Navigation Menu

Belajar Memahami dan Menghargai Pilihan

Membuat postingan yang menceritakan film yang disukai/menginspirasi/berkesan bagi saya untuk mengikuti 2nd #giveaway Evrina. Agak banyak juga sih film yang saya sukai, karena saya suka sekali nonton film. Biasa nonton bioskop sejak dulu tapi saat ini tentu saja harus pilih-pilih filmnya karena ada anak-anak yang harus diajak nonton juga ke bioskop. Solusi lain tentu saja melihat film dari rumah.
source


Ada satu film yang tidak bosan kami tonton yaitu Finding Nemo. Film yang di produksi oleh Pixar dan Walt Disney Picture ini pertama kali di rilis tahun 2003. Pertama kali menonton film animasi ini sudah suka sekali. Ringan tapi sarat hikmah yang bisa saya ambil. Saya menonton film ini sejak belum menikah sampai sekarang sudah punya anak dua tetap suka nonton film ini. Walaupun sudah di ulang-uang penayangannya di televisi maupun di DVD tetap tidak bosan untuk di tonton.

Pada September 2012 Finding Nemo 3D di rilis dan kami pun menonton lagi di bisokop bersama keluarga. Aa sudah kelas 1 SD sedangkan Ade sudah berumur 2 tahun waktu itu. Mereka senang sekali bisa menonton Finding Nemo 3D di bisokop apalagi saat menonton menggunakan kacamata 3D jadi makin nyata melihat filmnya.


Pasti teman-teman sudah tau ya jalan cerita film ini yang mengisahkan seekor ikan badut (ayah) untuk  mencari anaknya yang hilang. Maksud si ayah baik dan terlalu menjaga serta mencintai anaknya yaitu Nemo. Tapi si ayah terlalu berlebihan dan mengekang anaknya sehingga untuk bersekolah saja hampir tidak dizinkan. Serba dilarang dan diprotek membuat Nemo penasaran dan mencoba hal yang dilarang ayahnya sehingga dia terbawa jaring penyelam yang sedang menangkap ikan.

Dari film ini saya bisa mengambil beberapa pelajaran yang mudah-mudahan bisa saya terapkan untuk mendidik anak-anak. 

Tunjukkan perhatian dan rasa sayang tidak terlalu berlebihan.

Dalam film, si ayah selalu menjaga Nemo kemana pun, ini karena ibu Nemo mati oleh serangan ikan lain. Si ayah tidak mau kehilangan keluarga satu-satunya.

Dalam keseharian saya pun terkadang melarang ini itu. Suatu hari Aa pingin ke sekolah naik sepeda. Jarak dari rumah ke sekolah cuma 1 kilo meter saja padahal. Karena khawatir saya mengizinkan naik sepeda tapi saya ikuti sambil naik motor. Lama-lama Aa protes karena malu katanya kalau diikuti. Akhirnya Bismillah saya mengizinkan Aa naik sepeda sendiri tapi dengan catatan tidak setiap hari. Hari lainya tetap saya antar jemput. Setelah mengizinkan boleh naik speeda ke sekolah, eh malah Aa minta kembali di antar jemput saja oleh saya. Ternyata sama anak-anak harus tarik ulur ya supaya mereka menurut.

Kalau dipikir-pikir jaman saya kecil sejak kelas 1 SD saja sudah pergi sendiri ke sekolah bahkan kelas 3 SD saya berani naik angkutan umum sendiri menuju ke sekolah. Berbeda dengan jaman sekarang para orang tua terlalu khawatir, ini tidak salah kok. Maklumlah sekarang banyak kejadian yang tidak dinginkan kita lihat di pemberitaan.

Berikan Pilihan dan Kebebasan Dengan Syarat

Nemo selalu diantar dan dilarang menjauh dari perairan tempat tinggalnya karena khawatir ada ikan hiu yang memangsanya. Di akhir cerita ayahnya rela dan sadar bahwa Nemo butuh kebebasan juga agar dia bisa bergaul dengan teman-temannya.

