Cara Ibu Mengelola THR Untuk Keperluan Bermanfaat

Ramadan hampir berakhir, tandanya THR (Tunjangan Hari Raya) sudah keluar nih, kira-kira dana tersebut mau digunakan untuk apa ya? Dihabiskan untuk lebaran saja termasuk mudik? Yakin mau menghabiskan semua? Jadi ingat dengan quote yang saya dengar ketika menghadiri event khusus mom yang berbunyi "Jangan sampai kita mencari uang setengah mati, tapi menghabiskannya setengah sadar" Dari salah seorang expert ada yang berkata kalau hidup kita itu tidak hanya berhenti di lebaran saja, karena setelahnya harus menjalani kehidupan lain yang lebih panjang lagi dan tentu saja membutuhkan biaya juga. Untuk itu seorang ibu perlu tahu juga cara ibu mengelola THR untuk keperluan Bermanfaat.

Cara Ibu Mengelola THR




Saya sebagai seorang istri dan ibu belum sempurna kok dalam mengelola keuangan tapi terus belajar. Sebagai bentuk tanggung jawab dalam mengelola keuangan tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya. Yang paling utama dalam mengelola keuangan keluarga adalah menyiapkan dana untuk kebutuhan sehari-hari, menyiapkan dana darurat, dan menyisihkan dana di awal waktu untuk tabungan, investasi dan proteksi

Jika saat ini saya sudah bisa mengelola keuangan dengan baik, maka akan menularkannya juga pada anak-anak sehingga dewasa nanti bisa mengatur keuangan keluarganya. Intinya tidak menunda dalam mengelola keuangan, yuk lakukan kebiasaan yang baik mulai saat ini dan lakukan aksi sekarang juga. Caranya yaitu dengan tidak menambah hutang melainkan dengan mengurangi pengeluaran dan menambah pendapatan.

Mengelola uang THR ini juga sama pentingnya seperti mengelola keuangan tiap bulannya, harus ada alokasi supaya terlihat dananya digunakan untuk apa saja.


Alokasikan THR Untuk Keperluan Bermanfaat Supaya Tidak Cepat Habis


Ngomong soal THR, sebenarnya yang mendapatkannya adalah suami, saya hanya membantu mengelolanya saja karena semua pemasukan yang didapatkan memang saya yang mengaturnya.

Mendapatkan THR ibarat dapat rezeki nomplok tiba-tiba, tapi kalau tidak bisa mengelolanya langsung habis begitu saja tanpa sisa. Jika setelah lebaran ada keperluan lain bisa gigit jari dong, mau cari dana kemana.

Untuk itulah kita para ibu juga harus bisa mengatur uang THR itu dipergunakan untuk apa saja sih?

💗 THR Untuk Lebaran


Biasanya uang THR akan diterima sekitar satu atau dua minggu sebelum lebaran tiba. Di bulan Ramadan kadang pengeluaran keluarga meningkat, nah uang THR ini bisa digunakan sedikit untuk memenuhi kebutuhan Ramadan tersebut.

Namanya juga lebaran, pastinya kita juga ingin punya pakaian baru, kue lebaran atau memberikan uang untuk berbagi atau sedekah, dan yang terakhir adalah untuk mudik. Boleh banget uang THR digunakan untuk keperluan lebaran asalkan membuat batasan atau budget yang sesuai agar tidak cepat habis dalam waktu singkat.


💗 THR Untuk Membayar Tagihan


Kita hidup itu memang butuh dana untuk apapun, misalnya sekolah atau keperluan lain. Dari uang THR ini bisa kita gunakan untuk melunasi atau membayar tagihan supaya tidak ada hutang setelah lebaran dan pemasukan bulanan pun tidak terganggu.


💗 THR Untuk Top Up Dana Pendidikan dan Dana Darurat


Sebentar lagi si bungsu lulus SD dan akan masuk SMP. Sudah pasti ini membutuhkan biaya untuk masuk ke sekolah barunya. Sisihkan sebagian uang THR untuk dana pendidikan tidak akan mubazir kok. Ataupun jika nanti si sukung masuk ke sekolah negeri dan tidak membutuhkan biaya banyak, uang tersebut bisa saya top up untuk dana pendidikannya.

💗 THR Untuk Proteksi Keluarga


Hidup kita dan keluarga akan terus berjalan dan membutuhkan dana yang besar. Supaya tetap bisa menjalani aktivitas kehidupan kita perlu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin olahraga.

Menjaga kesehatan saja tidaklah cukup, karena banyak penyakit yang beredar apalagi di masa pandemi. Untuk itu kita pun butuh perlindungan ekstra dalam menjaga kesehatan. Nah, mumpung dapat uang THR bisa saya gunakan untuk membeli atau memperpanjang polis asuransi.


THR Untuk Membayar Polis Itu Bermanfaat Atau Mubazir?


Bicara soal THR untuk proteksi keluarga, saya jadi teringat kalau setelah lebaran nanti masa aktif polis asuransi kendaraan kami dari Garda Oto akan berakhir, artinya kami harus membayar dan memperbaharui polis lagi supaya kendaraan yang dimiliki tetap mempunyai perlindungan selama satu tahun.

