Powered by Blogger.

Hati-hati Sinusitis Jika Flu Berkepanjangan

"De, jangan terlalu keras ngeluarin ingus nanti bahaya bisa kena sinusitis lho!" Larangan seperti ini beberapa kali saya sampaikan sama anak-anak saat kena flu atau pilek. 

Flu dan pilek merupakan 2 penyakit yang berbeda, tapi keduanya bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit sinusitis, apalagi jika daya tahan tubuh sedang melemah. Mungkin teman-teman bingung ya apa sih perbedaannya? Tenang aja saya juga awalnya gak tahu kok, tapi sejak sering googling situs kesehatan terpercaya jadi makin tahu informasi yang benar. Kadang-kadang juga tanya sama teman yang berprofesi sebagai dokter. 




Perbedaan pilek, flu, dan sinusitis



Pilek merupakan gangguan pada saluran pernapasan bagian atas yang disebabkan oleh virus rhinovirus. Virus tersebut bisa muncul kapan saja tapi paling sering di musim hujan. Salah satu cirinya ada saat seseorang mengalami bersin-bersin, hidung berair, hidung tersumbat, batuk berdahak, atau sakit tenggorokan. Sedangkan flu atau influenza adalah infeksi virus influenza tipe A,B, dan C yang menyerang pernapasan yaitu hidung, tenggorokan, dan paru-paru dengan gejala mirip pilek hanya disertai gejala demam tinggi selama 3-4 hari, sakit kepala berat, batuk kering, dan merasa lelah berkepanjangan.

Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus yaitu rongga kecil berisi udara dan terletak pada struktur tulang wajah. Ketika terinfeksi, rongga terisi cairan dan bakteri sehingga membuatnya tersumbat - halodoc.com

Sebenarnya sinus ini berperan penting lho dalam menghasilkan lendir yang fungsinya untuk membersihkan atau menyaring bakteri dalam udara yang kita hirup, juga menjaga kelembapan udara yang masuk ke paru.

Penyebab sinusitis sendiri diantaranya disebabkan oleh bakteri, alergi, polusi, atau polip hidung. Sinusitis juga bisa terjadi setelah seseorang kena flu di mana adanya cairan yang keluar disebut juga ingus. Tapi, ingus yang mengental tidak selalu diartikan seseorang kena sinusitis. 

Wah saya termasuk orang yang alergi debu nih, jadi perlu waspada dengan sinusitis ya, karena  sinus hidung bisa mengalami peradangan yang mengakibatkan menumpuknya cairan dan tidak bisa keluar dari rongga sinus. Jika alergi tidak ditangani maka membuat sinus dijadikan tempat berkembangbiak mikroorganisme yang bisa menyebabkan infeksi sinusitis. Bagi teman-teman yang punya riwayat alergi perlu menghindari faktor pencetus alergi tersebut supaya tidak menimbulkan sinusitis.


Gejala Sinusitis Yang Perlu Diketahui


Secara umum gejala pada flu dan sinusitis mirip, tapi untuk membedakannya sinusitis mungkin bisa dilihat dari beberapa tanda berikut ini:
  • Infeksi karena sinusitis gejalanya lebih dari 7 hari, lebih lama dari pilek
  • Lihat lendir yang keluar biasanya berwarna kehijauan atau kuning
  • Ada rasa nyeri pada wajah, bahkan disertai sakit kepala
  • Bau mulut
  • Kelelahan

Nah, kalau ada keluarga yang kena flu  berkepanjangan harus segera diperiksakan ke dokter ya, khawatir itu adalah gejala  sinusitis. Jika tidak diobati akan lebih berbahaya lagi apalagi kalau infeksinya menyebar ke dinding otak karena bisa mengakibatkan penyakit meningitis.

Mengatasi Sinusitis 

Ngerinya sinusitis bisa terjadi pada semua orang, tapi ternyata kondisi seperti ini bisa dicegah dan mengurangi faktor risikonya supaya tidak menimpa kita.

Cukup beristirahat

Ketika daya  tahan tubuh melemah, istirahat adalah salah satu cara untuk meredakan dan menormalkan kembali tubuh. Istirahat juga bisa mempercepat pemulihan saat daya tahan tubuh sedang melemah.

Minum air hangat dan berendam air hangat

Paling enak memang saat hidung tersumbat banyak minum air hangat karena bisa melegakan hidung. Selain minum hangat, kita juga bisa berendam di dalam air hangat, tujuannya agar menjaga kelembapan rongga sinus dan mengurangi lendir yang ada. Boleh juga mengompres wajah dengan kain yang sudah dibasahi oleh air hangat.

Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi

Ketika tidur usahakan posisi kepala lebih tinggi dari badan dengan cara menaruh beberapa buah bantal. Cara ini dipercaya bisa membantu memperlancar sirkulasi dan aliran lendir yang ada dalam sinus sehingga tidak membuat hidung kita mampet dan tidak bisa bernapas.

Jangan lupa minum yang banyak

Kebutuhan cairan dalam tubuh ketika mengalami sinusitis perlu diperbanyak. Minum air mineral dan jus bisa membantu mengencerkan lendir. Ternyata mengonsumsi minuman berkafein seperti teh atau kopi bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi dan mengakibatkan sinusitis makin parah.

Menggunakan obat yang diberikan dokter

Ketika sinusitis sudah sangat mengganggu aktivitas sebaiknya segera ke dokter untuk mendapatkan pertolongan. Salah satu obat yang biasa diberikan adalah obat tetes hidung untuk mengurangi peradangan pada bagian rongga sinus. Obat tetes juga diberikan untuk menghentikan penyebaran infeksi ke tempat lain.

Siapapun tidak mau kalau terkena penyakit termasuk sinusitis. Supaya radang sinus gak kambuh lagi jangan lupa untuk rajin cuci tangan supaya kuman tidak masuk lewat mata, hidung, dan mulut. Juga penting menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi dengan memenuhi konsumi sayur dan buah-buahan.

Oh ya gejala-gejala dan cara mengatasi sinusitis banyak saya baca dari Halodoc. Teman-teman kalau mau bertanya langsung dengan dokter bisa loh lewat aplikasinya nuga yang bisa didownload di Google Play atau App Store. Gak cuma bisa bertanya lewat chat tapi juga lewat video call.

46 comments

  1. Suamki pernah nih kena sinusitis bahkan sampai dioperasi beberapa tahun lalu.
    Operasi ringan sih, disedot semua cairannya.

    Masya Allah, bisa sampai sebaskom besar. kira-kira, 1 liter, hijau kekuningan dan berbau.

    Alhamdullillah kini sudah sembuh.

    Setuju, sinusitis bisa dihindari dengan melakukan gaya hidup sehat!

    ReplyDelete
  2. Makasih mbak Lidya atas informasinya, jadi tau nih. Ada beberapa gejalanya mirip nih, saya kebetulan kalau pilek agak lama apalagi kalau kedinginan, hiks. Semoga bukan sinusitis, aamiin.

    ReplyDelete
  3. Kalau anak2 bisa juga ya terkena sinusitis ini? Aku curiga Raya kena karena gejalanya sama banget dengan paparan diatas, cuman anaknya ngga mau ke dokter, jadi sementara aku menjaga dengan banyak2 minum, makan bergizi & banyak2 istirahat

    ReplyDelete
  4. Saya pernah punya teman yang setiap pagi, kudu berjemur dulu Mbak, sebelum masuk qubikel kantornya. Pernah kutanyakan, ternyata dia punya sinus, jadi kudu ketemu matahari dulu sebelum beraktfitas seharian di dalam kantor.

    ReplyDelete
  5. pernah nih aku flu sebulan gak sembuh-sembuh, khawatir dong kali aja sinusitis gitu, karena suami juga udah mulai gak nyaman ngeliat flu aku gak sembuh-sembuh, alhamdulillah ternyata enggak

    ReplyDelete
  6. mertuaku kayaknya sinus juga deh, cuman bapak tuh seringnya pake obat spray gitu mbak

    ReplyDelete
  7. Kalau aku seringnya pilek pagi hari..ntar berhenti kalau sudah terkena sinar matahari.. bahaya gak ya? Duh..jadi pengen nanya2 ke halodoc juga nih..

    ReplyDelete
  8. Suamiku pernah kena sinusistis Mbak..akhirnya periksa ke dokter THT. Dan selain obat minum juga dibekali penyemprot hidung. Semprotan ini bisa dipakai dalam kondisi sehat untuk antisipasi terserang lagi. Jadi fungsinya untuk nyuci hidung gitu...

    ReplyDelete
  9. Duh hidung saya sering bersin dan kayak mau pilek terus, mesti waspada nih jangan sampai deh kena sinusitas..

