Manfaat Imunomodulator Untuk Sistem Imun

Manfaat Imunomodulator Untuk Sistem Imun - Kalau ditanya ada yang suka buat imunomodulator herbal di rumah selama pandemi ini? Sepertinya banyak yang gak ngeh dan akan menjawab gak pernah membuatnya. Coba kalau diubah pertanyaannya, siapa yang suka membuat ramuan herbal yang terbuat dari kunyit misalnya? Nah, kalau ini pasti akan banyak yang menjawab sering membuatnya di rumah.

Imonomodulator alami





Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh merupakan sekumpulan jaringan, sel, dan organ tubuh yang bekerjasama melindungi tubuh dari virus, jamur, bakteri, dan parasit.

Ketika sistem imun menurun maka virus, bakteri, kuman dan lainnya bisa lebih mudah masuk ke dalam tubuh kita dan bisa menyebabkan infeksi.   Di masa pandemi seperti saat ini kita perlu banget untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

📌 Rutin Berolahraga

Dengan berolahraga maka daya tahan tubuh kita bisa meningkat karena peredaran darah pun menjadi lancar. Pilih saja jenis olahraga yang nyaman sesuai kebutuhan dan kemampuan, gak perlu memaksakan satu jenis olahraga tertentu yang sedang tren.

📌 Istirahat Yang Cukup

Jujur aja kadang saya juga tidur terlambat tapi masih punya batas tidak lebih dari jam 12 malam, itu juga hanya sesekali aja. Tidur yang cukup juga perlu supaya daya tahan tubuh tidak menurun.

📌 Jangan Stres

Stres kadang datang tanpa diundang, namanya juga hidup bukan. Stres yang gak dikelola bisa meningkatkan hormon kortisol yang bisa menurunkan sistem imun kita.

Tiap orang punya cara sendiri untuk mengelola stres misalnya dengan berolahraga, mendengarkan musik dan nonton film, atau lebih mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa.

📌 Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Untuk makanan juga perlu diperhatikan, sebisa mungkin menerapkan pola makan bergizi seimbang sesuai dengan Piring Makanku yaitu memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Memilih makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh juga bagus lho, seperti brokoli, daun kelor, kunyit, atau meniran.

Konsumsi tanaman herbal ini bagus untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita, baik diminum begitu saja maupun dicampur ke dalam makanan atau masakan. Suami rutin banget bikin rebusan air kunyit di rumah untuk diminum, kadang ditambah kayu manis.  

Kunyit ini merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang digunakan sebagai imunomodulator herbal baik untuk sistem imun kita.



Bicara mengenai imunomodulator herbal, Senin (22/3) lalu saya mengikuti webinar "Ibu Sigap, Jaga Imunitas Keluarga" bersama Imugard dari Deltomed. Dari webinar tersebut banyak mendapatkan insight berguna dari dr. Inggris Tania M.Si (Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) ) dan APt. Agie Avionico Gaudart, S.Farm (Brand Manager Imugard).




Imunomodulator adalah zat yang bisa memodifikasi respon imun, mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif untuk mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu.

Jenis-jenis imunomodulator ini ada dua macam yaitu
  • Imunostimulan : senyawa untuk meningkatkan kerja komponen sistem imun yang diberikan terhadap penyakit atau infeksi
  • Imunosupresif : senyawa yang digunakan untuk menekan respon imun, meredakan hiper-inflamasi, mengatasi penyakit autoimun.

Ada banyak contoh imunomodulator alami yang banyak digunakan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Berikut ini tiga imunomodulator herbal yang sering dikonsumsi oleh masyarakat yang berguna untuk mencegah penularan dengan meningkatkan imunitas tubuh.

💗 Kunyit

Kunyit sebagai rempah alami sering digunakan masyarakat untuk bahan masakan atau ramuan jamu sifatnya sebagai imunostimulasi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan terutama meningkatkan imunitas. Selain itu kunyit juga biasa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan seperti maag dan lainnya.

💗 Daun Kelor (Moringa oleifera)

Banyak orang mengenal daun kelor sebagai tanaman herbal untuk menjaga tekanan darah, mengatasi peradangan, menghambat pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Sifatnya yang imunostimulasi, daun kelor juga bernutrisi karena mengandung berbagai vitamin dan zat yang baik untuk tubuh

💗 Meniran (Phyllanthus niruri)

Manfaat meniran terbukti bisa mempercepat penyembuhan infeksi seperti virus cacar air. Senyawa di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Kesimpulannya manfaat imunomodulator herbal ini sebagai stimulasi self regulating capacity, daya tahan tubuh meningkat, menurunkan kerentanan  terhadap infeksi dan  pemulihan yang cepat. imunomodulator ini juga bisa dikombinasikan mendapatkan efek modulasi respon imun lebih optimal dan mengutamakan keamanan pemakaian jangka panjang.


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Imugard

manfaat imunomodulator

Dari ketiga imunomodulator herbal tersebut saat ini bisa digabung dalam satu kaplet praktis dari Imugard tanpa mengurangi manfaatnya. Membantu para ibu untuk menjaga daya tahan tubuh keluarganya.

IMUGARD adalah produk herbal untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan 3 in 1 herbal fromula yaitu Meniran, Daun Kelor dan Kunyit.

