Powered by Blogger.

Mau Tahu Cara Mengobati Asam Urat? Berikut Tipsnya!

Cara mengobati asam urat mulai banyak dipelajari dan dicari. Belakangan ini banyak sekali orang-orang yang  mulai menderita penyakit asam urat. Asam urat adalah kondisi dimana zat purin mengalami penumpukan di persendian. Penumpukan ini memicu peradangan dan menimbulkan rasa sakit saat persendian digerakkan.

Oleh sebab itu, jika seseorang telah terkena penyakit asam urat, bisa dipastikan penderita tersebut akan mengalami kesulitan bergerak. Untuk mengatasinya, mari simak uraian di bawah ini.



Cara Mengobati Asam Urat Dengan Alami


1. Air Lemon

Dikutip dari harapanrakyat.com, buah lemon diketahui sebagai buah yang mengandung Vitamin C paling banyak. Selain itu, buah lemon juga mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin B, kalori, serat dan mineral. Fungsi buah lemon untuk penyakit asam urat adalah melalui kadar asamnya. Air perasan buah lemon mengandung banyak sekali asam sitrat yang mampu untuk melarutkan kadar asam urat yang cukup tinggi dalam darah.

Penderita asam urat yang mengkonsumsi lemon secara teratur, kadar asam uratnya akan sedikit demi sedikit menurun. Cara mengobati asam urat dengan menggunakan lemon merupakan cara yang paling mudah mengingat buah lemon adalah buah yang cukup melimpah dan tersedia di pasaran.

2. Madu Hitam

Madu hitam tidak hanya berfungsi untuk kesehatan. Makanan kaya gizi yang satu ini ternyata juga memiliki kemampuan untuk mengurangi gejala beberapa penyakit yaitu salah satunya adalah asam urat. Madu hitam akan meredakan nyeri sendi dan pembengkakan yang terjadi di persendian. 

Oleh sebab itu, mereka yang meminum madu hitam, akan berangsur berkurang rasa sakitnya. Anda bisa mengonsumsi madu hitam dengan cara diminum secara langsung atau dengan mencampur air hangat. Rasa madu hitam ini tidak semanis madu yang berwarna lebih cerah. Namun khasiat yang akan Anda rasakan sangat besar. 

3. Konsumsi Beri

Buah beri juga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin C tinggi. Kandungan vitamin C dan asam sitratnya yang tinggi akan membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah penderita. Di samping itu, buah beri mengandung zat yang anti inflamasi. Zat ini akan membantu mengurangi peradangan yang timbul akibat zat purin yang menumpuk dalam persendian. Peradangan yang terjadi di persendian bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. 

Oleh sebab itu, penderita asam urat, umumnya mengalami kesulitan bergerak yang amat sangat. Mengkonsumsi buah beri adalah cara mengobati asam urat yang cukup mudah. Anda bisa meminumnya dengan cara dijus atau dengan mengkonsumsinya secara langsung. Banyak sekali contoh buah beri yaitu strawberry, murberry, bluberry. Semua itu adalah masih dalam jenis buah beri.

4. Sayur-sayuran (Tomat dan Paprika)

Sayuran seperti paprikasangat aman untuk dikonsumsi penderita asam urat. Paprika mengandung purin yang rendah sehingga tidak akan mencetuskan datangnya asam urat. Di samping itu, paprika mengandung phytochemical dan juga beta–carotenedimana kedua bahan tersebut merupakan antioksidan dan anti inflamasi yang baik. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, anti inflamasi merupakan zat yang berperan penting dalam mengurangi peradangan yang disebabkan oleh penumpukan purin di persendian. Sedangkan tomat adalah buah yang mengandung vitamin C tinggi. Asam sitratnya mampu menguraikan kadar asam urat dalam darah sehingga gejala penyakit ini dapat dikurangi. Tomat dan paprika adalah cara mengobati asam urat yang paling mudah karena bisa dicampurkan secara langsung pada makanan.


5. Makanan Kaya Serat (Oat)

Banyak sekali fungsi dari oat atau makanan kaya serat, salah satunya adalah sebagai cara mengobati asam urat Anda. Fungsi atau kegunaannya yaitu:
  • Oat dapat menstabilkan kandungan asam urat yang ada di dalam darah. Kandungan asam urat yang stabil dapat terlihat dari lancarnya pembuangan urin melalui keringat ataupun air seni. 
  • Oat mengandung asam amino tinggi yang mampu menetralisir kandungan purin yang tinggi dari orang-orang yang telah mengkonsumsi makanan seperti cumi-cumi, kerang, keong laut dan sebagainya.
  • Nutrisi oat diketahui mampu memperbaiki jaringan persendian. Pada penderita asam urat, jaringan sendi akan mengalami kerusakan akibat penumpukan zat purin. Kerusakan inilah yang kemudian menyebabkan persendian terasa sakit saat bergerak. Nutrisi oatmengandung protein tinggi yang akan dengan cepat memperbaiki kerusakan tersebut. 
  • Nutrisi oat juga diketahui memiliki kemampuan untuk menghentikan rasa ngilu atau sakit pada persendian.

6. Bawang Dayak

Bawang dayak memiliki banyak kandungan zat baik. Diantaranya adalah glikosida, alkanoid, tani dan steroid. Bawang dayak mampu mengencerkan penumpukan zat asam yang ada di dalam darah. Bawang yang satu ini juga bisa melancarkan peredaran darah. Jika umumnya bawang merupakan bumbu untuk dimasak, bawang dayak dipergunakan untuk cara mengobati asam urat dengan cara direbus dan diminum airnya. Jika Anda rutin untuk melakukannya, asam urat Anda akan sembuh secara berangsur.


7. Cengkeh dan Ubi Jalar

Cengkeh juga diketahui mampu untuk menetralisir kadar purin dalam darah. Zat di dalam cengkeh akan menanggulangi sumber penyakit asam urat ini. Umumnya cengkeh dikonsumsi dengan cara ditumbuk dengan jahe sampai halus untuk kemudian diminum. Sedangkan ubi jalar, merupakan bahan makanan yang mengandung zat purin yang cukup rendah. Mengkonsumsi ubi jalar akan sangat baik untuk penderita asam urat. Selain mengandung serat tinggi, ubi jalan juga mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Itulah beberapa bahan alami yang diketahui memiliki kemampuan sebagai obat atau cara mengobati asam urat. Banyak diantara bahan yang disebutkan diatas merupakan bahan yang sangat mudah didapatkan. Semoga dengan uraian tersebut, Anda dapat segera mengatasi penyakit asam urat yang diderita.








No comments