Manfaat Olahraga di Pagi Hari Sambil Mengejar Matahari di Pantai Ancol

Manfaat Olahraga di Pagi Hari Sambil Mengejar Matahari di Pantai Ancol - Pilih olahraga di pagi hari atau sore hari? Kalau saya sih lebih pilih di pagi hari, malah sudah dimulai sebelum matahari terbit kalau bisa. Jadi bisa dapat udara segar subuh dan mengejar matahari pagi supaya lebih hangat.

manfaat olahraga di pagi hari


Setahun ini sudah mulai banyak orang sadar akan pentingnya kesehatan dengan menjaga gaya hidup sehat termasuk olahraga untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan daya tahan tubuh terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

Pilih Waktu Yang Tepat

Tiap orang punya kesibukan sendiri dalam menjalankan aktivitasnya di era new normal dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, begitu pula ketika berolahraga. Sebagian orang ada yang suka olahraga di dalam ruangan supaya lebih aman, tapi ada pula yang memilih melakukannya di luar ruangan. Saya sendiri melakukan keduanya.

Untuk pilihan waktu berolahraga pun masing-masing punya waktu favoritnya sendiri. Sebagian orang suka melakukannya di pagi hari, dan lainnya lebih suka olahraga di sore hari atau malam hari.

Sebenarnya gak ada patokannya kok mau olahraga kapan pun sesuai kenyamanan aja yang penting tetap melakukan aktivitas gerak supaya gak banyak mager.

Buat kamu yang pilih olahraga di pagi hari, sama dengan saya dong. Tapi pagi harinya saya itu pagi sekali menjelang matahari terbit. Menurut artikel kesehatan sih olahraga yang dilakukan di sore hari atau malam hari berguna untuk melepas stres.

Jadi ingat jaman kerja dulu, setelah pulang kerja saya sesekali olahraga menjelang malam di GBK (Gelora Bung Karno). Kebanyakan yang datang ke GBK juga pekerja yang sengaja mampir ke sini dulu untuk olahraga sebelum pulang ke rumah.

Sedangkan olahraga di pagi hari juga ada manfaatnya kok, antara lain:

💗 Lebih Aman dan Nyaman

Untuk olahraga di luar ruangan saya suka naik sepeda dan berlari. Nah, supaya bisa nyaman berolahraga di luar rumah makanya memilih waktu di pagi hari. Selain suasananya masih sepi dari keramaian sehingga bisa menjaga jarak dan menghindari keramaian sesuai dengan protokol kesehatan yang ada saat ini.

💗 Mood Jadi Lebih Baik

Kalau buat saya mood jadi lebih baik, karena di pagi hari bisa lebih semangat, gak tau kalau orang lain mungkin agak susah bangun subuh hehehe. Di keluarga yang memilih olahraga sore hari cuma si sulung, kalua pagi dia masih males-malesan persiapan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

💗 Lebih Semangat Beraktivitas

Entah sugesti atau bukan, rasanya kalau sudah gerak jadi lebih semangat melakukan aktivitas di rumah atau aktivitas lainnya.

💗 Menikmati Segarnya Udara

Suka banget keluar di pagi hari jelang matahari terbit, untuk menikmati segarnya udara pagi karena hawanya bikin sejuk di badan. Coba deh menghirup udara pagi hari yang lebih bersih baik untuk kesehatan paru-paru juga.


Olahraga di Pantai Ancol, Ini Yang Harus Disiapkan


Di awal pandemi, saya takut untuk keluar rumah beberapa bulan di dalam rumah terus menerus, hingga akhirnya saat ini berani untuk keluar rumah dan berolahraga.

Biasanya saya olahraga di sekitar rumah atau ke tempat yang nyaman baik saat berlari maupun sepedaan. Tapi lama-lama bosan dengan lokasinya karena monoton dan kurang tantangan. Akhirnya saya pun suka mengeksplor tempat-tempat lain yang enak untuk olahraga. Minggu pagi lalu kami berkunjung ke Pantai Ancol untuk olahraga lari.

