Pakai Kuota Belajar Untuk Buka Aplikasi dan Situs Pembelajaran Berikut!

Pakai Kuota Belajar Untuk Buka Aplikasi dan Situs Pembelajaran Berikut!  - "De jangan lupa kerjain Quizizz pelajaran matematika nanti!" Pinta saya pada alvin siang itu ketika sudah selesai Pembelajaran Jarak Jauhnya.

kuota belajar smartfren



Selama proses belajar di rumah, sekolahnya si bungsu selalu menggunakan cara-cara belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan buat muridnya. Salah satu cara memberikan soal melalui Quizizz yang diakses melalui website. Di sini siswa diminta mengisi pertanyaan dengan tampilan layar yang menarik, full color dan musik. Dengan cara ini anak-anak tidak berasa sedang mengerjakan soal tapi seperti bermain games.

Pada masa Work From Home dan School From Home atau Belajar dari Rumah (BDR) gadget dan koneksi internet menjadi modal utama yang harus disiapkan supaya aktivitas tersebut bisa berjalan dengan lancar. Alhamdulillah kami di rumah gak mengalami kendala dalam urusan koneksi internet. Tapi, lama-lama berat juga ya kalau setiap hari menggunakan internet untuk mengakses berbagai aplikasi dan website yang berhubungan dengan pelajaran butuh kuota tambahan apalagi buat keluarga yang tidak mempunyai internet unlimited. Tahu sendiri dong ekonomi saat ini sedang tidak stabil, jadi harus pintar-pintar juga mengatur keuangan.

Paket Kuota Belajar Smartfren

Untuk mendukung kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh yang diselenggarakan pemerintah, Smartfren ikut berpartisipasi dalam penyediaan paket Kuota Belajar untuk siswa, guru, dan dosen.

Jadi, mulai bulan September hingga Desember 2020 ini murid TK hingga perguruan tinggi atau universitas diberikan kuota internet sesuai dengan jenjangnya masing-masing. Paket internet juga diberikan pada guru dan dosen agar proses belajar mengajar lancar.

Menurut informasi dari mama saya di daerahnya, anak-anak tetangga sudah mendapatkan kuota seperti ini, wah mereka senang katanya lumayan hemat dan bisa bantu pengeluaran untuk kuota internet.

💗 Cara Memperoleh Paket Kuota Belajar

Beberapa waktu lalu, walas anak-anak di sekolah sudah mendata nomor ponsel muridnya untuk didaftarkan agar bisa mendapatkan kuota.

Nah, buat teman-teman yang ingin memperoleh kuota internet juga, segera aktifkan nomor smartfren lalu daftarkan pada pihak sekolah ya! Setelah itu baru bisa menggunakan koneksi internet 4G dari Smartfren.

Cara mengecek apakah kuotanya sudah aktif atau belum bisa dilihat pada aplikasi mySmartfren atau USSD (Unstructured Supplementary Service Data) yaitu kode cepat atau kode fitur yang dipakai oleh provider menggunakan tanda * bintang dan # pagar.

Pelanggan Smartfren juga nantinya akan mendapatkan notifikasi SMS kalau nomornya sudah didaftarkan oleh pihak sekolah.

💗 Jumlah Kuota Yang Didapatkan Per Bulan

Selama tiga bulan ini siswa akan mendapatkan paket kuota internet yang berbeda sesuai dengan jenjang sekolahnya masing-masing. Masuk akal juga sih perbedaan besarnya kuota yang diberikan karena kebutuhan anak TK pastinya berbeda dengan anak sekolah SD, SMP, maupun SMA. Begitu pula dengan guru dan dosen yang mempunyai keperluan yang berbeda dalam hal mengajar.

kuota belajar



Aplikasi dan Situs Pembelajaran Yang Didukung 


Kalau ada yang tanya kuota belajar untuk apa saja? pastinya bisa digunakan untuk mengakses materi-materi pelajaran pada aplikasi maupun web tertentu. Namanya juga kuota untuk belajar bukan untuk main lho.

Tapi tenang aja semua jenjang pendidikan akan mendapatkan 5GB kuota internet all access yang bisa digunakan mengakses apapun di luar kuota belajar yang diberikan berbeda.

Beberapa aplikasi dan situs pembelajaran yang biasa kami gunakan di rumah berikut ini sudah didukung oleh kuota untuk belajar dari Smartfren.

💗 Google Classroom

Layanan web dan aplikasi yang dikembangkan oleh Google ini bisa diakses gratis asalkan punya koneksi internet pastinya. Anak-anak paling sering menggunakan Google Classroom untuk mendapatkan materi pembelajaran berupa text maupun video.

Enaknya pakai aplikasi ini materi bisa dibagi-bagi berdasarkan mata pelajaran. Nantinya masing-masing guru bidang studi memberikan kode khusus untuk pelajaran tersebut. Untuk menyerahkan tugas pun lebih praktis tinggal diupload saja pada drive di Google Class Room.

kuota belajar untuk apa saja


💗 Aplikasi Whatsapp

Selain menggunakan Google Classroom, aplikasi chat yang satu ini juga masih digunakan di rumah untuk komunikasi. Di banyak sekolah mayoritas juga masih menggunakan aplikasi whatsapp. Mungkin karena sudah familiar sebelum terjadinya pandemi. Hanya saja kekurangannya saat mengirim banyak foto maupun video, memori ponsel guru yang bersangukutan bisa full dan harus sering-sering dibersihkan.

