Aksi Ikan Untuk Anak Bantu Cegah Kelaparan Anak Indonesia

Melalui Aksi Ikan Untuk Anak Bantu Cegah Kelaparan Anak Indonesia - Siapa suka makan ikan?Kami di rumah suka sekali makan ikan yang diolah dengan beragam cara supaya anak-anak tidak bosan dan lahap makannya. Ikan memiliki kandungan omega-3 docosahexaenoic acid (DHA) yang tinggi juga bermanfaat sebagai sumber asam lemak sehat yang baik untuk perkembangan otak serta sistem saraf jika dikonsumsi terutama oleh anak-anak. Mengonsumsi ikan secara rutin dan sering dapat membantu pertumbuhan anak-anak sehingga mereka dapat tumbuh lebih sehat dan memiliki kecerdasan yang tinggi dibandingkan anak-anak yang tidak suka makan ikan. Kenapa tiba-tiba saya membahas akan pentingnya konsumsi ikan terutama buat anak-anak?

aksi ikan untuk anak

Beberapa waktu lalu FOI atau Foodbank of Indonesia melalui kegiatan webinar yang bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gajah Mada, , para bunda dan media mengadakan bincang media mengenai pentingnya sinergi berbagai stakeholder untuk mewujudkan Indonesia merdeka dari rasa lapar.

Berdasarkan riset FOI pada tahun 2020 masih ada balita di Indonesia yang kelaparan karena tidak sarapan apalagi ditambah dengan adanya pandemi seperti saat ini makin banyak tingkat kelaparan yang disebabkan oleh keadaan ekonomi keluarga yang mengalami penurunan.

Untuk itulah FOI yang selalu berkomitmen dalam menangani permasalahan pangan dan gizi khususnya untuk anak-anak menyelenggarakan Aksi Ikan Untuk Anak yang bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Pertanian UGM dan Beejay Bakau Resort. 

Aksi 1000 Bunda untuk Indonesia merupakan kampanye yang mengajak para bunda Indonesia yang bergerak untuk memerangi kelaparan pada balita.

Peluncuran Aksi Ikan Untuk Anak di SD Negeri Johar Baru

Tanggal 9 November 2020 lalu FOI mengadakan peluncuran Ikan Untuk Anak di 3 lokasi yaitu DKI Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Di Jakarta sendiri acara ini dilakukan di SDN Johar Baru 10 Pagi - Jakarta Pusat. Namun program ini akan diselenggarakan di 6 provinsi hingga 22 Desember 2020 mendatang. Sejumlah ikan dibagikan kepada 20 ribu anak yang terdiri dari 12 ribu balita di DKI Jakarta dan 8 ribu ikan lainnya akan dibagikan di 5 provinsi lainnya.

Sejumlah anak diundang pada peluncuran tersebut dengan memenuhi protokol kesehatan yang berlaku. Diharapkan anak-anak juga mengerti dan mau konsumsi ikan yang baik untuk tumbuh kembangnya. 

Oh ya, Aksi Ikan Untuk Anak ini melibatkan para bunda yang tergabung dalam Aksi 1000 Bunda yang ikut selalu terlibat aktif untuk meningkatkan kesadaran pentingnya pangan lokal dan bergizi bagi tumbuh kembang anak karena masa depan Indonesia ada pada anak-anak ini.

olahan bakso ikan untuk anak



Dukungan Beejay Bakau Resort


Bersyukur sekali kegiatan positif yang diselenggarakan oleh FOI ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak salah satunya Beejay Bakau Resort.

Beejay Bakau Resort (BBR) didirikan oleh tiga serangkai Benjamin Mangitung, Justinus Tan dan Juda Mangitung yang mengubah sampah menjadi emas di hutan bakau di Muara Kali Banger Probolinggo yang tidak terurus. Beejay Bakau Resort bukan dikenal sebagai wisata bahari dengan keindahan taman lautnya saja juga dijadikan primadosa ekowisata nasional,

Beejay Bakau Resort memberikan sumbangan sejumlah 1.2 ton ikan untuk anak-anak di Indonesia sebagai wujud nyata membantu para balita agar bisa tetap terpenuhi nutrisinya dan tumbuh kembangnya bisa berjalan dengan baik meskipun di masa sulit.

