Powered by Blogger.

Donasi Alat Operasi Katarak dan Sarana Pengambilan Darah Donor

Sinar matahari yang terik siang itu membuat mata saya terpicing, kalau dibiarkan lama-lama membuat mata terasa tidak nyaman. Untuk menangkalnya saya pun menggunakan kacamata hitam yang berfungsi sebagai pelindung mata agar terhindar dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.




Sering terpapar radiasi sinar UV bisa menyebabkan berbagai penyakit mata, salah satunya katarak. Penyakit ini hanya bisa disembuhkan melalui operasi.

Katarak merupakan adanya perubahan pada lensa mata yang menjadi keruh sehingga dapat mempengaruhi pengelihatan. Umumnya terjadi pada lansia, namun dapat juga menimpa anak-anak. Penyebab katarak selain karena penuaan juga bisa disebabkan oleh genetik, infeksi dan seseorang yang sering terkena paparan sinar ultraviolet.

Bakti BCA


Berdasarkan data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Indonesia sekitar 3,3 juta orang mengalami kebutaan di mana 50%nya kebutaan akibat katarak. Masih banyak masyarakat yang tidak aware untuk menjaga matanya dari paparan sinar UV sehingga menyebabkan terjadi kebutaan katarak. 

Tidak bisa disalahkan juga contohnya para petani, nelayan atau pekerja yang berada di luar ruangan mungkin agak repot juga ya kalau mengenakan kacamata hitam saat bekerja. Begitulah sambutan awal yang diberikan oleh Bapak Jahja Setiaatmadja (Presiden Direktur BCA) sore (2/12) itu di Breakout Area, Menara BCA pada acara "Penyerahan Donasi Alat Operasi Katarak dan Sarana Pengambilan Darah Donor"




Penyakit katarak bisa diobati dengan operasi, tapi masih banyak masyarakat di Indoensia yang tidak mampu untuk melakukan operasi tersebut karena biayanya yang mahal. Tidak bisa dipungkiri mahalnya biaya tersebut karena alat untuk melakukan operasi pun terbatas dan belum tersebar merata di berbagai daerah.

CSR yang diberikan BCA melalui Bakti BCA ini sudah konsisten diberikan untuk mengembangkan prorgam-programnya berdasarkan tiga pilar yaitu Solusi Cerdas BCA di bidang pendidikan, budaya, kesehatan, lingkungan, olahraga maupun empati dan Solusi Bisnis Unggul di bidang pembinaan UMKN, komunitas dan desa wisata.

Kali ini Bakti BCA menyalurkan donasinya melalui untuk pengadaat alat operasi katarak dan sarana pengambilan darah donor.


Donasi Alat Operasi Katarak Pada PERDAMI 



PERDAMI (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia) adalah organisasi profesi dokter Spesialis mata yang didirikan di Jakarta 5 Juli 1964 untuk meningkatkan kualitas kesehatan mata rakyat Indonesia.

Para dokter dari PERDAMI rutin menyelenggarakan operasi katarak bagi masyarakat tidak mampu. Untuk itu BCA mendukung CSR PERDAMI dengan memberikan 1 buah mikroskop sebagai alat operasi katarak kepada dr. Elvioza, SpM (K) Ketua Perdami Cabang DKI Jakarta, 1 buah mikroskop serta instrumen katarak kepada Dr. Umar Mardianto, SpM (K) Ketua SPBK Perdami Pengurus Pusat dan 1 mesin phacoemulsifikasi kepada Dr Isfiyanto, SpM perwakilan Perdami Cabang Riau.

Hingga tahun 2019 ini BCA besama SPBK Perdami Pengurus Pusat sudah melakukan 5.328 operasi mata katarak di berbagai daerah di Indoensia.

Mudah-mudahan dengan donasi alat tersebut , PERDAMI dapat melakukan operasi katarak bagi mereka yang tidak mampu dan bisa mewujudkan Indonesia bebas katarak.




Donasi Blood Scale & Mixer



BCA besama PMI juga telah berhasil mengumpulkan lebih dari 47 ribu kantong darah dari 108 penyelenggaraan donor darah. Kali ini Bakti BCA memberikan donasi 6 set Blood Scale & Mixer kepada DR. Dr. Niken Ritchie, M. Biomed Wakil Kepala UTD PMI DKI Jakarta.


Oh ya beberapa waktu lalu saya juga sempat mengikuti donor darah di Menara BCA lho. Meskipun tidak bisa memberikan donasi, tapi saya ingin memberikan apa yang bisa diberikan melalui darah yang saya miliki buat masyarakat yang membutuhkan.

