Catat Siklus Menstruasi, Ambil Manfaatnya

Mencatat siklus menstruasi itu penting gak sih? Sejak mengalami menstruasi pertama saat di SMP mana ngerti saya kalau perlu pencatatan, yang paling penting haid normal setiap bulan aja sudah bersyukur banget. Lalu kapan saya mulai mencatat menstruasi setiap bulannya?

Siklus Menstruasi



Mencatat hari pertama haid setiap bulannya saya lakukan beberapa bulan sebelum menikah pada selembar kertas yang di-print di mana di dalamnya berisi informasi bulan dan tanggal dalam satu tahun. Kertas kecil tersebut biasa disimpan dalam dompet supaya gak hilang.

Manfaat Mencatat Siklus Menstruasi


Menghitung siklus haid ini memang penting baik bagi perempuan yang belum menikah atau yang sudah menikah. Apa aja sih manfaatnya? 

💗 Mengetahui Masa Subur

Buat perempuan yang sudah menikah dan ingin cepat hamil, biasanya harus memperhatikan kapan sih masa subur terjadi. Hal ini penting untuk meningkatkan peluang hamil lebih besar.

Masa subur ini terjadi di saat masa ovulasi yaitu ketika ovarium melepaskan sel telurnya. Waktunya tiap perempuan pastinya berbeda tergantung dari periode menstruasinya.

Kalau menurut artikel kesehatan masa subur ini terjadinya pada hari ke-10 sampai hari ke-17 setelah haid hari terakhir atau pada hari ke 12 hingga 16 sebelum menstruasi berikutnya.  Perhitungan tersebut bisa dilakukan dengan catatan mempunyai siklus menstruasi yang lancar yaitu 28 hari.

Nah, kalau sudah tahu kapan waktunya masa subur, kalian sudah tahu dong harus melakukan apa supaya bisa cepat hamil :) Banyak pasangan yang mengambil masa liburan honeymoon di saat masa subur juga nih atau cuti bekerja untuk santai-santai di rumah. Apapun mereka lakukan agar cepat mendapatkan momongan.

Kalau masih bingung bagaimana cara menghitung siklus menstruasi dan masa subur dan hal lainnya mengenai menstruasi  kalian bisa bertanya pada dokter di Halodoc melalui aplikasi yang dapat diunduh di Google Play atau App Store pada smartphone.

Aplikasi Halodoc dapat membantu kita dimana saja dan kapan saja untuk mengetahui informasi kesehatan atau bahkan chat langsung dengan dokter umum dan spesialis yang siap membantu 24 jam. Gak perlu khawatir juga jika memerlukan obat akan diresepkan oleh dokter dan obat pun akan sampai di rumah yang akan dikirimkan oleh driver Gojek. Selain itu, di Halodoc kita juga melayani appointment dengan dokter dan Rumah Sakit.

 


💗 Menunda Kehamilan

Jika sudah mengetahui masa subur, biasanya bisa digunakan sebagai KB Alami yaitu untuk menunda kehamilan atau memang sudah stop gak mau punya anak lagi. 

💗 Mengetahui Perkiraan Kapan Haid Selanjutnya

Dengan pencatatan, saya jadi tahu kapan haid selanjutnya akan datang. Memang seperlu apa saya mengetahui perkiraan tanggal haid? Biasanya saat saya keluar rumah sudah waktunya haid datang harus membawa pembalut untuk persiapan. Gak mau kan kalau tiba-tiba keluar haid di tengah jalan trus tembus kemana-mana? Bisa aja sih membeli pembalut dulu di jalan, tapi saya lebih suka membawa stok dari rumah. Atau kalau sudah waktunya malah kadang memakai pembalut dari rumah aja, sehingga di jalan menstruasi gak panik lagi.


Berbagai Cara Mencatat Siklus Haid 


Setahun belakangan ini saya jarang mencatat siklus haid hanya mengandalkan ingatan saja. Apakah cara ini berhasil? Tentu saja tidak hehehe pasti bulan berikutnya saya akan lupa tanggal haid sebelumnya. Berusaha untuk mengingat-ingat kembali dengan mengaitkan dengan aktivitas yang lalu juga sulit. Kadang saya sampai melihat obrolan pada WhatsApp, siapa tau aja ada chat saat saya sedang haid atau bertanya pada teman yang sama-sama haidnya di bulan lalu. Iya kalau temannya juga ingat, kalau lupa juga gimana? Memang repot kalau mengandalkan orang lain, makanya harus kembali mencatat menstruasi sendiri lagi.

Masih ada gak yang mencatat menstruasi pada kertas atau buku? Di zaman teknologi seperti saat ini kita sudah diberikan kemudahan sebagai tempat pencatatan.

💗 Notes Pada Smartphone

Kalau kalian lebih nyaman mencatat pada sebuah notes, supaya gak hilang bisa menuliskannya di notes yang ada di ponsel. Cara jadul tapi lebih digital ini masih bisa digunakan kok.

💗 Aplikasi Siklus Menstruasi di Smartphone

Jika kalian ingin yang lebih modern, tenang aja sekarang sudah banyak aplikasi pencatatan haid kok yang bisa diunduh melalui smartphone. Beberapa rekomendasi aplikasi tersebut ada Period Tracker Period Calendar, Flo Period & Ovulation Tracker, Clue Period Tracker, My Calendar - Period Tracker dan lainnya yang bisa dipilih.

Dari aplikasi tersebut bisa membantu kita untuk mengetahui kapan menstruasi berikutnya termasuk waktu ovulasi dan masa subur.


💗 Aplikasi Cycle di Smartwatch

Bagi yang menggunakan smartwatch, bisa juga lho menggunakan fitur cycle yang ada di dalamnya. Di awal kita hanya memasukkan kapan tanggal awal dan akhir menstruasi serta lamanya siklus haid untuk mengetahui waktu haid di bulan berikutnya. Pada beberapa smartwatch canggih bahkan bisa mengetahui kapan waktunya Fase Menstruasi, Fase Follicular, Fase Ovulasi, dan Fase Luteal.

Setelah tahu manfaat mencatat siklus menstruasi akan memudahkan kita memantau segala sesuatunya tentang reproduksi. Pilih saja salah satu aplikasi pencatatan yang nyaman buat kita dan yang paling penting untuk mencatat waktu haid jangan sampai lupa. Dari pencatatan tersebut jika mengalami haid yang tidak normal segera berkonsultasi dengan dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai.

Post a Comment

0 Comments