Friday, March 18, 2016

# kesehatan

4 Me Time Ala Saya Untuk Mengatasi Bosan

Menjalani rutinitas yang sama setiap hari ada kalanya dihinggapi kebosanan. Tapi sebagai ibu tentu saja saya tidak bisa mengambil cuti untuk berhenti melakukan tugas. Untuk itulah saya mencuri waktu melakukan me time. Saya pernah membaca buku yang berjudul "Me Time" dengan taglinenya Menjadikan Ibu Tetap Waras. Ternyata kita perlu meluangkan waktu sejenak dari rutinitas. Tidak ada patokan lamanya melakukan me time. Yang penting mendapatkan energi baru setelahnya.

Indikator seorang ibu atau istri mendapatkan me time yang cukup menurut buku tersebut adalah suami dan anak-anak juga akan merasa happy dan kedekatan dengan keluarga makin erat. Beda halnya jika kurang melakukan me time indikatornya adalah mudah marah dan tersinggung.

Lalu apa sih 3 Me Time Ala saya Untuk Mengatasi Kebosanan :



Ngeblog

Sebetulnya kegiatan ini sudah masuk rutinitas harian saya juga beberapa tahun belakangan. Menuliskan artikel, berkunjung ke blog teman-teman sampai ngobrol dengan mereka melalui dunia maya. Ada saja obrolan lucu yang membuat kami bisa tertawa. Berbagi ilmu dan tips tidak hanya untuk kegiatan blog saja tapi juga urusan dapur dan anak-anak. Kebetulan kami memiliki kemampuan dari bidangyang berbeda-beda.

Nonton Film di rumah

Setelah mengantar anak-anak sekolah saya menonton film di rumah saja, tidak perlu ke bioskop. Karena masih punya tanggung jawab untuk menjemput mereka. Cukup 2 jam saja sudah merasakan kesegaran. Dari menonton film ini saya malah bisa mendapatkan ide untuk menuliskan postingan untuk mendukung kegiatan Me Time nomr satu di atas.

Tidur

Kalau ini sih saya lakukan jika sudah sangat lelah yang luar biasa. Maklum lah kadang-kadang tidur larut malam tapi sebelum subuh sudah harus bangun. Paling lama 30 menit tidur sendiri di rumah asyik juga loh. Jangan lupa memasang alarm, jaga-jaga takut kebablasan tidur dan lupa menjemput anak pulang sekolah.

Berkumpul Dengan Teman di Kantin

Kami biasa menyebut kantin di dekat sekolah dengan sebutan kantor. Karena di tempat ini lah biasa kami bertemu saat menjemput anak-anak. Walau hanya sekedar ngobrol sebentar sambil makan siang rasanya semua masalah hilang sekejab di sini. Enaknya makan di sini kata teman saya tidak perlu mikir untuk cuci piring dan bisa minta tolong ambil ini itu. Bahagia itu sederhana bukan.

Di kantin inilah saya mengenal banyak teman dunia nyata untuk menyeimbangkan pertemanan di dunia maya yang setiap hari saya lakukan.

Setelah selesai melakukan Me Time, otomatis kembali lagi menjalani aktivitas seperti biasa. Menjadi orang tua yang selalu memberikan perlindungan pada anak mulai dari pagi hingga malam. Mengantar jemput mereka untuk bersekolah tidak mengenal cuaca. Baik dalam keadaan hujan, panas terik belum lagi asap kendaraan bermotor yang mau tidak mau ikut saya hirup. Di musim pancaroba ini banyak juga virus yang mengancam kesehatan.

Sebagai orang tua kita juga wajib memberikan perlindungan pada diri sendiri dengan menkonsumsi makanan yang sehat. Tubuh kita butuh antioksidan agar bisa menjalani aktivitas rutin setiap harinya. Untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel dan menyebabkan penyakit. Orang tua sehat berarti bisa terus menjaga dan melindungi anak-anak.

