Navigation Menu

Haruskah Adik Kakak Memakai Pakaian Kembar?


Punya dua anak berjenis kelamin laki-laki dengan beda usia 4 tahun, bukan berarti si kakak bisa selalu mengalah dalam urusan pakaian loh. Walau bisa dibilang sudah lebih besar kadang dia juga sesekali bersikap seperti anak-anak umumnya. Contohnya saat adiknya dibelikan pakaian pasti mau dibelikan dengan warna dan gambar yang sama. It's ok selama ukuran pakaiannya ada saya masih bisa membelikannya.


Seiring waktu berjalan, tentu saja badan Aa yang makin besar kadang sulit mencari pakaian yang sama dengan Ade. Setelah diberikan pengertian kalau pakaian bergambar kartun biasanya hanay untuk anak-anak saja, Aa sudah besar tidak ada lagi ukurannya. Akhirnya dia pun mengerti, dan biasanya sebagai penggantinya tetap dibelikan pakaian dengan warna yang sama hanya beda model dan gambar.

Aa yang akan menginjak usia 10 tahun sudah mulai mau memilih sendiri pakaian yang akan dibelinya. Kalau pilihannya banyak sudah pasti dia akan bingung menentukan pakaian yang akan dibelinya. Sebagai salah satu cara supaya tidak bingung memilih dan bisa belajar menentukan pilihan kami punya tips sendiri yaitu :
  • Ini tidak hanya berlaku untuk pakaian saja loh, untuk jenis barang yang lainnya pun usahakan anak diberikan kebebasan untuk memilih. Jika harga tidak sesuai bisa diberitahukan nanti juga akan mengerti kok. Kami punya pengalaman membelikan sepatu tanpa dia memilih jatuhnya sepatu tersebut jarang sekali dipakai.
  • Perkecil pilihan dengan memilihkan dua atau tiga jenis pakaian atau barang untuk dipilih anak-anak.
  • Berikan pendapat saat anak memilih warna atau jenis yang sama seperti yang sudah dimiliki. Ini sih pengalaman saya waktu Aa diminat memilih sendiri t shirt dia memilih warna hitam lagi hitam lagi :). Saya arahkan untuk memilih warna lain agar lebih bervariasi.
Ternyata mempunyai anak yang mulai beranjak usianya harus siap tidak memperlakukannya sebagai anak kecil lagi. 

Foto di atas di ambil waktu kami berlibur ke Bandung beberapa waktu yang lalu. Saya memilih warna merah untuk dikenakan oleh kami sekeluarga. Anak-anak boleh memilih pakaian sendiri yang akan dipakai asalkan berwarna merah, sama-sama enak bukan :). Jadi ingat postingan Astin Astanti yang berjudul Simple OOTD Serba Merah Untuk Fira, wah sama ya dengan pilihan saya merah juga. Sudah tahu kan kalau Fira itu adiknya Faiz anak dari Astin.

Jadi haruskan adik kakak memakai pakaian kembar? gak masalah menurut saya asalkan mereka mau tapi harus diperhatikan juga apakah pantas atau tidak.

12 comments:

  1. Waaaah setuju dengan Mbak Lidya. Kadang ketika akan bepergian, saya selalu memilihkan pakaian untuk anggota keluarga. Tidak sama sih, cuma temanya sama. Misalnya pakaian warna biru semua atau merah semua...karena belum punya baju kembaran...heheee. Makasih ya Mba Lia

    ReplyDelete
  2. Mungkin awalnya anak-anak mau ya.. Setelah besar mereka pilih sendiri :)

    ReplyDelete
  3. Waktu masih kecil kembaran, kan lucu2. Stlh besar gamau, apalagi size beda jauh

    ReplyDelete
  4. Dulu aku slalu kembaran sm kakak krna jaraknya dkt dan biar ngga iri kata emak

    ReplyDelete
  5. Anak-anakku sudah jarang kembaran, alasannya macem-macem. :))

    ReplyDelete
  6. anakku sih masih satu, tapi kalau samaan sama sepupunya kadang mau, kadang protes. angin2an :D

    ReplyDelete
  7. Sampai saat ini saya sengaja pilih yg kembaran Mbak, habis suka iri irian. Tapi skrg mereka sudah rada py style sendiri-sendiri.

    ReplyDelete
  8. Aku gak mau makein anak2 kembaran krn badan mereka waktu kecil beda tipis jadi mending beda warna aja. Biar lain kali bisa tuker tukeran..jadi kesannya punya banyak baju..wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Karena dari kecil tidak dibiasakan, maka saya pun menerapkan hal yang pada anak-anak. Seumur-umur ngga pernah punya baju kembaran. Kalo pengen nampak seragam, paling diakalin lewat tone warna atau motif yang senada.

    ReplyDelete
  10. Koment perdana di blog mb lidya. Kemarin2 baru baca aja bbrp atikelnya. Salam kenal ya mbak..

    Anak kedua saya msh kecil. Jd masih banyak pake baju punya abangnya. Belom bisa protes hahaha

    ReplyDelete
  11. Fayda yang anak perempuan saja pengennya bajunya selalu sama dgn kakaknya :)

    ReplyDelete
  12. Klo bisa mama papa nya juga pakai baju couple mbak, biar keliatan happy family gitu hihihi

    Download film HD

    ReplyDelete