💗 Aplikasi dan Website Ruang Guru

Buat anak-anak yang berlangganan bimbel online seperti Ruang Guru ternyata Smartfren juga memberikan kuota gratis sehingga anak-anak bisa belajar tanpa harus khawatir kehabisan kuota.

💗 Video Conference

Supaya anak-anak lebih mengerti tentang materi yang sedang diajarkan, guru-guru juga biasanya menjelaskan melalui video conference Zoom. Buat saya sangat membantu sekali menggunakan cara ini, karena anak-anak bisa lebih mengerti saat diajarkan seperti layaknya tatap muka hanya terhalang layar.

Itu baru sebagian aplikasi dan website yang bisa diakses gratis menggunakan kuota belajar dari Smartfren. Masih banyak aplikasi dan situs lainnya yang dapat digunakan gratis juga. Kalian bisa mengeceknya di web http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Sambil menunggu situasi pandemi segera berakhir, semua kegiatan mau tidak mau harus tetap berjalan meskipun dilakukan di rumah. Supaya anak-anak tetap bisa belajar online dari rumah, yuk manfaatkan paket kuota belajar yang diberikan oleh Smartfren!

Post a Comment

14 Comments

  1. salut sama operator yang mendukung kegiatan belajar mengajar online selama pandemi, sangat besar manfaat yang di rasakan, selain itu kuota memang di khususkan untuk belajar jadi tak bisa di pakai main game.

    ReplyDelete
  2. Ketersediaan kuota internet di Masa Belajar di Rumah memang penting sekali ya, Mbak. Kalau ada kuota belajar seperti dari Smartfren ini, jadi tenang kalau ada class room. Apalagi kalau bisa gratis ya hihihi

    ReplyDelete
  3. Belajar via daring sekarang emang ngabisin kuota banget. Kalau wifi macet, harus pakai kuota internet. Untung banget banyak provider yang memberi promo dan diskon untuk mempermudah akses belajar daring ya.

    ReplyDelete
  4. Keren Smartfren nih bisa mendukung anak belajar. Oh ya semua ya hingga Guru dan dosen. Mantul.

    Sayangnya adikku yg kuliah di kampus di bawah naungan kemenag katanya malah ngga dapat. Mungkin ngga semua mhsiswa dapat subsidi Smartfren. Tapi, ngga semua kalangan juga udah super deh... keren!

    ReplyDelete
  5. Krucil saya juga dapat kuota belajar ini, Mbak. Dan Alhamdulillah sangat membantu karena dapat sekitar 35 gb. Terus karena memang hanya bisa membuka yang tertentu yang berhubungan dengan belajar, jadi anak-anak fokus pada pelajaran.

    ReplyDelete
  6. Keren nih smartfren, soalnya kerasa banget ya pembelajaran online ini ngabisin kuota. Jadi, memang kalau ada kuota yang disediakan khusus akan lebih bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Tetap semangat belajar online dari rumah dan manfaatkan kuota belajar dari smartfren. Ini para mama seneng deh kalau ada kuota belajar dan bikin hemat tapi pelayanannya nyenengin.

    ReplyDelete
  8. Saya juga dapat kuota belajar Smartfren dari sekolah anak saya mbak Lid, jujur ngebantu banget loh ini

    ReplyDelete
  9. Kebantu bangeeeet ada kuota belajar gini. Apalagi anakku yang sulung udah kuliah. Bisa seharian nge-zoom. Jebol dompetku kalo nggak ada bantuan kuota gini :D

    ReplyDelete
  10. Kuota belajar ini solusi yang bagus banget, buat yang ngga punya akses ke wifi dari internet fiber optik. Kuota bisa gede banget tanpa kerasa nih, kalau tiap hari school from home.

    ReplyDelete
  11. Wah, aku pas pindah ke Lamongan juga andalkan Smartfren, Mbak Lidya. Sejak di Bogor akses internet ya pakai SF. Lumayan banget hemat pakai Mifi yang dipake rame-rame hehe. Untuk kebutuhan duo boys, paling buka Zoom sama youtube. Lumayan juga sedot paket tapi hemat kok sejauh ini :)

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah smartfren ikutan mendukung WFH dan BDR di masa pandemi gini.. Syukur bisa menunjang pembelajaran anak-anak juga.

    ReplyDelete
  13. Wah ternyata kartu Smartfren ada membagikan kuota gratis juga ya buat para mahasiswa. Lumayan banget nih, bisa buat belajar online. Selain itu ada kuota 5 GB buat all access yang pastinya juga bakalan berguna banget biar kita bisa ngakses hal-hal lain diluar pembelajaran.

    ReplyDelete
  14. Bantuan kuotanya bermanfaat banget nih memang selain buat kuliah ataupun sekolah, akuu juga ada jadi lumayannmenghemat apapagi kalau google classrom atau zoom, kalau beli sendiri ugh boros bener

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)