Dengan melakukan donor maka kita dapat mengambil manfaatnya pula antara lain menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, meningkatkan produksi sel darah merah, dan sekaligus memeriksakan kesehatan gratis lho karena bisa mendeteksi penyakit serius sejak dini.


Ajakan Instansi dan Perusahaan Lain


Donasi yang telah diberikan diharapkan bisa mendukung kualitas layanan kesehatan di Indonesia sehingga dapat membantu masyarakat agar lebih produktif lagi.

Pada kesemapatan tersebut, Bapak Jahja juga menyampaikan bahwa berharap instansi dan perusahan lain ikut berpartrisipasi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Indonesia tidak hanya melalui operasi katarak dan kegiatan donor darah saja.

18 comments

  1. Begitu, ya. Kupikir operasi katarak itu gratis. Mungkin kalau kebetulan ada event aja kali ya. Semoga donasinya bisa banyak dimanfaatkan oleh yang membutuhkan

    ReplyDelete
  2. Banyak kegiatan bermanfaat yang dilakukan ya Lia..dan semua membawa manfaat untuk mereka yang membutuhkan yaaa

    ReplyDelete
  3. Di Indonesia memang banyak penyakit katarak, tapi banyak yang gak bisa operasi karna kurang dana. Beruntung BCA peduli

    ReplyDelete
  4. Selama ini juga saya taunya katarak itu diderita lansia. Ternyata anak-anak juga bisa mengalaminya.

    ReplyDelete
  5. BANGGA BANGET AKUUU JADI NASABAH BCAAAA
    Soalnya kegiatan sosialnya buanyaakk dan super berfaedah. Dan aku pingin coba donor darah, mba. Blum pernah euyy

    ReplyDelete
  6. Selalu salut sama perusahaan yang mau peduli pada masyarakat, bukan hanya mikir keuntungan semata.
    Semoga yang dilakukan BCA ini menginspirasi perusahaan lain.

    ReplyDelete
  7. Bapakku kena setitik mba konon katanya katarak beberapa minggu lalu operasi pake bpjs sih seeprtinya masih gejala yah

    ReplyDelete
  8. Bca keren bisa melakukan campaign sosial begini. Sebagai nasabah BCA turut berbangga hati.

    ReplyDelete
  9. Iya...katarak bisa dipicu dari mata terpapar matahari. Semoga bca tetap konsisten dgn program2 csr nya yg berkontribusi kpd masyarakat

    ReplyDelete
  10. OOh baru tahu, paparan sinar UV banyak juga bisa jadi penyebab katarak ya? Betul, di daerah banyak yg mengidap katarak tapi nggak sanggup bayar biaya operasi. Alhamdulillah program CSRnya BCA peduli pd pasien katarak, salah satunya.

    ReplyDelete
  11. PERDAMI ini keren banget ya mbak, apalagi kalau donasi banyak jadi bisa mengoperasi banyak penderita katarak.

    ReplyDelete
  12. Baiklah kalau sudah bisa dan kembali fit, mau ah donor darah.
    Soalnya pernah 2x mau donor darah tapi ditolak karena alasan karena ga fit katanya

    ReplyDelete
  13. Program CSR ini sangat membantu masyarakat deh, apalagi biaya operasi bukannya murah. semoga manfaatnya bisa diterima merata oleh mereka yang membutuhkan :)

    ReplyDelete
  14. Salut dengan CSR yang diberikan BCA melalui Bakti BCA yang sudah konsisten diberikan untuk mengembangkan prorgam-programnya kepada masyarakat luas. Semoga manfaatnya bisa dinikmati untuk semua kalangan ya...

    ReplyDelete
  15. Betul banget Mbak, pekerja lapangan memang riskan kena katarak. Papaku sendiri pernah kena katarak. Syukurlah sudah diangkat dan teratasi dengan baik.

    ReplyDelete
  16. Saya malah baru sekali saja donor darah Mbak. Tapi abis itu limbung lemas hehehe. Ingin mencoba rajin donor lagi.

    ReplyDelete
  17. Inovasi BCA luar biasa untuk bisa berbagi dan membantu semua penderita katarak ya mbak, aku jadi ingat kakek terkena katarak dan dapat operasi gratis.

    ReplyDelete
  18. Wah, keren nih CSR-nya. Semoga nanti bisa semakin banyak dan menjangkau ke pelosok-pelosok. Di sini masih banyak deh orang-orang katarak yang perlu dibantu.

    ReplyDelete