Powered by Blogger.

Berbagai Tradisi lebaran Yang Dilakukan

Lebaran sebentar lagi
Berpuasa sekeluarga
Sehari penuh yang sudah besar
Setengah hari yang masih kecil
Alangkah asyik pergi ke masjid
Shalat tarawih bersama-sama

Gak terasa 4 hari lagi Lebaran akan tiba, artinya Ramadan akan segera meninggalkan kita. Semoga kita bisa bertemu kembali dengan Ramadan tahun depan.

Lebaran tiba, maka banyak hal yang harus disiapkan untuk menyambut hari kemenangan tersebut.


Mudik Lebaran

Bagi mereka yang melakukan perjalanan mudik menggunakan transportasi umum seperti kereta api atau pesawat terbang sudah banyak yang melakukan pemesanan tiket jauh hari sebelumnya, bahkan Ramadan pun belum masuk tiket sudah sold out.

Buat yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, memang tidak perlu membeli tiket terlebih dahulu. Tapi tetap harus menyiapkan kondisi kendaraan dan kesehatan agar dalam perjalanan nanti sehat dan selamat sampai tujuan.


Bertemu Keluarga

Lebaran adalah ajang berkumpul dan silaturahmi bagi keluarga, dan tetangga saat masa kecil. Di hari kemenangan seperti ini saya bisa bertemu kembali dengan sepupu-sepupu yang lama tidak bertemu karena sudah berkeluarga dan disibukkan dengan kegiatannya masing-masing.

Meskipun bertemunya tidak lama, setidaknya bisa mengobati kerinduan. Masih ingat bagaimana dulu saat kami masih kecil selalu bermain bersama di hari raya. Saat ini anak-anak kami yang bermain bersama.

Bikin Ketupat


Di daerah saya ketupat sudah ada sejak hari lebaran, jadi tidak harus menunggu satu minggu setelah lebaran.

Saya masih ingat waktu kecil, bapak suka membuat kulit ketupat sendiri dari daun kelapa. Walaupun sudah diajarkan berulang kali hingga saat ini saya masih belum bisa membuatnya hihihi. Saya lebih memeilih untuk membeli kulit ketupat yang sudah jadi di pasar karena lebih praktis.

Bikin Kue Lebaran


Berbagai kue lebaran disiapkan untuk memberikan suguhan pada tamu-tamu yang akan datang. Kue kesukaan saya kastangel dan nastar. Beberapa kue  yang selalu disiapkan antara lain kacang goreng, putri salju, cokelat, dan lain-lain.

Tukar Uang


Menukarkan uang recehan juga kerap dilakukan banyak orang menjelang lebaran untuk dibagikan pada anak-anak. Sebenarnya saling memberikan uang pada anak-anak dari orangtua jatuhnya seperti saling tukaran uang saja ya.


Beli Baju Baru


Tradisi lebaran juga tidak jauh dengan pakaian baru untuk dipakai di hari raya baik oleh anak-anak atau orang dewasa. 


Nah, kalau dulu saya sering mengirimkan ucapan lebaran lewat kartu lebaran, tapi sekarang sudah gak pernah lagi. Lebih praktis kirim kartu online aja ya. Kalau teman-teman biasanya kirim ucapan ke siapa aja?

No comments