Wisata Edukasi Hutan Mangrove Setapuk Singkawang

Kalimantan yang dikenal dengan kawasan hutannya dan alamnya yang indah juga punya kawasan wisata edukasi Hutan Mangrove Setapuk. Sejak berkunjung di hutan mangrove di beberapa daerah, saya juga tertarik untuk berkunjung ke hutan mangrove yang ada di pulau Kalimantan ini.

Hutan Mangrove Setapuk
pic source : wisato.id





Tentang Hutan Mangrove Setapuk


Sebelum dijadikan tempat wisata edukasi, ternyata sekitar tahun 2009 kawasan mangrove di Setapuk adalah lahan yang kritis. Padahal lokasi ini terancam oleh abrasi yang tinggi, jika tidak dilakukan aksi nyata bisa-bisa mengalami penyusutan daratan.

Melihat kondisi seperti ini, adalah seorang nelayan yang mengajak warga sekitar Setapuk untuk menanam bakau agar habitat kepiting dan ikan di sekitarnya tetap ada dan tidak punah.

Hutan mangrove ini mempunyai luas 200 hektar dan memiliki 2 buah menara pantau serta jembatan warna-warni bernama Jembatan Pelangi.


Lokasi Hutan Mangrove Setapuk


Hutan Mangrove Setapuk lokasinya ada di Kelurahan Setapuk Besar, Kecamatan Singkawang Utara, Kabupaten Singkawang.

Pengunjung yang ingin datang ke hutan mangrove ini dikenakan tarif masuk yang terbilang murah saja per-orang. 

Nah, sebelum sampai ke lokasi hutan mangrove kita harus melewati jembatan pelangi terlebih dahulu, di sini kita bisa menikmati keindahan alam yang cantik dengan pemandangan hijaunya.

Menuju ke lokasi hutan Mangrove Setapuk, dari Kota Pontianak dapat menggunakan transportasi darat dengan waktu tempuh kira-kira 3 jam. Buat kamu pendatang dari luar Pontianak dapat menggunakan jasa rental mobil pontianak untuk menuju ke Mangrove Setapuk jika tidak membawa kendaraan sendiri. Informasi lebih detail dapat menghubungi nomor whatsapp berikut ini!


rental mobil pontianak singkawang

Dari tempat ini kamu dapat kembali ke hotel di Singkawang atau mungkin berniat untuk menginap, banyak penginapan di sekitar Hutan Mangrove Setapuk.



Berbagai aktivitas menarik yang berhubungan dengan alam bisa kita lakukan di Hutan Mangrove Singkawang ini, antara lain wisata hutan, wisata air, konservasi atau menyusuri hutan mangrove menggunakan speedboat.

Seru pastinya ya berkemah di lokasi hutan mangrove yang sepi, kita dapat menikmati alam di malam hari sambil menikmati sunrise dan sunset.

Buat kamu yang ingin mengikuti penanaman mangrove juga bisa lho. Selain belajar kita juga ikut serta menjaga hutan dari abrasi.

Menikmati hutan dari ketinggian juga dapat kamu lakukan dengan naik tower setinggi 9 meter untuk menikmati pemandangan.


Selain berkunjung ke Hutan Mangrove Setapuk Singkawang, kamu juga dapat berkunjung ke tempat wisata alam lainnya yang ada di Singkawang.

Post a Comment

0 Comments