Dengan adanya program ini diharapkan bisa mencegah dan mengurangi bahkan mengatasi stunting yang dialami oleh anak Indonesia sehingga bisa mewujudkan Generasi Emas Indonesia di tahun 2045 nanti.

Sosialisasi Makan Ikan Sejak Dini


Anak-anak itu selalu tergantung pada orang dewasa hal ini pada orang tua atau orang terdekat yang merawatnya. Supaya mereka suka makan ikan pastinya harus dibiasakan sejak dini.

Para bunda harus bisa menyajikan ikan dengan pengolahan yang kreatif supaya anak-anak lebih semangat makan ikan.

Ikan sebagai pangan lokal dapat diolah dengan berbagai cara tidak hanya disajikan sebagai ikan goreng atau ikan bakar saja tetapi bisa dibuat aneka masakan yang lezat seperti pempek, otak-otak dan lainnya. Atau bunda juga bisa membuat olahan bakso ikan untuk anak yang lezat dan bergizi. Anak-anak pasti suka makan bakso nih.

Melalui Aksi 1000 Bunda masyarakat di berbagai tempat juga diajarkan cara mengolah ikan mulai dari cara membersihkan hingga memasaknya supaya kandungan gizinya tidak hilang ketika sudah matang.

Boleh lho anak-anak juga diberikan ikan fillet yang dimasak dengan aneka bumbu dan rempah yang beraneka ragam di Indonesia. Apalagi Indonesia sebagai negara kepulauan yang 70 persennya adalah perairan laut pastinya mempunyai berbagai jenis ikan yang banyak dan dapat dinikmati oleh masyarakatnya.

Aksi Ikan Untuk Anak ini gak cukup disosialisasikan oleh Aksi 1000 Bunda aja, tapi kita sebagai ibu juga perlu ikut serta memberikan nutrisi pada anak-anak di rumah dengan mengenalkan aneka olahan ikan yang lezat dan bergizi. Kalau di rumah, saya suka membuat nasi goreng ikan untuk anak untuk sarapan. 

Gak mau dong kalau anak-anak sebagai masa depan bangsa pertumbuhannya terganggu karena masalah gizi buruk dan kelaparan. Makan ikan tiap hari yuk

Post a Comment

45 Comments

  1. Kemarin kami udah makan gurameh asem manis mbak, hari ini saya beli udang. Mau masak tumis kangkung+udang. Saya mau juga dong ambil peran untuk terwujudnya anak-anak Indonesia yang sehat dan cerdas. Ayo makan ikan

    ReplyDelete
  2. Setuju mba bukan hanya ayam atau daging, ikan bagus untuk gizi dan pertumbuhan anak biasanya saya buat nuget ikan atau perkedel yang ada ikannya biar anak makan dengan lahap

    ReplyDelete
  3. Dulu, namanya ikan khususnya beberapa jenis ikan laut terasa mahal harganya, dan sempat ada penurunan harga yang signifikan waktu ada bu Susi Pudjiastuti.
    Memang seharusnya harga ikan laut bisa murah ya, terutama ikan-ikan laut yang bisa dibudidayakan.
    Dengan bentang laut di Indonesia yang luas, pastinya bisa banget mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
  4. ikan ini sumber protein yang gampang didapat, hampir diseluruh Indonesia ada dan baik untuk perkembangan anak apalagi harganya jauh lebih murah. Baik banget programnya ini

    ReplyDelete
  5. Anak aku mom.. demen makan ikan lele... cukup goreng pake garam makan sama tumis kangkung selesai.. lahaaap banget :)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah kami sekeluarga suka makan ikan. Selain lezat, kandungan proteinnya banyak. Anak saya suka ikan lele, gurame