Pagi sekali kami sudah tiba di lokasi, menyusuri pantai di sana asyik sekali apalagi masih sepi dan banyak angin. Lama sekali kami tidak berkunjung ke sini ternyata sudah banyak perubahan dan lebih bagus tempatnya.


Banyak manfaat olahraga di pagi hari yang bisa kita dapatkan.  Berikut ini beberapa tips olahraga di sekitar Pantai Ancol menurut pengalaman kami berikut ini bisa kalian ikuti lho!

🎀 Tiba di Awal

Kebiasaan kami yang memulai aktivitas di awal hari selalu terbawa jika pergi kemana-mana. Pagi itu setelah sholat subuh kami langsung meluncur ke Pantai Ancol menggunakan kendaraan pribadi.  Tiba di sana sebelum pintu gerbang dibuka jadi gak ada antrian panjang dan di lokasi pun masih sepi. Kami pun menyusuri lokasi di sana, setelah lihat di map ternyata cantik sekali denahnya membentuk hati tapi sayangnya kurang simetris karena kami tidak tahu.



🎀 Bawa Perlengkapan Sendiri

Bawa perlengkapan pribadi untuk menghindari kontak di keramaian penting sekali seperti membawa botol minum sendiri. Sebisa mungkin kami tidak terlalu lama di sana, setelah pengunjung agak ramai kami pun bersiap untuk kembali ke rumah.

Penuhi baterai ponsel dan smartwatch yang kalian bawa ya, supaya gak kehabisan daya saat olahraga atau jalan-jalan. Pastikan juga memiliki kuota internet yang banyak dan kencang supaya nyaman untuk mengukur jarak, share aktivitas pada aplikasi atau mengambil gambar yang menarik.

Oh ya koneksi internet juga dibutuhkan di mana-mana saat ini termasuk untuk melakukan transaksi digital ketika kita membeli sesuatu untuk meminimalkan kontak dengan orang lain. Kadang saat ini banyak orang yang gak bawa uang cash kok, karena mengandalkan uang elektronik. Untuk masuk ke Ancol pun hanya menerima uang elektronik tidak menerima uang cash. Untungnya kami sudah membeli tiket secara online terlebih dahulu untuk mendapatkan gratis tiket masuk kendaraan.

Nah makanya gak masalah gak bawa uang cash yang penting ada koneksi internet unlimited dan ada e-wallet untuk bertransaksi. Untuk internet UNLIMITED saya pakai smartfren karena bisa internetan sepuasnya sampai pagi dan membuat kita makin UNLIMITED dan BISA SEMUA karena unlimited-nya di semua aplikasi 24 jam serta di semua lokasi di seluruh Nusantara termasuk di Pantai Ancol ini.

Saya pun mencoba untuk melakukan speedtest internet smartfren unlimited yang sedang saya gunakan. Ternyata hasilnya full sehingga gak khawatir lagi selama digunakan berolahraga. Saya bisa mengukur jarak yang ditempuh saat olahraga sambil mendengarkan musik favorit tanpa kendala.


🎀 Gunakan Pakaian Nyaman

Saat berolahraga gunakan pakaian yang nyaman menurut diri sendiri. Kalau saya memilih yang berwarna dan bahan yang menyerap keringat serta tidak mudah panas. Meskipun olahraga pagi tapi pastinya kami pulang saat matahari mulai naik bukan, apalagi anak-anak juga ingin bermain dulu di pinggir pantai.

Di kawasan Ancol juga banyak pesepeda yang berolahraga di sini untuk mencari keringat dan membakar lemak maupun jalan-jalan sambil refreshing. Kebetulan saya gak bawa sepeda nih. Sebetulnya di sana ada penyewaan sepeda kok tarifnya 30 ribu rupiah untuk satu jam, sayangnya hari sudah mulai siang, matahari semakin terik dan anak-anak pun sudah merasa lapar jadi harus pulang dan mencari sarapan terlebih dahulu.


