Powered by Blogger.

Coco Festival Indonesia 2018 Tempat Orang Kreatif Berkumpul

Tiba-tiba saja alarm berbunyi, lalu muncul dua orang di tengah-tengah lapangan Museum Fatahilah, menggelar red carpet



Ternyata di sana sedang ada aksi flashmob dan berhasil membuat pengunjung  berhenti untuk menyaksikannya termasuk dengan saya.



Diawali dengan sekumpulan paduan suara yang menyanyikan lagu yang berjudul Bangun Pemudi Pemuda, lalu bergantian pula ada tari-tarian, lagu, dan aksi drama ditampilkan dalam satu kesatuan yang menghibur. Lucunya lagi ada pula sekumpulan pocong dan makhluk lainnya di tengah-tengah pengunjung. Aksi pun diakhiri dengan bernyanyi dan menari bersama.

Aksi flashmob seperti ini sudah saya kenal sejak lama melalui tayangan televisi maupun film. Tapi, menyaksikan secara langsung baru kali itu di Kota Tua, Jakarta hari Jum'at (23/10) lalu.

Flashmob adalah sekelompok orang yang berkempul pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan untuk melakukan suatu secara bersama selama waktu yang sudah ditetapkan.

COCOFEST 2018



Aksi anak-anak muda seperti itu asalkan dilakukan di tempat dan waktu yang benar tentunya menghasilkan hiburan yang kreatif di tengah masyarakat.

Ngomongin soal kreatif, dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda diadakan ajang festival kreatif yang didukung oleh BUMN dengan tajuk COCOFEST 2018.

Berbagai acara akan digelar pada event tersebut seperti Showcase & Workshop, Keynote Speech & Idea Talks, dan Meet & Greet bersama content creator terkemuka yang akan diselenggarakan pada puncak acara tanggal 10 November 2018.

Badan Usaha Milik Negara merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian modalnya dimiliki oleh negara dalam bentuk perusahaan persero. Perusahaan BUMN contohnya antara Bank Mandiri, PT. Telekomunikasi Indonesia, Garuda Indonesia, PT. Wijaya Karya, PLN, dan masih banyak lagi.


Karya, Aset, dan Produk BUMN


Secara tidak langsung kita sering melihat atau menggunakan karya, aset, maupun produk BUMN setiap harinya. Produk BUMN yang sering saya gunakan misalnya Mandiri kartu debit dan ATM. Kalau teman-teman yang menggunakan kendaraan pasti sering mengisi bahan bakar di Pertamina SPBU yang menyediakan premium, pertamax, dan pertalite.
Sedangkan karya BUMN yang sudah dibangun antara lain Balai Ekonomi Desa yang merupakan interconnected tourism berbasis komunitas, Rumah Sementara di Lombok, dan Rumah Kreatif BUMN.

Untuk aset-aset BUMN yang terkenal antara lain Jembatan Holtekamp yang menjadi ikon kota Jayapura yang melintas sepanjang 732 meter di atas Teluk Youtefa dan menghubungkan Kota Jayapura dengan Distrik Muara Tani, pesawat Nurtanio PTDI sebagai pesawat penumpang berkapasitas 19 penumpang, dan kapal Pelni Binaiya.

Nah, bangunan-bangunan yang ada di kawasan Kota Tua, Jakarta ini juga merupakan aset milik BUMN. Di tempat saya berdiri di tengah lapangan terlihat ada Museum Fatahilah, Gedung Jasindo, Kantor Pos, dan beberapa museum.




Kawasan Kota Tua selain tempat wisata sejarah, di sini juga bisa dijadikan tempat berkumpul orang-orang kreatif. Saat saya berada di sana sedang ada lomba kostum yang dipakai oleh para model.



COCOFEST Koontes



Nah buat teman-teman yang punya konten kreatif mengenao BUMN bisa loh ikutan kontesnya, bisa dalam bentuk foto, video, animasi atau gambar. Caranya cukup menguploadnya di Instagram pastinya harus pakai caption yang menarik ya. Untuk informasi lebih lengkap bisa dilihat pada web Coco Festival Indonesia 2018.

