Powered by Blogger.

Menu Buka Puasa Wajib Yang Ada Di Rumah

Allhamdulillah bisa sampai lagi di bulan Ramadan yang penuh berkah, semoga bisa menjalaninya dengan baik satu bulan penuh ini. Agar dapat menjalani ibadah wajib dengan lancar pastinya harus memperhatikan kesehatan dengan manjaga asupan makanan yang bergizi dan seimbang. Menu buka puasa apa sih yang biasanya ada di rumah teman-teman?

Setelah berpuasa tidak makan dan tidak minum selama kurang lebih 12 jam, pastinya tubuh memerlukan nutrisi lagi ya. Paling sering makan yang manis-manis untuk menaikan energi kembali. Tapi sebaiknya harus memilih makanan atau minuman manis untuk dikonsumsi





Awali Dengan Kurma


Kadang sebelum berbuka bawaannya lapar mata ya (itu sih saya hihihi), mau makan ini itu serba dibeli. Padahal kalau menurut sunah Nabi buka puasa itu diawali dengan yang manis yaitu kurma. Konsumsi kurma saat berbuka bisa mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh. Tuh kan, selain sunah ternyata juga baik untuk kesehatan bukan? 

Kami di rumah memang selalu menyetok kurma walaupun bukan bulan puasa. Biasanya dimakan pada pagi hari itung-itung ganjel perut lah buat saya. Untuk anak-anak memang sedikit susah makan buah kurma secara langsung, jadi harus diakali dengan memberikan jus kurma.

Saya lebih suka jenis kurma yang kering selain enak juga tidak lengket di tangan. Beberapa jenis kurma yang biasa dibeli seperti medjol atau Palm Fruit, sesekali beli kurma Ajwa (tapi boros kantong kalau ini). Kurma Medjol rasanya yang manis dan daging buahnya besar serta tebal, jadi makan satu aja rasanya sudah kenyang.


Jangan Lupa Buah-buahan


Siapa yang suka makan goreng-gorengan kalau berbuka? Pasti banyak ya yang melakukannya termasuk saya. Padahal makanan berlemak bisa membuat badan menjadi lemas ketika berpuasa dan dapat menyebabkan gangguan pencernaah belum lagi kalau makannya banyak bisa-bisa naik deh berat badan.

Paling bagus itu konsumsi makanan yang banyak serat seperti buah dan sayuran. Nah, untuk buah-buahan biasanya kami tanyakan dulu pada anak-anak maunya makan buah apa? Special deh kalau bulan Ramadan mereka mau makan buah apa aja InsyaAllah dibelikan, maklumlah waktu makannya juga berkurang, yang biasanya makan 3 kali menjadi 2 kali aja.

Kemarin sore sebelum tarawih anak-anak minta dibelikan buah apel untuk dimakan setelah sahur. Saya gak pernah beli buah dalam jumlah banyak supaya bisa ganti-ganti buahnya. Kalau kesukaan saya sih buah mangga dan nanas.







Walaupun kami masih suka jajan setelah sholat tarawih, tapi  2 jenis makanan wajib di atas selalu tersedia di rumah. Kalau menu wajib buka puasa teman-teman seperti apa? Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup supaya gak dehidrasi. Selamat berpuasa.

32 comments

  1. Waaah, kalau untuk buka puasa di rumah, yang tidak pernah ketinggalan adalah teh manis anget. Itu kemasan buahnha lucu yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di lemari es ada stock buah dan kurma Mbak, buah buahan kubuat salad buah, biar varisi gitu. kalau kurma bisa dibuat variasi juga y

      Delete
  2. Kurma sudah menjadi menu favorit andalan ketika berbuka puasa yah, mudah2an puasa di tahun ini lebih berkah, amiinn

    ReplyDelete
  3. Buah memang gak boleh ketinggalan nih, apalagi kalau puasa asupan sebaiknya lebih ekstra gizinya. Kurma aku juga suka konsumsi tapi dibikin jus mbak

    ReplyDelete
  4. Hari pertama puasa, bukaannya belum ada kurma, tapi ga lupa buah yang lain, adanya jeruk dan strawberries

    ReplyDelete
  5. wadah apelnya lucuuuu... mirip kemasan bola tennis hihi

    ReplyDelete
  6. Di rumah selalu ada teh manis. Aku biasanya air putih, lalu teh manis. Lalu cemilan-cemilan.

    ReplyDelete
  7. Berbukalah dengan yang manis (eh buah2an). Selain lenih sehat, badan juga terasa lebih segar.

    ReplyDelete
  8. Ini hari ke-2 puasa ya tapi aku belum puasa hehe. Tapi kalau kurma sih emang nggak doyan. Ortuku suka. Kalau buah, di luar puasa ramadan pun harus ada buah setiap hari :)

    ReplyDelete
  9. Kurma buat campuran pemanis di jus / smoothie juga enak mbak :)

    ReplyDelete
  10. Kami berbuka dengan teh panas, dan cemilan sebiji, kurma. Eh tapi si bungsu nggak suka kurma, jadi saya siapkan buah seperti pepaya atau pir. Seadanya di rumah aja sih.