IMUGARD ini meskipun diolah menjadi dalam satu kaplet tapi cara pembuatannya sesuai dengan CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional Yang Baik) dan sudah lolon uji BPOM. Selain itu juga produk Deltomed yang satu ini juga sudah bersertifikasi ISO 9001: 2015 standar internasional dengan kualitas obatnya sama dengan standar internasional.

Saran Penggunaan IMUGARD

IMUGARD aman digunakan dalam jangka panjang, dalam 1 Box terdiri dari 2 Blister yang masing-masing ada 10 caplets. Untuk harga per blister sekitar 30-35 ribu rupiah.

Penggunaannya cukup 1 kaplet aja setiap hari berguna untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Jika kondisi tubuh sedang menurun bisa mengonsumsi 2 kaplet dalam sehari. Oh ya, IMUGARD ini bisa dikonsumsi mulai anak umur 12 tahun ke atas hingga lansia.


Beli IMUGARD Di Mana?


Buat yang gak mau repot mengolah Imunomodulator herbal bisa konsumsi dalam bentuk kaplet IMUGARD yang dapat dibeli di Deltomed Official Store pada market place favorit seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, JD,ID, Century, Watson dan apotek terdekat.


Mau jadi ibu sigap yang bisa menjaga imunitas keluarga dari berbagai macam penyakit? Yuk, terapkan pola hidup sehat dan ambil manfaat Imunomodulator herbal dari IMUGARD. Salam sehat selalu.




Post a Comment

16 Comments

  1. saya juga sekarang mengkonsumsi multivitamin tiap hari karena masa seperti ini kan kita harus tetap manjaga kesehatan ya :)

    ReplyDelete
  2. Masa pandemi seperti sekarang dan aku masih kerja kluar kantor, aku hindari banget deh stres. Bikin yang happy saja :)

    ReplyDelete
  3. Kalau Suamiku seringnya minum rebusan jahe, sirih, sereh. Kunyit dia jarang kecuali kalau aku bikin kunyit asem. Nah yg praktis mending imugard ya.

    ReplyDelete
  4. Aku juga akhir-akhir ini minum tambahan vitamin buat jaga imun biar ga gampang drop. Sudah mulai kerja dari kantor sih. Ngeri kalau sampai sakit.

    ReplyDelete
  5. Di saat pandemi begini, yang agak sulit buat saya itu mengatur stress. Masih suka ada up and downnya. Makanya kadang-kadang jadi agak menggagu kesehatan. Saya perlu juga suplemen ini. Membantu kondisi tubuh tetap terjaga

    ReplyDelete
  6. Iya mbak, bener banget.
    kurang tidur itu bikin badan nggak enak keesokan harinya.
    Kalau minum minuman herbal hangat bikin badan langsung ON

    ReplyDelete
  7. Menjaga imun memang penting banget! Apalagi lagi pandemi begitu. Selalu takut kalau bapak ibu sampai sakit. Pasti aku selalu sediakan vitamin dirumah. Ternyata Imugard ini dari bahan alami, boleh dehhh cobain. Hihi

    ReplyDelete
  8. wah teknologi makin canggih ya mba, yang biasanya ada di jamu sekarang bisa dalam imugard jadi bisa tetep jaga daya tahan tubuh bisa maksimal makasih infonya mba

    ReplyDelete
  9. Wah cucok nih terutama untuk di masa pandemi ini butuh banget asupan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh kita... herbal memang pilihan yg tepat kalau menurut aku...

    ReplyDelete
  10. Aku baru tau lho manfaat daun kelor ternyata banyak ya baik untuk tubuh. Meniran dan kunyit sendiri juga udah terkenal lagi yes manfaatnya jadi produk ini ga diragukan lagi.

    ReplyDelete
  11. Baru tauuu kalau Meniran, kunyit, kelor bisa buat daya tahan tubuh. Mau ah Imunomodulator Herbal ini. Demi daya tahan tubuh diri sendiri dan keluarga terjaga maksimal. Makasih mbak Lid infonyaaaa

    ReplyDelete
  12. memang saat pandemi ini kitamusti ekstra hati - hati bangeet ya Lia. Hindari jangan stress buatku susah karena kerjaan hehehehe.. tapi harus selalu semangaaat

    ReplyDelete
  13. Sistem imun zaman sekarang kudu ditingkatkan menggunakan imugard yaa kak..
    Alhamdulillah,
    Semakin adaptif dalam menghadapi masa pandemi.

    ReplyDelete
  14. Sejak dulu orang Indonesia percaya naikin imun dengan cara minum jamu atau membuat olahan bahan rempah. Cuman kan sekarang males-males ya numbuk-numbuk jamu, hehe.. Mending beli langsung aja yang udah jadi kayak Imugard. Tinggal telan aja hehe

    ReplyDelete
  15. Wah, mantap mbak Lidya langsung cobain Imugard nih.. semoga kita selalu dikaruniai kesehatan ya..Aamin YRa

    ReplyDelete
  16. Iya. Aku pun awalnya nggak ngeuh kalau si racikan herbal untuk jaga daya tahan tubuh itu namanya imunomodulator. Taunya ya jamu.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)