Di saat rutinitas lebih banyak saya lakukan di luar rumah kadang membuat kondisi kurang fit, gejala flu pun datang. Seharusnya sih walau kegiatan padat tetap bisa menjaga kondisi tubuh ya. Perlu juga menerapkan konsep gizi seimbang agar tubuh fit selalu melalui :

  • variasi makanan supaya tidak bosan
  • Menjaga pola hidup yang bersih melalui diri sendiri, dan lingkungan sekitar
  • Memperhatikan pola hidup aktif dan selalu berolah raga
  • Memantau berat badan ideal untuk kesehatan.

Kalau saya sih punya kebiasaan saat gejala flu datang akan menambah porsi makan. Dan usahakan perut tidak dalam keadaan kosong, serta menambah asupan vitamin C yang bisa mempercepat penyembuhan penyakit Flu.

Untuk menjaga daya tahan tubuh biasanya mengkonsumsi makanan dengan banyak mengandung Vitamin C. Kita juga harus mengetahui kadar antioksidan baik yang masuk kedalam tubuh melalui makanan dan minuman yang dikonsumsi. Dapat dilihat dari kandungan ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity), semakin tinggi kadarnya maka semakin baik antioksidan untuk tubuh.

Biasanya makan buah apa sih untuk memenuhi vitamin C tapi harus memenuhi kebutuhan ORAC tubuh setiap harinya. Menurut riset setiap orang memerlukan sebanyak 3000 ORAC per hari. Ini bisa dipenuhi melalui buah-buahan, contohnya sebagai berikut :

  • Jeruk 4 buah
  • Apel 16 buah
  • Pear 22 buah
  • Strawberry 20 buah

Wah banyak sekali ya, manalah saya sanggup makan buah sebanyak itu. Bisa-bisa seharian saya makan terus ya :) Untunglah dengan mengkonsumsi 2 tablet CNI Ester C bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan ORAC untuk antioksidan alami. Kandungan per tabletnya setara dengan 500mg vitamin C.  Pas sekali nih buat mengatasi sariawan saya akibat panas dalam. Yang paling penting sih saat saya minum Vitamin C aman untuk lambung.



CNI Ester C mempunyai kandungan ORAC paling tinggi dan bisa menjaga daya tahan tubuh selama 24 jam.






Buat teman-teman bisa beli CNI Ester C secara online di Gerai CNI




18 comments:

  1. Waah sama banget nih "me time"-nya :D

    ReplyDelete
  2. Aku..akuuu..me timenya juga bobok :D Etapi, kadang baca buku juga kok.

    ReplyDelete
  3. Wah yg urutan maem buah dalam 4 hari itu pengen nyobain,,.tp stroberinya byk bgt hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini bukan urutan makan buat dalam 4 hari tapi dalam satu hari diibaratkan makan buah sebanyak itu untuk memenuhi kebutuhan ORAC dalam tubuh

      Delete
  4. kalo ga suka strawberry ada penggantinya gak yah? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kan contoh aja, gak harus makan buah itu

      Delete
  5. Penting banget ya Mba mengkonsumsi vitamin C agar tubuh kita tetap sehat dan bugar..

    ReplyDelete
  6. Mbaa, Ester-C bagusnya dikonsumsi dua kali ato satu aja sehari ya?

    ReplyDelete
  7. wow...

    btw, mau dong mbak lid kasih saya tips "me time mengatasi bokek"
    hi hi hi

    ReplyDelete
  8. baca novel termasuk salah satu me time saya mba hehe

    ReplyDelete
  9. kalo saya biasanya nonton drama korea atau film india Mbak :)
    ngeblog biasanya di kantor :)

    ReplyDelete
  10. toss dulu..me time pertama aku ngeblog ama jalan-jalaaan huahahaha

    ReplyDelete
  11. Vitamin C buatku yg udah setengah baya penting banget hahaha :))

    ReplyDelete
  12. kalau buat yang mag akut, Ester Cnya aman ya mbak. nambahin nih, me timeku adalah berkebun :). curcol..

    ReplyDelete
  13. apapun me timenya butuh makanan ya Mbak, dan selalu ada ester C dari CNI yang melengkapi

    ReplyDelete
  14. Me time-ku belanja hahahahaa.... Kasih vouchernya dong

    ReplyDelete