Powered by Blogger.

Rice Bran Oil Pilihan Minyak Masak Yang Lebih Aman Untuk Kesehatan

"Ade, mau makan apa?" Lumpia kulit tahu katanya. Wah dia memang suka makan goreng-gorengan.





Sepertinya menu goreng-gorengan tidak bisa lepas dari keseharian makan saya. Gimana dengan teman-teman? Padahal banyak yang bilang makan makanan yang digoreng itu tidak baik untuk kesehatan. Tapi, mau gimana ya, makanan yang digoreng atau tumis rasanya lebih gurih membuat napsu makan saya meningkat.

Makanan yang digoreng mempunyai kandungan kalori yang lebih tinggi sehingga menghasilkan lemak yang bisa menyebabkan berat badan naik. Selain itu kandungan lemak trans dan lemak jenuh pada makanan yang digoreng bisa menaikkan kadar kolesterol dan berisiko meningkatkan penyakit jantung.

Ada gak sik minyak yang baik dan lebih aman yang bisa digunakan?


Dari hasil googling di salah satu situs kesehatan, saya mendapatkan beberapa tips memilih minyak goreng yang lebih aman diantaranya adalah :

  • Memilih minyak dengan smoke point (titik asap) tinggi yaitu suhu dimana minyak akan dipecah karena semakin tinggi kadarnya semakin baik. Ketika memasak lebih cepat, maka minyak yang diserap pun lebih sedikit.
  • Minyak dengan kandungan lemak tak jenuh.
  • Jangan menggunakan minyak berulang kali karena minyak akan mengandung lemak trans yang tinggi.
  • Tidak menggoreng makanan terlalu lama selain bisa menurunkan nutrisi makanan juga suhu yang terlalu tinggi bisa berbahaya bagi kesehatan apalagi kalau makanannya sampai gosong.


Pilih Rice Bran Oil Untuk Memasak


Saya baru tau loh ternyata Rice Bran Oil atau Minyak Bekatul / Minyak Dedak masuk ke dalam poin-poin tips memilih minyak goreng sehat.

Rice bran oil ini merupakan minyak yang berasal dari serbuk halus yang melapisi bulir beras di dalam biji padi yang biasa juga disebut dengan bekatul padi. 


Penasaran kan dengan manfaat rice bran oil untuk kesehatan tubuh. Minyak dedak mempunyai zat gizi yang banyak termasuk sebagai anti oksidan sebagai penangkal radikal bebas.  Selain itu memiliki lemak tidak jenuh dan cenderung stabil karena memiliki titik asap paling tinggi yaitu 245 derajat celcius sehingga relatif aman jika digunakan untuk menggoreng dan tidak menyebabkan batuk.



Rice Bran oil juga bermanfaat untuk kecantikan kulit yang mempunyai fungsi untuk mencerahkan, melembabkan, dan menjaga nutrisi kulit karena memiliki senyawa squalene dan tocotrienol. Serba guna ya manfaat dari rice bran oil, jadi pingin nyobain dioles di wajah nih :)


Oryza Grace, Healthy Oil



Oryza Grace merupakan merk Rice Bran Oil hasil ekstrak bekatul padi yang bisa dijadikan pilihan saya untuk memasak. Dengan 2 pilihan kemasan yaitu 1 liter dan 5 liter siap membantu para ibu untuk menyajikan makanan yang lezat dan sehat.

Meskipun harganya lebih mahal dari  minyak sawit tapi lebih murah dari minyak zaitun. Tapi, untuk kesehatan harga segitu masuk akal bukan.




Oryza Grace ini sudah saya gunakan untuk menggoreng, menumis, atau membuat salad dressing dan rasanya lezat.

Nah, untuk weekend ini saya membuat spageti untuk sarapan anak-anak. Allhamdulillah sudah menemukan minyak yang sehat, jadi makin semangat masak kalo begini.





2 comments

  1. wajarnya kita menggunakan minyak berapa kali sih mba? aku masih worry gitu dan kasihan jika dipakai satu kali aja hehehe....apalagi konsumsi sehari itu memang selalu ada yang digoreng yah mba, jadi pengen memang yang berkualitas pakenya..

    ReplyDelete
  2. Abis baca ini aku pngen spageti atau fettucini. Minyak ini lebih sehat ya kak. Pengen coba deh

    ReplyDelete