24 comments

  1. Selalu takjub klo liat Kota Tua lewat tv atau blog, ada aja event2 menarik disana , ah jadi pengen ke jakarta :)

    ReplyDelete
  2. Kota tua makin keren aja yaa.. sering jadi lokasi ajang kreatifitas. Aku dari dulu mupeng pingin foto di situ tapi blum keturutan juga, hiiks :(

    ReplyDelete
  3. Cuus ah mau liat info lengkap lombanya, penasaran siapa tau bisa ikutan dan menang. Hehe

    ReplyDelete
  4. Jaid pengen lihat karya kreatif para peserta. Pasti banyak yang bagus, ya

    ReplyDelete
  5. Seru ya bisa lihat hasil karya kreatif dari orang-orang kreatif. Pengen ikutan kontesnya juga tapi ragu apa bisa hehe

    ReplyDelete
  6. Seru banget acara festivalnya, ini di kota tua Jakarta kan?
    pengen banget bisa maen ke sana lagi, karena sekarang menjadi bagus dan lebih rapih :)

    ReplyDelete
  7. Udah dari dulu pengem banget ke kota tua, senangnya bisa baca artikel ini meskipun gk menghadiri langsung festivalnya berasa udah ikut juga. Boleh dicoba kontes konten kreatif nya 😊

    ReplyDelete
  8. Aku dari dulu pengen ke kota tua, belum terwujud. Ini malah ada pameran keren di sana. Asik ya mba bisa kebetulan lihat aksi flashmob. Aku pernah lihat langsung gak sengaja di Citraland Semarang, kaget waktu tiba2 banyak orang joged2 hahahaa

    ReplyDelete
  9. Pernah lihat ada yang upload, kirain untuk BUMN tertentu saja. Ternyata semua BUMN ya.

    ReplyDelete
  10. Jadi pengen ke Jakarta biar bisa berwisata ke Kota Tua. Dan setelah baca postingan ini aku baru tahu kalau ada COCOFEST 2018. Nice info, Kak.

    ReplyDelete
  11. Dirimu nggak ikutan flashmob Lid? Ikutan dong, biar dibilang milenial juga wakaka

    ReplyDelete
  12. Jadi keinget pas kapan dulu itu liat serombongan anak-anak pakai baju daerah seperti akan nari waktu saya jalan-jalan ke kota tua. Saya pikir mereka mau ikut lomba atau mau manggung di mana ya. Ternyaya kemungkinan buat flashmob model gini kali ya...

    ReplyDelete
  13. Aku nih blm kesampaian aja main ke kota tua. Hiks. Anaknya ga gaul banget sih aku

    ReplyDelete
  14. Dari kapan hari aku mau nanya soal ini. Dan telat banget karena dah lewat DLnya hahaha.

    Programnya seru ya, Mbak.

    ReplyDelete
  15. Kenapa ada pocong segalaaa hehehe.. ikut flashmob juga yaaa. Ajang gaul seperti ini oke banget yaaa mba

    ReplyDelete
  16. Seneng deh, sekarang mah festival2 dan karnaval2 banyak diselenggarakan. Dulu mah bisanya cuma lihat di TV. Btw, namanya aku kira ada hubungannya sama kelapa. Heheheh...

    ReplyDelete
  17. Jauh juga tapi ke jembatan yang ada di Jayapura itu. Udah mepet juga ya DL lombanya.

    ReplyDelete
  18. Baca ini jadi inget mantan soale terakhir kesini itu sama mantan hahaha. Btw jadi penasaran euy sama hadiah kontes ini, hadiahnya banyak ga mba Lid? .

    ReplyDelete
  19. Haha...aku saking penasarannya sama Flashmob, langsung googling.
    Dan amazing yaa..
    Pembuatannya pasti gak gampang tuuh...

    ReplyDelete
  20. Aku ikutan dong disitu mencet bel haha, enggak kok aku nggak mencet bel aku motoin Lidya :)

    ReplyDelete
  21. Aku juga belom pernah nonton flash mob secara langsung , pengin juga ah kapan2.

    Wah, jadi pengin ikutan lombanya. Mudah2an bisa ikutan

    ReplyDelete
  22. Udah berapa kali ke Jakarta mau ke Kota Tua ngga jadi terus. Seru banget ya, semoga Cocofest 2019 bisa ikutan. 😘

    ReplyDelete
  23. Kota tua ini selalu saja ada ilmu yang didapat, aku syka bawa anak-abak ke sana, terutama kalau pas ada festival atau acara

    ReplyDelete
  24. Waduh itu kostumnya keren banget!
    Palingan suka ke kotu waktu weekdays, soalnya sepi 😁

    ReplyDelete