    ReplyDelete
  11. Aih, jadi keingetan request-nya si sulung untuk buka puasa hari ini, dia pengen apel. Kemarin buahnya pepaya sama semangka, belinya separo-separo aja, hihi...

    Tapi walau udah sedia buah, tetep aja saya mah digoyahkan oleh gorengan. astaghfirullah...

    ReplyDelete
  12. Aku juga nyetok kurma dan buah lainny dibulan ramadhan ini, karena biar bisa diet juga xoxo. Tapi tetep sambel sambel dan sayur ga boleh ilang dari menu :X

    ReplyDelete
  13. InsyaaAllah selalu sedia kurma dan buah apa aja yg penting nyetok. Sama telor sih selalu ya. Soalnya buat lauk darurat :) met puasa mbak

    ReplyDelete
  14. menu yang biasanya selalu ada di rumah itu adalah yang manis-manis, Mba, sepeeri pisang ijo, es buah atau kolak :)

    ReplyDelete
  15. Wah kurma dan buah itu hidangan yang aku sukai mbak. Apalagi pas puasa begini, banyak banget yang jualan kurma segar dekat rumahku. Rasanya manis dan enggak ngebosenin.

    ReplyDelete
  16. Aku hari ke-3 baru ketemu gorengan dan emang sengaja agak hindari. Konsumsi buah pas buka sama sahur biar makin strong

    ReplyDelete
  17. Buka puasa gak harus muluk2 buka nya ya mbak, cukup kurma dan buah-buahan saja yang lebih menyehatkan...karena biasanya saat adzan Maghrib tiba yang dicari duluan pasti minuman, makannya belakangan.... kalo terlalu kenyang juga bikin ngantuk hehehe....jadi pilih berbuka sewajarnya ya mbak ..

    ReplyDelete
  18. Bener mbak, lebih baik berbuka dengan menu sewajarnya dan menyehatkan, seperti kurma dan buah-buahan...selain tubuh terasa seger juga tidak terlalu mengenyangkan...karena saat berbuka puasa pasti yang dicari duluan adalah minuman dan bukan nasi....

    ReplyDelete
  19. Kemasan buah apelnya cantik banget, kak...
    Dan pasti sudah melewati QC yaa...jadi gak ada yang namanya dari 5 apel, hanya 3 yang bisa dimakan.
    Ouuwh~
    Itu kebiasaan beli di supermarket yang sedang diskon tuuh...
    Hiiks~

    Menu berbuka andalan...emm, kurma sama teh hangat.
    Langsung hangatnya sampai ke hati.
    Eaaa~

    ReplyDelete
  20. Duh, aku udah hari ke berapa puasa gini, belom sediain kurma di rumah. Anak-anak yang sakit bikin susah belanja. HAri ini kudu beli deh...

    ReplyDelete
  21. Yes, wajin kurma dan buah-buahan ada sebagai takjil ya, kalau saya ditambah jeruk lemon, jadi pas buka puasa takjilnya minum perasan jeruk lemon dulu, begitu pun pas sahur, baru makan yang lain, terima kasih ya sharingnya, mba Lidya

    ReplyDelete
  22. Kurma bagi keluarga kami selalu wajib ada saat sahur dan berbuka, menu wajib lainnya saat berbuka es buah dan lontong hehe.. selepas tarawih baru makan berat biasanya.. selamat berpuasa mba

    ReplyDelete
  23. Saya juga sama sih buah2an itu tiap hari kurma belum nih sampai hari ini hehe..

    ReplyDelete
  24. Betul mbk awali dengan kurma karena disunnahkan

    ReplyDelete
  25. Yup, memang kita dianjurkan berbuka dengan yang manis-manis ya Mbak. Salah satunya yang disunnakan Rasul adalah Kurma. Selain itu saya juga biasa bukanya dengan kolak,pisang hijau atau es buah.

    ReplyDelete
  26. Alhamdulillah sejak puasa pertama sampe sekarang stok kurma masih ada,
    beli di kampung Arab pekalongan. Tos dong mba Fit, hehehe soalnya dulu nabi gitu ya jadi seneng ngikutinnya.

    ReplyDelete
  27. Gorengan ama lontong saya selalunya Mak. Buah yang masih kurang.

    ReplyDelete
  28. Di rumah klo soal kurma selalu sedia Mba, tp ada tambahan gorengan juga terkadang. Buahnya gak selalu everyday

    ReplyDelete
  29. Kurma pastinya selalu ada saat puasaan kyk skrng trus jg buah, biasanya pisang haha, SOlanya yg paing gampang dicari di kang sayur :D

    ReplyDelete
  30. dirumah aku juga wajih stok kurma tapi gak cuma di bulan Ramadhan sih hehe keluarga kami suka makan kurma sehari hari

    ReplyDelete
  31. Samaan. Aku juga kurma dan buah. Plus kalo dlu teh anget atau sirup

    ReplyDelete