Kalau memikirkan dana untuk membayar polis, rasanya sayang sekali harus mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk asuransi kendaraan saja.Tapi, saya inginnya tetap memperoleh proteksi ke depannya. Gak ada satu orangpun yang ingin mendapatkan musibah, tapi kadang hal tersebut datang tidak terduga.


garda oto



Saya jadi ingat setahun lalu pun, punya pikiran untuk menghentikan polis asuransi Garda Oto untuk kendaraan kami, tapi setelah dipikir ulang kami pun mengurungkannya. Kebetulan suami menyerahkan keputusan soal keuangan termasuk pembelian proteksi asuransi kepada saya. Tidak lama setelah perpanjangan polis asuransi, ternyata di tengah jalan ketika saya sedang berkendara, ada sebuah motor yang mengendarai kendaraannya agak ugal-ugalan dan membentur pada kaca spion mobil hingga patah. Subhanallah, saya sudah berhati-hati saja masih ada kejadian diluar dugaan. Ternyata bukan hanya spionnya yang patah, tapi dudukan atau rumah dari spionnya juga harus diganti. Bayangkan berapa banyak biaya yang harus kamu keluarkan untuk menggantinya.

Bersyukur sekali kami punya perlindungan dari Garda Oto yang bisa mengcover kerusakan yang terjadi pada kendaraan. Klaimnya yang mudah hanya lewat Garda Mobile Otocare saja, semua sudah diurus oleh pihak asuransi untuk penggantian spion dan kerusakannya. Kalau ada apa-apa di jalan juga Garda Siaga siang 24 jam memberikan bantuan.

Ternyata apapun yang kita lakukan atau kita keluarkan itu tidak ada yang sia-sia atau mubazir apalagi untuk proteksi. Dari pengalaman proses klaim mudah yang diberikan oleh Garda Oto yang merupakan salah satu produk asuransi dari Asuransi Astra, saya jadi tertarik untuk mencari informasi mengenai Asuransi Rawat Jalan Cashless yang ada pada Garda Healthtech.


Uang THR untuk Beli Asuransi Kesehatan Rawat jalan


Punya proteksi itu penting sekali, tidak cuma untuk kendaraan. Proteksi kesehatan untuk keluarga ini jauh lebih penting lagi, apalagi saya orangnya suka parnoan juga. Siapa sih yang mau sakit, pastinya gak ada seorang pun yang menginginkannya, semua mau selalu sehat. Tapi, rasanya susah untuk memastikan hal tersebut, meskipun kita sudah menjaga kesehatan dengan baik.

Sakit itu biayanya gak sedikit, meskipun kita punya tabungan pada akhirnya akan terpakai juga kalau harus berobat ke rumah sakit. Selama ini kan kami tahunya asuransi kesehatan personal itu hanya mengcover biaya rawat inap saja. Saya ingin sekali punya asuransi yang bisa mengcover biaya rawat jalan karena ini pun membutuhkan biaya yang lumayan.

Dalam mencari asuransi kesehatan rawat jalan saya punya kriteria nih, salah satunya adalah klaim yang mudah, ada sistem cashless, dan punya banyak kerjasama dengan rumah sakit maupun klinik. Nah, selanjutnya tinggal memikirkan soal biaya untuk pembelian asuransi tersebut deh. Mumpung dapat THR, kenapa gak menggunakan dana tersebut saja, toh uangnya bukan untuk dibelanjakan untuk kebutuhan konsumtif melainkan untuk perlindungan


Garda Healthtech Asuransi Kesehatan Rawat Jalan dari Asuransi Astra


Karena sebelumnya punya pengalaman yang baik dengan Garda Oto untuk asuransi kendaraan, makanya saya pun cari tahu tentang asuransi kesehatan rawat jalan dari Asuransi Astra. Ternyata kriteria proteksi yang saya inginkan ada pada produk Garda Healthtech yang juga terdaftar dan diawasi oleh OJK.


Benefit Yang Bisa Didapatkan Dari Garda Healthtech


Garda Healthtech ini dapat memberikan jaminan konsultasi online dan tatap muka dengan dokter umum maupun spesialis termasuk pembelian obat yang diresepkan melalui aplikasi Halodoc. Apabila diperlukan untuk konsultasi tatap muka juga bisa dilakukan dengan menggunakan surat rujukan ketika konsultasi online. Wah kebetulan sekali saya pun suka menggunakan layanan konsultasi dokter dari Halodoc yang terpercaya ini.

Di zaman online seperti ini, memang konsultasi online sudah diperlukan untuk memudahkan kita dalam berkonsultasi kesehatan. Senang sekali ketika tahu bahwa Garda Healthtech sebagai asuransi kesehatan rawat jalan punya kebijakan tersebut apalagi harganya pun terjangkau mulai dari 500 ribu dengan manfaat yang didapatkan hingga 3.2 juta rupiah. Kita akan mendapatkan benefit sesuai dengan pilihan paket yang disediakan oleh Garda Healthtech yang terdiri dari Paket Fit, Classy, dan Ultima.


Asuransi kesehatan rawat jalan




Teknologi sudah canggih, pembelian polis dan pendaftaran Garda Healthtech bisa melalui online cukup dari smartphone saja. Begitu pula untuk prosedur klaim yang mudah dan cashless akan memudahkan kita dalam melakukan klaim.

Garda Healthtech





THR bisa cepat habis kalau kita tidak bisa mengelolanya, apalagi jika digunakan untuk biaya pengobatan. Saya ingin selalu #SehatmuTerlindungi sepanjang tahun dengan Garda Healthtech yaitu asuransi kesehatan rawat jalan dengan biaya rendah. Cara ibu mengelola THR untuk keperluan bermanfaat menentukan kehidupan setelah lebaran dan membentuk habit yang baik.  Selamat libur lebaran dan mudik, jangan lupa jaga kesehatan dan penuhi proteksi kesehatan sekarang.





Post a Comment

0 Comments