📌 Launching Teman Kreasi Indonesia

Bicara soal pakaian olahraga dan sepeda saya jadi ingat dengan Yohanes Handy, founder Common Spot yang hadir pada acara Teman Kreasi Indonesia yang baru saja launching 25 Maret 2021 lalu hasil kerjasama smartfren, WOWLabs, dan smartfren Community.

Teman Kreasi Indonesia mengusung prinsip KOKREASI yang saling mendukung. Tujuan diadakan program ini adalah untuk mendorong lahirnya wirausahawan digital, wirausahawan digital, dan kreator lokal di Indonesia.

Pada event tersebut hadir hadir Yohanes Handy yang punya hobi sepedaan. Seperti yang saya perhatikan saat ini para pesepeda juga ingin bergaya saat olahraga dengan menggunakan kostum yang unik dan menarik.




Yohanes Handy ini membuat desain kostum sepedanya sendiri. Dari sini teman-temannya suka dengan desainnya dan mengapresiasi hasil karyanya, apalagi saat ini banyak orang yang suka olahraga sepeda juga.

Saya sempat melihat desain-desain dari Common Spot lengkap juga produknya untuk memenuhi kebutuhan para pencinta olahraga sepeda mulai dari jersey untuk wanita maupun pria, topi, masker dan lainnya.

Oh ya selain ada Yohanes Handy, pada acara launching Teman Kreasi Indonesia hadir pula Evan, founder dari Show the Monster, Syaroful Azka, founder Pasar Sayur dan leader smartfren community Pekalongan, Didik Jatmiko atau yang dikenal dengan KAK DIDIK seorang blogger dan leader smartfren Community Bojonegoro. Untuk informasi aja kalau Kak Didik ini suka promosi kuliner dan usaha lokal daerahnya melalui postingan blognya serta memberikan sosialisasi produk UMKM daerahnya melalui dunia maya.





Gimana kalian semangat olahraga di pagi hari juga? atau pilih waktu sore dan malam hari? Semangat sehat terus ya seperti para Teman Kreasi Indonesia yang juga semangat mempromosikan hasil karyanya untuk membuka peluang  dan menjadi local heroes yang dikenal di seluruh Indonesia maupun di luar dengan mandiri dan berbagi.

Post a Comment

21 Comments

  1. Smartfren skrg makin keren yah, saya belum cobain in spread test nya . Btw berolahraga di pagi hari emang bikin mood jauh lebih baik

    ReplyDelete
  2. Ancol rame gak sekarang mbak lid? Bagus juga ya jaringan Smartfren di sana. Istirahat sambil nunggu anak2 berenang aku suka nonton drakor sambil jaga tiker. Wkwk

    ReplyDelete
  3. SMARTFREN emang terbaeekk ya Mba Lid.
    Sangat bisa dijadikan partner ke manapun dan dimanapun
    aaakk, aku juga mau olahraga biar makin sehaaatt dan setroong!

    ReplyDelete
  4. Ke mana-mana, kalau akses internet kita oke, menyenangkan ya Mbak Lidya. Apalagi pas olahraga begini, nemu pemandangan indah ... bisa langsung jepret dan upload ke medsos.

    ReplyDelete
  5. olahraga sambil berjemur matahari pagi memang enak ya, saya juga sering pagi hari kalau olahraga tapi cuma di atap rumah aja hehehe pasti enak ya mba kalau di pantai ancol bisa sekalian hirup udara segar

    ReplyDelete
  6. Mbak Lidya foto dari belakang itu kaya anak gadis dari mana gitu, hehehe

    Memang paling enak olahraga di pagi hari. Udah juga lebih segar kan. Kalau aku milihnya sekitar rumah atau ke sawah. Yang penting jangan lupa nyari yang internetnya lancar di manapun kita berada

    ReplyDelete
  7. Kalau olahraga sendiri, saya lebih memilih sore. Suami saya juga begitu. Tetapi, kalau berdua, selalu pilih pagi hari. Btw, saya barusan order kartu perdana Smartfren.