    ReplyDelete
  7. Kalo anak aku demennya sama ikan lele mba... cuma di goreng pake garam ajahh... udah demen tambah kangkung..syadadidap deh mba

    ReplyDelete
  8. Kalo anak aku demennya sama ikan lele mba... cuma di goreng pake garam ajahh... udah demen tambah kangkung..syadadidap deh mba

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah Ponakan daku doyan makan ikan, walaupun belum banyak yang dikenalkan. Setidaknya sudah belajar sejak dini untuk suka makan ikan, dan memang harus ya anak-anak dikenalkan untuk suka makan ikan karena kandungannya yang bagus untuk tubuh

    ReplyDelete
  10. Bagi saya yang nggak tinggal di dekat laut, rasanya cukup mahal dan sulit dapat ikan laut. Namun saya dan keluarga banyak mengonsumsi ikan air tawar agar anak anak doyan ikan sedari kecil.

    Suka sekali dengan kampanye ini. Banyak memang anak Indonesia di daerah yang nggak terbiasa sarapan.

    ReplyDelete
  11. Menarik ini. Anak kedua ku sangat doyan ikan tongkol apalagiii kalau di balado ala minang gitu. Beuhhh bisa habis beberapa potong dalam sehari.

    Bahkan nambah terus kalau ada menu balado tongkol hahaha

    ReplyDelete
  12. Tantanganku nyediain menu ikan di rumah adalah ...akunya alergi beberapa jenis ikan laut :D Untungnya anak-anak enggak.

    ReplyDelete
  13. wuah iya, sekarang anak-anak lebih suka nugget atau sosis ya mbak lid
    aku sih dulu sukanya makan ikan. sekarangpun juga
    adekku ini generasi nugget

    ReplyDelete
  14. Anakku mau makan ikan tapi susahnya kalau makan ikan mesti aku suirin dulu karena trauma pernah ketelan duri ikan. Tapi walaupun begitu seminggu sekali wajib ada menu ikan di rumah.

    ReplyDelete
  15. Sedih banget kalo baca berita banyak anak masih kurang gizi di daerah terpencil di Indonesia. Ada rencna bekerja sama dengan puskesmas setempat atau dinkes ga ya biar bisa ke kampung2 yg minim bisa makan ikan2an

    ReplyDelete
  16. Wah, jadi ingat anakku yang gak doyan ikan mbak. Tapi masuh mau kalau bentuknya nugget atau kerupuk. Padahal ikan mengandung gizi yang dia butuhkan, hiks.
    Semoga ada waktunya dia doyan ikan deh, baca artikel ini jadi semangat ngajakin anak-anak makan ikan ^_^

    ReplyDelete
  17. Aku yang dekat rumah dulu dekat pantai ikan selalu yang jadi lauknya. Kaya omega 3. Semoga aksi ikan untuk anak ini semakin menjangkau daerah-daerah terpencil yg akses untuk konsumsi ikan kecil

    ReplyDelete
  18. Sosialisasi Gemar Makan Ikan ini juga digalakkan di Bojonegoro mbak. Ayo Gemar Makan Ikan!!

    ReplyDelete
  19. Kalo anakku paling demen makan ikan lele mba..campur dengan kangkung uhh lahappp.. padal cuma di tambah garam hehe

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah tiap hari dirumah selalu ada menu ikan, udah terbiasa dari kecil dan anak2q jadi terbiasa makan ikan juga kam

    ReplyDelete
  21. Program sosialisasi makan ikannya keren! semoga makin banyak anak Indonesia yang gizinya terpenuhi berkat makan ikan.
    Btw aku lagi ngetik komen sambil nungguin ikan lele goreng mateng nih :D

    ReplyDelete
  22. Bagus nih, idenya. Simpel dan mudah diterapkan. Ikan untuk anak, jelas dan tepat sasaran buat meningkatkan kecerdasan bangsa, ya.

