G tahap kedua yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menurut Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kominfo Mulyadi, ST., MT., sangat menantikan hasil uji coba 5G Kominfo dan Smartfren agar dapat mendorong inisiatif ekosistem baru atau layanan baru yang dapat digunakan pada layanan 5G.

uji coba 5G smartfren



Smartfren sendiri sudah menunjukkan skenario 5G untuk dunia industri dan selanjutnya implementasi 5G juga akan diujikan pada skenario lain agar lebih variatif dan luas sehingga masyarakat juga bisa mendapatkan manfaatnya.

Dalam kesempatan tersebut, pengujian dilakukan tidak hanya pada VR saja tapi juga pada Modem Wifi (Mifi), Video 360, VR dan dan Augmented Reality (AR)

📌 SpeedTest 5G Smartfren


Uji coba 5G yang dilakukan di Galeri Smartfren Sabang, Jakarta Pusat dengan dukungan ZTE dan Qualcomm.  Memperlihatkan hasil speedtest dengan kecepatan hingga lebih dari 1,8 Gbps pada berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE) yang ada pada model dan Mifi 5G





📌 Koneksi Device Dengan Teknologi 5G


Mifi yang sudah dihubungkan dengan headset VR dan AR dilakukan uji coba dengan menayangkan video VR Wonderful Indonesia , video feed dari kamera 350 yang ada pada galeri, streaming game VR dengan laptop gaming serta headset AR yang sudah terkoneksi 5G supaya bisa menjalankan suatu perintah tertentu.

📌 Uji Coba 5G Di Pusat Produksi Minyak


Oh ya, sebelumnya Smartfren juga sudah melakukan uji 5G dengan frekuensi 28 Ghz di pusat produksi Minyak Refinery di Marunda. Kecepatan yang didapatkan hingga 8,7 Gbps. 

Skenarionya adalah dengan mengendalikan jalur logistik pengiriman barang dan aplikasi pemeliharaan peralatan pada restricted area dengan teknik VR dan Drone. Dengan menggunakan 5G maka pekerja tidak perlu melakukan pengecekan ke daerah berbahaya dan bisa dipantau melalui VR maupun Drone. Bayangkan aja dengan internet kecepatan 1,85 Gbps kualitas gambar pun semakin bagus dan ga putus-putus.  (Informasi aja saat ini internet 4G kecepatannya masih di Mbps)

Semoga dari trial 5G Smartfren ini bisa segera digunakan di berbagai bidang kehidupan untuk mencapai Industri 4.0 di Indonesia termasuk manfaat virtual reality dalam pendidikan juga dapat dimaksimalkan. Untuk kebutuhan hiburan di rumah seperti Nonton Serial Netflix Terbaru atau video Youtube pun bisa lebih cepat lagi dengan menggunakan teknologi 5G


Post a Comment

16 Comments

  1. Kerennya ya kalau dalam mengajar, guru menggunakan VR tentunya lebih keren lagi jika kita sudah 5G ya.

    ReplyDelete
  2. Waaah.. kalo indonesia sudah support 5G macam di negeri gingseng, aku jadi semangat ngeblog dan kuliah PJJ nya x-) secara selama ini pake jaringan 4G aja udah kenceng banget, apalagi 5G. Semoga segera disempurnakan deh ya agar bisa cepat dikonsumsi masyarakat. Tak sabar bisa nonton2 cantik tanpa buffering, apalagi aku anaknya doyan donlot aplikasi. Sudah tentu sangat membantu x-)

    ReplyDelete
  3. Eh, bener juga ya Mbaaa
    kalo ada VR, belajar PJJ jadi makin asyiikk, engga monoton.

    SmartFren emang daebaaakk
    terobosannya kece khanmaenn

    ReplyDelete
  4. Pernah lihat games nya waktu bawa anak2 ke johor, ternyata multifungsi juga ya nggak hanya buat games aja

    ReplyDelete
  5. Wow selamat ya Telkomsel sudah 5G nih..jadi yg terdepan deh.. pasti sekarang makin wus wus wuuuss...hehe..

    ReplyDelete
  6. Baca postingan ini semakin sadar betapa kemajuan teknologi itu semakin maju. Tentang Virtual Reality (VR) ini menarik sekali - kita bisa menjadi object dlm game atau film yg kita tonton ya. Baru tau kl 5G itu stands for Fifth Generation. Keuntungan ikutan BW ada ilmu yg bertambah. Makasiiih, Lidya.

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah nyobain virtual reality mbak lid, pusing gak sih kalau liat kelamaan pake VR? VR juga bisa dimanfaatkan untuk sektor pariwisata memperkenalkan budaya dan wisata Indonesia seolah diajak melihat wisata aslinya dengan VR plus bisa juga untuk pemasaran mobil dan apartemen ya.

    ReplyDelete
  8. Kebayang banget seandainya aku punya ini pasti anak-anak happy banget yes. Dah gt ga hanya untuk game aja ya tapi ada sarana pendidikannya juga ditambah teknologi 5G beuhh makin mantul.

    ReplyDelete
  9. wow jadi ada alat VR yang tinggal dipasang di HP? Kemana aja diriku ini, hahaha...
    kalau saran Mbak Lia, main VR ini untuk anak usia berapa tahun? Harus nyalakan lokasi di HP? Trus, yang lihat kan si anak aja ya saat pakai VR, enggak bisa ditonton rame-rame bareng orang tua. Anak TK gitu aman pakai?

    ReplyDelete
  10. Iya VR bukan hanya untuk game aja ya Mba bisa untuk banyak hal waktu anak kecil buat belajar sambil bermain asyik tuh...

    ReplyDelete
  11. Melalui speed test aja kita bisa langsung tahu yaa...istimewanya jaringan 5G yang super cepat.
    HPnya juga kudu di upgrade niih...agar segera bisa menikmati lancarnya berjejaring 5G di Indonesia.

    ReplyDelete
  12. Udah 5G lagi teknologinya mantul banget mbak. Teknologi VR dikombinasikan dengan provider Smartfrend gak bikin ngeleg ya mbak.

    ReplyDelete
  13. Udah 5G aja yaa, pasti koneksi internet makin lancar jaya. Pekerjaan pun pasti akan cepat terselesaikan nih

    ReplyDelete
  14. mantap ini kalau pembelajaran pakai VR ya, anakku yang kecil juga jadi tahu segala macem dengan pakai video VR ini mbak, karena gambarkan bergerak ya dan seperti nyata.

    ReplyDelete
  15. Seru lihat vr waktu di jakarta fair. Terasa hidup permainan. Apalagi di dukung sama smartfren dengan fasilitas 5G . Permainan makin menegangkan

    ReplyDelete
  16. Semoga bisa menangin 5G nih yang super cepat katanya, dan punya hape yang support 5G juga biar nggak ketinggalan informasi.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)