Wisata Sepeda di Bekasi, Olahraga Sambil Refreshing

Wisata Sepeda di Bekasi, Olahraga Sambil Refreshing. Buat kalian yang suka olahraga sepeda, mencari wisata sepeda di sekitar kota tempat tinggal  bisa menjadi keasyikan sendiri lho, selain untuk aktivitas fisik juga refreshing. Awalnya saya hanya melakukan olahraga sepeda statis saja di rumah, tapi sejak diajak gowes oleh teman jadi ketagihan dan mencari spot-spot menarik yang bisa dituju menggunakan sepeda.

wisata sepeda




Tiap orang bisa memilih olahraga yang digemari, yang pasti tujuannya sama untuk kesehatan. Bersepeda sendiri baik untuk tubuh salah satunya meningkatkan stamina dan mengatasi obesitas serta mengurangi stress. Sebenarnya olahraga lainnya pun bisa mengatasi stres atau gangguan mental karena, di saat kita melakukan aktivitas fisik akan menghasilkan hormon dopamin lebih banyak yaitu hormon yang menghasilkan rasa bahagia sehingga dapat meredakan stress.


Rekomendasi Wisata Sepeda di Bekasi


Untuk pemula jarak tempuh saat naik sepeda harus disesuaikan dengan kemampuan terlebih dahulu. Tapi, kalau sudah terbiasa, kalian akan ketagihan. Itu yang terjadi pada saya. Saat ini para goweser selalu mencari tujuan gowes yang menarik, selain untuk olahraga juga wisata sepeda santai. 

Buat kalian yang tinggal di Bekasi, saya rekomendasikan tempat wisata sepeda yang harus dikunjungi bersama keluarga atau teman.


💗 Situ Cibeureum


wisata sepeda di bekasi





Wisata alam situ atau danau Cibeureum ini lokasinya ada di Kabupaten Bekasi tepatnya di kawasan Grand Wisata, Tambun Selatan. Di kawasan terpadu ini bukan cuma ada perumahan dan pusat perniagaan serta perkantoran tapi juga tempat rekreasi seperti waterpark Go Wet dan Situ Cibeureum.

Lokasi ini banyak dikunjungi oleh pecinta sepeda di hari weekend, saran saya sih kalau mau ke sini pagi-pagi sekali supaya aman dan masih sepi belum terlalu ramai.

Bagi kalian yang belum sarapan, di sekitar Cibeureum banyak penjual makanan. Di tempat ini kita bisa menikmati suasana alam dengan danau yang membentang. Jika ingin menikmati danaunya pun bisa menyewa perahu yang disediakan di sana. 

💗 Rumah Joglo





Rumah joglo memang identik dengan budaya Jawa yaitu rumah tradisional Jawa. Rumah adat dengan bentuk atap piramida yang unik ini terbuat dari kayu jati.


Buat yang belum pernah melihat secara langsung seperti apa rumah Joglo bisa berkunjung aja ke Rumah Joglo Puri Wedari yang berada di Perumahan Mutiara Gading City, Bekasi Utara. Kalau dari tempat saya jarak tempuh menuju Rumah Joglo sekitar 50 KM pulang pergi.

Sebelum sampai di Rumah Joglo, kita melewati tempat wisata lainnya yaitu South Lake. Yang menarik di sini ketika naik sepeda bisa melewati area hutan. Namun, jika sepeda yang kita miliki bukan tipe MTB seperti sepeda lipat bisa melewati jalan beraspal saja. Seru banget mengikuti track hutan dengan jalan yang naik turun kadang terhalang ranting.


💗 Summarecon Bekasi





Nah, Summarecon Bekasi ini adalah salah satu tempat gowes yang paling sering kami kunjungi karena jaraknya tidak terlalu jauh, kira-kira 7 KM. Di kawasan terpadu ini ada komplek bernama Bekasi Central Business District (BCBD). 

Di tempat ini ada Springlake Apartemen yang menghadap ke danau. Di sekitar danau ini terdapat Canthel Food Space sebagai tempat makan. Di hari weekend atau weekdays tempat ini sering dikunjungi mereka yang ingin melakukan aktivitas olahraga seperti sepeda, lari, atau jalan santai.