    ReplyDelete
  23. Aku sukaaaakkk banget makan ikan! Dan kegemaranku ini Alhamdulillah nular ke anak. Dia juga demen banget makan ikan mbaaa.
    Memang beberapa ikan harganya cukup bikin dompet menjerit terkaing-kaing :D Tapi yaa, kita kudu jadi ibu bijak, yg bisa atur budget konsumsi dgn baik.
    Aahh, seneng deh ada program ini, ini diharapkan bisa mencegah dan mengurangi bahkan mengatasi stunting yang dialami oleh anak Indonesia sehingga bisa mewujudkan Generasi Emas Indonesia di tahun 2045 nanti.

    ReplyDelete
  24. Salut pada BBR yang telah menyumbangkan ikan hingga 1,2 ton untuk menyukseskan program ini. Semoga makin banyak pelaku usaha yang menirunya.

    Bener emang, kebiasaan makan ikan ini harus sejak dini. Saya sejak kecil jarang banget makan ikan, begitu nikah shock karena tiap hari suami masak ikan. Rasanya kok aneh gitu tiap hari makan ikan. Alhamdulillah kini sudah terbiasa, dan anak-anak juga dibiasakan selang seling makan ayam dan ikan.

    eh BBR ini kalau di sini dikenal dengan sebutan BJBR, tempatnya asyik buat berwisata. Kantor saya tahun kemarin ngadain acara di sini, tapi pas saya nggak bisa ikut.

    ReplyDelete
  25. Saat ini saya tinggal di perbatasan Makassar. Puji Tuhan di sini mudah sekali mendapatkan ikan segar.
    Program BBR ini sungguh mulia. Sebab, memang masih banyak anak tidak biasa makan ikan segar yang penuh nutrisi karena berbagai sebab. Teringat masa kecil saya, jarang makan ikan segar karena tinggal di daerah pegunungan yang jauh dari laut. Lebih akrab dengan ikan asin drpd ikan segar :D

    ReplyDelete
  26. Mantap nih langkah yang diambil oleh FOI didukung sekolah, orang tua dan resort di Probolinggo. Miris juga bila masih melihat banyak balita yang kelaparan. Semoga ada pemerataan program ini di seluruh Indonesia

    ReplyDelete
  27. Alhamdulillah, dg ikutan BW jd tau ada FOI Foodbank of Indonesia yg menyumbangkan ikan sampe 1.2 ton utk anak2 Indonesia.
    Keempat cucu bunda sangat suka olahan ikan dibuat variasi apapun. Terbiasa makan ikan sejak baby dicampurkan kedlm nasi tim.

    ReplyDelete
  28. Saya sekeluarga juga suka banget makan ikan, kalau nggak ada malah rasanya ada yang kurang gitu. Mantap nih aksinya ya semoga gak ada lagi anak2 Indonesia yg kelaparan

    ReplyDelete
  29. MasyAllah mulia sekali ya mba niat dan program bagi ikan dan mengedukasi tentang ikan ini kepada para orang tua dan anak-anak, betapa pentingnya untuk makan ikan.

    Terkadang bagi kalangan menengah ke bawah, mereka nggak tahu bahwa ikan dan sarapan itu bukannya nggak penting, tapi karena mereka memang blum mampu untuk sering beli ikan dan sarapan setiap hari. Oleh sebab itu, Indonesia termasuk dengan jumlah stunting tinggi di dunia hiks. Sedih ya. Makanya ada program kayak gini itu, penting banget buat mereka yang membutuhkan

    ReplyDelete
  30. bagus ya ini programnya, memberikan pemenuhan nutrisi dari ikan. semoga program berterusan

    ReplyDelete
  31. Anak saya suka banget ikan tapi saya nggak terlalu suka. Saya kadang suka males bersihin ikan karena amisnya itu lho ehhehe tapi demi anak tetap saya lakukan. Btw favorit anak saya ikan gembung :)

    ReplyDelete
  32. Ini program yg sangat bagus ya mbak, memang penuh tantangan buat ajak anak anak gemar makan ikan, padahal ikan itu pangan yg murah namun gizinya sangat tinggi

    ReplyDelete
  33. Semoga semua anak Indonesia makin sehat dan cerdas karena penuh gizi ya dengan dukungan penuh dari aksi ikan untuk anak ini.