    ReplyDelete
  8. Halo mba Lidya. Aku sebetulnya kalau mau milih memang lebih asik kalau olahraga pagi. Lebih berasa segar karna udaranya masih segar

    ReplyDelete
  9. semangat terus yaa Lia mengejar matahari pagi dan Ancol memeng pilihan oke untuk warga Jakarta

    ReplyDelete
  10. jadi pengen olahraga pagi lagi nih mba, Kalau pagi olahraga itu bawaannya badan seger karena matahari juga gak terlalu terik pas pagi. Seger setelah olahraga ^_^

    ReplyDelete
  11. Asyik banget kalau bisa olahraga pagi di pantai ya.
    Apalagi kalau persiapan nya matang, jadi no drama deh.
    Dan yang paling penting adalah bisa terus terkoneksi dengan internet.
    Pake Smartfren udah paling bijak deh :)

    Apalagi program nya keren-keren :)

    ReplyDelete
  12. Aku juga lebih suka olahraga di pagi hari mbak. Pantai sekitar Kuta, Bali sangat indah di pagi hari yang cerah. Pantinya menambah makin bersemangat untuk bergerak. Apalagi jika manfaat olga banyak banget, ditambah jaringan internet yang mendukung, tentu kita tak akan sia-siakan waktu pagi kita untuk terus bergerak mencari sehat.

    ReplyDelete
  13. Mba Lidya makin sehat banget ini ya, selalu suka style mu ketika bersepeda an. Cantik dan bagus banget. Alhamdulillah ada yang menciptakan produk yang bermanfaat banget untuk para pengger sepeda. Salut ama mereka yang bisa memberikan solusi terbaik. Kolaborasi yang andal.

    ReplyDelete
  14. Jadi inget pengalaman saya Mba... baru semangat olah raga pagi kalau ada motivasi lain seperti sambil belanja, sambil melihat pemandangan indah., hehe.... Belum rutin tiap hari nih...huhu ..

    ReplyDelete
  15. waaaa seru banget olahraga di pantai mbaaaa.... katanya udara pantai yang bersih bagus juga buat terapi bagi pengidap asma ya?

    ReplyDelete
  16. Whoaaaa udah paling terbaik olahraga pagi trus cuaca cerah,apalagi ini di pantai Ancol seger banget ya mba. Stay healthy and happy ya.

    ReplyDelete
  17. kapan-kapan bareng yuk sis, lari-lari di ancol dan foto-foto. Aku kmrn juga sempat kesana bersama satu tmn blogger, kita dpt spot foto seru, olahraganya dikit, fotonya yg byk hahaha

    ReplyDelete
  18. Memang enak olahraga pagi Mbak. Udara masih lebih fresh. Tapi saya juga hindari tempat yang banyak jajanannya sih, karena takut tergoda banyak jajan dibanding olahraganya 😅

    ReplyDelete
  19. Kak Liaaa..
    Aku seneng banget liat kak Lia dan aktivitas berolahraganya.

    Btw,
    Aku kemarin ke Ancol, hehehe....so happy main di Jekarda yang semuanya in syaa Allah sudah memenuhi aturan menjaha kebersihan, tapi jaga jaraknya sering lupa euuii~

    ReplyDelete
  20. Waaa rumahku jauh sih kalau mesti ke Ancol. Pengen banget gitu pagi-pagi bisa jogging di Ancol. Kece deh fotonya mba

    ReplyDelete
  21. Dah berapa masehi ya gak ke Ancol? Hahaha. Baca ini jadi pengen kesana. Pasti asik banget menikmati sunrise sambil keliling di sana

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)