Di pinggir danau bagus dijadikan spot foto lho. Sedangkan kalau mau olahraga bisa mengelilingi lapangan yang berada di depan Canthel Food Space. Satyu putaran jaraknya sekitar 1.2 KM. 


💗 Cari Oleh-oleh Khas Bekasi


Suatu daerah biasanya punya tempat wisata dan kuliner khas masing-masing. Kalau di Bekasi ada kuliner khas yang bisa kalian cicipi namanya Gabus Pucung yang terbuat dari ikan gabus yang dimasak menggunakan kluwek. Meski gak banyak, tapi kita bisa mencari tempat makan yang menyediakan makanan gabus pucung ini.

Karena Bekasi itu dekat dengan Jakarta alias Betawi, makanya makanan khas dan oleh-olehnya juga mirip. Ada biji ketapang dan akar kelapa yang terbuat dari tepung beras dan rasanya ada yang guring serta manis. Kue ini biasanya ada saat lebaran, makanya jarang sekali bisa menemukannya di hari lain kecuali memang ada yang membuatnya.

Tapi, gak usah khawatir ada beberapa UKM yang menjual oleh-oleh khas Bekasi ini salah satunya Pusat Oleh-oleh Khas Betawi namanya Mpok Ninik yang berada di Perumnas 2 Bekasi.


Cara Mencari Tujuan Wisata Sepeda


Oh ya, ketika tempat wisata sepeda yang saya rekomendasikan tersebut, bisa kok diakses dengan kendaraan lain seperti mobil atau motor, siapa tau teman-teman dari luar daerah Bekasi mau juga berkunjung juga.

Meskipun saya sudah lama tinggal di Bekasi, jujur saja banyak tempat yang baru bisa saya datangi setelah rutin gowes bersama teman. Tenang aja kami tetap menjalankan protokol kesehatan kok, kadang buka masker saat foto saja. Lagi pula kami memilih naik sepeda pagi-pagi sekali supaya masih sepi dan bisa kembali ke rumah masing-masing dengan cepat.

Kemana pun pergi saya pasti mengandalkan google map atau waze sebagai petunjuk arah menuju lokasi wisata sepeda tersebut supaya gak nyasar kemana-mana. Makanya sebelum berangkat naik sepeda, saya selalu memastikan membawa smartphone dan dompet dengan kartu identitas di dalamnya.

Jangan lupa pula smartphone-nya punya paket data loh, supaya dalam perjalanan bisa melihat peta. Ada kalanya kami belum menentukan tujuan gowes pagi itu, biasanya malam hari googling terlebih dahulu lokasi yang menarik dikunjungi pesepeda.

Supaya lebih asyik lagi dalam mencari tempat wisata maupun tempat membeli oleh-oleh atau kuliner khas suatu daerah, saat ini smartfren punya Gokil Max lho.

Kartu Perdana Gokil Max ini adalah kartu perdana prabayar yang menawarkan Kuota Tergokil yang bisa dipakai di kotamu. Jadi di dalam Kartu Perdana Gokil Max ini terdapat Kuota Lokal yaitu kuota yang hanya bisa digunakan di lokasi sesuai dengan area atau kota yang sudah ditentukan. Ketika kita berada di luar kota tersebut maka Kuota Lokal sudah gak bisa dipakai lagi - www.smartfren.com/explore/product/gokil-max



 


Lalu kalau kita sudah keluar dari kota tersebut gimana kita bisa mengakses internet?

Tenang aja pada Kartu Perdana Gokil Max ini juga memiliki benefit lainnya yaitu Kuota Malam, dan Kuota Nasional. Ada 3 macam Kartu Perdana Gokil Max yang bisa dipilih yaitu 9 GB, 21 GB, dan 36 GB.

Gimana, kamu mau wisata sepeda juga? Mau wisata sepeda di Bekasi atau kota lainnya, tentukan aja kotanya, penting pakai Kuota Tergokil yang ada di kotamu, yaitu Gokil Max.



Post a Comment

18 Comments

  1. Saya mau banget bersepeda sampe Bekasi, Mbak
    Karena Summarecon itu spot impian buat foto
    Apalagi kalau pakai set lengkap sebagai pesepeda

    ReplyDelete
  2. Wew, itu rumah joglo bagus amat, Mbak Lia. Tapi kok jaraknya 50 km, lumayan jauh itu. Kayak Lamongan ke Surabaya lewat tol sekitar 1,5 jam. Tapi kalau lewat track di hutan yang asri sih ga kerasa ya, apalagi sambil jeda terus ngemil hehe. Dijamin ga nyasar ya karena sinyal Smartfren bisa diandalkan di mana-mana lewat google Maps.