    ReplyDelete
  10. Oh itu beda pilek dengan flu ya :D
    Btw aku sudah menjalankan tip nomor satu, istirahat yg cukup, eh itu buat mengatasi sinusitis ya. Duh, mudah2an kita dijauhkan dari segala penyakit ya. Amiin :)

    ReplyDelete
  11. tadinya khwatir aku kena sinus soalnya sering pilek gitu tanpa penyebab, tapi habis baca tanda-tanda lain ah alhamdulillah bukan

    ReplyDelete
  12. Punya teman yg sinusitis rasanya lihat dia aja kasian mbaaa. Gimana bayangin klo anak2 yg sakit yaa.. :(
    Jgn sampai moga aja. Amiin
    Sekarang serba canggih, halodoc jadi memudahkan.. keren^^

    ReplyDelete
  13. ngeri juga ya mbak bisa bikin meningitis kalau nggak cepat ditindaklanjuti. Aku kayaknya belum pernah lihat langsung orang sakit sinusitis deh, kalau pilek dan ingusan biasa sih udah tau juga harus gimana

    ReplyDelete
  14. terima kasih sharenya mba lidya. sudah sering sih dengar kata sinusitis. tapi mungkin karena nggak mengalami gejala2 seperti di atass, jadi belum aware. kebiasaan buruk nih, baru peerhatian kalau sdh ketimpa masalahnya :D. Mudah2an kita semua sehat yaaa..

    ReplyDelete
  15. Aku juga penderita sinusitis dulu. Tapi lalu ditangani dokter tht yang kompeten dan disinar sebanyak 12 kali dalam 6 Minggu ga boleh absen. Sekarang Alhamdulillah udah sembuh total.

    ReplyDelete
  16. Semoga terhindar dari sinusitis, ya, Mbak? Ngeri juga nih.. Kalau flu sama pilek biasa sih saya sering mengalaminya. Mudah-mudahan jangan sampai ke sinusitis.

    ReplyDelete
  17. Wah iya ya kalo flu berkpanjangan harus waspada sinus..dulu kayany pernah tp ga cek apakah sinus atau bkn.. alhamdulillah sih skrg kalo flu paling istirht bbrp hr udh baikan

    ReplyDelete
  18. Suamiku dan Aqla punya riwayat alergen, debu terutama. Kelihatan banget itu si Aqla, kalo kambuh alergi ya, tidurnya grok grok

    ReplyDelete
  19. Sinus ini gak boleh sama sekali minum air dingin dan es ya Mbak? mau coba install aplikasi halodoc ah, biar bisa dapat banyak ilmu. Makasih mbalid

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah belum pernah ngerasain gejala-gejala di atas. Tapi sekarang jadi tau perbedaan sinusitis, pilek dan flu. Aku mau fokus ke pencegahannya kalau gitu :)

    ReplyDelete
  21. Sinus tuh emang susah bedainnya sama flu karena mirip ya mba, kalau di jelasin gini lebih paham, aku tahunya sinus tuh sakit di jidat pas flu ternyata gak gitu ya hehehe

    ReplyDelete
  22. Wah, aku baru tahu perbedaan sinusitis dengan flue... Mesti mengetahui banyak mengenai berbagai gejala ya biar cepat penanganannya

    ReplyDelete
  23. Sinusitis memang menyiksa dan bikin sakit kepala. Pagi pagi bersin dan harus bersih ruangannya.

    ReplyDelete
  24. Saya juga belum bisa membedakan antara flu dan sinusitis. Ternyata kalau flu berkepanjangan harus diwaspadai ya.. takutnya itu gejala sinusitis.

    ReplyDelete
  25. halodoc emang ngebantu banget mbak, pernah ada pengalaman waktu sakit dan berobat eh minta ambilin via halodoc bias.. hehe
    selama ini sih pilek selalu gegara alergi cuaca huftlah

    ReplyDelete
  26. Suamiku pernah kena sinus bertahun yang lalu mbak, tiap pagi pasti bersin-bersin sampai beberapa kali. Berhari-hari gitu, sempat mengira kalo alergi udara pagi. Semarang kan gak dingin ya, ternyata kena sinus. Alhamdulillah sekarang udah sembuh sejak diobati selama 2 bulan, nggak jadi operasi karena udah disarankan juga waktu itu

    ReplyDelete
  27. Mba, Aku jadi paham tentang ciri sinusitis ini.. aku pernah denger dulu ada teman sma aku yang kena sinus, dan memang dia sering banget sakit kepala.. dengan mengenal gejalanya semoga penyakit sinutis ini tidak terjadi dalam keluarga kita ya mba.. aamiin