Dalam kehidupan saya, pingin belajar nantinya saat anak-anak ingin memilih sesuatu misalnya jurusan dalam sekolah saya tidak akan memaksakan kehendak. Tetapi hanya memberikan saran dan mengarahkan saja sambil memberikan masukan yang baik. Pilihan ada pada tangan anak-anak. Tetapi dengan syarat jika sudah memilih satu hal harus bisa dipertanggungjawabkan.

Saat ini di sekolah Aa memilih ekskul Robotic, yang harganya menurut saya lumayan dibanding ekskul lainnya. Saya pernah menyarankan memilih yang lain saja agar lebih irit, tapi ternyata Aa tidak mau. Memang minatnya disitu ternyata. Dia suka merakit-rakit lego sehari-harinya. Kami mengizinkan Aa mengambil ekskul Robotic dengan catatan harus serius salam belajarnya. Masalah uang bisa dicari, ini merupakan salah satu dukungan dan support kami untuk anak.

Pelajaran Penting Yang Bisa Diajarkan Pada Anak.

Ada juga pelajaran yang bisa saya contohkan dari film ini yaitu saat Nemo tidak menuruti perkataan ayahnya. Nemo dilarang untuk menjauh dari perairan tempat tinggalnya tapi dia malah tidak menurut dan akhirnya terbawa hingga ke Sydney. Awalnya Nemo menduga ayahnya tidak sayang padanya, tapi ternyata dia salah. Si ayah rela melakukan perjalanan jauh untuk mencari dirinya.

Saya katakan pada anak-anak, jika orang tua melarang berarti bentuk perhatian karena tidak mau ada hal yang tidak diinginkan terjadi pada mereka. Cobalah untuk menuruti perkataan orang tua dan tidak melawannya. Boleh mengajukan pendapat tapi dengan cara yang baik dan sopan



 Postingan ini diikutsertakan dalam Evrinasp Second Giveaway: What Movie are You?

14 comments:

  1. wah ada pembelajarannya juga, lengkap kap kap...
    klo di film ini aku gemes ama anak perempuan bernama darla hehehe

    ReplyDelete
  2. Seru film nya mbak, banyak pembelajaran buat anak-anak...sukses ya buat giveaway nya...

    ReplyDelete
  3. aku juga suka nih Finding Nemo, tapi belum pernah nonton yang versi 3D cuma yang di tv aja :3

    Goodluck mbakk buat GA-nya, semogaa kelemparan hadiah dari Bogor :p

    ReplyDelete
  4. Ikan badut (clown fish) jadi terkenal ya gara2 nemo. ini salah satu film favorit aku juga, wkt pertama nonton malahan pake acara nangis

    ReplyDelete
  5. Saya juga suka nemooo. Gak bosen meski sdh lht beberapa kali deh

    ReplyDelete
  6. Nonton film Nemo bisa kerasa bangunan ceritanya, betapa saya ikut larut dengan emosi yang dibangunnya :)

    ReplyDelete
  7. film nemo bisa untuk berkaca dan memberi pelajaran orang tua bagaimana cara mendidik anak dengan baik...
    dulu saya kalau dilarang orang tua selalu protes dan nggak nurut
    sekarang gantian anak saya yang protes kalau saya larang sesuatu hal padahal maksud saya untuk kebaikan juga... :)

    ReplyDelete
  8. Lahhh, baru denger, harus nonton nih :(

    ReplyDelete
  9. Itulah cara ayah, meski menegur tapi sangat sayang dan melindungi keluarganya.

    ReplyDelete
  10. Suka juga film ini, npnton sama anak seru:)

    ReplyDelete
  11. saya gak bosen nonton finding nemo, soalnya lucu dan sara pesan, makasih ya mbak atas partisipasinya

    ReplyDelete
  12. ak samsesk blm pernah liat film ini..
    jadi tertarik nonton ni mb..
    thank u

    ReplyDelete