    ReplyDelete
  3. Tempat wisata Bekasi cukup menarik ya, apalagi bisa ditempuh dengan bersepeda. Asalkan ada jaringan yang kuat rasanya berwisata ke mana saja jadi makin asyik.

    ReplyDelete
  4. Tempatnya lucuk mbak Lid. Sampai sekarang aku belum pernah nyoba sepedaan. Masih seneng OR di rumah. Kayaknya perlu juga sesekali minjem sepeda anak buat piknik sehat

    ReplyDelete
  5. wah serunya bersepeda, saya suka banget bersepeda, apalagi kalau melewati tempat-tempat hijau sambil mengayuh rasanya gimana gitu

    ReplyDelete
  6. Nggak pernah terpikirkan selama ini kalau ada lokasi wisata sepeda juga di Bekasi. Bahkan bisa beli oleh oleh khas Bekasi juga. Apa sih penganan oleh-olehnya?

    ReplyDelete
  7. Jadi memudahkan dan membantu banget ini sih ya Mba Lid
    sepedaan makin hepi dan lancar. Apalagi bareng teman-teman tersayang

    ReplyDelete
  8. Seneng banget lihat foto mbak Lid di Situ Cibeureum, gradasi warnanya cakep.
    Nah gak ada alasan malas olahraga dong, kalau lokasinya mantap seperti itu

    ReplyDelete
  9. Yang rumah joglo keren bangett mba viewnya aslii. Jadi pengen kesana jugaaaa.. Bersepeda jadi makin semangat ya kan

    ReplyDelete
  10. Mbak Lidya beneran rajin berolahraga, saya suka kepo-in statusnya, loh, hehe. Saya juga baru tahu nih, ternyata di daerah bekasi banyak juga area yang bisa dikunjungi untuk refresh. Gak terlalu jauh juga dari tempatku, jadi kapan-kapan perlu banget buat dicobain.

    ReplyDelete
  11. selain memanjakan mata, juga bisa membuat badan sehat. Seru banget bisa menikmati udara segar dengan temen temen seru. menyenangkan banget sih ini

    ReplyDelete
  12. keren dan cakep banget ya rumah joglo, seperti rumah di film yang nuansa khas jawa

    ReplyDelete
  13. Awalnya dianggap biasa, bahkan sering diacuhkan ya, eh lama-lama malah ketagihan sepedaan. Saya juga pengen sih sepedaan, tapi belum punya sepeda besar, punyanya sepeda motor.

    Kalau trek yang dilaluinya asyik dan banyak spot menarik, pasti sepedaan bakalan lebih semangat lagi. Dan pastinya bisa dijadiin bahan untuk nulis artikel sama blogger atau bahan video bagi youtuber, hehehe...

    BTW, tempatnya bagus sekali ya, kayak bukan di Bekasi. Mirip di Jawa Tengah gitu deh, hehehe

    ReplyDelete
  14. Seru banget sepedahannya mbak... Enggak perlu bingung mau ke mana karena ada smartfren ya ;)

    ReplyDelete
  15. Aku juga suka nih sepedaan di bekasi, dulu tapi 10 tahun yang lalu hehehe. Kalau sekarang sepedaannya yang dekat2 saja.

    ReplyDelete
  16. Setelah pandemi usai, rasanya pengen sekali liburan. Mengunjungi tempat wisata unik seperti ini

    ReplyDelete
  17. Saya belum pernah berwisata sepeda Mbak tapi kalau ada yang ajakin mau deh karena kelihatannya seru dan menyenangkan ya Mbak. Btw ku mupeng nih dengan kuota Gokil.Max nya. Dengan 70rb aja udah bisa dapat kuota 36gb..wow

    ReplyDelete
  18. Sejuk sekali tempatnya kak. Kalo ngomongin sepeda, saya teringat masa SD yang pulang pergi sekolah pakai sepeda dan jaraknya sangat jauh. Tapi, saya selalu senang hihih

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)