    ReplyDelete
  28. Aku ini langganan flu dari kecil. Terakhir aku ke dokter THT pas Manda umur setahun, itu diperiksa dalam hidungku, aku udah takut aja kena sinus atau polip. Dan alhamdulillah engga. Tapi aku penasaran, kenapa kalau flu bisa sering dengan durasi yg lama sekali? T_T

    ReplyDelete
  29. Flu dan pilek beda toh? Wah selama ini aku kira Sama. Sinusitis emang serem, sodara aku ada yg pernah kena sinusitis sampe operasi. Duh harus dicegah banget emang

    ReplyDelete
  30. Apa kalau sinusitis harus ditangani secepatnya oleh dokter?
    Iya niih...kak Lid.
    Anak-anakku kalo sisi suka nemen banget.

    Jadi khawatir...
    Semoga gak sakit sinus.

    ReplyDelete
  31. Kalau di US, flu itu paraah karena disertai batu pilek dan demam. Kalau yg kita biasa hari-hari disebut pilek obatnya banyak istirahat hehe

    ReplyDelete
  32. Wah makasih nih jadi tau ttg sinutis ini dan cara mengatasinya...mdh2an kita semua sehat2 terus ya Mba..

    ReplyDelete
  33. Temenku ada yang kena sinusitis ini, pileeekkk terus ga berhenti2. Kesian banget. Kena debu dikit langsung pilek. Akhirnya dioperasi tuh sinusnya.

    ReplyDelete
  34. Gak enak banget kena sinusitis. Temenku ada yang sampe operasi karena udab parah sinusnya.

    ReplyDelete
  35. Mba Lid aku punya sinusitis nih waktu di periksa dokter malah kata dia kudu operasi huhu untuk saat ini sih aku minum Vit C aja sama soale masih takut buat OP.

    ReplyDelete
  36. Temanku kena sinus mba dan kayaknya dia tersiksa pas kena. Hiks. Aku jadi tahu cara penanganannya untuk yang kena sinus ini. Makasih tulisannya mba :)

    ReplyDelete
  37. Tetanggaku ada yang kena sinusitis Mba. Jadi kalau ada pemicu bisa banget kambuh dan itu aweeet sakitnya. Kalau ngliat sampe kepayahan gitu kasihan. Nggak pernah lepas masker bahkan kalau di dalem rumah karena kena debu dikit aja bisa menyiksa :(

    ReplyDelete
  38. Nah iya suamiku nih yang susah kali mik obat mbaaa jadinya yo malah tambah parah . Sebel akunya hehehe

    ReplyDelete
  39. Adikku bertahun2 pilek mba. Sinusis kata dokter. Tapi alhamdulillah skrg udah ga lagi. Tapi penyebabnya karena memasukan biji kacang ke hidung

    ReplyDelete
  40. wah baru tahu aku mba, flu berkepanjangan bisa jadi sinusitis yaa. berati flu nggak boleh dianggap sepele ya mba

    ReplyDelete
  41. Ini kemarin si adikku baru ke dokter gara-gara sinusitis dan sudah sakit sekali buat dia. Akhirnya dia dikasih obat dan disuruh istirahat sama dokternya.

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah jadi harus menjaga diri dan kesehatan nih, dapet tips dari Mba Lid lagi
    aku kurang minum air hangatnya, padahal bagus buat tubuh ya Mba. Mulai nata diri ah, biar nggak gampang kena sinus

    ReplyDelete
  43. Aku nih mbak, kena sinus karena kelamaan flu dan batuk. Secara aku alergi dingin sama debu ya. Pas pergantian musim tahun lalu, aku batpil ga sembuh2. Periksa, eh, divonis sinus. Ya berawal dr alergi itu tadi.

    ReplyDelete
  44. ternyata beda ya, flu biasa dengan yang berpotensi sinusitis. duuuh padahal flu ini penyakit yg sesuatu banget

    ReplyDelete
  45. Tahun 20112 aku pernah divonis dokter suspect sinusitis karena efek stres kehilangan anakku no 3. Kalau ingat sakit banget pas sujud pipi sebelah, mata juga pegal banget. Alhamdullilah, sembuh total akhirnya

    ReplyDelete
  46. Memang harus hati-hati banget, akan gejala flu ini
    jangan disepelekan sebagai flu biasa ya Mba Lid
    Harus waspada dan segera berobat

    ReplyDelete