    ReplyDelete
  34. Mantap. Anak kadang tuh agak susah makan ikan. Apalagi pas buat lauk karena takut duri. Tapi dengan adanya sosialisasi ini, kita juga bisa siapkan dengan baik, anak akan mau makan ikan

    ReplyDelete
  35. Wah dukung banget aku kalo ada aksi semacam ini karena penting banget buat semua anak memang. Mbak td pertama baca judul aku bacanya kok ikan asin, ternyata aksi ikan, wkwkwk. Aku lapar kayanya

    ReplyDelete
  36. Ikan sangat baik untuk anak anak. Alhamdulillah sejak kecil Aqla sudah aku biasain makan ikan. Bagus banget ini programnya, semoga dengan adanya program ini bisa mencegah anak anak dari stunting

    ReplyDelete
  37. Sebagai warga di pesisir pantai selatan Jawa kami lumayan mudah untuk dapat ikan untuk laut mbak, walau agak jauh dari pantai tapi tiap hari banyak tukang ikan keliling yang Wira Wiri. Emang makanan sehat kalau ikan ini yaaa

    ReplyDelete
  38. wah keren nih programnya. Bener banget anak itu males banget makan ikan, saya saja suka mengolah ikan jadi makanan kesukaan anak-anak, biar dimakan. sukses terus ya buat beejay

    ReplyDelete
  39. Memang sudah seharusnya kita kembali ke pangan lokal. Dimana kandungan nilai gizinya lebih tinggi dibandingkan fast food atau yang instan.

    Ikan ini memang penting banget buat gizi anak-anak Indonesia. Selain harganya murah, ikan juga mudah didapatkan.

    Semoga program yang seperti ini terus berkelanjutan agar masyarakat luas makin tersadar bahwa pangan lokal itu bagus.

    ReplyDelete
  40. Saya selalu mengusahakan agak anak-anak mau mengonsumsi ikan, karena memang gizinya yang tinggi penting untuk tumbuh kembang anak. Sayangnya anak saya pemilih jenis ikannya. Mereka gak suka ikan yang durinya banyak.

    ReplyDelete
  41. Alhamdulillah anak2 di rumah lbh suka ikan kalau dibanding daging, gak pd sambat amis2 hehe, mungkin krn nyontek ortunya juga :D
    Indonesia ini negara kelautan emang mestinya ikan jd protein hewani yang utama krn mudah didapat ya mbak.
    Semoga nelayan2 kita dilindungi selalu kepentingannya oleh pemerintah sehingga bisa menyediakan ikan yang berkualitas buat anak2 Indonesia semua aamiin

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah anak-anak suka makan ikan ya Mbak, bikin cerdas dan sehat...bagus banget programnya nih gizi balita jadi terpenuhi semoga terus berkesinambungan...

    ReplyDelete
  43. Wah Jogja butuh nih sosialisasi makan ikan. Orang jogja tuh ga terbiasa makan ikan kecuali pecel lele. Padahal kan jenis ikan banyak.

    ReplyDelete
  44. Suka this action. Dan betul harusnya bisa dimulai dari di rumah yo give ikan dan good nutrition for anal kita sendiri apalagi laut kita itu kaya

    ReplyDelete
  45. Aku suka ikaan...
    Dan mulai stok ikan fillet di kulkas.
    Tinggal pas mau masak cari inspirasi buat menu yang disukai anak-anak.

    ReplyDelete
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)