Powered by Blogger.

Hari Binatang Sedunia, IOP dan SGE Galang Dana di teamLab Future Park

"Jangan meminta orang lain untuk melakukan ini itu yang berkaitan dengan lingkungan, tapi beri contoh dari diri kita sendiri"

Itu kata hamisd Daud waktu ditanya bagaimana cara mengajak orang lain untuk menjaga lingkungan. Hamish cukup mengaplikasikan gaya hidup ramah lingkungannya di mulai dari diri sendiri seperti menggunakan sedotan stainless steel, membawa tas kain saat berbelanja, atau menggunakan tumbler sebagai tempat minum. Nanti lama-lama orang lain yang melihat juga akan tergerak untuk mencontoh hal baik tersebut.





Bicara soal sampah plastik terutama sedotan makin marak dibicarakan di masyarakat yang mengotori lautan sampai-sampai ada video penyu yang tersumbat sedotan plastik tersebut. Belum lagi ada ikan yang mati dan terdampar karena di perutnya ditemukan banyak sampah plastik yang termakan.

Kecintaan Hamish pada laut bukan baru-baru ini tapi sejak kecil sudah akrab dengan laut ditambah lagi denngan hobinya diving san surfing makin terlihat betapa cintanya pada laut. Kecilnya Hamish pernah tinggal di Sumba dengan lautnya yang indah tapi saat ini sudah mulai tercemar.

Kerjasama Indonesian Ocean Pride dan teamLab Future Park



Dari kecintaannya pada laut inilah akhirnya Hamish Daut mendirikan Indonesian Ocean Pride (IOP) yang ingin mengajak masyarakat untuk kembali ke laut apalagi negara kita yang dikenal sebagai negara maritim dengan kekayaan lautnya yang banyak dan indah. IOP juga ingin mengedukasi masyarakay menjaga hewan laut yang sudah terancam dari kepunahan.

Dalam rangka memperingati Hari Binatang Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Oktober, Indonesia Ocean Pride bekerjasama dengan Sorak Gemilang Entertainment (SGE Live) bertempat teamLab Future Park Jakarta berkolaborasi melalui pengumpulan dana dengan penjualan T-shirt bergambar ikan laut yang terdiri dari Blufin Tuna, Hammerdead Shark, dan Humphead Parrotfish dengan harga Rp199.000 per/pcs yang digambar sendiri oleh Hamish Daud. Kuntungan yang didapatkan seluruhnya akan didonasikan pada IOP. Masyarakat bisa membeli merchandise ini dalam waktu 1 bulan lamanya sejak tanggal 11 Oktober - 11 November 2019 nanti.


Hamisd Daud mengatakan senang sekali dengan adanya teamLab Future Park yang menampilkan instalasi aquarium digital yang berisi binatang laut yang hampir punah. Anak-anak bisa belajar mengenal hewan laut tersebut melalui sketch aquarium. Melalui teknologi ini selain mengedukasi masyarakat juga tidak mengaquariumkan hewan laut yang seharusnya dipelihara di alam bebas.


Tentang teamLab Future Park


Buat teman-teman yang penasaran dengan teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives, yuk datang ke Gandaria City lantai 5 karena hanya akan dibuka sampai 20 Desember 2019.

teamLab Future  Park and Animals of Flowers adalah pameran seni interaktif terbesar di Jakarta yang menggunakan teknologi digital, mengusung konsep kreasi kolaborasi (co-creation). 


Penasaran ada apa di dalam teamLab Future Park?

Sketch Aquarium

Di sini pengunjung bisa menggambar atau mewarnai hewan laut pada sebuah kertas, lalu gambar tersebut discan dan diproyeksikan oada aquarium virtual raksaksa. Boleh juga loh ditulis nama atau gambar lainnya. Takjub aja sih kok gambar kita bisa gerak gitu di aquarium digital tersebut.



pic by heydeerahma.com


Light Ball Orchestra


Mau main bola warna warni di sini bisa. Dengan memukul bola bisa mengubah warna dan suaranya. Gak cuma bola yang ada di lantai saja, tapi yang menggantung juga bisa berubah warnanya. Ternyata satu bola dengan bola lain terhubung jika dipukul maka semua akan berubah warnanya.

pic by heydeerahma.com



Sliding Through The Fruit Fields


Di sini seru, karena pengunjung bisa berseluncur. Uniknya ketika kita berseluncur dan mengenai bola di seluncuran maka bolanya akan terbang dan membuat tanaman menjadi tumbuh.



Dana yang terkumpul dari penjualan merchandise  ini akan digunakan oleh IOP untuk memelihara laut  Indonesia. Dan kalau diberi kesempatan Hamis Daud juga ingin

ingin membuat taman laut di Sabu dengan cara mengakses ulang dan membuar research binatang lautnya. Sebelumnya saya tida tahu lho laut Sabu itu di mana, ternyata ada di NTT. Coba kalau dibilang Raja Ampat pasti langsung tahu.

Itu cara Hamish Daur menjaga hewan laut, kalau kamu gimana caranya?  

10 comments

  1. Aduuhh babang Hamiishhh beruntung bgt lhoo bisa poto bareng kakak Lidya Fitrian #eh
    Ya ampuunn semangat dan konsistensi babamg Hamish warbiyasaaakk yaa

    ReplyDelete
  2. Keren ya programnya. Aku jaga hewan laut dengan cara bawa Tumbler ke mana-mana. Plus udah nyiapin sedotan bambu juga.

    ReplyDelete
  3. Bola-bolanya lucu banget. Bisa berubah-ubah. Teknologi sekarang udah canggih banget. Tempat wisata pun berbasis teknologi.

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah, kreatif sekali kaosnya bagus. Galang dana yang sangat menarik, semoga laris manis dan hasilnya bermanfaat untuk memelihara laut Indonesia.
    Kalai Dewi menjaga hewan laut bagaimana ya, menjaga kebersihan dan pkai cara seperti yh dimulai dari diri sendiri. Spt yg diuraikan diatas mbak, membawa kantong sendiri, dan tempat minum😍

    ReplyDelete
  5. Seruuu banget acaranya Mak Lid.
    Memang kita semua kudu punya concern dgn alam dan lingkungan, juga hewan ya

    ReplyDelete
  6. Jamish Daud sebagai tokoh masyarakat itu mengagumkan. Dengan inisiatifnya sendiri berupaya mengampanyekan kepada masyarakat untuk memahami betapa pentingnya tirut menjaga ekosistem laut.
    Saya masih payah untuk membantu mengatasi masalah sampah plastik, masih suka bawa keresek dari rumah untuk belanja ke warung meski terkadang lupa. Prihatim jika laut kian tercemar.

    ReplyDelete
  7. Duh mau komen kok ya gagal fokus ama babang Hamish.. Masih keren aja ya dia.. Eaa malah ngebahas babang Hamish

    ReplyDelete
  8. Ya ampun aku malah tertarik liat kaosnya. Lucu banget desainnya. Pengen beli kaosnya

    ReplyDelete
  9. Aaak Kak Yaya.. Salam buat bang Hamish di sebelahnya yaa, hahahaah. Keren banget Teamlab Future Park, pingin ke sana. Sampai 20 Desember kan yaa, semoga ada waktu dan rejeki buat ke Jakarta, Aamiin :)

    ReplyDelete
  10. Wow, kaosnya didesain langsung oleh Hamish yaaa... keren banget. Salah satu kontribusi nyata dalam mendukung pelestarian lingkungan ya.

    ReplyDelete