Singkawang Cultural Center Tempat Mengenal Kebudayaan Singkawang

Berkunjung di Singkawang, luangkan waktu ke Singkawang Cultural Center untuk mengenal kebudayaan Singkawang lebih dekat. Kunjungan ke suatu tempat baik untuk wisata maupun kerja lebih menarik kalau mencari tahu terlebih dahulu lokasi tersebut termasuk dengan latar belakang budaya yang ada di dalamnya. Dari situ kita bisa menentukan pilihan akan berkunjung ke tempat mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kita inginkan.

Singkawang Cultural Center
https://archibazaar.com/project/singkawang-cultural-center/




Mengenal Singkawang


Jujur saja, saya kurang mengenal tentang Singkawang mulanya. Hanya saja dulu pernah les Bahasa Inggris waktu masih SMA teman saya berasal dari Singkawang. Beberapa kali dia bercerita tentang tempat kelahiran dan keluarganya tinggal.

Dulu, mana bisa cari tahu tentang Singkawang lebih banyak kalau bukan dari personal atau harus mencari buku khusus. Beruntungnya sejak kenal dunia maya semua informasi begitu cepat bisa kita dapatkan salah satunya melalui Singkawang Cultural Center.

Menurut situs pariwisata yang saya baca, Singkawang atau biasa disebut dengan San Khew Jong dalam Bahasa Hakka. Letak Singkawang berada di Provinsi Kalimantan Barat, tepatnya sebelah utara Kota Pontianak yaitu ibu kota Kalimantan Barat.

Dulunya di kota ini banyak penambang emas yang berasal dari China, makanya sampai sekarang di Singkawang masih kental dengan budaya Tionghoanya meskipun saat ini mereka sudah beralih profesi.

Singkawang Culture Center


Untuk mengetahui kebudayaan Singkawang, kita bisa berkunjung ke Singkawang Culture Center yang berada di kota tersebut di jalan Yos Sudarso.

Di kota ini juga ternyata ada suatu tradisi unik yang masih dijalankan hingga sekarang yaitu Festival Cap Gomeh yang biasa diselenggarakan setiap bulan Februari tiap tahunnya. Uniknya lagi Festival lainnya juga diadakan di sini seperti Festival Seni Melayu, Ramadhan Fair dan lainnya.

Gedung Singkawang Culture Center ini dulunya bekas bioskop yang kemudian direvitalisasi sebagai pusat budaya agar pengunjung dapat melihat sejarah singkat tentan Singkawang yang melalui ruang pamer di sana. 

Bentuk bangunan lamanya masih dipertahankan kalau saya lihat dari gambarnya, jadi sejarah lama juga masih terlihat. Bangunan dengan bata merah terkesan unik dan vintage.

Baca juga:


Cara Menuju Singkawang


Untuk kalian yang berasal dari luar Pontianak, dapat mengambil jalur udara melalui Bandar Udara Supadio Pontianak. Dari sini kita harus melanjutkan perjalanan naik mobil menuju ke Singkawang kurang lebih 4 sampai 5 jam dengan jarak tempuh 145 KM.

Saya sendiri belum mendapatkan informasi kendaraan umum apa yang bisa digunakan dari bandara menuju Singkawang. Namun kamu bisa menggunakan jasa Rental Mobil Pontianak Singkawang saja agar lebih praktis yang dapat dihubungi melalui whatsapp.

rental mobil pontianak singkawang

Setelah berkunjung ke Singkawang Culture Center pastinya nanti kalian akan mendapatkan banyak informasi berguna yang dapat digunakan untuk menentukan destinasi wisata misalnya. Kalau saya tertarik mencari tahu mengenai seni kerajinan asal Singkawang seperti Kain Songket, Batu Bata Singkawang, atau Mandau senjata khas suku Dayak. Ke Singkawang jangan lupa 


Post a Comment

0 Comments